Komitmen Allianz TerapKan Tata Kelola Perusahaan yang Baik di Tengah Tantangan Pandemi

[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Direktur Allianz Beberkan Strategi Allianz Terapkan Good Corporate Governance
Direktur Allianz Beberkan Strategi Allianz Terapkan Good Corporate Governance

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Allianz Indonesia berkomitmen menjalankan praktik bisnis berlandaskan Tata Kelola Perusahaan yang Baik, atau Good Corporate Governance, secara konsisten dan berkelanjutan. Hal ini terus berlangsung bahkan pada masa pandemi.

Untuk mempertahankan kredibilitas dan akuntabilitas kegiatan usaha, Allianz berpegang teguh pada kode etik, nilai-nilai dan berbagai inisiatif sebagai pedoman bagi seluruh individu di dalam perusahaan. Allianz Indonesia baru-baru ini membahas lebih dalam terkait strategi dan inisiatif tata kelola perusahaan dalam webinar yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi yang berjudul “Mengakselerasi Penerapan Good Corporate Governance Sebagai Pertahanan Industri dan Tantangan Penerapannya”.  

Januar Jahja, Director of Compliance Allianz Utama Indonesia, mewakili Allianz Indonesia dalam webinar ini dan beliau menyampaikan bahwa pandemi telah mengakselerasi pergeseran praktik-praktik bisnis ke solusi digital dan e-commerce. “Dengan penggunaan internet dan digitalisasi yang terus meningkat, terdapat fokus global pada penerapan tata kelola perusahaan agar dapat memastikan pengelolaan risiko yang baik khususnya untuk pengelolaan privasi data,” papar Januar.

Pada tahun 2021, secara global, sebanyak 50% bisnis di dunia mendapatkan lebih banyak serangan siber setiap minggunya dibanding dengan tahun 2020 (Check Point Research, 2021). Fakta ini menunjukan urgensi dari pengelolaan risiko dan kepatuhan (risk and compliance) di dunia yang terus berubah, tidak terkecuali untuk perusahaan asuransi.

“Kunci dari penerapan tata kelola perusahaan yang baik di tengah tantangan pandemi ialah transformasi digital. Melalui berbagai inovasi platform digital, Allianz memastikan pemenuhan kebutuhan proteksi nasabah secara online di manapun dan kapanpun. Transformasi digital yang kami lakukan selama beberapa tahun terakhir telah terbukti berhasil mengatasi tantangan pandemi dan memungkinkan kami untuk terus melayani mitra bisnis dan nasabah kami,” ujar Januar.

Dalam mengelola data nasabah, Allianz Indonesia telah menerima sertifikasi ISO 27001:2013 yang memastikan sistem serta data nasabah aman terlindungi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Seluruh kegiatan usaha yang dilakukan Allianz dijalankan dengan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun kebijakan internal perusahaan.

Sejak 2014, Allianz Indonesia telah menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dengan membentuk Komite Pemantau Risiko & Kepatuhan. Dalam menjalankan kegiatan usaha sehari-hari, Allianz mengikuti prinsip-prinsip utama tata kelola perusahaan yaitu keterbukaan (transparency), akuntabilitas (accountability), pertanggungjawaban (responsibility), kemandirian (independency), serta kesetaraan dan kewajaran (fairness).

Melalui nilai-nilai perusahaan yaitu Trust, Care, dan eAZy, yang menjadi fondasi penerapan tata kelola perusahaan, Allianz Indonesia menjadikan GCG sebagai budaya dalam kegiatan sehari-hari karyawan yang terus dikomunikasikan secara internal. Tidak hanya itu, agar pesan yang diterima dapat diterima dan dipahami dengan baik, Allianz Indonesia memastikan bahwa pesan-pesan terkait kepatuhan disampaikan secara menarik misalnya lewat visualisasi komik terkait nilai-nilai GCG.

“Prinsip-prinsip utama good corporate governance kami jalankan dengan menjadikannya sebagai bagian dari budaya perusahaan. Berbagai komunikasi internal serta pelatihan kami lakukan untuk memastikan penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan menyenangkan bagi seluruh karyawan. Hanya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dan bertanggung jawab dalam tindakan kami, Allianz dapat mencapai misi untuk mengasuransikan lebih banyak orang Indonesia,” tutup Januar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here