Salesmanship

Jadilah Top 10% di Bidang Anda! (Bagian ke-1)

www.marketing.co.id – Saya tahu bahwa judul di atas merupakan sebuah tantangan, dan saya berharap Anda mempertimbangkan kemungkinan (dan benefit yang luar biasa) bila berhasil mencapai TOP 10% dalam bidang Anda (pekerjaan, profesi, bisnis)! Hal ini berlaku pada bidang apa pun yang Anda geluti saat ini. Anda mungkin seorang salesman mobil, agen properti, account executive yang menjual produk perbankan, telemarketer, network marketer, manajer penjualan yang menjual bahan kimia ke pabrik-pabrik, guru, pelatih, penulis, web designer, manajer di sebuah restoran, teknisi televisi, pemilik bisnis, pelukis… apapun profesi dan posisi Anda, tantangan ini tetap berlaku. Putuskan hari ini untuk menjadi TOP 10% dalam profesi Anda.

Tergantung situasi yang ada, menjadi TOP 10 % di bidang Anda bisa berarti:

  1. TOP 10% dalam cabang di mana Anda bekerja.
  2. TOP 10% di wilayah Anda (DKI, Jawa, Sumatera, dan lain-lain)
  3. TOP 10% di seluruh perusahaan Anda.
  4. TOP 10% di Indonesia.
  5. TOP 10% di Asia Tenggara.
  6. TOP 10% di Asia.
  7. TOP 10% di dunia!

Apa pun profesinya, Anda dapat MEMUTUSKAN dan MEMILIH untuk menjadi TOP 10%. Semua hal bermula dari sebuah KEPUTUSAN dan PILIHAN. Banyak orang sudah puas dengan menjadi rata-rata lalu mereka MENGELUH bahwa hidup mereka sangat rata-rata. Seperti kata Buddha, “Diri kita yang sekarang adalah hasil dari pikiran kita”.

Jadi, bila performance Anda rata-rata, bila pendapatan Anda rata-rata, hidup rata-rata, itu karena kita berpikir dan menerima untuk menjadi rata-rata. Banyak orang bahkan terlalu takut untuk berpikir bahwa mereka sebenarnya mampu untuk menjadi TOP 10%! Banyak orang bahkan tidak berani untuk bermimpi! Jadi untuk menghidupkan mimpi Anda, putuskan untuk menjadi TOP 10% di bidang Anda!

Inilah fakta lain yang dapat mendorong Anda berani menjadi TOP 10%. SEMUA ORANG yang menjadi TOP 10% di bidang mereka saat ini (tak peduli apakah dia  seorang agen properti, ahli bedah, dokter gigi, pelatih sepak bola, manajer, penyanyi, atau bahkan seorang diva) memulai karier mereka dari bawah.. Bahkan banyak dari mereka yang tidak berada di bidang yang sama sebelumnya ketika memulai karier! Jadi, apa pelajaran yang dapat diambil di sini?

  1. Menjadi TOP 10% di bidang Anda adalah PILIHAN.
  2. Menjadi TOP 10% di bidang Anda adalah PROSES.
  3. Menjadi TOP 10% di bidang Anda membutuhkan WAKTU.
  4. Bila mereka bisa melakukannya, begitu pula Anda! Dan ini adalah yang PALING PENTING dari keempat pelajaran ini.

Jadi, PUTUSKAN untuk menjadi TOP 10% di bidang Anda mulai hari ini!

Oke, mari kita anggap Anda tidak ingin lagi menjadi rata-rata dan sudah memutuskan untuk menjadi TOP 10% di bidang Anda. Lalu, apa yang terjadi? Pada saat Anda MEMUTUSKAN untuk menjadi TOP 10% di bidang Anda, ada dua hal menakjubkan yang terjadi:

  1. Anda dengan segera merasa gembira dan bersemangat menantikan hari di mana Anda akan benar-benar menjadi TOP 10%! Ini sangat menggembirakan, ini menjanjikan suatu peluang, inilah kenyataan dan Anda sedang menuju ke sana! Ya, ini menyenangkan dan Anda tidak sabar menunggu hari itu tiba!
  2. Anda dengan segera merasa harus bergerak cepat. Anda tiba-tiba sadar, begitu banyak yang harus dipelajari dan begitu sedikit waktu yang tersedia. Anda mulai bertanya-tanya tentang bagaimana, apa, siapa, dan banyak lagi… Lagi-lagi ini menciptakan semangat baru… Wow, begitu banyak yang harus saya pelajari dan lakukan! Ini mendorong Anda bertindak.
  3. Anda mulai berpikir dengan cara lain. Ya, orang-orang bertujuan menjadi TOP 10% di bidang mereka berpikir secara berbeda dari orang-orang yang hanya ingin meningkatkan performance mereka sedikit demi sedikit.
  4. Anda akan melakukan hal-hal yang berbeda dibandingkan dengan bila hanya ingin meningkatkan performance sebanyak 40%. Mengapa? Karena tujuan dan cara berpikir Anda sekarang berbeda. Anda selalu mencari ide-ide baru, cara-cara baru melakukan sesuatu, orang baru yang bisa memberikan jawaban, buku-buku yang perlu dibaca, seminar-seminar yang harus dihadiri, serta ide-ide yang perlu diterapkan. Tindakan dan kehidupan Anda sekarang lebih bertujuan. Semua energi Anda sekarang lebih terfokus menuju sesuatu yang berarti.

Ya, Anda mulai berpikir dan bertindak secara berbeda.

Oke, mari kita bergerak ke arah yang lebih spesifik dan membahas apa yang SEHARUSNYA Anda lakukan untuk menjadi TOP 10% di bidang Anda. Berikut ini ada beberapa saran:

Langkah Pertama

Buatlah daftar alasan mengapa Anda ingin menjadi TOP 10% di bidang Anda. Jujurlah, bahwa perjalanan ini bakal menemui banyak rintangan. Anda nanti harus berkorban, mengambil risiko, mengalami ketidaknyamanan (karena keluar dari comfort zone) dan menghadapi beberapa kegagalan pada awalnya. Keluarga, pasangan, kerabat, dan teman-teman mungkin akan menurunkan semangat. Beberapa dari mereka mungkin menertawakan Anda, dan bahkan menyebut Anda “si konyol”. Jadi, buatlah daftar detil tentang MENGAPA Anda ingin menjadi TOP 10%. Dengan kata lain, pertama-tama Anda harus meyakinkan diri sendiri akan benefit yang diperoleh, dan harus meyakinkan diri sendiri bahwa usaha yang dikeluarkan bakal sepadan dengan hasilnya.

Anda akan memerlukan daftar itu nanti. Ketika perjalanan menjadi sulit, saat Anda mulai ragu dan bertanya: “Mengapa saya melakukan ini? Apakah sepadan dengan pengorbanan yang dikeluarkan?” Apabila Anda bimbang, segera ambil daftar alasan dan benefit tersebut; daftar itu akan mengingatkan dan memotivasi Anda kembali.

Jadi, buatlah daftar yang detil, mudah dimengerti, dan sejujur mungkin karena Anda akan memerlukannya nanti.

Langkah Kedua

Selanjutnya, buatlah daftar orang-orang yang SUDAH berada di TOP 10% di bidang yang sama dengan Anda. Siapakah mereka? Sewaktu mulai membuat daftar tersebut, Anda akan menyadari satu dari dua situasi di bawah ini:

Situasi 1

Anda mampu membuat daftar orang-orang TOP 10%. Dengan kata lain, kurang lebih Anda sudah tahu siapa saja mereka. Hal ini menunjukkan Anda sebenarnya sudah punya aspirasi untuk berada di sana, tapi belum melakukan usaha serius untuk mencapainya. Menjadi TOP 10% bukan di luar mimpi Anda. Kadang-kadang di masa silam, Anda sudah mempertimbangkan hal ini. Tapi, lantaran mengalami beberapa kegagalan, Anda berhenti “bermimpi” dan menjadi lebih “realistis”.

Biarkan saya mengajukan pertanyaan sederhana ini: “Apakah bekerja DI BAWAH kemampuan, hidup DI BAWAH potensi itu adalah “realistis”?” Bila dalam beberapa tahun terakhir ini Anda sudah bekerja dan terus-menerus menerima hasil DI BAWAH potensi, maka Anda sudah bersikap tidak adil pada diri sendiri (juga kepada keluarga)!

Situasi 2

Anda tidak mampu membuat daftar orang-orang yang berada di TOP 10%. Dengan kata lain, Anda tidak tahu siapa saja mereka. Bila ini situasinya, maka tidak heran jika Anda tidak sesukses yang seharusnya—Anda tidak punya panutan (role model). Tidak ada seorang pun yang bisa menjadi contoh atau  menginspirasi Anda. Anda tidak tahu harus bertanya pada siapa, dan tidak tahu seberapa jauh harus melangkah.

Bila ini situasi Anda, maka cepatlah mencari orang-orang yang berada di TOP 10% di bidang Anda. Di mana memulainya? Bertanyalah pada rekan-rekan kerja, manajer, direktur, bos, tanyakan pada orang-orang yang lebih senior dan lebih sukses dari Anda, periksa toko-toko buku dan cari buku-bukunya, cari di internet, cari di jurnal-jurnal, newsletter dan asosiasi industri Anda… Semua jawaban ada di sana. Anda hanya perlu mencarinya. “Cari dan Anda akan menemukan.”

Pada edisi depan, kita akan mendiskusikan tentang langkah ketiga hingga keenam yang SEHARUSNYA Anda lakukan untuk menjadi TOP 10% di bidang Anda. (James Gwee T.H., MBA.)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top