Ini Daftar Merek FMCG yang Paling Banyak Dibeli Konsumen Indonesia

Marketing – Banyak metode atau cara untuk mengukur keunggulan atau popularitas suatu merek. Salah satunya Brand Footprint yang dilakukan oleh Kantar Indonesia. Brand Footprint adalah studi tahunan yang dirilis oleh Kantar untuk mengukur merek mana yang paling sering dibeli konsumen.

Pilihan konsumen dalam Brand Footprint mengamati jumlah pembelian merek rumah tangga (penetrasi pasar) dan berapa sering merek tersebut dibeli (frekuensi). Brand Footprint mencakup sektor FMCG, seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk kesehatan dan kecantikan.

Peringkat Urban Indonesia juga telah dirilis oleh Brand Footprint, yang mencakup 85% dari total rumah tangga di perkotaan besar. Venu Madhav General Manager of Kantar Indonesia, Worldpanel Division menjelaskan untuk mendapatkan pertumbuhan bisnis, sangatlah penting untuk suatu merek mendapatkan lebih banyak pembeli dan membuat mereka membeli lebih sering. “Ini berarti suatu merek harus terus relevan dengan kebutuhan konsumen yang mudah untuk berubah dan selalu dapat mengidentifikasi peluang baru untuk tumbuh,” tuturnya.

Fakta-fakta kunci dari Brand Footprint Indonesia di perkotaan besar (Urban):

  • Indomie terus menjadi merek FMCG yang paling dipilih konsumen di Indonesia Urban selama 7 tahun berturut-turut. Hampir semua rumah tangga di Perkotaan besar di Indonesia telah membeli merek ini sekitar 3 -4 kali sebulan. Indomie juga memegang posisi yang kuat di tingkat global, dengan posisi 10 di peringkat Global Brand Footprint 2019.
  • So Klin berhasil mengamankan posisi kedua di peringkat Brand Footprint. Jumlah pembeli yang banyak dan strategi promosi yang tepat menjadi faktor utama yang memperkuat So Klin menjadi merek perawatan rumah yang paling dipilih di Indonesia
  • Kapal Api mempertahankan posisi nomor 3 di Brand Footprint. Basis pembeli besar menjadikan Kapal Api sebagai merek minuman paling dipilih di Indonesia Urban.
  • Produk penyedap makanan menjadi salah satu popular kategori yang paling sering dipilih. Royco mendapatkan posisi ke-4 dan Masako di posisi ke-9 dalam 10 merek teratas, karena merek-merek ini mendukung kepraktisan dalam kegiatan memasak.
  • Mie Sedaap mengamankan posisi kelima. Mie instan telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari di kalangan masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang familiar di lidah masyarakat Indonesia, harga terjangkau, dan ketersediaan nasional yang luas, masing-masing faktor ini berkontribusi dalam menjadikan mie instan sebagai favorit seluruh keluarga di perkotaan besar di Indonesia.
  • Bermain dalam beberapa kategori juga merupakan salah satu strategi merek untuk memiliki kesadaran merek yang kuat. Beberapa merek seperti Frisian Flag (di posisi ke-6), Indofood (di posisi ke-7) dan Lifebuoy (di posisi ke-10) mengamankan posisi mereka dalam peringkat 10 besar dengan bermain di beberapa kategori di sektor masing-masing.
  • Molto juga ada di posisi ke-8. Didukung oleh komunikasi merek (terutama pada conditioner fabric perfume) serta perluasan portofolionya
  • Kategori makanan mendominasi 10 peringkat teratas, sementara pemain teratas dari produk rumah tangga, minuman, perawatan pribadi dan produk susu juga berhasil mendapatkan beberapa posisi juga.

Daftar merek FMCG yang disusun melalui studi ini menunjukkan merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat, dimana 50% dari 10 merek teratas berasal dari produsen lokal. Kemampuan pemain lokal untuk mengadopsi dengan cepat ke tren konsumen terbaru memungkinkan mereka untuk lebih produktif dalam meluncurkan inovasi baru ke pasar lokal.

Daftar Merek FMCG
Fanny Murhayati (Marketing Director Kantar Indonesia) – Venu Madhav (General Manager Worldpanel Division Kantar Indonesia)

Fanny Murhayati Marketing Director Kantar Indonesia menyatakan, merek yang paling banyak dipilih merupakan cerminan dari popularitas merek dan seberapa dekat merek tersebut dengan konsumen di Indonesia. Pemain FMCG lanjutnya, dapat menerapkan beberapa strategi untuk mendapatkan lebih banyak pembeli, seperti menarik pembeli baru untuk merek tersebut, meningkatkan ketersediaan merek ke sejumlah lokasi geografis, atau bahkan bermain di beberapa kategori. “Brand Footprint akan mendukung pemain FMCG untuk merancang strategi pertumbuhan lebih akurat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.