“Every U Does Good Heroes” Dorong Milenial Bawa Perubahan bagi Lingkungan & Masyarakat

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Setelah melalui berbagai tahapan program, Unilever Indonesia mengumumkan 10 sosok “Every U Does Good Heroes 2022” yang terpilih berkat purpose dan program yang relevan, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan lingkungan, serta paling berpotensi untuk berkembang.  

Saat ini, kepedulian anak muda terhadap isu-isu sosial dan lingkungan semakin tinggi. Terbukti dari survei Youth20 (Y20) yang menunjukkan 75% generasi muda dari 19 negara G20 (termasuk Indonesia) memandang masyarakat yang beragam dan inklusif sebagai hal yang penting untuk ditegakkan. Survei dari Indonesia Millennial Report 2022 juga melaporkan 71% generasi muda Indonesia merasa bertanggung jawab mengatasi masalah lingkungan seperti perubahan iklim.

Selain itu, jumlah organisasi atau gerakan kebaikan yang diusung oleh anak muda juga terus meningkat. Data di situs indorelawan.org memperlihatkan saat ini setidaknya ada lebih dari 4.100 program atau gerakan anak muda Indonesia dengan fokus isu sosial dan lingkungan yang beragam – jumlahnya pun tercatat terus meningkat dari tahun ke tahun

Kristy Nelwan, Head of Communication and Chair of Equity, Diversity & Inclusion Board Unilever Indonesia menanggapi, sebagai perusahaan yang purpose-led dan future-fit, Unilever Indonesia siap mendukung para generasi muda sebagai penggerak perubahan untuk menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif melalui berbagai inisiatif – salah satunya program ‘Every U Does Good Heroes’ yang digelar sejak 2021. Dimana, saat ini telah mendapatkan 10 heroes terbaik dari berbagai wilayah Indonesia, yang ide dan programnya sangat kuat dan sejalan dengan tiga pilar kebaikan ‘The Unilever Compass.

“Di tengah proses pencarian dan perwujudan purpose yang kadang masih terkendala, dibutuhkan ekosistem yang dapat mewadahi, membimbing, dan membentuk generasi muda jadi sosok pahlawan tangguh yang mampu mengembangkan ide dan programnya secara berkelanjutan. Di sinilah peranan penting sekaligus pembeda dari program ‘Every U Does Good Heroes’, dimana kami bukan hanya mendukung para peserta untuk senantiasa mempertajam purposenya, namun juga mendorong mereka menjadi sociopreneurs masa depan yang mampu memastikan keberlanjutan dan skalabilitas dampak dari program yang mereka miliki,” lanjut Kristy.

Pencarian “Every U Does Good Heroes 2022” telah terlaksana sejak awal November 2022 lalu melalui beberapa tahapan, mulai dari proses pemilihan 100 finalis, sesi pembekalan di “Every U Does Good Summit”, hingga proses penjurian bersama para 5 mentor, yaitu Bijaksana Junerosano – Pendiri Waste4Change dan Greeneration Indonesia, Gita Syahrani – Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari, Driando Ahnan-Winarno – Co-Founder Indonesian Tempe Movement, Ayu Kartika Dewi – Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id, dan Nicky Clara – Disability Womenpreneur.

Di “Every U Does Good Heroes Summit”, kelima mentor ini banyak berbagi insight berharga seputar sociopreneurship bagi seluruh finalis, antara lain: cara mempertajam mindset dan kegigihan untuk merealisasikan purpose; kiat membangun dan menjalankan program/gerakan secara berkelanjutan dengan menggunakan kacamata bisnis; strategi dalam berkolaborasi; taktik mencari dan mengelola funding; step by step perencanaan, pembuatan, hingga pemublikasian konten di media sosial; tips membangun brand dan berinovasi secara konsisten; teknik untuk pitching dan presentasi, serta banyak lainnya – termasuk sharing session bersama salah satu pemenang “Every U Does Good Heroes 2021”.

Akhirnya, 10 sosok “Every U Does Good Heroes 2022” dengan purpose dan program yang sangat inspiratif telah terpilih berdasarkan sejumlah kriteria penilaian: (1) Kemampuan menganalisis masalah dan solusi yang ditawarkan; (2) Relevansi program dengan 3 pilar kebaikan Unilever; (3) Rencana kerja yang terstruktur dan dampak yang terukur; dan (4) Rencana keberlanjutan program di masa depan.

Kesepuluh sosok ‘Every U Does Good Heroes 2022’ masing-masingnya berhak menerima micro grant sebesar Rp50 juta disertai pembinaan lanjutan secara intensif dari para mentor dan tim Unilever Indonesia. “Kami berharap apa yang mereka capai hari ini bisa menjadi pijakan kuat bagi perjalanan mereka kedepannya, dan percaya bahwa program ataupun gerakan mereka akan membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas, serta menginspirasi lebih banyak lagi anak muda untuk sama-sama memberi kebaikan untuk Indonesia,” tutup Kristy.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here