Eksis di Sosmed, Sinarmas Land Raih Top Social Media Award 2023

oleh [Ki-Ka] CSO Majalah Marketing Erick Ko kepada Senior Vice President Marketing Communication and CRM Sinarmasland Laurencia Evilyn dan Dept Head Digital Marketing and Content Sinarmasland Rengga Tranfianto Nurvigya
[Ki-Ka] CSO Majalah Marketing Erick Ko, Senior Vice President Marketing Communication and CRM Sinarmasland Laurencia Evilyn dan Dept Head Digital Marketing and Content Sinarmasland Rengga Tranfianto Nurvigya. Foto: Aston Koes/MajalahMARKETING
Marketing.co.id – Award Achievers | Sinarmasland kembali meraih TOP Social Media Award 2023, kategori Developer Perumahan. Sinarmasland menempati peringkat pertama dengan Earned media Share of Voice by Sentiment (EMSS Index) sebesar 80,1% (HIGH).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh CSO Majalah Marketing Erick Ko kepada Senior Vice President Marketing Communication and CRM Sinarmasland Laurencia Evilyn dan Dept Head Digital Marketing and Content Sinarmasland Rengga Tranfianto Nurvigya di Sinarmasland Plaza, Tangerang, Banten, Selasa (7/11).

Senior Vice President Marketing Communication and CRM Sinarmasland Laurencia Evilyn kepada Marketingcoid mengatakan, digital saat ini menjadi kanal yang sangat penting. Di era digital ini semua serba cepat, oleh karena itu kita juga harus beradaptasi dan terus berinovasi dengan menghadirkan konten-konten berkualitas agar tetap dilirik masyarakat.

“Terima kasih telah mempercayakan Sinarmasland sebagai winner TOP Social Media Award 2023. Saya melihat ini positif banget karena diberikan oleh Lembaga yang memang cukup kompeten di bidangnya. Penghargaan ini diberikan melalui sebuah riset (kajian) yang mana ini merupakan feedback dari masyarakat itu sendiri,” ujar Evilyn.

“Tentunya ini menjadi masukan bagi kami agar ke depan semakin improve supaya bisa terus berkiprah diranah digital. Kami selalu konsen untuk menjawab kebutuhan pasar. Sinarmasland secara kontinu berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat,” lanjutnya.

Dept Head Digital Marketing and Content Sinarmasland Rengga Tranfianto Nurvigya menambahkan bahwa penghargaan ini sangat memacu motivasi karena hasil dari kompetisi dengan perusahaan lain. “Kami akan selalu eksis di media sosial. Sekarang ini kami memiliki departemen yang khusus menangani media sosial. Saya sendiri membawahi Divisi Digital Marketing and Content. Nah, di dalamnya ada tim yang khusus menangani performa digital marketing dan juga konten. Total ada 13 orang,” jelas Rengga.

Menurut Rengga, yang pertama kali harus dilakukan dalam mengelola media sosial adalah menetapkan tujuan. Setelah itu baru mencari strategi apa yang cocok yang akan dijalankan. Sebagai perusahaan yang menjual properti, aktivitas yang dilakukan Sinarmasland di media sosial adalah hard selling. Namun, supaya audience tidak bosan Sinarmasland menyematkan aktivitas soft selling dengan memberikan konten-konten organik dimana itu bertujuan untuk membangun engagement dengan audience di media sosial.

Rengga sangat menyadari bahwa kompetisi ke depan pasti akan semakin ketat. Sebab, setelah pandemi banyak perusahaan properti yang juga mulai terjun dan gencar melakukan aktivitas di media sosial. “Perusahaan properti lain pasti akan mulai gencar di dunia digital. Oleh karena itu, Sinarmasland akan tetap mempertahankan penghargaan ini dengan posisi yang lebih bagus lagi ke depan,” pungkas Rengga.

TOP Social Media Award merupakan bentuk pengakuan kepada perusahaan-perusahaan dengan share of voice yang besar serta memiliki sentimen yang baik di media sosial. Dasar dari penghargaan ini adalah riset percakapan konsumen di media sosial termasuk social network site (Facebook, Twitter (X), Instagram, TikTok), blog, news, video, dan forum. Setiap pembicaraan brand dianalisis berdasarkan kualitas dan kuantitas percakapan.

Dengan menggunakan data hasil monitoring, MediaWave dan Majalah MARKETING menganalisis dan mendapatkan daftar brand yang saat ini memiliki pangsa serta sentimen pembicaraan yang baik di media sosial. Index yang digukanan adalah hasil pengembangan dan modifikasi industri berdasarkan Social Influence marketing Score (SIM Score) yang dikeluarkan oleh Razorfish.

Indeks pengukuran Earned Media Share of Voice by Sentiment (EMSS Index) diukur dengan rumus berikut: persentase pembicaraan positif suatu brand di dalam kategori tertentu ditambah persentase pembicaraan netral brand tersebut di kategori, dikurangi persentase pembicaraan negatif brand tersebut di kategori. Indeks memiliki range antara 200% (maksimum) dan 0 100% (minimum) sehingga bisa terjadi indeks EMSS suatu brand negatif atau lebih 100%.

Setelah indeks setiap brand didapat, pemenang di setiap kategori industri ditentukan berdasarkan dua syarat, yaitu memiliki angka indeks lebih dari 10% dan menempati posisi dua besar di setiap kategori. Ada 246 kategori industri yang dimonitor dengan lebih dari 1.000 brand. Pemilihan brand yang dimonitor dilakukan berdasarkan hasil Top Brand Index dan kategori yang dipilih. Selain brand, MediaWave juga melakukan monitoring percakapan warganet terhadap public figure. Dari hasil monitoring dapat diketahui siapa saja aktris, aktor, penyanyi, ataupun YouTuber yang mendapatkan sentimen percakapan positip paling banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here