Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Digital Marketing Nggak Melulu Soal Konten

Masuknya era digital membuat para pebisnis tertarik untuk memperkenalkan produknya lewat dunia yang mayoritas diisi oleh generation X. Namun untuk memulai, banyak yang bingung, “Konten apa yang sekiranya layak untuk ditampilkan?” Padahal, pemanfaatan digital marketing nggak melulu soal konten, tapi kreativitas postingan Anda.

Bagi merek besar, sangat mudah memang menampilkan konten yang menarik dan kreatif. Tapi bagaimana dengan merek kecil, atau bahkan yang masih merintis? Sangat sulit karena harus menyiapkan bujet tambahan.

Konten tak hanya sekadar tentang kegiatan perusahaan Anda, atau cerita yang menurut Anda menarik. Sebuah konten haruslah menonjolkan beberapa sifat, seperti informatif, lucu, dramatik, sedih, unik, inspiratif, atau bahkan sesuatu yang tragis.

Jadi kalau Anda tidak bisa mengombinasikan minimal dua sifat tersebut, akan lebih baik bila Anda tidak memaksakan diri untuk membuat sebuah konten untuk digital marketing.

Penggunaan Digital Marketing tanpa konten

Tanpa konten, tentu saja Anda harus memanfaatkan media sosial. Dengannya, Anda bisa bercerita, sharing, mengumbar lelucon, atau bahkan memposting hal yang bodoh. Anggap saja pengikut Anda adalah sahabat merek Anda.

Ekspresikan berbagai hal dengan niatan untuk mengajak pengikut berinteraksi. Kenapa? Karena dengan menjadi akrab, bukan tidak mungkin kalau pengikut Anda nantinya akan menjadi konsumen yang loyal.

Caranya

Baru – baru ini PR Daily menampilkan sebuah artikel yang cukup menarik. Diposting oleh Steve Crescenzo pada 10 Oktober 2013 kemarin, Steve menampilkan dua buah postingan media sosial milik perusahaan yang tidak menyertakan tautan konten.

AMP Radio salah satunya, mereka memposting sebuah gambar bertuliskan, “Name a CITY that does not have the letter ‘A’ in it. I bet you can’t.” Mungkin ini hanya sebuah postingan bodoh, yang benar saja, banyak kota besar dengan tanpa huruf ‘A’. London, New York, Tokyo, Beijing, Venice, Moscow, Delhi.

Tapi jika Anda perhatikan bagian bawah gambar, postingan tersebut memiliki like berjumlah 70.3 K (70.300) dan komentar sebanyak 615 K (615.000). Gokil kan?

Ada lagi yang lebih aneh, “Post A Dog’s NAME Without the Letter ‘A’ in.” Nama anjing itu bebas, tanpa huruf ‘A’ pun tidak masalah, karena khalayak bisa mengarang sekehendaknya. Tidak seperti nama kota yang memang sudah jelas namanya.

Tapi justru itulah yang menarik, membuat postingan tidak harus serius ataupun mentautkan konten melulu. Hasilnya terbukti, dengan memposting sebuah becandaan, likesnya mencapai 17.2 K (17.200), dan komennya hingga 148.9 K (148.900).

 

Sumber: PR Daily | Foto: Volacci

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top