Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Menggunakan Media Sosial untuk Kegiatan CSR

csr

Corporate Social Responsibility atau biasa dikenal CSR merupakan bagian dari komunikasi perusahaan. Kegiatan CSR dimaksudkan untuk membangun brand awareness bagi perusahaan dengan sebuah kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat guna mempromosikan perbaikan sosial. Kegiatan CSR dapat menciptakan reputasi yang baik bagi perusahaan sekaligus membantu masyarakat lokal.

Munculnya media sosial telah menyebabkan beberapa perubahan dalam fungsi CSR. Kehadiran media sosial telah membantu meningkatkan jangkauan bisnis dan transparansi dalam praktek bisnis. Nah, bagaimana menggunakan media sosial untuk kegiatan CSR perusahaan:

Gunakan peraga visual

Para pemasar harus aktif dalam menggunakan gambar dan video dalam laman media sosial merek. Mereka harus aktif mempromosikan semua aktivitas CSR yang dilakukan perusahaan. Misalnya mendirikan sekolah atau memberikan obat-obatan gratis. Media sosial dalam hal ini akan sangat berguna karena akan sangat mudah bagi perusahaan berbagi dengan para pengikut. Hal ini dapat meningkatkan jangkauan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Selain itu, para pemasar juga dapat membuat perusahaan mudah ditemukan apabila aktif menggunakan berbagai fitur media sosial – seperti retweet, hashtag dan sejenisnya. Hal ini dapat menciptakan audiens baru dari kegiatan CSR perusahaan.

Terlibat dengan masyarakat

Para pemasar harus aktif terlibat dengan komunitas mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan kontes secara kontinu, memberikan diskon dan kupon. Kontes harus dijalankan secara transparan. Pemenang kontes harus diberikan hadiah yang layak, seperti undangan menghadiri acara CSR yang akan diselenggarakan perusahaan. Diskon dan kupon dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan dan di saat yang bersamaan juga dapat meningkatkan brand awareness.

Gunakan alat analisis

Banyak media sosial yang menyediakan alat research dan analisis. Tentunya itu dapat membantu para pemasar dalam menilai efektivitas kampanye mereka di media sosial – berhasil atau tidak. Alat-alat ini hadir dalam beberapa bentuk, seperti menghitung jumlah like atau retweet atau mengukur berapa lama waktu yang dihabiskan pengguna di laman media sosial. Jika digunakan secara efektif, alat-alat tersebut dapat membuat kampanye lebih efektif dan efisien secara bersamaan.

Tidak hanya itu, pemasar juga dapat menggunakan selebriti untuk mempromosikan acara CSR perusahaan. Berhubungan dengan selebriti dapat membantu meningkatkan brand image perusahaan.

Pemasar bisa mendatangkan selebriti untuk mempromosikan acara CSR mereka di media sosial. Selebriti yang dikenal memiliki banyak pengikut di media sosial dapat dimanfaatkan untuk tujuan perusahaan.

CSR telah hadir sejak jaman kliping. Sekarang di jaman media sosial dan internet, terlibat dengan kerumunan dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk online sangatlah penting. Media sosial menyediakan cara yang efektif untuk terlibat dengan populasi itu.

Editor: Wahid FZ

Sumber: SocialMediaToday

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top