dentsu Tunjuk Pemimpin Baru untuk Klaster Asia Tenggara

Marketing.co.id  –  Berita Marketing|dentsu hari ini mengumumkan pembentukan klaster baru Asia Tenggara sekaligus menunjuk beberapa sosok berpengalaman di Industri antara lain Sanjay Bhasin, Prakash Kamdar, dan Bharti Agrawal untuk memimpin kawasan yang berkembang pesat. Klaster Asia Tenggara adalah bagian dari jaringan bisnis wilayah Asia Pasifik, dan mencakup beberapa negara antara lain dentsu Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Sebagai kawasan dengan ekonomi terbesar kelima di dunia, Asia Tenggara mengalami pertumbuhan eksponensial dan transformasi yang luar biasa. Dalam hal ini, pertumbuhan pengeluaran periklanannya diprediksi akan melebihi Asia Pasifik dengan penghasilan bruto yang saat ini mencapai sebesar 3,1 triliun USD total dari negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam serta diperkirakan akan menjadi ekonomi terbesar keempat di tahun 2030.

Sanjay Bhasin, CEO dentsu Myanmar, Thailand dan Vietnam, diangkat menjadi CEO dentsu Southeast Asia, akan memulai perannya sesegera mungkin. Sebagai pelaku yang berpengalaman di Industri selama 30 tahun di wilayah Asia Pasifik dan kawasan SEA, Sanjay sebelumnya menjabat sebagai CEO Y&R SEA sejak tahun 2012 hingga 2018.

Baca juga: Magis Dipercaya Jadi Agensi Kreatif Brand Fashion Asal Jepang

Di bawah kepemimpinan Sanjay sebagai CEO dentsu Vietnam & Myanmar pada 2018, bisnis dentsu Vietnam mencapai masa keemasannya dan menjadi agensi terintegrasi paling sukses di negara Naga biru tersebut. Di bawah kepemimpinannya dentsu Vietnam menghasilkan pertumbuhan dan profitabilitas sebesar dua digit tahun-ke-tahun.

Selain itu, kepemimpinan Sanjay juga membuat agensinya dianugerahi Network of the Year MMA Vietnam pada tahun 2020 dan Creative Agency of the year selama tiga tahun. Setelah kesuksesan tersebut, Sanjay kemudian diangkat menjadi CEO dentsu Vietnam, Myanmar dan Thailand pada tahun 2021.

Rob Gilby, CEO dentsu APAC mengatakan, saat ini sudah terdapat banyak paparan yang positif mengenai pertumbuhan eksponensial dan transformasi yang luar biasa yang dialami oleh kawasan SEA. Untuk itu, langkah ini merupakan pengembangan bisnis organik yang senantiasa akan meningkatkan investasi yang signifikan dan komitmen terhadap karyawan, klien, mitra, serta mengukuhkan kemampuan kompetitif perusahaan di wilayah pertumbuhan yang penting ini.

dentsu
*kiri-kanan: Prakash Kamdar, CEO, Clients & Solutions dentsu Southeast Asia; Bharti Agrawal, CFO dentsu Southeast Asia; Sanjay Bhasin, CEO dentsu Southeast Asia.

“Saya sangat bangga dan semangat melihat para pemimpin yang telah terbukti sukses seperti Sanjay, Prakash, dan Bharti. Kini mereka akan memimpin lebih dari 4.000 talenta kami yang beragam untuk mempercepat pertumbuhan kami dan klien kami di SEA,” ungkap Rob.

Sanjay Bhasin, CEO dentsu Southeast Asia memaparkan: “SEA telah menjadi ‘rumah’ saya selama sebagian besar kehidupan profesional saya dan saya bangga telah diberikan kesempatan istimewa untuk bekerja dengan beberapa bisnis paling ambisius dan memimpin beberapa tim paling berbakat di negara-negara dalam klaster yang sangat menarik dan beragam ini.”

“Kami bersatu sebagai satu tim lintas batas untuk mewujudkan janji SEA dalam ‘The Decade of SEA’, yang saya percaya menjadi langkah tepat dalam perjalanan saya dan dentsu kedepan. Secara pribadi, dan profesional, saya juga telah mengenal Prakash dan Bharti selama beberapa dekade dan kami telah membangun chemistry yang luar biasa selama bertahun-tahun bekerja sama. Sangat tidak mudah sekali bagi saya untuk mendapatkan tim yang lebih baik, lebih kolaboratif, dan berbakat dibanding mereka untuk menjalankan misi SEA ini bersama-sama,” lanjut Sanjay.

Baca juga: Bagaimana Mengukur Viewability CTV untuk Pengiklan?

Prakash Kamdar ditunjuk menjadi CEO, Clients & Solutions, dentsu Southeast Asia dan peran tersebut akan dimulai segera. Dalam tim kepemimpinan klaster yang sama, Bharti Agrawal menjabat sebagai CFO dentsu Southeast Asia dan peran ini telah berlaku sejak beberapa bulan yang lalu. Agar tetap dekat dengan bisnis lokal, Sanjay dan Prakash akan terus melanjutkan peran kepemimpinan mereka di negara-negara yang ditugaskan dalam klaster dentsu Asia Tenggara.

Prakash berpengalaman selama 27 tahun dalam pemasaran digital dan transformasi digital. Dia bergabung di industri digital sejak tahun 1997 dan menjadi CEO dentsu Singapore pada tahun 2019 dan merangkap sebagai CEO dentsu Indonesia sejak Januari 2022.

Pada tahun 2021, Prakash dianugerahi Executive of the Year di kategori bisnis Periklanan di ajang Singapore Business Review Management Excellence Awards 2021 dan titel Agency Leader of Year oleh Marketing Interactive pada tahun 2022.

Sementara Bharti memiliki pengalaman kerja lebih dari 20 tahun di bidang keuangan, serta keahlian operasional, komersial, dan M&A di perusahaan publik dan swasta di negara Inggris, Brasil, dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here