Tips Jitu Jualan Kuliner Online Agar Makin Laris Manis di Bulan Puasa

Marketing.co.id – Berita UMKM | GoFood sebagai platform Online Food Delivery terdepan di Indonesia, tahun ini memberikan pelatihan dan edukasi secara daring kepada ratusan mitra usaha kuliner dalam acara Temu KOMPAG (Komunitas Partner GoFood) Akbar.

goofood Tips Jitu Jualan Kuliner Online di Bulan Ramadan

Dalam kesempatan ini, GoFood menghadirkan para pakar di bisnis kuliner yakni Daniel Limas, pemilik usaha Garpu Pasta & Pizza dan Mentor GoFood serta Eddy Sukmana selaku Food Photographer profesional yang berbagi beragam pengalaman dan tips untuk meningkatkan penjualan kuliner online selama Ramadan.

Felicia Wijaya, Head of Platform & GoFood Merchant Marketing menjelaskan “Sesuai komitmen GoFood untuk menjadi mitra terbaik pertumbuhan UMKM, kami senantiasa mendukung para mitra usaha kami untuk memaksimalkan peluang bisnis di setiap kesempatan, termasuk di bulan Ramadan. Kali ini, kami memberikan ragam edukasi dan tips-tips ringan yang praktikal agar mereka dapat melayani pesanan pelanggan dengan maksimal sambil menumbuhkan bisnisnya. Kami berharap informasi yang kami berikan dapat #LengkapiRamadan mitra usaha kuliner GoFood dalam memanfaatkan platform OFD untuk berjualan secara lebih optimal.”

Temu KOMPAG Akbar telah menghadirkan para pakar di bidang bisnis kuliner yang membagikan tips dan trik dalam berjualan kuliner online selama bulan Ramadan. Ada beberapa strategi yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha kuliner online agar jualan mereka makin laris manis, di antaranya:

Pertama, pelaku usaha kuliner perlu mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk berjualan agar usaha mereka laris manis. Pada pukul 16.00 – 19.00, pelanggan mulai mencari menu buka puasa dan melakukan transaksi di platform OFD. Pada waktu sahur pukul 02.00 – 04.00 juga menjadi waktu yang tepat untuk membuka resto dan meningkatkan omzet.

Kedua, pelaku usaha kuliner juga perlu memilih menu yang mudah diolah dan populer agar proses pengemasan menu makanan dapat dilakukan dengan cepat dan pelanggan tidak menunggu terlalu lama. Menu khas berbuka puasa seperti es cendol, sop buah, aneka gorengan, dan jajanan pasar sangat diminati oleh pelanggan selama Ramadan.

Ketiga, pelaku usaha kuliner dapat mengembangkan menu-menu paketnya untuk menarik perhatian pelanggan, seperti paket berbuka puasa dengan gratis takjil, paket keluarga, paket sahur, dan paket menu traktir driver.

Keempat, pelaku usaha kuliner dapat membuat promosi dan iklan untuk menarik minat pelanggan dan menjangkau lebih banyak orang. Di platform OFD, ada berbagai opsi promosi dan iklan yang dapat dipilih.

Kelima, sangat penting untuk memastikan stok bahan baku yang aman dan tersedia, terutama di tengah tingginya pesanan pelanggan selama Ramadan. Pelaku usaha kuliner juga dapat membuat perjanjian dengan supplier untuk memastikan tidak ada kenaikan harga.

Keenam, dengan meningkatnya volume konsumen selama Ramadan, pelaku usaha kuliner dapat menambah karyawan cadangan agar pelayanan tetap berjalan dengan lancar dan maksimal.

Ketujuh, foto menu memiliki peran krusial dalam menarik minat pelanggan, terutama di platform OFD. Pelaku usaha kuliner dapat membuat foto menu yang menarik dengan mudah dan hemat hanya dengan kamera smartphone.

Terakhir, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai channel pemasaran dan promosi yang efektif selama Ramadan. Pelaku usaha kuliner dapat menghadirkan konten-konten kreatif mengenai resto atau promo menarik untuk menunjang pemasaran mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.