Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Bongkar Inovasi Teknologi Tokopedia dalam “START Summit Extension”

Marketing.co.id – Berita Digital I Masih dalam gelaran Tokopedia Play Fest secara virtual di kanal video streaming Tokopedia Play untuk merayakan HUT ke-11 Tokopedia sekaligus memperingati HUT ke-75 Republik, kali ini hadir sejumlah pakar teknologi Tokopedia, antara lain Leontinus Alpha Edison, Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia; Gilang Kusuma Jati, Engineering Manager Tokopedia; dan Erika Hutapea, Data Analyst Lead Tokopedia.

Tokopedia Play Fest

Bertajuk ‘Shift in Indonesia’s Technology Landscape’ ini mengulik proses adaptasi Tokopedia dalam menghadapi perkembangan industri teknologi yang sangat dinamis, termasuk inovasi digital yang dihadirkan sepanjang 11 tahun berdirinya Tokopedia. Talk show ini merupakan START Summit Extension, kelanjutan dari konferensi teknologi pertama yang dihadirkan oleh Tokopedia ‘START’ pada awal tahun 2020. Program berkelanjutan ini diharapkan bisa mendukung perkembangan talenta digital Indonesia demi memajukan ekosistem teknologi Tanah Air.

Baca juga: Tokopedia Akselerasi Pemerataan Ekonomi di Sulawesi Selatan

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, menjelaskan, adapun tujuan menghadirkan ketiga pembicara tersebut adalah untuk memberikan pemahaman bagi pegiat UMKM lokal dalam mengembangkan bisnis online, melalui inovasi dan fitur-fitur yang dihadirkan Tokopedia, khususnya dari sisi teknologi.

Leontinus Alpha Edison, Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia memaparkan, menjabat sebagai Vice Chairman di Tokopedia, dia berfokus untuk membina generasi pemimpin selanjutnya di Tokopedia. Selain  bertanggung jawab pada aspek teknis, aspek operasional, manajemen SDM, keamanan, manajemen risiko dan tata kelola di Tokopedia pun menjadi hal yang patut diperhatikan.

“Dalam 5 hingga 10 tahun mendatang, inovasi teknologi tetap harus dilakukan. Di Tokopedia sendiri, semua itu dilakukan berdasarkan pada visi dan misi perusahaan, yakni mampu menjangkau dalam pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital. Inovasi teknologi menjadi dasar utama, namun seiring waktu justru inovasi teknologi yang ada berasal dari teknologi Tokopedia itu sendiri. Teknologi yang diciptakan pun tak hanya berfokus pada pengguna, tapi juga mampu memberikan value,” ujar dia.

Ini juga yang dilakukan Gilang Kusuma Jati, Engineering Manager Tokopedia. Dengan menghadirkan sejumlah inovasi, kini aplikasi Mitra Tokopedia dapat digunakan dengan mudah sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan para pelaku usaha tradisional, dalam hal ini pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lain.

“Adanya fitur-fitur baru dari Mitra Tokopedia, kini para mitra dapat menerima tagihan pembayaran dari Tokopedia. Ini juga menjadi salah satu alternatif sekaligus solusi bagi konsumen yang ingin melakukan pembayaran di warung maupun toko kelontong Tokopedia. Ini juga mengakomodir sistem pembayaran bagi konsumen yang tidak memiliki rekening bank,” papar Gilang.

Menariknya, Mitra Tokopedia juga dapat mengikuti fitur “Tantangan” yang ada di Mitra Tokopedia. Fitur ini memberikan visi khusus bagi para mitra untuk memenuhi tantangan yang harus tercapai dalam periode waktu yang ditentukan. Dalam fitur tersebut, para Mitra Tokopedia yang berhasil akan mendapatkan benefit berupa hadiah menarik.

Baca juga: Tokopedia Salam Penuhi Ragam Kebutuhan Masyarakat

Sedangkan dari TopAds Tokopedia, Erika Hutapea selaku Lead Data Analyst Tokopedia, menjelaskan  mengelola data menjadi lebih efisien dengan menggunakan high-tech platform,menjadi tanggung jawabnya. Ini diterapkan dalam self service analytics dan big data.

“Kami dari tim Data Analyst TopAds, berupaya membantu mengotomasikan proses algoritma penilaian iklan TopAds. Selain itu, berkolaborasi dengan tim teknologi untuk mengotomasi proses analisis hasil kampanye dan membantu mitra strategis memahami efektivitas kampanye yang telah dilakukan,” kata dia.

Ditambahkan Ekhel, Tokopedia percaya bahwa talenta digital terbaik lah yang dapat menciptakan produk dan layanan terbaik, yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia, sekaligus mengakselerasi pemerataan ekonomi di Indonesia. Sejalan dengan misi perusahan sejak awal berdiri, yakni sebagai perusahaan teknologi Indonesia.

“Untuk itu, kami juga mengedukasi para pengguna Tokopedia dalam memanfaatkan teknologi serta fitur yang ada. Salah satunya dengan menggelar pelatihan gratis dan berkelanjutan secara virtual saat ini. Sehingga, pengguna dapat memaksimalkan teknologi maupun fitur secara maksimal dan efektif secara digital. Kami juga terus menghadirkan inovasi teknologi yang mudah digunakan, seperti pada TopAds hadir dengan pilihan pengaturan otomatis bagi pengguna yang ingin beriklan secara maksimal,” papar dia.

Ke depannya, Tokopedia berkomitmen untuk terus mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia dan bertransformasi menjadi Super Ecosystem dengan mengedepankan lima pilar utama, yaitu memperkuat fondasi, fokus pada kebutuhan konsumen, memperluas pemanfaatan data, penggunaan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan menjalankan kerangka kerja yang optimal secara finansial.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top