Anda Boros? Ini Tips Mengontrol Pemakaian Kartu Kredit

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

credit cardKartu kredit bisa memiliki dua sisi, yakni sisi negatif dan positif. Negatifnya tentu membuat Anda jadi konsumtif dan kerap berutang, sedang sisi positifnya bisa membantu keuangan Anda apabila sedang butuh biaya darurat semisal membayar perawatan di rumah sakit. Di samping itu beberapa kartu kredit juga bekerja sama dengan rumah sakit, restoran, hotel, dan lainnya dalam memberikan promo serta cicilan 0 persen. Praktikkan langkah-langkah di bawah ini supaya Anda yang mengontrol kartu kredit bukan malah dikontrol olehnya.

Jumlah kartu kredit

Jangan mudah diperdaya oleh rayuan promosi kartu kredit yang memberikan penawaran menarik. Miliki satu atau paling banyak dua kartu kredit saja. Sesuaikan kemampuan Anda terutama dalam hal penghasilan untuk mengajukan kartu kredit, karena bisa-bisa tagihan Anda malah melebihi pemasukan setiap bulannya. Memiliki banyak kartu kredit dapat membuat Anda gelap mata untuk memakainya. Selain itu, Anda juga akan kesulitan untuk menghitung jumlah pemakaian dari tiap kartu kredit Anda. Tips terbaiknya miliki satu kartu kredit dengan limit yang tinggi lebih mudah diatur daripada memiliki dua kartu kredit dengan limit yang menengah. Selain itu, pilih kartu kredit yang memiliki bunga per bulan di bawah 15% sehingga Anda juga tidak berat ketika membayar tagihannya.

Limit kartu kredit

Tips berikutnya agar lebih mudah mengontrol pemakaian kartu kredit ialah membatasi limit kartu kredit. Cara terbaik menentukan limit ialah kumpulkan semua tagihan transaksi yang pernah terjadi sehingga Anda mudah untuk menghitung jumlah pemakaian per bulannya. Hentikan penggunaan kartu kredit apabila sudah berjumlah 30% dari batas kredit, sampai Anda melunasi tagihannya.

Gunakan kartu kredit dengan bijak

Setelah memiliki kartu kredit serta menentukan limitnya pakailah dengan bijaksana. Jangan mudah terpengaruh oleh promo-promo yang diberikan penerbit kartu kredit Anda apalagi yang mengandung cicilan 0%. Seandainya memang Anda membutuhkan produk tersebut bolehlah memakainya, namun jika belum perlu lebih baik tidak usah tergiur. Membiasakan diri untuk membuat anggaran bulanan adalah hal yang sangat jitu mengontrol keuangan serta pemakaian kartu kredit Anda.

Pemegang kartu kredit memang sering kali mendapat keuntungan seperti belanja hemat dengan kartu kredit atau point reward. Sebaiknya Anda tidak tergiur semua itu jika barang yang ditawarkan tidak termasuk ke dalam daftar kebutuhan Anda. Jangan sampai hanya untuk mendapatkan keuntungan point reward Anda harus membayar tagihan kartu kredit lebih besar ataupun sulit melunasinya.

Sisihkan uang untuk ditabung

Menyisihkan sebagian uang untuk ditabung dan menyimpan sisa uang belanja adalah cara yang baik dalam mengatur keuangan dan mencegah masalah finansial. Selain itu, uang tabungan Anda juga dapat menjadi dana alternatif untuk melunasi tagihan kartu kredit yang membengkak tanpa diduga.

Catat setiap pengeluaran dan pemasukan

Ini merupakan hal penting untuk mengetahui aliran uang Anda dan untuk mengatur anggaran dengan baik. Buatlah perencanaan keuangan yang matang agar Anda tetap bisa belanja hemat dengan kartu kredit tanpa harus menjebol tabungan atau harus dihantui oleh utang yang menumpuk.

Pilih tanggal jatuh tempo yang tepat

Anda tentunya akan lebih senang membayar tagihan kartu kredit sesuai dengan jumlah pemakaian setiap bulannya bukan? Sehingga tidak perlu terkena bunga. Untuk menghindari hal tersebut, pilih tanggal jatuh tempo yang tepat. Sebaiknya memilih di tanggal setelah Anda menerima gaji. Dikarenakan, keuangan Anda masih utuh dan tentu sudah dibuat anggaran sebelumnya. Usahakan selalu membayar tepat waktu dalam melunasi tagihan Anda, jangan sampai melewati batas jatuh tempo. Pihak bank biasanya akan memberlakukan denda tertentu bagi keterlambatan pembayaran tagihan yang jumlahnya tidak sedikit.

Jika cicilan kartu kredit menumpuk, hentikan dulu pemakaian kartu kredit hingga semua utang tersebut dilunasi. Solusinya adalah belanja menggunakan uang tunai. Hal itu juga bermanfaat untuk memperbaiki pola belanja Anda yang konsumtif dan impulsif. Selain itu, jangan pernah menarik uang tunai menggunakan kartu kredit karena bunganya lebih besar daripada transaksi biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here