Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

5 Pilihan Tempat Wisata Kuliner di Lombok yang Tak Boleh Dilewatkan

Wisata ke daerah mana pun kurang afdal jika belum mencicipi kuliner-kuliner khasnya. Apalagi Lombok yang memiliki aneka menu khas yang mampu menggugah selera. Sesuai dengan nama pulaunya, kuliner khas Lombok dikenal dengan rasa pedas karena masyarakat menjadikan cabai sebagai bahan di setiap sajian mereka.

Nah, kira-kira di mana Anda bisa mencicipi kuliner lezat khas Lombok? Kali ini ada lima pilihan tempat wisata kuliner yang bisa dikunjungi dan patut dipertimbangkan. Pesan hotel di Lombok biar Anda puas menikmati semua kuliner khas di Lombok.

1. Rumah Makan Suranadi

Rumah makan ini terletak di Taman Suranadi, Lombok Barat. Restoran yang telah berdiri sejak sekitar 50 tahun lalu ini menyuguhkan menu-menu lezat dan autentik dari Lombok. Interiornya sendiri dihiasi dengan berugak atau balai bengong yang mengelilingi bangunan utama atau area makan.

Menu yang bisa dicicipi, contohnya ikan bakar, ayam goreng, ayam taliwang, ayam pelalah, sate bulayak, dan pelecing. Uniknya, restoran tersebut masih memasak menggunakan kayu bakar dan terdapat pula kolam renang di dalamnya. Tempat ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin makan dengan harga yang ramah di kantong.

2. Ayam Taliwang Khas Pak Udin

Warung ini masih mempertahankan gaya khasnya sebagai kedai kaki lima. Meski sederhana, cita rasa Ayam Taliwang Pak Udin tidak kalah dengan tempat-tempat lainnya. Buka mulai pukul 5 sore hingga tengah malam, suasana kedai yang nyaman dan santai sangat cocok untuk keluarga Anda bersantap.

Ayam Taliwang Pak Udin memang selalu dicari oleh pelancong yang berwisata ke Lombok. Yang dipilih merupakan ayam kampung yang masih berusia 3 hingga 4 bulan. Selain menu utama ayam taliwang, warung ini juga menyediakan menu lain seperti ayam bakar madu, ayam bakar kecap, kerapu goreng, sate usus, pelecing, dan terong bakar.

3. Depot Kelebet

Di tempat ini bisa dijumpai salah satu kuliner khas Lombok, yakni bebalung. Sekilas memang tampak seperti soto daging atau gulai, tetapi sebenarnya terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau. Cita rasanya yang pedas dan agak asam memberikan kesan tersendiri.

Warung ini hanya buka dari pagi hingga siang hari atau sampai menu yang dijual habis. Jumlah porsi yang dijual memang dibatasi setiap harinya untuk menjaga kesegaran rasa di setiap sajian. Jika tidak ingin kehabisan, Anda harus datang lebih awal ke warung ini.

4. Pusat Kuliner Pasar Tanjung

Pasar tradisional yang terletak di Lombok Utara ini memiliki kawasan pusat kuliner. Para pedagang makanan khas Lombok berjualan dari pagi hingga malam hari di sepanjang area pasar. Ada beraneka menu khas Lombok yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Misalnya, sate tanjung yang tersohor di pasar ini. Terbuat dari daging yang disajikan bersama opak singkong. Rasanya yang pedas akan terasa lebih lezat jika ditemani dengan bumbu, pelecing, lontong, dan urap.

 5. Rumah makan Dua EM Bersaudara

Restoran ini menjadi tempat terfavorit untuk mencicipi kuliner ala suku Sasak. Beraneka menu lezat dengan harga terjangkau menjadi daya tariknya. Rumah makan ini dibuka dari jam 9 pagi hingga 11 malam.

Rumah Makan Dua EM Bersaudara menyajikan menu-menu seperti sate sumsum, pelecing kangkung, ikan bakar madu, maupun ayam taliwang. Olahan ayam taliwangnya pun sangat nikmat dengan kombinasi rasa pedas, manis, dan gurih. Warung ini diklaim sebagai salah satu tempat dengan resep ayam taliwang yang autentik.

Sekian uraian tentang tempat wisata kuliner di Lombok yang bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Rasanya pasti lega jika sudah berwisata kuliner di destinasi liburan yang dikunjungi. Setelah kenyang, saatnya pulang ke tempat penginapan. Masih belum dapat hotel murah untuk menginap? Ayo, gunakan aplikasi Airy yang bisa membantu Anda dalam menemukan hotel di Lombok secara praktis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top