Marketingcoid – Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group kembali menyelenggarakan perhelatan rutin tahunan – Top Brand Award 2016 – di Hotel Mulia, Jakarta (24/8).
Penghargaan yang dihelat selama 2 hari (24-25 Agustus) tersebut diberikan berdasarkan hasil survei Top Brand Fase II 2016, yang dilaksanakan pada April-Mei 2016.
Survei tersebut dilaksanakan serentak di 15 kota Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banjarmasin, Manado, Medan, Makassar, Pekanbaru, Balikpapan, Palembang, Samarinda, dan Denpasar.
Melibatkan total 14.000 responden yang terdiri dari 10.100 sampel random, 1.700 sampel random retail, dan 2.200 sampel booster.
Hebatnya, hasil riset Top Brand sudah teruji di depan forum profesor di University of New South Wales, Australia serta menjadi bahan tesis serta disertasi. Tentunya itu membuat para pemenangnya semakin bangga.
Menurut survei, logo Top Brand menjadi logo penghargaan paling dikenal dibandingkan dengan logo penghargaan sejenis lainnya. Di kawasan Jatabek (Jakarta, Tangerang, Bekasi) misalnya, tingkat awareness-nya bahkan mencapai angka 90%.
Top Brand sendiri memberikan arti penting bagi kompetisi merek di pasar. Banyak sekali merek-merek yang tadinya populer kemudian lambat laun turun, bahkan hilang dari peredaran.
Dinamika merek-merek di pasar menunjukkan bahwa kompetisi antar merek di pasar semakin tinggi. Bukan hanya sesama kategori produk, namun juga dengan kategori produk lainnya.