Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Suzuki Optimis Raih 11,1 Persen Pangsa Pasar Mobil Domestik

Marketing – Penjualan kendaraan roda empat sepanjang 2018 yang  menembus angka 1,15 juta unit menunjukkan industri otomotif nasional mulai menggeliat. Hal ini membuat pelaku industri otomotif kian optimistis mengarungi tahun 2019 sSuzuki Indonesiaeperti halnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia, yang menargetkan pertumbuhan market share (pangsa pasar) sebesar 11,1% di pasar domestik.

Optimistis tersebut didukung dengan realisasi penjualan wholesales Suzuki yang meningkat 5,7% menjadi 118.014 unit di tahun 2018 dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 111.660 unit. Raihan ini membuat pangsa pasar wholesales Suzuki menjadi 10,25%.

Sementara penjualan retail penjualan Suzuki pada tahun 2018 pun meningkat hingga 8,9% menjadi 116.688 unit di tahun 2018 dibandingkan tahun 2017 sejumlah 107.185 unit. Dengan pertumbuhan yang signifikan ini, Suzuki berhasil meraih pangsa pasar retail sales sebesar 10,12%.

“Raihan positif ini berkat minat dan penerimaan yang baik dari masyarakat terhadap produk-produk Suzuki serta kerja keras seluruh elemen perusahaan,” kata Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS.

Untuk mewujudkan target tesebut, Suzuki berkomitmen mengoptimalkan penjualan produk lokal, seperti All New Ertiga dan Carry. Termasuk meningkatkan penjualan Karimun Wagon R, APV, Ignis, Baleno, dan SX4 S-Cross.

“Suzuki akan menghadirkan produk yang semakin sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan mengutamakan prinsip best value for money,” beber Setiawan.

Selain produk, Suzuki juga berkomitmen untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat dengan meningkatkan jaringan pemasarannya. Di tahun ini, rencananya  membuka 6 outlet baru yang akan semakin mudah konsumen mendapatkan produk unggulan, layanan servis dan suku cadang.

Dari sisi purnajual, kepuasan pelanggan akan terus ditingkatkan dengan menerapkan new standard quality service di bengkel resmi Suzuki, di mana pelanggan dapat melakukan online booking untuk perawatan rutin serta melacak tahap pengerjaan service melalui aplikasi.

Tahun 2019 ini, Suzuki menargetkan jumlah kendaraan yang melakukan perawatan di bengkel resmi meningkat hingga 9,8% atau sebanyak 1.100.000 unit. Suzuki juga akan memperluas layanan bengkel Body and Paint dengan membuka delapan bengkel di Sumatera, Jawa, Bali, dan Maluku.

Sedangkan dari sisi suku cadang, Suzuki optimistis dapat meningkatkan pendapatan penjualan suku cadang hingga 10% pada tahun 2019.  Upaya yang dilakukan menghadirkan varian SGP, SGO, maupun SGA, serta mengembangkan jaringan pemasaran suku cadang untuk memberi kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top