News & Event

Produk Asuransi Mikro Astra Life Catatkan Pertumbuhan Gemilang

Setelah bekerjasama selama hampir tiga tahun PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) dan PT Federal International Finance (FIFGROUP) telah melahirkan dan memasarkan tiga produk asuransi mikro yang terus bertumbuh dan berhasil meningkat penjualannya secara signifikan setiap tahun dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 327% (2015 – 2017). Hal ini dikarenakan adanya pertambahan titik penjualan setiap tahunnya

Astra Life mulai memasuki industri asuransi mikro di Indonesia sejak tahun pertama berdirinya, berangkat dari visi perusahaan untuk hadir di setiap rumah masyarakat Indonesia dan misinya untuk membawa ketenangan pikiran serta membangun masa depan yang sejahtera ke jutaan masyarakat Indonesia. Sebagai perwujudan nyata dari visi dan misi tersebut dan dilengkapi dengan semangat untuk membangun Indonesia yang lebih baik serta selaras dengan filosofi Astra untuk sejahtera bersama bangsa, maka Astra Life meluncurkan produk asuransi mikronya di tahun 2015.

Komitmen Astra Life dalam menyediakan asuransi mikro juga dilakukan untuk meningkatkan penetrasi asuransi jiwa di Indonesia serta mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menciptakan pertumbuhan jumlah nasabah asuransi mikro di Indonesia, sehingga keluarga yang berpenghasilan di bawah rata-rata mampu mengatasi dan bertahan saat menghadapi risiko-risiko finansial terjadi.

Dipilihnya FIFGROUP sebagai mitra kerjasama dalam menghasilkan dan memasarkan produk asuransi mikro ini karena Astra Life yakin FIFGROUP memiliki kredibilitas dan pengalaman dalam melayani konsumen mikro yang menjadi nasabah kreditnya melalui ratusan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan mengelola jutaan database pelanggan.

Sesuai dengan karakteristik jenis asuransi mikro, produk asuransi mikro yang ditawarkan ditujukan bagi masyarakat Indonesia berpenghasilan menengah ke bawah dengan harga yang sangat terjangkau, memiliki fitur dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehari-hari, proses administrasi yang sangat mudah maupun proses pembayaran klaim yang cepat sehingga dapat diakomodir oleh nasabah kredit FIFGROUP.

Produk asuransi mikro hasil kerjasama Astra Life dan FIFGROUP ini dinamakan SINATRA (Siap Dengan Perlindungan Astra Life), dengan dua produk pertama yang diluncurkan pada bulan Agustus 2015 yaitu Sinatra PerisaiKu & Sinatra ProteksiKu

Presiden Direktur Astra Life Auddie A. Wiranata menyampaikan bahwa mimpi Astra Life agar setiap orang Indonesia bisa mendapatkan perlindungan, mulai menuai hasil. “Sepanjang tahun 2017 lalu, produk asuransi mikro Astra Life catatkan kinerja yang baik. Itu artinya semakin banyak orang Indonesia yang memiliki perlindungan yang pasti dan sesuai dengan kebutuhan mereka, melalui produk asuransi yang terjangkau harganya dan proses yang mudah, sehingga semakin banyak juga masyarakat yang bisa Love Life karena sudah terlindungi,” ungkap Auddie.

Presiden Direktur FIFGROUP Margono Tanuwidjaya menyatakan, “Kami senang dengan partnership ini, karena asuransi mikro dari Astra Life bisa melengkapi produk-produk FIFGROUP menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen kami untuk mendapatkan perlindungan dari risiko yang dihadapi oleh mereka sehari-hari”, jelasnya.

Sejak diluncurkan pada akhir tahun 2015 hingga penghujung tahun 2017 lalu, ketiga produk Sinatra ProteksiKu, Sinatra PerisaiKu dan Sinatra SehatKu telah dipasarkan di FIFGROUP sebanyak 147.000 polis dengan pendapatan Premi mencapai Rp. 7,4 miliar. Meningkatnya pertumbuhan asuransi mikro Astra Life ini juga seiring dengan pertumbuhan segmen asuransi mikro nasional yang sedang bergairah. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, realisasi premi produk asuransi mikro sepanjang 2017 sebesarRp 1,43 triliun, tumbuh 34,9% jika dibandingkan dengan periode sama tahun 2016 sebesar Rp 1,06 triliun.

Selaras dengan data tersebut, Auddie menyampaikan bahwa asuransi mikro punya pasarnya sendiri. sehingga ia cukup optimis bahwa microinsurance bisa jadi pintu gerbang masyarakat untuk mau berasuransi. “Kami percaya bahwa asuransi jiwa seharusnya dapat terjangkau oleh setiap kalangan dan seluruh lapisan masyarakat dan melalui produk asuransi mikro, masyarakat bisa melihat bahwa dengan premi yang sangat terjangkau harganya, masyarakat tetap bisa mendapatkan perlindungan serta benefit yang sesuai dengan kebutuhannya. Dari situ, kami berharap masyarakat bisa semakin memahami seberapa menguntungkannya memiliki asuransi,” tutup Auddie.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top