Pertumbuhan Positif Layanan MADINA Bank Muamalat, Transaksi Digital Meningkat di 2023

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Layanan Cash Management System (CMS) Bank Muamalat Indonesia Tbk, yang dikenal sebagai Muamalat Digital Integrated Access (MADINA), mencatatkan pertumbuhan yang positif sepanjang tahun 2023. Menurut Irvan Yulian Noor, SEVP Enterprise Banking Bank Muamalat, pengguna MADINA secara keseluruhan mengalami peningkatan sebanyak 1.568 pengguna atau meningkat sebesar 18% secara year on year (yoy) hingga akhir Desember 2023.

MADINA Bank Muamalat
Pengguna MADINA meningkat 18% secara year on year (yoy) per akhir Desember 2023.

Pertumbuhan ini sejalan dengan volume transaksi MADINA yang tumbuh 23% (yoy) dari Rp40,8 triliun menjadi Rp50,4 triliun. Jumlah frekuensi transaksi MADINA juga meningkat sebesar 7% (yoy) menjadi 1.366.838 transaksi.

Irvan Yulian Noor menjelaskan, “Peningkatan tersebut merupakan hasil dari upaya kami yang gencar menjalin kerja sama dengan berbagai instansi dan implementasi sejumlah strategi untuk meningkatkan utilisasi layanan MADINA. Tren positif ini akan kami lanjutkan pada tahun ini dengan fokus pada segmen lembaga keuangan syariah dan institusi Islam, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.”

Selain itu, layanan Virtual Account (VA) yang terintegrasi dengan MADINA juga mengalami peningkatan. Jumlah frekuensi transaksi VA Bank Muamalat naik 12% (yoy) menjadi 3.594.765 transaksi, dengan volume transaksi VA Bank Muamalat yang naik 9% (yoy) menjadi Rp5,7 triliun.

Program Pendukung

Untuk meningkatkan utilisasi MADINA pada 2023, Bank Muamalat melaksanakan MADINA Activation Program (MAP), di mana nasabah diberikan benefit berupa bebas biaya transaksi hingga 30 kali/bulan selama 3 bulan. Selain itu, Bank Muamalat juga menggelar MADINA Class Training (MCT) secara rutin setiap minggu melalui platform online. Pelatihan ini ditujukan bagi nasabah baru maupun eksisting agar segera mengaktifkan layanan MADINA dan menjadikan Bank Muamalat sebagai bank operasional pilihan mereka.

Sebagai informasi tambahan, MADINA merupakan layanan internet banking untuk nasabah korporasi yang memungkinkan pemantauan dan transaksi perbankan non tunai atas seluruh rekening yang dimiliki di Bank Muamalat secara realtime. MADINA menawarkan fleksibilitas kepada nasabah melalui opsi layanan MADINA Advanced dan MADINA Basic, di mana fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan administrasi dan transaksi nasabah.

Untuk menggunakan layanan MADINA, nasabah korporasi perlu mengakses website MADINA menggunakan browser kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan internet, memudahkan transaksi bisnis bagi nasabah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.