Persembahan Pluang untuk Dunia: Local Heroes UMKM dalam Produk Value Creation Khas Indonesia 

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Pluang, Local Heroes, UMKM, Produk Value Creation , WCCE 2022Marketing.co.id – Berita UMKM | Masih dalam rangka mengusung semangat kepemudaan, tepat di bulan Sumpah Pemuda, Pluang kembali mengangkat nilai-nilai nasionalisme Indonesia dalam cenderamata karya anak bangsa, kali ini sebagai local heroes bagi para pengusaha muda UMKM yang dipersembahkan dalam Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia 2022 atau World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022.

Ajang berskala internasional WCCE 2022 ini menjadi momen penting bagi Pluang untuk memperkenalkan identitas dan kebudayaan Indonesia yang berkaitan erat dengan agenda prioritas sektor ekonomi kreatif dalam balutan produk value creation atau proses penciptaan nilai tambah yang dilakukan pada suatu inovasi produk.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan WCCE pada 5-7 Oktober 2022 di Bali yang dihadiri kurang lebih 1.000 peserta. Perhelatan tahunan ketiga ini merupakan forum pertemuan internasional antar berbagai pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran dan pengalaman, menyusun panduan kebijakan, serta mewujudkan kerja sama konkrit dalam ekonomi kreatif.

Dengan tema besar “Inclusively Creative: A Global Recovery”, WCCE 2022 menekankan pada urgensi mengintegrasikan ekonomi kreatif ke dalam pemulihan ekonomi global. Seiring upaya dunia untuk mempercepat pemulihan, peningkatan ekonomi kreatif merupakan hal yang sangat penting untuk disertakan dalam agenda ekonomi global, sekaligus untuk meningkatkan signifikansi dan efektivitas ekonomi kreatif dalam mendukung pertumbuhan inklusif dan berkelanjutan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan, ekonomi kreatif dapat dilihat sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi sekaligus katalis untuk stabilitas ekonomi. Perkembangan pesat industri kreatif di Indonesia ditandai dengan terbukanya peluang berusaha dan upaya pemerintah untuk mencapai target 4,4 juta lapangan kerja ekonomi kreatif di tahun 2024.

“Hasil WCCE 2022 ini adalah Bali Creative Economy Roadmap yang juga memasukkan ekonomi kreatif ke dalam rencana pemulihan ekonomi global. Melalui WCCE ini, kami berharap Indonesia dapat memimpin semangat perubahan dan memicu momentum pemulihan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19,” katanya.

Pluang menghadirkan karya anak bangsa dalam balutan cenderamata khas Indonesia dalam momen spesial bagi pelaku industri ekonomi kreatif pada WCCE 2022, sebuah value creation Pluang bersama Serene yang khusus melibatkan anak muda berbakat Indonesia.

Masyarakat internasional telah mengenal Indonesia melalui kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Beragam kelezatan kuliner khas Indonesia juga menjadi hal yang tidak kalah populer di masyarakat global. Dengan ini Pluang ingin memperkenalkan cerita dibalik setiap karya anak bangsa yang penuh cinta ini melalui cenderamata produk ekonomi kreatif.

Mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19, Pluang yang terus mendukung protokol kesehatan membuat salah satu cenderamata berupa Hand Sanitizer dengan aroma khusus Dessert khas Indonesia yang selalu dirindukan dan dicari banyak orang. Inovasi produk ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya Indonesia melalui hidangan penutup favorit Indonesia terutama saat bulan puasa tiba atau lebih sering dikenal dengan sebutan Takjil.

Pluang dengan bangga memperkenalkan Takjil khas Indonesia kepada masyarakat dunia di kancah internasional ini melalui aroma dan kisah dibalik Hand Sanitizer, seperti Es Selendang Mayang khas Betawi, Kolak Pisang, Es Blewah, dan Es Kopi Pandan.

Dalam proses produksi hand sanitizer aroma khas dessert khas Indonesia ini, terlibat UMKM terpilih yang mayoritas adalah anak muda perempuan. Pemberdayaan generasi muda ini diharapkan bisa menjadi penyokong untuk meningkatkan kapasitas ekonomi kreatif dan juga literasi finansial sebagai pondasi awal bagi anak muda untuk mewujudkan cita-cita merdeka finansial. Harapannya, dengan komunitas pemuda yang mengetahui dengan baik kisah dan sejarah dibalik cenderamata khas Indonesia ini akan semakin bangga dan tetap menjaga akar identitas budayanya sebagai masyarakat Indonesia.

Produk value creation dari Pluang selanjutnya bersama Serene yaitu menyajikan beragam rempah khas Indonesia yang ada dalam varian rasa sajian cokelat. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan warisan budaya Indonesia lainnya sekaligus memanjakan lidah para delegasi WCCE 2022 melalui kuliner cokelat dengan teknologi kekinian yang sarat akan cita rasa khas Indonesia, salah satunya dalam varian cokelat jahe kayu manis dan kopi. Cokelat jahe kayu manis merupakan sebuah gabungan cita rasa kaya dan unik yang meleleh dengan hangat di mulut. Tidak lupa, aroma khas kayu manis dan jahe menjadi daya tarik sendiri.

Bagi pecinta kopi, cokelat kopi menjadi pilihan yang menggugah selera. Cokelat kopi ini berbahan dasar cokelat putih Indonesia yang dipadukan dengan kopi dan biji kopi panggang Toraja. Kopi Toraja juga merupakan tanaman kopi pertama di Indonesia. Dengan ini, Pluang ingin memperkenalkan ragam kekayaan alam dan budaya Indonesia ke kancah internasional melalui sajian kuliner seri Tjoklat Noesantara.

Selain hand sanitizer aroma Takjil dan cokelat dengan cita rasa khas Indonesia, Pluang bersama Serene juga mempersembahkan Koper Mahardika, koper klasik dengan sentuhan anyaman bambu yang 100% diproduksi pengrajin Indonesia. Kolaborasi bersama para pengrajin dari berbagai daerah ini merupakan upaya untuk mewujudkan mahakarya yang mampu mengharumkan tanah air tercinta ke belahan dunia lain.

Selain koper, Pluang juga memberikan Kalana Pouch, pouch trendi yang memadupadankan material PVC yang sedang menjadi tren saat ini dengan sentuhan kain Batik sebagai budaya Nusantara yang mendunia. Lewat pouch ini, Pluang dan Serene ingin menyampaikan bahwa budaya Indonesia akan selalu beradaptasi dengan tren masa kini dan relevan untuk semua generasi.

Director of External Affairs Pluang, Wilson Andrew menegaskan bahwa  generasi muda merupakan faktor penentu dalam pertumbuhan ekonomi nasional, baik dari sisi digitalisasi dan kreativitas. Meskipun di tengah tekanan ekonomi global, tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam berinvestasi serta meningkatnya daya kreativitas anak muda membuat resiliensi ekonomi nasional dapat terjaga dengan baik.

Melihat optimisme ini, Pluang ingin mengambil peran aktif dalam mendukung komunitas kreatif di Indonesia, khususnya juga di sektor UMKM”, tutup Wilson.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here