Penjualan Smartphone Android Naik Dua Kali Lipat

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Lebih dari setengah smartphone yang terjual di seluruh dunia pada kuartal ketiga tahun ini merupakan smartphone berbasis Android. Demikian riset dari Gartner yang diumumkan pada pertengahan November lalu.

Total penjualan smartphone Android sampai kuartal ketiga tahun ini dilaporkan mencapai 60,5 juta unit, membuat pangsar pasar Android melonjak 52,5 persen, meningkat 25,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Smartphone Nokia yang menggunakan OS Symbian berhasil menjual 19,5 juta unit. Namun pangsa pasar Nokia anjlok 16,9 persen. Pada periode yang sama tahun lalu pangsa pasar Nokia mencapai 25,3 persen.

BlackBerry mengalami penuruan paling drastis, pangsa pasarnya terjun bebas dari 15,4 persen menjadi 11 persen dengan mencetak penjualan hanya 12,7 unit.

“Android diuntungkan dengan penawaran yang lebih massal, pasar yang kurang kompetitif dan kurangnya produk baru yang menawarkan operating system alternatif,” tutur  Roberta Cozza, analis Gartner seperti dikutip channelnewasia.com.

 

“Pangsa pasar Apple iOS terpukul karena penundaan penjualan produk baru iPhone,” tandasnya. “Tekanan terus menerus mempengaruhi kinerja RIM, dan smartphone  RIM mencapai titik terendah di pasar AS, dimana pangsa pasarnya tinggal 10 persen,” imbuhnya

Gartner menyebutkan, penjualan mobile device di seluruh dunia mencapai angka 440,5 juta unit pada kuartal ketiga, meningkat 5,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara penjualan smartphone meningkat 42 persen menjadi 115,2 juta unit, kontribusinya mencapai 26 persen terhadap penjualan ponsel.

“Kuatnya penjualan smartphone di China dan Russia membantu meningkatkan penjualan pada kuartal ini,” jelas Roberta.

Meski pangsa smartphone nya tergerus Nokia masih menguasai penjualan ponsel dengan penguasaan pasar 23,9 persen, turun sekitar 5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bagaimana dengan Samsung? Vendor asal Korsel ini menduduki posisi nomor dua dengan pangsa pasar 17,8 persen, meningkat tipis dibandingkan periode sebelumnya yang 17,2 persen.(www.marketing.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here