MoEngage Raih Pendanaan Seri E Sebesar USD77 Juta, Makin Agresif Perluas Pasar

moengage 2022Marketing.co.id – Berita DigitalMoEngage, dalam setahun terakhir berhasil mencatat pertumbuhan lebih dari 2x lipat di Asia Tenggara dan telah melipatgandakan jumlah karyawannya di kawasan tersebut dalam setahun terakhir.

MoEngage adalah platform keterlibatan pelanggan berbasis wawasan, dipercaya oleh lebih dari 1.200 merek konsumen global seperti Ally Financial, McAfee, Flipkart, Domino’s, Nestle, Deutsche Telekom, Travelodge, dan banyak lagi.

MoEngage memberdayakan pemasar dan pemilik produk dengan wawasan tentang perilaku pelanggan dan kemampuan untuk bertindak berdasarkan wawasan tersebut untuk melibatkan pelanggan di seluruh web, seluler, email, sosial, dan saluran perpesanan. Merek konsumen di 35 negara menggunakan MoEngage untuk mendukung pengalaman digital bagi lebih dari 1 miliar pelanggan setiap bulan.

Raih pendanaan seri E

Pada 02 Juni 2022, MoEngange mengumumkan bahwa mereka telah meraih USD 77 juta dalam pendanaan Seri E. Putaran kali ini dipimpin oleh Goldman Sachs dan B Capital, dengan partisipasi dari investor sebelumnya, Steadview Capital, Multiples Alternate Asset Management, Eight Roads Ventures, dan Matrix Partners India. Ini adalah penggalangan dana ketiga bagi MoEngage dalam 12 bulan terakhir, setelah mengumpulkan $32,5 juta pada bulan Juli dan $30 juta pada Desember 2021.

MoEngage akan menggunakan dana tambahan tersebut untuk memperdalam jejak geografis mereka di pasar Amerika Serikat, Inggris, dan Asia dan juga memperluas di pasar baru seperti Amerika Latin dan Australia. Dana tersebut akan digunakan untuk mengeksplorasi akuisisi strategis yang dapat membantu memperluas kemampuan platformnya dan memberikan nilai lebih kepada pelanggan.

Pendapatan meningkat

Dalam 12 bulan terakhir, MoEngage telah meningkatkan pendapatan berulang tahunan (ARR) lebih dari 105%, menambah 500 pelanggan baru, dan melipatgandakan jumlah karyawan menjadi lebih dari 650 tenaga kerja. Perusahaan memiliki retensi pendapatan bersih tahunan yang sangat sehat, yaitu lebih dari 135% dan telah dinobatkan sebagai “strong performer” pada kuartal 3 2021, berdasarkan laporan Forrester Wave tentang alat Kampanye Lintas Saluran.

Di Asia Tenggara, MoEngage telah menggandakan jumlah karyawannya di seluruh Indonesia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Termasuk rekrutan terbarunya, Anmol Arora, Direktur Regional,  Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru dan Patrick Tang, Direktur Asosiasi, ASEAN untuk memimpin pertumbuhan bisnis dan arah strategis MoEngage di kawasan tersebut, serta penjualan khusus di negara tertentu dan dukungan untuk anggota tim. Tahun ini MoEngage juga membangun kantor di Singapura dan Filipina, ditambah kantor Australia yang akan segera hadir dalam waktu dekat.

Saurabh Madan, Wakil Presiden dan General Manager Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, MoEngage mengatakan, “Karena kawasan Asia Tenggara terus beralih ke digital dengan cepat, kami hanya perlu memperkuat komitmen kami di kawasan ini untuk membantu bisnis menavigasi ekonomi masa depan. Investasi kami telah menghasilkan adopsi platform MoEngage oleh 220+ merek konsumen di Asia Tenggara, dan tonggak sejarah baru bagi lebih dari 100 pelanggan di Indonesia. Saat ini, MoEngage bermitra dengan beberapa merek terkemuka di kawasan ini, termasuk Alfagift, AllValue, Astrapay, Blibli, CIMB Bank, JD.ID, Lummo, POPS, Syfe, Telekom Malaysia, theAsianparent, XL Axiata. MoEngage telah mengalami lebih dari 2x pertumbuhan di Asia Tenggara selama setahun terakhir dan kami berharap dapat membangun momentum ini di masa yang akan datang.”

Raviteja Dodda, Co-Founder dan CEO, MoEngage mengatakan, “Pertumbuhan pesat kami adalah validasi bahwa merek konsumen saat ini bergerak melampaui alat yang berpusat pada kampanye dan mengadopsi Pendekatan Multi-Saluran berbasis wawasan untuk keterlibatan pelanggan. Inovasi juga menjadi prioritas utama MoEngage dengan adanya peluncuran Push Amplification® Plus, fitur merek dagang yang memberikan tarif pengiriman terbaik untuk notifikasi push di Asia Tenggara. Perusahaan di seluruh kawasan telah merasakan dampak positif dari solusi tersebut, dengan tingkat pengiriman notifikasi push yang terbukti hingga 91%.”

Dodda menambahkan, “Kami adalah platform keterlibatan pelanggan multi saluran terkemuka di Asia Tenggara. Kami akan terus berinvestasi dalam inovasi produk khusus kawasan dan juga memperluas jejak geografis kami ke Australia. Kami sangat senang menyambut Goldman Sachs dan B Capital dalam perjalanan kami.”

Rajat Sood, Direktur Utama di Goldman Sachs Asset Management, mengatakan: “Kami mengantisipasi perluasan berkelanjutan dari industri otomasi pemasaran dan analitik. Saat perusahaan berusaha untuk lebih melibatkan pelanggan di seluruh saluran digital, platform teknologi terkemuka MoEngage menyediakan data real-time yang berwawasan kepada pemasar, memungkinkan mereka untuk mengatur dan menjalankan kampanye yang efektif untuk membangun dan mempertahankan hubungan pelanggan guna meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan. Kami berharap dapat memanfaatkan sumber daya dan jaringan global kami untuk mendukung ambisi dan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.”

“Kami sangat senang menyambut MoEngage ke portofolio investasi SaaS lintas batas kami yang terus berkembang. MoEngage adalah platform AI pertama yang membantu perusahaan mempertahankan pelanggan dan memberikan wawasan tentang perjalanan pengguna di seluruh saluran. Hal ini membantu perusahaan melibatkan dan mempertahankan lebih dari 1 miliar pengguna di platform secara global. Kami sangat senang dapat bermitra dengan Ravi, Yashwanth, dan seluruh tim MoEngage saat mereka membangun platform keterlibatan pelanggan berbasis wawasan di seluruh dunia,” ucap Kabir Narang, Founding General Partner untuk B Capital Group.

“Kami telah mencapai tahap di mana kami tidak hanya memberikan penawaran yang dipersonalisasi kepada pelanggan yang menyadari kebutuhan mereka, tetapi juga menyelesaikan masalah di luar kebutuhan dan keinginan mereka. Di sinilah tepatnya MoEngage berguna. Kami dapat secara efektif menyapa pelanggan kami dengan pesan relevan berbasis momen yang berfokus pada preferensi, perilaku, atau riwayat pembelian,” kata Reza Mirza, Head Product and Design Services, XL Axiata. “Mesin rekomendasi AI kontekstual MoEngage semakin membantu XL Axiata mengoptimalkan komunikasi dengan mengirimkan pesan yang tepat, kepada pelanggan yang tepat, pada waktu dan saluran yang tepat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.