Menjangkau Konsumen Tokopedia di Open Internet

pengiklan dengan belanja iklan teratas jasa iklan google Murtafi DigitalMarketing.co.id – Berita Marketing | The Trade Desk telah mengumumkan kerja sama dengan Tokopedia. Kerja sama ini memungkinkan pengiklan menyasar dan menjangkau konsumen paling potensial di open internet sesuai dengan aktivitasnya di Tokopedia didukung dengan kemampuan untuk menghubungkan belanja iklan dengan konversi penjualan.

Melalui kerja sama ini, Tokopedia akan menjadi ecommerce pertama di Indonesia yang menghadirkan solusi audiens dan pengukuran di seluruh saluran open internet. Tokopedia akan menyediakan data aktivitas belanja pengguna di platform belanja iklan programatik, dengan terus mengedepankan prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi berdasarkan peraturan yang berlaku. Data ini tidak mengandung informasi pribadi yang dapat diidentifikasi seperti nama, alamat, dan nomor telepon pengguna, menjadikan privasi sebagai prioritas utama dalam kerja sama ini.

“Kami sangat antusias untuk dapat mempelopori pendekatan baru dalam periklanan digital dengan The Trade Desk,” ujar Alfredo Setiabudi, Senior Vice President of Ads Solution Tokopedia. “Kerja sama yang inovatif ini dapat membantu marketer menjangkau konsumen yang lebih potensial karena pengguna yang disasar adalah yang telah memiliki ketertarikan akan sebuah produk/toko, menambahkan produk ke keranjang belanja, maupun pernah melakukan transaksi di Tokopedia. Jadi, iklan akan sangat targeted dan potensi terkonversi menjadi penjualan,” tambah Alfredo.

Dengan jangkauan Tokopedia yang luas ke lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan yang tersebar di 99 persen wilayah Indonesia, kerja sama baru ini dapat mempermudah pengiklan di platform The Trade Desk menjangkau lebih banyak audiens di berbagai saluran open internet seperti over-the-top (OTT), connected TV (CTV), streaming audio dan digital out of home (DOOH) di luar platform ecommerce itu sendiri.

“Konsumen berpindah dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan mengonsumsi konten di berbagai saluran setiap hari – baik ketika mereka berbelanja melalui laptop atau menonton program OTT di ponsel. Maka dari itu, sangat penting menjangkau konsumen melalui iklan yang relevan pada waktu yang tepat, di mana pun mereka berada, untuk memastikan iklan tersebut terhubung dengan konsumen hingga ke titik terakhir ketika mereka melakukan pembayaran,” ujar Purnomo Kristanto, General Manager, Indonesia, The Trade Desk. “Kerja sama kami dengan Tokopedia menghadirkan kesempatan bagi brands untuk memanfaatkan data ritel Tokopedia dalam menjangkau lebih banyak konsumen potensial, selagi mengukur efektivitas periklanan tersebut.”

Penjual di Tokopedia dan klien periklanan The Trade Desk akan dapat memanfaatkan data ritel Tokopedia untuk menayangkan iklan yang lebih relevan kepada audiens di Tokopedia, ketika mereka menonton OTT, mendengarkan streaming musik, dan ketika mereka berada di aplikasi seluler, game, atau membaca berita dan konten dari situs-situs web ternama.

Pendekatan baru ini menandakan perkembangan yang signifikan dibandingkan dengan solusi media ritel on-site, di mana kampanye iklan hanya ditayangkan pada inventori yang dimiliki oleh platform ecommerce. Kerja sama ini juga memungkinkan pengiklan menjangkau kelompok target konsumen yang relevan secara lebih luas, dan mendorong kampanye iklan yang lebih efektif.

Dengan integrasi ini, pengiklan di platform The Trade Desk akan dapat mengukur bagaimana kampanye iklan mereka di saluran open internet menghasilkan konversi penjualan di platform Tokopedia. Insight pengukuran ini membantu brands melakukan penyesuaian dan mengoptimalkan kampanye iklan secara real time. Pengiklan dapat memanfaatkan insight ini untuk mengalihkan anggaran iklan ke saluran yang dapat menjangkau audiens lebih baik serta membentuk strategi media yang dapat mendorong hasil bisnis yang lebih baik.

Sebagaimana industri digital kini bersiap untuk penghapusan third-party cookie, sumber baru untuk data audiens menjadi semakin penting bagi brands dalam menghadirkan iklan yang relevan. Pada saat yang sama, brands perlu mempersiapkan strategi periklanan digital yang handal di masa yang akan datang selagi industri periklanan mulai beralih ke ranah digital yang semakin bergantung pada persetujuan konsumen. Kerja sama ini menjadi solusi yang mengutamakan privasi, memanfaatkan data anonim yang disetujui oleh konsumen Tokopedia untuk membantu pengiklan memanfaatkan kekuatan pemasaran berbasis data di open internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here