Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Menyebarkan Virus Cinta Permainan Basket di Indonesia

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Cabang olahraga bola basket di Indonesia saat ini semakin digemari semua kalangan, baik dari tua dan muda, pria dan wanita. Berbagai kompetisi terus bermunculan dari kejuaraan antar klub amatir, pelajar (DBL), Liga Mahasiswa (LIMA), Putri (Srikandi) serta kompetisi tertinggi putra yakni Indonesian Basketball League (IBL) menghiasi berbagai event basket di Indonesia. Kepopuleran olahraga ciptaan James Naismith ini semakin terdongkrak karena mulai banyaknya komunitas-komunitas basket yang ada, baik dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga: Ringan dan Nyaman untuk Bermain Basket

Berkaca dari hal ini, Ary Sudarsono yang notabene dikenal sebagai tokoh olahraga yang menyebarkan virus basket di Indonesia, salah satunya dengan membawa tayangan NBA untuk pertama kalinya ke Tanah Air pada era tahun 90an, mendirikan komunitas basket Manusia Basket Indonesia (MBI) dengan visi dan misinya yaitu membentuk Manusia Indonesia yang hebat serta  bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi keluarga, masyarakat dan bangsanya.

Baca Juga: Mengepung Konsumen Sepatu Olahraga

“Gagasan MBI tercetus pada Bulan Agustus 2020. Jauh sebelumnya dimulai dari postingan kangen-kangenan di media sosial dan saat saya main basket bertemu dengan orang-orang yang mungkin pernah melihat berbagai event di era saya. Mereka meminta saya turun gunung lagi membawa ‘roh’ basket hidup seperti dulu lagi. Sebenarnya perjuangan saya dulu untuk mempopulerkan basket ke seluruh Indonesia itu berdarah-darah, sampai jatuh sakit dan habis duit dari kocek pribadi. Tapi semua itu terbalaskan, orang-orang selalu mengingat dan memanggil saya dengan sebutan mr.showtime atau salam olahraga dan pecinta basket di Indonesia mengakui karya saya dalam mempopulerkan basket di Indonesia.”

Baca Juga: Demi Basket dan Kuliah, Maria Selena Tolak tawaran Jobs

“Umur saya tidak muda lagi, saya ingin meninggalkan warisan yang berharga untuk masyarakat dan insan basket. Anggota MBI tidak harus jago secara permainan, banyak anggota kami yang secara skill permainanya biasa-biasa aja, tapi di sini kita bentuk karakter manusianya, baik di dalam maupun di luar lapangan,” ujar Ary Sudarsono saat bersilahturahmi dan melantik kepengurusan komunitas MBI Bandung di lapangan basket ITC Kebon Kelapa, Bandung, Jawa Barat, Minggu (27/2/2021).

Lewat media sosial, saat ini komunitas MBI sudah tersebar luas di 24 Provinsi dengan keanggotaan kurang lebih 2000 anggota. Meski hanya sebagai komunitas ataupun organisasi basket non profit, Ke depan MBI ingin berkontribusi nyata bersama Perbasi untuk memajukan basket di Indonesia.

Baca Juga: Gelora+, Cara Baru Manjakan Pengemar Olahraga Luar Ruang

“Perlu dicatat, MBI bukan organisasi tandingan. Melainkan MBI bersama-sama Perbasi sebagai induk organisasi basket Indonesia, berusaha untuk mencoba melahirkan manusia-manusia Indonesia yang punya kualitas dan dikagumi bangsanya sendiri. Hal lainnya kami juga punya pekerjaan rumah, yakni mempersatukan seluruh insan basket Indonesia. Nantinya MBI juga akan memulai kompetisi basket antar SD yaitu Liga Bocah Indonesia (LBI) dan liga basket Nusantara (antar komunitas, perusahaan dan veteran),” ujar pria yang juga pernah didaulat sebagai salah satu wasit basket terbaik Internasional dijamannya.

Untuk kepengurusan masing-masing daerah, dijalankan oleh sekjen yang ditunjuk oleh MBI Pusat. Ke depannya, setiap daerah diarahkan untuk berkreasi secara mandiri membuat berbagai event basket atau kegiatan yang merangkul komunitas basket di sekitarnya. Ke depannya diiharapkan kehadiran MBI akan lebih membius masyarakat, generasi muda, remaja dan anak-anak untuk lebih mencintai olahraga basket di Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top