Jitunya Strategi Bumper-Sticker

Marketing.co.id– Sebuah perusahaan sebaiknya mampu menyarikan bisnis dan pendekatan dalam satu pernyataan singkat.

Banyak orang memandang komunikasi yang cepat dan efektif sebagai landasan bisnis modern. Karenanya, lumrah bila banyak organisasi mengembangkan sebuah cara untuk meringkas aspek-aspek terpenting bisnis mereka dalam sebuah tag line “bumper-sticker” yang mudah diingat dan mengesankan.

Berikut sebagian contoh menarik dari organisasi-organisasi yang menggunakan taktik ini.

  1. Virgin: “Debunk the establishment, business as fun”. Pernyataan ini menaikkan citra perusahaan sebagai pemberontak, percaya diri, dan berani dalam dunia korporasi.
  2. BMW: “The ultimate driving machine”. Dengan menekankan statusnya sebagai mobil termewah, BMW terlihat sebagai opsi yang paling mengesankan dalam pasar yang kompetitif yang menganggap  status sebagai hal penting.
  3. Federal Express: “Guaranteed overnight delivery”. Dengan memperlihat kompetensi inti dan proposisinya dalam tiga kata, pernyataan ini mengingatkan pelanggan akan reliabilitas dan kecepatannya, serta mengingatkan karyawan akan pentingnya pengiriman yang tepat waktu.

Manfaat slogan bumper–sticker yang baik tidak hanya untuk merebut hati pelanggan, slogan bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan karyawan juga. Walaupun contoh yang disebutkan di atas adalah untuk perusahaan secara keseluruhan, slogan juga dapat digunakan di semua tingkat dalam organisasi, dan disesuaikan untuk tim, departemen serta insiatif yang berbeda. Selain itu, bumper-sticker juga membantu staf penjualan untuk memahami poin-poin yang perlu ditekankan.

Tagline yang berfokus pada pelanggan dapat memperkuat citra merek diantara para pelanggan Anda, untuk menyita perhatian mereka, serta mengingatkan mereka akan kualitas layanan yang Anda berikan. Pastikan Anda memiliki tagline untuk bisnis atau pekerjaan Anda.

Beberapa penerepan yang bisa dilakukan.

  1. Tentukan aspek-aspek dalam penawaran produk atau strategi perusahaan Anda yang harus ditekankan dalam tagline.
  2. Masukan tagline dalam iklan perusahaan Anda, letakan dimanapun yang memungkinkan. Tagline seharusnya menjadi simbol dari nilai dan layanan perusahaan Anda.
  3. Tunjukan perbedaan dari pesaing Anda.
  4. Janjikan nilai. Lihatlah dari sudut-sudut pandang pelanggan, apakah Anda telah menguraikan keuntungan dengan jelas kepada mereka?
  5. Pertimbangkan hal-hal yang unik dari organisasi bisnis Anda yang akan memungkinkan Anda untuk menjalankan strategi dengan cara yang lebih unggul dari pesaing Anda.
  6. Pastikan karyawan berkomitmen pada tujuan dan sungguh-sungguh menghayatinya. (HN)

Sumber dari buku 100 ide bisnis hebat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here