Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Fiesta Seafood Pikat Konsumen Lewat Online Cooking Class

Untuk mendongkrak awareness, Fiesta Seafood meluncurkan online cooking class berbasis media digital. Berhasilkah kampanye bertajuk “Sealicious” ini?

Ada sejumlah merek produsen makanan olahan yang berebut di pasar yang sempit ini. Salah satunya adalah Fiesta Seafood yang boleh dibilang begitu gencar melakukan penetrasi dan edukasi pasar melalui berbagai aktivitas marketing.

Tak hanya gencar menggempur pasar dengan serangkaian strategi komunikasi—baik above the line maupun below the line, Fiesta Seafood pun tengah mempromosikan salah satu kampanye dengan menggunakan platform media digital.

Tentunya dalam menggelar serangkaian kampanye, Fiesta Seafood akan melakukan survei terlebih dahulu guna memaksimalkan kegiatan yang kiranya dapat mendongkrak awareness maupun penjualan produk. Seperti hasil survei internal terhadap wanita usia 25 hingga 45 tahun di 5 kota—yakni Jakarta, Depok, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta, yang menyatakan 9 dari 10 wanita ingin bisa memasak.

Ini menegaskan bahwa kegiatan memasak bukanlah hak eksklusif dari para juru masak, melainkan harus menjadi sebuah kegiatan yang dapat dilakukan dengan mudah oleh semua orang.

Secara spesifik lagi, tiga alasan utama yang membuat seseorang enggan untuk memasak sendiri adalah tidak adanya waktu karena kesibukan sehari-hari, tidak memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni dalam hal mengolah masakan, serta tidak adanya motivasi serta dukungan yang dapat menyemangati mereka.

Strategi Marketing Fiesta Seafood

Strategi Marketing Fiesta Seafood

“Mempertimbangkan ketiga alasan utama tersebut, Fiesta Seafood hadir dengan sebuah solusi inovatif, yakni meluncurkan online cooking class bertajuk Sealicious,” kata Anna Wibowo, Brand Manager PT CP Prima.

Dia menjelaskan, kampanye ini diluncurkan guna memberi inspirasi kepada masyarakat luas, terutama yang tinggal di daerah urban dan merindukan sebuah solusi praktis bagi ritme kehidupan mereka yang sangat aktif. Maraknya tren memasak saat ini juga memberikan ide inspiratif bagi Fiesta Seafood. Buktinya, banyak acara yang mengusung konsep memasak, baik di televisi maupun saat acara tertentu.

Ya, setelah sukses dengan kampanye “Ayo Makan Seafood” yang sudah dilakukan sebelumnya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi seafood, Fiesta Seafood pun menggelar Sealicious.

Seperti diketahui, nutrisi dan gizi yang terdapat dalam seafood secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, sementara konsumsi masyarakat Indonesia terhadap produk-produk sumber daya kelautan terbilang rendah dibandingkan negara Asia lain, seperti Vietnam, Thailand, Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Tak heran dengan menggelar Sealicious, Fiesta Seafood ingin melakukan edukasi pada masyarakat lebih mendalam lagi terkait produk-produk makanan olahan berbahan dasar seafood. Melalui kampanye ini, Anna juga mengatakan, pihaknya ingin menginspirasi masyarakat, terutama yang tinggal di daerah urban dengan gaya hidup aktif namun terkadang tidak memiliki waktu untuk memerhatikan asupan makanan.

Dengan adanya kampanye tersebut, Anna mengharapkan mereka terinspirasi untuk memasak sendiri memakai cara-cara yang pastinya praktis, bahan makanan sehat dan cita rasa lezat. Tak hanya itu, materi-materi yang ada di online cooking class disusun oleh tim Fiesta Seafood bersama Chef Arnold Poernomo. Kampanye Sealicious sendiri bisa diakses melalui situs www.fiestaseafood.com/sealicious sejak 24 Februari 2014.

Adapun alasan Fiesta Seafood menggunakan media digital dalam menggelar kampanye kali ini, lebih didasarkan pada kekuatan media digital yang mampu menjangkau siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Fiesta Seafood pun ingin memberikan kesempatan langka mengikuti kelas memasak dengan trainer para chef papan atas—seperti Chef William Gozali dan Chef Winni Giwangkara—yang bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk mereka yang sibuk dan tidak memiliki waktu banyak. Hal tersebut dimungkinkan karena kelas memasak ini bisa diakses melalui desktop, mobile, maupun tablet.

Menariknya lagi, materi pelajaran online cooking class yang dibagikan sudah melewati verifikasi dari Chef Arnold Poernomo yang merangkap sebagai brand ambassador Fiesta Seafood. Sehingga dapat dipastikan bahwa materi yang diajarkan tidak hanya praktis, tapi juga sehat dan lezat.

“Kami mengklaim bahwa ini adalah online cooking class pertama di Indonesia. Tentu saja, perbedaan yang terlihat adalah kampanye ini mengajak masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif yang pada akhirnya mampu menghancurkan mitos bahwa memasak itu susah dan merepotkan,” kata Anna yang ditemui dalam acara jumpa pers di FX Mall, Jakarta.

Tak hanya itu, untuk mendongkrak minat masyarakat mengikuti kampanye ini, Fiesta Seafood menggelar kompetisi memasak online pertama di Indonesia yang bisa diikuti setelah melakukan registrasi. Melalui kompetisi berskala nasional ini, Fiesta Seafood akan memilih Top 100 lalu diseleksi lagi menjadi Top 5. Akhirnya, akan ada dua pemenang utama melalui event on ground Grand Final pada Mei mendatang.

“Kami menyediakan paket perjalanan ke Singapura serta hadiah-hadiah menarik lain yang sudah dipersiapkan oleh Fiesta Seafood untuk menginspirasi masyarakat agar mengikuti kampanye ini. Hadiah trip ke Singapura pun ditujukan untuk semakin mengasah kemampuan memasak sehingga mereka bisa menjadi duta yang dapat menyebarkan hobi memasak sendiri ini,” kata Anna.

Foto: Asep Toni K

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top