Ciptakan Ekosistem Out of the Box, Mitochiba Raih Top Brand Award 2022

0
893
Jacksen Lie Direktur & Owner Mitochiba 2022

Jacksen Lie Direktur & Owner Mitochiba 2022

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sebagai pelopor merek yang sukses di era digital, Mitochiba berhasil meraih Top Brand Award di kategori Food Chopper. Selain memiliki produk berkualitas, harga terjangkau pun menjadi salah satu strategi dalam memenangkan hati masyarakat.

Saat ini, produk food chopper tengah menjadi kebutuhan krusial – khususnya para ibu rumah tangga yang gemar memasak. Selain mempermudah pekerjaan dalam proses mengolah bahan makanan, food chopper juga terbilang efisien karena dapat menghemat waktu dalam memasak. Dimana, food chopper sendiri berfungsi sebagai alat untuk menghaluskan beragam bumbu hingga mencincang bahan masakan.

Salah satu merek food chopper yang tengah naik daun adalah  Mitochiba. Menilik sejarahnya, sejak tahun 1999, Mitochiba didirikan oleh Founder Zainal Tjoa – salah satu senior di industri elektronik di Indonesia. Dimulai dari DVD, televisi, kipas angin, dan peralatan elektronik lainnya. Kemudian, diambil alih oleh anak dari founder tersebut, yakni Jacksen Lie pada tahun 2008 hingga saat ini.

Jacksen Lie, Direktur & Owner Mitochiba menjelaskan, “Kami melakukan inovasi dari produk elektronik yang sudah ada menjadi produk elektronik yang memiliki kualitas baik, desain menarik, dan menawarkan harga yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Hasilnya, Mitochiba pun menjadi top of mind bagi segmen generasi muda yang menyukai kegiatan memasak. Bahkan, produk Mitochiba pun viral di berbagai kanal media sosial seperti di TikTok, Youtube, hingga Instagram.”

produk mitochiba 2022
Beberapa contoh produk mitochiba.

Merujuk data Top Brand Index Fase 1/2022, Mitochiba sendiri berhasil meraih predikat Top Brand dalam kategori Food Chopper, dengan perolehan market share sebesar 38,9%. Tentunya, pencapaian nilai tersebut dilandasi dengan serangkaian strategi jitu yang dilakukan Mitochiba – baik di lini above the line maupun below the line. Dengan fokus membidik segmen anak muda, young moms, maupun adult moms menjadikan penetrasi produk Mitochiba kian tersebar luas. Terlebih dengan memposisikan diri berada di middle range menjadi keunggulan tersendiri dalam menggaet target market tersebut.

“Kami menciptakan kebutuhan pasar dengan menerapkan biaya marketing yang rendah tetapi memiliki hasil yang maksimal. Kami pun sukses di berbagai kanal media sosial seperti Instagram, Youtube, dan TikTok. Dimana, saat itu pada tahun 2017, belum ada satu merek elektronik yang mempromosikan maupun menjual melalui platform media sosial,” papar dia.

Tak heran jika Mitochiba pun menjadi salah satu pelopor sebagai merek elektronik yang berhasil mengomunikasikan produk di ranah media sosial hingga saat ini. Sejak perjalanan 5 tahun lalu tersebut, awareness masyarakat terhadap merek Mitochiba pun kian dikenal masyarakat luas. Selain popular di Instagram masak-memasak, Mitochiba juga dikenal di komunitas baking, Youtubers, hingga platform anak muda TikTok.

“Sehingga Mitochiba “Men-created Demand” dengan konsumen sebagai direct target. Jadi, kami membalikkan cara berdagang, yakni yang biasanya dari toko request ke brand, sekarang consumen request ke toko mencari barang kami. Ini menciptakan ekosistem yang out of the box dan unconventional bagi konsumen yang mencari barang kami,” tegas dia.

Seiring dengan awareness semakin tinggi, dia pun menargetkan, pada akhir tahun 2020 sampai kini, Mitochiba akan memperluas strategi komunikasi dan marketing melalui saluran televisi. Salah satu cara yang diterapkan adalah dengan memasang iklan dan built in products pada televisi nasional. Sebagai pelopor merek yang sukses di era digital, Mitochiba pun terus berupaya memberikan produk berkualitas, dengan tetap menekankan strategi top and below the line terus berjalan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here