Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Bahaya Inovasi Produk Premium

Terutama jika menyangkut produk premium yang sudah mempunyai brand awareness yang tinggi, biasanya konsumen sudah memahami apa diferensiasi dan positioning utama dari produk tersebut. Dalam hal ini, inovasi yang langsung diterapkan pada produk inti bisa menimbulkan risiko yang jauh lebih besar lagi.

Bahaya Inovasi Produk Premium

Bahaya Inovasi Produk Premium

Produk premium yang sudah terkenal dan dikenal dengan keunggulan tertentu, misalnya kenyamanan, dan ingin berinovasi untuk menambahkan faktor keunggulan lain, bisa berpotensi mengacaukan persepsi pelanggan yang sudah tertancap kuat dalam benak mereka. Ini terutama sangat berisiko jika dampak inovasi yang disasar ternyata overlap atau sudah dimiliki oleh produk kompetitor.

Terkadang mempertahankan dan memperkuat identitas atau keunggulan inti jauh lebih penting bagi produk premium, daripada berinovasi untuk menyaingi keunggulan produk kompetitor lain. Oleh karena itu, sebelum melakukan inovasi apa pun, tanyalah dulu pada diri sendiri, “Image apa yang paling dikenal dari merek Anda di benak konsumen?”

Lebih baik memaksimalkan apa yang sudah dimiliki dan dikenal baik oleh pelanggan, daripada berusaha mencuri keunggulan produk kompetitor. Bahayanya bisa mengaburkan persepsi pelanggan yang sudah susah payah dibangun bertahun-tahun. Terutama jika kompetitor sudah berada jauh di atas angin dalam hal inovasi yang hendak Anda lakukan itu.

Produk premium lebih baik memikirkan atribut-atribut yang sama sekali baru, yang bisa ditambahkan pada produknya. Dalam beberapa kasus, memperkenalkan fitur-fitur tambahan baru yang belum dimiliki kompetitor. Lagipula inovasi bukanlah meniru apa yang sudah dimiliki pihak lain bukan? Jangan sampai inovasi yang Anda lakukan malah meng-“kanibal” keunggulan utama yang sudah dimiliki produk sebelumnya.

Selalu pikirkan untuk mengurangi risiko akibat berubahnya persepsi pelanggan terhadap merek Anda akibat dari inovasi yang akan Anda lakukan. Ini karena bahayanya jauh lebih besar daripada tidak melakukan inovasi sama sekali.

Inovasi itu sangat diperlukan pada zaman penuh perubahan saat ini. Tapi apakah Anda siap untuk melakukan inovasi?

Ivan Mulyadi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top