Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Awas, Jangan Sampai Salah Pilih Endorser

Endorser memiliki peranan yang sangat penting untuk sebuah produk. Mereka berperan penting memberikan relevansi dan kredibilitas sebuah produk dengan tujuan agar produk dikenal masyarakat luas.

endorserBukan itu saja, endorser juga berperan penting dalam meyakinkan calon konsumen agar membeli produk yang mereka endorse.

Namun begitu, dalam pemilihannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Banyak pertimbangan-pertimbangannya. Misalnya, mereka harus sesuai dengan produk dan karakter produk itu sendiri.

Pasalnya, setiap produk memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga semakin dekat karakter mereka dengan produk akan semakin lebih baik.

Lia Kurtz, Group Product Manager Face Makeup, Public Relation Manager & Digital Maybelline New York mengatakan, tujuan dari penggunaan endorser adalah untuk peningkatan kinerja, baik dari sisi awareness/pengetahuan maupun penjualan.

Baginya, penggunaan endorser sangat efektif karena mereka dapat memengaruhi citra produk, baik itu positif maupun negatif.

Sadar akan pentingnya peran yang mereka emban, Loreal Indonesia pun sangat selektif dalam pemilihan endorser untuk produk-produknya. “Tahap seleksi pemilihan endorser berperan sangat penting untuk melindungi citra produk,” lanjutnya.

Meski banyak keuntungan yang didapatkan dari penggunaan endorser, bukan berarti tak ada risiko. Lia menjelaskan bahwa top endorser yang over exposed di beberapa merek secara bersamaan akan menyulitkan konsumen dalam membedakan mana produk yang di endorse oleh endorser tersebut.

“Jika itu terjadi, konsumen malah memberikan perhatian lebih kepada endorser dan mereka tidak menangkap pesan yang ingin disampaikan oleh produk yang di endorse, Lia mengingatkan.

Bagaimana perusahaan besar seperti LG, Loreal dan lainnya memanfaatkan endorser? Simak ulasannya di Majalah Youth Marketers edisi terbaru. Klik di sini untuk mengunduhnya secara gratis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top