7 Cara Membangkitkan Penjualan

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Dalam pasar yang makin kompetitif, sangat  penting untuk menciptakan kampanye pemasaran yang memikat. Bagaimana agar kampanye pemasaran tampak selalu segar, baru, dan tepat sasaran. Berikut ini 7 cara yang dianjurkan oleh Kim T Gordon, pakar marketing dan penulis buku Maximum Marketing, Minimum Dollars.

1.       Membangun Kembali Post Untuk Mendengarkan

Pemasar yang cerdas sepenuhnya memahami sepenuhnya siapa pelanggannya. Anda perlu mengetahui tidak hanya siapa mereka dan apa yang mereka beli, namun juga mengapa mereka membeli dan mengapa produk Anda yang mereka beli. Untuk itu perlu upaya yang lebih gigih membangun dialog di social media dan blog. Mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan atau klien, atau melalui tenaga penjualan di garis depan.

2.       Umumkan Promo Spesial

Gunakan insentif khusus untuk menarik konsumen  dalam promosi jangka pendek. Dalam musim – musim tertentu seperti hari raya, konsumen membutuhkan harga yang murah namun value yang ditawarkan menarik. Promosi menjadi penting untuk segmen yang sensitif terhadap harga. Pemberian kupon diskon menjadi penting, termasuk kupon yang ditawarkan secara online.

3.       Management “Lead” Yang Cemerlang

Pastikan semua orang yang bertanya mengenai kabar-kabar terbaru mengenai perusahaan Anda terlayani dengan baik. Pastikan berita promosi terbaru di online, cetak, dan media seperti televisi dan radio mudah dilacak. Informasi mengenai hal tersebut harus bisa diakses selama 24 jam penuh. Sekarang, penjualan dibangun oleh hubungan yang baik,  yang dibangun melalui layanan pelanggan yang ekselen.

4.       Fokus pada Ide-Ide yang Segar

Jangan menggantungkan pada tim kecil yang ekslusif atau staf marketing untuk menciptakan ide – ide yang segar. Setiap karyawan harus diberi tantangan untuk menciptakan inovasi, melalui brainstorming, retreat perusahaan, atau memberi penghargaan khusus kepada karyawan yang berhasil memberikan ide paling inovatif. Jika bisnis Anda berskala kecil,  bisa disiasiati dengan membentuk dewan pakar atau membentuk dewan penasehat yang anggotanya diambil dari konsumen Anda sendiri. Tugas mereka memberikan masukan – masukan untuk meningkatkan penjualan.

5.        Perbaharui Retensi Kampanye

Anda mempunyai email reguler atau direct mail promosi yang dimanfaatkan untuk seluruh customer base Anda?  Gunakan email untuk mendongkrak kampanye retensi Anda dengan cara mengirim kampanye retensi secara teratur setiap minggu atau dwimingguan. Percayalah dalam waktu dekat Anda akan menikmati hasilnya.

6.       Tingkatkan Filantropi Perusahaan

Dalam era CSR (Corporate Social Responsibility), konsumen dan prospek Anda juga ingin tahu sejauhmana perusahaan Anda menerapkan praktek bisnis Good Corporate Governance (GCG). Ini waktu yang tepat untuk menyelaraskan dengan kegiatan – kegiatan non profit. Bagi bisnis yang menggantungkan diri pada pelanggan lokal, bisa memperkuat diri dengan program pemberdayaan masyarakat lokal. Anda juga bisa mengombinasikan program – program promosi dengan kegiatan-kegiatan amal. Jangan lupa untuk mencantumkan kegiatan sosial di website perusahaan dan kalau perlu mengundang wartawan. Anda akan mendapatkan apresiasi dari konsumen melalui pembelian produk – produk Anda.

7.       Segarkan Konten Anda

Kapan Anda terakhir memperbaiki konten website Anda, marketing tool dan hal – hal lain yang berkaitan dengan penjualan. Website Anda adalah terminal awal bagi para prospek untuk mempelajari bisnis Anda.  Tampilkan yang terbaik  dan tema – tema terbaru di  website Anda. Setiap pesan dan promosi harus jelas buat konsumen dan prospek. Pastikan mereka dengan mudah mengikuti setiap langkah di situs Anda sampai pada tahap (closing) penjualan secara online.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here