Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

3 Tren Musik 2021 Versi Indonesia Music 2021 Outlook

Marketing.co.id – Berita Lifestyles | Adanya tren dalam industri musik sudah bukan merupakan hal yang asing. Mulai dari tren gaya, tren dalam cara mendengarkan musik, hingga tren teknologi yang menghadirkan musik. Tidak terkecuali pada tahun 2021 ini.

Berikut 3 tren musik teratas di tahun 2021 berdasarkan hasil survei bertajuk “Indonesia Music 2021 Outlook”. Survei dilakukan oleh Provetic bekerjasama dengan Resso dan TikTok dengan melibatkan lebih dari 100 responden dari industri musik mulai dari musisi, pencipta lagu, produser, serta pelaku industri musik lainnya.

  1. Pendengar akan disuguhi dengan genre yang lebih beragam
Tren Musik 2021

Tren Musik 2021

Kita semua pasti telah memiliki genre yang disukai dan didengarkan setiap hari, namun 2020 juga telah mengajarkan kita betapa menyenangkannya untuk dapat mengeksplor genre yang lebih luas lagi. Selama

pandemi,  semakin banyak orang yang tertarik untuk mencari dan menemukan musik dan genre baru sebagai cara untuk menghibur mereka.

Baca juga: Kekuatan Lirik, Musik dan Mengapa Kita Dapat Merasa Sangat Terhubung dengan Sebuah Lagu

Berdasarkan hasil survei, 20% responden melihat kolaborasi multi genre sebagai tren industri musik di tahun 2021. Tren ini juga didukung oleh adanya platform streaming musik, seperti Resso, yang menawarkan fitur seperti Your Daily Mix yang memungkinkan pengguna untuk menerima rekomendasi musik baru yang menyesuaikan selera musik mereka atau serupa dengan musisi yang biasanya mereka dengarkan. Tren ini kemungkinan besar akan berlanjut tahun ini karena orang-orang masih akan menggunakan musik sebagai hiburan mereka.

  1. Berbagai platform streaming musik diharapkan dapat berperan dalam membantu membangun kolaborasi dan menghubungkan artis dengan pendengarnya

Berbagai platform streaming musik akan memikul tanggung jawab tambahan setelah adanya pandemi. Tidak hanya menyediakan musik saat bepergian bagi pengguna, mereka juga memiliki peran yang lebih integral dalam industri musik untuk mendukung musisi lokal dan membantu mereka terhubung dengan para penggemarnya ditengah adanya jarak yang menghambat.

Sebesar 62% responden sepakat, bahwa konser virtual akan menjadi sebuah kebiasaan baru di masa depan, oleh karena itu kolaborasi antara platform streaming musik dengan musisi benar-benar dibutuhkan dan tidak dapat dihindari.

Baca juga: Pengalaman Real Konser Tanpa Penonton di Collabonation Concert

Dengan terciptanya panggung unik yang belum pernah dilihat penggemar sebelumnya, meningkat pula nilai dari sebuah konser. Dari hasil survei, para pelaku industri musik juga mengharapkan platform streaming turut berperan dalam memenuhi kebutuhan tersebut, terutama dalam hal membangun kolaborasi dengan musisi lokal dan menghubungkan mereka dengan para penikmatnya.

  1. Fitur sosial pada platform streaming musik merupakan fitur yang paling diminati

Database musik yang lengkap, algoritma yang canggih, dan audio berkualitas tinggi adalah syarat-syarat mendasar yang harus dimiliki platform streaming musik saat ini. Tapi ada satu hal lainnya yang menonjol dari yang lain, yaitu fitur sosial. Tidak dapat dipungkiri bahwa musik dan media sosial berjalan beriringan sebagai salah satu cara kita mengekspresikan diri ketika kata-kata tidak cukup memenuhinya. Hal ini terbukti ketika banyak orang membagikan musik yang mereka sukai melalui postingan media sosial dan seringkali hal tersebut mencerminkan perasaan mereka.

Berdasarkan hasil survei, 23% responden melihat integrasi media sosial sebagai salah satu faktor yang mendorong preferensi pada platform streaming musik. “Di tahun baru 2021, kita akan melihat lebih banyak kreativitas dan kolaborasi dalam industri musik Indonesia. Resso juga ingin mengambil bagian di dalamnya dan lebih menciptakan kolaborasi yang bermakna dengan musisi, untuk membantu mereka terhubung dengan audiens mereka. Kami berharap dapat menciptakan dampak yang lebih positif tahun ini,” kata Christo Putra, Head of Music and Content Resso Indonesia.

 Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top