Gerakkan Wisata Domestik, Kemenparekraf Inisiasi Kampanye #DiIndonesiaAja

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Untuk menjaga semangat dan harapan di masa pandemi, Kemenparekraf menginisiasi kampanye #DiIndonesiaAja dan #RinduWisataLagi. Ini adalah gerakan solidaritas untuk semua yang berjuang di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, bahwa sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terdampak di masa pandemi ini. Melalui gerakan ini, ingin mengajak para pelaku industri ini untuk tetap optimistis.

Destinasi Tirta Nusantara Tbk
Foto: pesonawisataindonesia.com

Ajakan Kemenparekraf ini disambut baik oleh sejumlah artis ternama Indonesia, sebut saja pasangan selebritas Raffi Ahmad & Nagita Slavina, Ari Lasso, dan Gading Marten. Mereka mengapresiasi gerakan ini dengan unggahan foto-foto liburan di Tanah Air – baik sebelum pandemi dan saat menerapkan protokol kesehatan ketika berlibur.

Selain itu, melihat antusiasme masyarakat, Kemenparekraf pun berinisiatif untuk menguatkan pesan dari gerakan tersebut dengan membuat sebuah video yang menggaungkan pesan solidaritas ini termasuk dengan memasukkan beberapa foto dan video pilihan yang sudah diunggah oleh netizen. Tidak tanggung-tanggung, pencipta lagu dan penyanyi Sandhy Sandoro menciptakan lagu tersebut saat tengah berada di Berlin dan melakukan mixing di Rusia.

Baca juga: Memberi Energi Positif bagi Pariwisata Indonesia

“Semua sudah rindu berwisata lagi, tapi untuk masyarakat yang sudah ingin berwisata kami menghimbau untuk tetap meninggalkan protokol kesehatan dan mempraktekkan 3M, begitu pun dengan para pelaku usaha wisata,” Nia Niscaya.

Kampanye #DiIndonesiaAja mengajak wisatawan domestik untuk berwisata di dalam negeri dengan tetap menegakkan protokol Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE). Protokol CHSE mengacu pada protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan diturunkan ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pedoman kesehatan itu tersedia dalam bentuk buku panduan digital dan konten kreatif hasil kerja sama hotel, rumah makan, dan sektor ekonomi kreatif lainnya.

Dia menambahkan, Kemenparekraf berupaya menggerakkan wisatawan domestik untuk kembali menggairahkan sektor pariwisata melalui kampanye #DiIndonesiaAja sejak bulan Juli untuk mengatasi imbas wabah corona yang terjadi sejak awal tahun ini.

“Video solidaritas bagi para pelaku industri pariwisata Tanah Air dengan kompilasi foto atau video dari netizen dapat dilhat di akun Instagram @pesonaid_travel dan YouTube Pesona Indonesia,” ujar dia.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here