Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Strategi Inaco: Sesuaikan Selera & Kebutuhan (1)

Marketing.co.id – Inovasi produk dan pelayanan sesuai selera dan kebutuhan konsumen, serta menjaga kualitas menjadi strategi Inaco dalam mempertahankan pangsa pasarnya di industri makanan dan minuman.

Adhi Lukman, BOD PT Niramas Utama (Inaco) Foto : Majalah MARKETING/LL

Di era hiperkompetitif seperti sekarang ini, perusahaan makanan dan minuman dituntut selalu tanggap akan keinginan dan kebutuhan konsumen. Pasalnya, perkembangan teknologi informasi yang kian masif dan banyaknya merek yang beredar di pasar membuat konsumen menjadi semakin kritis dan teliti dalam membeli.

Adhi Lukman, BOD PT Niramas Utama (Inaco), mengatakan persaingan industri makanan dan minuman (mamin) di Tanah Air dapat dikatakan telah memasuki babak hiperkompetitif. Hal ini ditandai dengan bermunculannya pemain baru mulai dari skala kecil hingga besar, baik lokal maupun multinasional.

Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dari tahun ke tahun menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial bagi pemain industri mamin di berbagai belahan dunia. “Populasi Indonesia yang mencapai 260 juta merupakan pasar yang menggiurkan dan menjanjikan bagi perusahaan di sektor ini,” jelas Adhi.

Kendati persaingan kian kompetitif, Adhi memandang kondisi tersebut bukanlah hambatan atau masalah bagi Inaco yang telah berkecimpung di bisnis mamin sejak tahun 1990. Hal ini justru merupakan peluang emas untuk memajukan perusahaan supaya dapat bertahan dan memenangi persaingan.

“Tentunya ada kawan ada lawan dalam dunia usaha, namun persaingan dan kompetisi adalah hal yang baik. Di samping memberikan kontribusi positif pada kategori yang sama, menjadi reminder untuk terus berinovasi dan memberikan value dan added value kepada konsumen agar tidak pindah ke merek lain,” ungkapnya.

Konkretnya, strategi Inaco menghadirkan produk-produk inovatif yang mengedepankan bahan baku pilihan berkualitas tinggi dan memberikan manfaat yang jelas bagi penggunanya. Seperti halnya Nata De Coco, yang diketahui sangat baik untuk pencernaan dan membantu program diet.

Kemudian, produk berbasis karagenan dari rumput laut pun menyajikan kandungan serat bagi tubuh. Penggunaan bahan seperti susu dan sari buah memberikan banyak manfaat selain rasa yang nikmat, termasuk adanya fortifikasi vitamin pada beberapa jenis produk.

“Inaco terus berpegang pada visi dan misi perusahaan untuk menghadirkan pilihan jajanan sehat bagi keluarga dan anak Indonesia, sekaligus menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan konsumen,” ucap Adhi. (Bersambung ke bagian 2)

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top