Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Strategi Digital Marketing oleh Guru Internet Marketing

Sejak pertama kali saya melihat dan mencoba membaca dan memahami konsep dan pemahaman yang ia miliki, saya langsung merasa dia adalah seseorang yang sangat berpengalaman dalam bidangnya. Dia menguasai betul bagaimana kita sebagai marketer harus dilihat menarik bagi orang lain, bukan kita memaksa orang lain untuk melihat apa yang kita tawarkan seperti sales pada umumnya, ia mengetahui bagaimana orang lain bisa sangat penasaran dan tergila-gila dengan produk yang kita tawarkan.

sumber gambar: www.sethgodin.com; Seth Godin

sumber gambar: www.sethgodin.com; Seth Godin

Ia adalah Seth Godin.  Kali  ini  kita  akan  membahas  bagaimana  Digital  Marketing  Strategy  yang dikembangkan oleh Seth.
Pada  dasarnya  Digital  Marketing  Strategy  merupakan  Channel  dari  Marketing Strategy yang berarti hanya satu kanal dari sekian banyak macam Marketing Strategy.

Akan  tetapi  Digital  Marketing  Strategy  berkembang  dari  waktu  ke  waktu  menjadi sesuatu  yang  essensial,  karena  time  consuming  dari  segment  yang  disasar  Seth  lebih banyak menghabiskan waktu di internet dibanding di televisi, maka strategy ini menjadi salah  satu  strategy  yang  memiliki  impact  yang  cukup  signifikan  bagi  pemasaran.

Objective  dari  pembuatan  digital  marketing  strategy adalah gain more profit, provide more sales, & improve service.  Digital  marketing  bukan  dibuat  untuk mendapatkan pamor lebih, lebih dari sekedar itu Digital Marketing Strategy juga merupakan salah satu tombak yang  dapat  dipergunakan  secara  efektif  untuk mendapatkan  keuntungan  dan  awareness  lebih  dari masyarakat khususnya  target  market  dari  Seth  Godin itu  sendiri.

Bagaimana  Seth  menjual  buku-bukunya melalui Internet dan digital Platform? Seth mencoba mendapatkan awareness awal dengan memberikan sesuatu yang berharga  secara  cuma-cuma,  mulai  dari  memberikan  speech di  sebuah  konferensi, memberikan  tips-tips  marketing  yang  luar  biasa  melalui  situs  seperti  blog-nya,  post video  di  youtube,  tweeting  tentang  hal-hal  yang  segmen-nya  butuhkan.

Konteksnya di sini, Seth memberi kepada segmennya, bukan menawarkan apalagi menjual. Sehingga yang  terdapat  dibenak  konsumen  maupun  calon  konsumennya  adalah  mereka mendapatkan  sesuatu  yang  berharga  dari  Seth.  Terciptalah  kontak  emosional  yang menyebabkan  para  calon  dan  konsumennya  mengaguminya,  membicarakannya, sampai memujanya sebagai internet marketing guru.

Dia  tidak  pernah  secara  terang-terangan  menawarkan  dan  berbicara  kepada khalayak bahwa ia menjual buku, ia mengatakan secara implisit di setiap artikel, video, konferensi  yang  ia  lakukan.  Ia  memberikan  missing  link  bagi  para  segmennya  untuk menjadi penasaran, timbul lah rasa ingin tahu lebih, hal inilah yang dimanfaatkan betul oleh  Seth.  Bagaimana  ia  mendapatkan  profit  dan  keuntungan  hingga  bukunya  kerap menjadi  best  seller?

Ia  memberikan  wadah  yang  sangat  mudah  bagi  mereka  yang tertarik. Kita ambil contoh, ketika kita ingin sekali membeli Fanta dan sudah terbayang-bayang akan hal tersebut, kita akan segera ke minimarket terdekat untuk mencari dan membelinya, tetapi ketika kita di dalam minimart dan tidak menemukannya kita akan kecewa dan kita akan mencari penggantinya agar memuaskan kebutuhan kita.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh Seth, ketika seseorang tertarik dan ingin membeli bukunya, ia menyediakan kenyamanan dan kemudahan bagi seseorang untuk menemukannya. Mulai dari website yang langsung dapat dibeli produknya, kerja sama dengan Amazon untuk menjadi  reseller  online,  hingga  menggunakan  kickstarter.com  agar  ia  mendapatkan bantuan modal sekaligus mencari awareness akan Next Big Thing-nya. Inilah beberapa strategi yang menurut saya sangat amat efektif.

Oleh Radityo Susilo Dwiatmojo (mahasiswa S1 Marketing 2011 – STIE Prasetiya Mulya)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top