Monday, October 27, 2025
Home Blog Page 787

Perbedaan Flyer dan Pamflet Beserta Kegunaannya

0
[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Perbedaan Flyer dan Pamflet Beserta Kegunaannya tips membuat flyer dan pamfletMarketing.co.id – Berita Marketing | Dalam mengembangkan suatu bisnis tentunya Anda harus mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan. Artinya, Anda harus melakukan promosi agar dikenal. Meski sekarang jaman digital, promosi secara offline juga harus dilakukan.

Salah satu promosi offline yang sering digunakan adalah dengan membuat flyer dan pamflet. Bagi orang awam keduanya terlihat sama saja, padahal sebenarnya ada perbedaan dan kegunaan dari alat promosi tersebut.

Yuk, kita bahas satu persatu secara lengkap perbedaan flyer dan pamflet beserta kegunaannya.

Pengertian Flyer

Flyer adalah lembaran cetak yang biasanya tidak dilipat. Di dalamnya terdapat pesan sederhana berupa teks, gambar atau perpaduan keduanya yang mudah dimengerti. Flyer bisa dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertasnya.

Dalam sebuah bisnis, flyer secara langsung digunakan untuk menginformasikan kepada calon pelanggan tentang produk baru atau fitur tambahan yang diluncurkan. Flyer juga bisa digunakan untuk menciptakan citra sebuah brand.

Membagi-bagikan flyer baik secara langsung maupun lewat pos adalah salah satu cara paling efektif untuk mengiklankan bisnis. Ini karena distribusinya yang bisa menjangkau banyak orang sekaligus. Karena, respon pelanggan cenderung tinggi, flyer kerap dianggap bisa mendatangkan hasil yang cepat bagi bisnis.

Contoh Penggunaan Flyer

Flyer umumnya dicetak dalam jumlah yang banyak dengan desain yang menarik. Kertas yang digunakan biasanya kertas glossy agar terlihat lebih bagus sehingga orang suka membaca atau melihatnya. Ada banyak contoh penggunaan flyer, antara lain mempromosikan bisnis, kampanye partai politik, dan selebaran pemasaran untuk perusahaan.

Distribusi flyer dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan produk sekaligus menjangkau ribuan pelanggan baru. Anda dengan mudah menargetkan area tertentu untuk mendapatkan pengembalian yang diharapkan.

Tips membuat flyer yang menarik

Karena tujuannya adalah untuk mencari perhatian, maka flyer harus dibuat dengan bentuk yang menarik dan stand out. Ada beberapa cara membuat flyer yang menarik. Simak poin-poinnya berikut ini:

  • Buat focal point atau titik utama dalam lembaran flyer. Anda bisa menggunakan gambar yang menarik, pemilihan warna yang ciamik atau kata-kata yang menggelitik.
  • Gunakan bahasa yang sesuai dengan target pasar.
  • Fokus pada tujuan dalam membuat flyer, jika tujuannya mempromosikan produk, Anda bisa menggunakan kata-kata yang powerful misalnya “penawaran terbatas” dan lain sebagainya.
  • Buat konten yang simpel tetapi sesuai dengan tujuannya.
  • Tambahkan CTA (call to action) agar audiens tahu apa yang harus mereka lakukan setelah melihat flyer .
  • Cetak flyer dengan kualitas terbaik.

Setelah mengetahui apa itu flyer, apa saja kegunaannya serta bagaimana membuatnya, selanjutnya mari kita bahas pamflet sehingga Anda akan mengerti perbedaan antara keduanya dalam sebuah promosi produk atau jasa.

Apa itu pamflet?

Pamflet adalah selebaran kecil yang digunakan untuk mengiklankan atau memberikan informasi tentang suatu topik. Topiknya bisa apa saja yang berhubungan dengan bisnis, tetapi informasinya biasanya bersifat mendidik daripada untuk tujuan penjualan langsung.

Beberapa penggunaan pamflet yang paling umum adalah kampanye politik, promosi acara, dan mengomunikasikan informasi tentang organisasi atau bisnis. Selama konten berfokus pada satu topik, biasanya dianggap sebagai pamflet.

Pamflet dapat bervariasi dalam bentuk, ukuran dan jumlah halaman yang dikandungnya. Lainnya terdiri dari selembar kertas yang dicetak di bagian depan dan belakang dan dilipat menjadi dua. Susunan ini sering disebut selebaran. Beberapa pamflet mungkin memiliki beberapa halaman yang dilipat dua dan dijepit menjadi lipatan untuk membentuk buklet.

Manfaat pamflet

  1. Alat promosi hemat biaya

Pamflet merupakan salah satu alat terpenting bagi usaha kecil dan menengah untuk mempromosikan merek tanpa menghabiskan banyak uang. Selebaran mudah diproduksi dan lebih murah untuk didistribusikan ke pelanggan potensial.

  1. Berikan informasi yang lebih lengkap

Sebagai alat promosi maka Anda harus memberikan informasi yang lebih lengkap karena tidak ada batasan karakter seperti pemasaran digital. Anda bisa  memasukkan informasi tambahan jika terlihat menarik dan teratur. Selebaran yang ideal berisi gambar dan teks dalam tata letak yang mudah dibaca dan dimengerti.

  1. Tingkatkan kesadaran

Salah satu manfaat pamflet selanjutnya adalah meningkatkan kesadaran. Dalam pamflet Anda dapat membuat himbauan atau ajakan yang positif, memberikan nasihat seperti pentingnya mencuci tangan, memberikan informasi tentang pentingnya asuransi kesehatan, atau memberikan informasi tentang suatu produk atau jasa.

Jenis pamflet

Setelah mengetahui apa saja manfaat pamflet, selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah jenis-jenis pamflet agar tidak salah menerapkannya dalam bisnis.

  1. Pamflet layanan pemerintah/masyarakat

Pamflet  kepentingan pemerintah atau publik adalah brosur yang dirancang untuk memberikan informasi kepada publik. Isi brosur pemerintah ini biasanya tentang hal-hal lokal, peraturan daerah, dan lain sebagainya

  1. Pamflet pendidikan

Pamflet pendidikan adalah pamflet yang digunakan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa atau pelajar. Isi dari pamflet pendidikan biasanya membahas hal-hal terkait dengan sains, teknologi, dan materi-materi penunjang lainnya.

  1. Pamflet politik

Pamflet politik adalah pamflet yang ditujukan kepada masyarakat umum. Pamflet politik sering kali memuat kegiatan politik. Misalnya, kampanye untuk mempromosikan calon partainya dan mendorong pembuat pamflet untuk memilih calon partainya dalam pemilihan umum seperti walikota, bupati, gubernur, sebagainya.

  1. Pamflet bisnis

Pamflet bisnis adalah seleberan yang ditujukan untuk target pasar tertentu atau masyarakat umum. Pamflet bisnis berisi informasi tentang produk yang ditawarkannya. Untuk lebih menarik perhatian pembacanya, biasanya dalam pamflet niaga juga memuat penawaran diskon atau bonus tertentu.

  1. Pamflet kegiatan

Pamflet kegiatan adalah jenis pamflet yang ditujukan kepada masyarakat umum. Tujuannya adalah menarik perhatian pembaca agar ikut serta dalam kegiatan yang tertera dalam pamflet tersebut. Isi dalam pamflet tersebut biasanya memuat jenis kegiatan, waktu, harga, lokasi, dan juga informasi kontak yang bisa dihubungi. Contoh brosur acara antara lain brosur untuk acara keagamaan, seminar, olahraga, dan lainnya.

Itulah beberapa penjelasan terkait perbedaan antara flyer dan pamflet dalam mempromosikan barang atau jasa dalam bisnis. Dengan menggunakan alat promosi yang tepat, produk atau jasa bisa dikenal masyarakat luas dan bisnis mengembang dan besar.

Komunitas Bukalapak Bantu Onboarding UMKM Digital

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita UMKM |Komunitas Bukalapak berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi DKI Jakarta menggelar Program Onboarding UMKM Digital dan Pameran Online Jakreatifest 2022.

Di program yang berlangsung selama lebih dari 30 hari ini, Bukalapak menggelar rangkaian program pemberdayaan UMKM, dimulai dengan sesi webinar bagi UMKM binaan KPwBI  Prov. DKI Jakarta dengan topik “Optimasi Jualan Online Dengan Strategi Multiplatform” yang dibawakan oleh Trainer sekaligus pelaku usaha dari Bukalapak. Setelah itu, Bukalapak memfasilitasi onboarding ke marketplace Bukalapak, dan ditutup dengan memberikan wadah bagi para pelaku UMKM ini untuk berjualan produk-produk lokal di Jakreatifest 2022.

Ian Agisti, Head of Merchant Community & Engagement Bukalapak menjelaskan, pemberdayaan UMKM merupakan bagian dari implementasi dari semangat gotong-royong yang dianut oleh Bukalapak.

Baca juga: 5 Tips Ampuh Tingkatkan Penjualan Melalui Livestreaming di Lazada 

“Kami percaya, bahwa lewat kolaborasi dengan pihak-pihak yang mengusung visi dan tujuan yang sama, kami bisa menciptakan dampak yang lebih luas bagi perkembangan industri kecil dan menengah di Indonesia. Karena itulah, kami mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh KPwBI  Prov. DKI Jakarta dalam program ini. Harapannya, kami bisa terus membantu para UMKM untuk meningkatkan kapabilitas bisnis melalui digitalisasi,” ujar Ian.

Ian menambahkan, pihaknya selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, dengan memanfaatkan expertise dan jangkauan ke UMKM dari Bukalapak.

Komunitas Bukalapak merupakan wadah bagi para pelapak (online sellers) untuk bertemu dengan sesama pelaku usaha dan berbagi ilmu seputar bisnis online. Secara rutin, Komunitas Bukalapak mengadakan program pelatihan digital bagi para pelaku usaha, baik di dalam maupun luar ekosistem Bukalapak.

Bukalapak
Komunitas Bukalapak berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi DKI Jakarta dalam menggelar Program Onboarding UMKM Digital dan Pameran Online Jakreatifest 2022.

Pelatihan diadakan secara mandiri oleh Komunitas Bukalapak maupun melalui kolaborasi dengan berbagai perusahaan, institusi, dan organisasi. Sepanjang tahun 2021, Komunitas Bukalapak telah mengadakan lebih dari 150 kelas pelatihan online bagi para pelaku usaha dan telah berkolaborasi dengan 50 perusahaan.

Guna menciptakan dampak yang inklusif bagi pelaku UMKM, Komunitas Bukalapak juga memiliki program pemberdayaan khusus pelaku usaha perempuan. Marketplace Bukalapak kini melayani 6.8 juta pelapak dari seluruh Indonesia dan anggota Komunitas Bukalapak tersebar di 142 kota dan kecamatan.

Onny Widjanarko, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, menuturkan digitalisasi adalah salah satu kunci bagi UMKM untuk bertahan dan bangkit dari masa-masa penuh tantangan seperti pandemi COVID-19.

Baca juga: Wehelpyou Buy & Sell Ajak UMKM Bangkit Bersama dengan Go Digital

Onny meyakini, semakin banyak UMKM yang mampu memanfaatkan platform digital untuk mengoptimalkan bisnisnya, semakin cepat langkah kita untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi digital nusantara.

“Kolaborasi dengan perusahaan teknologi terkemuka seperti Bukalapak adalah salah satu dari sekian banyak strategi yang kami ambil untuk mencapai tujuan tersebut. Semoga sinergi yang sudah terbangun antara KPwBI  Prov. DKI Jakarta dan Bukalapak dapat terus membawa dampak positif bagi seluruh pelaku usaha di seluruh penjuru negeri”, pungkas Onny.

Erajaya Group Memproduksi Feature Phone Nokia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Erajaya Group mengumumkan produksi perdana ponsel feature phone hasil kerjasama dengan Nokia. Ponsel tersebut diproduksi di fasilitas manufaktur yang terletak di Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah, yang dimiliki oleh PT Bangga Teknologi Indonesia.

erajaya produksi feature phone Nokia
(dari kiri ke kanan): Cobben, General Manager PT Bangga Teknologi Indonesia; Syaiful Hayat, Direktur Erajaya; Ali Murtopo Simbolon, Direktur Industri Elektronika dan Telematika (IET), Kementerian Perindustrian RI; Hero Tjokroardi, General  Manager HMD Indonesia; Herman Wong, Chief Merchandise & Planning Erajaya Group.

Seremonial peresmian produksi perdana ini dihadiri oleh Ali Murtopo Simbolon, Direktur IET (Direktorat Industri Elektronika dan Telematika) dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Hadir juga perwakilan dari management Erajaya Group dan HMD Indonesia, selaku pemegang lisensi merek Nokia.

Erajaya yang berdiri sejak tahun 1996 telah menjalankan kegiatan usaha importir, distribusi dan perdagangan ritel perangkat telekomunikasi selular dan produk internet of Things (IoT).Pada tahun 2011, Erajaya resmi menjadi perusahaan terbuka dan menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Hasan Aula, Deputy CEO Erajaya Group, mengatakan, “Suatu kebanggaan besar bagi kami dapat mengumumkan produksi perdana ponsel hasil kerjasama Erajaya Group dengan HMD Indonesia, selaku pemegang lisensi Nokia. Ini adalah bentuk nyata dan perwujudan dukungan kami pada upaya Pemerintah untuk meningkatkan produksi dalam negeri dan mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor. “

Lebih lanjut Hasan mengungkapkan bahwa pihaknya merasa mendapat kehormatan dapat bekerjasama dengan HMD Indonesia di level kolaborasi yang lebih tinggi dalam menghadirkan ponsel besutan anak negeri. Hasan berharap inisiatif ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat luas, khususnya di Semarang.

Kerjasama ini diharapkan dapat membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dan juga membantu mengentaskan kemiskinan serta perbaikan dalam bidang pendidikan. Di samping itu, hadirnya proyek strategis seperti ini juga akan memfasilitasi transfer teknologi praktis dan tepat guna, yang pada gilirannya diharapkan berdampak positif kepada pengembangan industri ponsel di Indonesia.

Feature phone Nokia dari Erajaya Group akan tersedia di jaringan ritel Erajaya Group dalam waktu dekat.

Frontier Technology dan Netcore Rayakan Ultah Ke-25 Bersama Klien

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Frontier Technology merayakan 25 tahun berdirinya Netcore. Foto: marketing.co.id/lialily.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Frontier Technology dan Netcore Cloud mengadakan customer night untuk merayakan ulang tahun Netcore ke-25 di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (11/8). Acara tersebut dihadiri lebih dari 150 klien.

Ditemui Marketingcoid disela-sela acara, CEO Group Netcore Cloud Kalpit Jain mengatakan, Netcore saat ini telah hadir di 18 negara dengan jumlah klien lebih dari 6500 perusahaan. Di Indonesia, Netcore berpartner dengan Frontier Technology sejak tahun 2015.

“Kami memulai di Indonesia dengan melayani klien dari industri perbankan. Sekarang, di Indonesia kami telah melayani lebih dari 150 klien perusahaan lokal dari berbagai industri,” terang Kalpit.

Menurut Kalpit, potensi pasar solusi teknologi untuk marketing (Marketing Technology) sangat besar sekali karena customer sangat ingin terkoneksi dengan brand secara penuh melalui berbagai digital channel.

“Dan, kami ingin membantu brand untuk terkoneksi dengan customer sekaligus menciptakan engagement dengan customer. Solusi yang kami tawarkan juga sangat cocok untuk semua industri, baik perusahaan skala kecil maupun besar,” lanjut Kalpit.

Di tahun 2022, Kalpit menargetkan Netcore bisa tumbuh 40 persen secara year on year. Untuk mencapai target tersebut, Kalpit mengatakan Netcore menargetkan bisa melayani sekitar 300 klien dan merilis produk baru untuk membantu klien memperkuat relasi dengan customer dan membantu brand memperluas pengalaman yang terpersonalisasi untuk customernya.

“Ke depan kami menargetkan bisa melayani sekitar 300 klien di seluruh Indonesia karena pasar di Indonesia terus tumbuh seiring berkembangnya startup, perusahaan digital, digitalisasi di berbagai industri, dan perusahaan berinvestasi bukan hanya untuk mengakuisisi tapi juga retensi pelanggan,” pungkasnya.

Martech Excellence Awards Indonesia 2022

Acara customer night tersebut berjalan sangat meriah. Diawali dengan presentasi dari CEO Group Netcore Cloud Kalpit Jain dan dilanjutkan dengan presentasi dari CEO Frontier Technology Handi Irawan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan potong kue dan awarding session Martech Excellence Awards Indonesia 2022, sebagai bentuk apresiasi Netcore dan Frontier Technology kepada para kliennya.

Berikut daftar klien yang berhasil meraih Martech Excellence Awards Indonesia 2022:

  • Best Engagement Strategy – App – Smartfren
  • Personalization Flagbearer of the Year – 99.co
  • No.Code Innovation Award – XL Axiata
  • Best Email Campaign – CIMB Bank
  • Omni-channel Journey Master – Itemku
  • Omni-channel Journey Master – OTTO
  • Champion of Email Engagement – RedDoorz
  • MarTech Project of the Year – BCA
  • MarTech Team of The Year – Danone
  • Marketing Technologist of the Year – Trifana Fithra dari Smartfren
  • Marketing Technologist of the Year – Hizkia Prana Lemuel dari Smartfren
  • MarTech Thought Leader – Satyadev Jayvansinh Sarvaiya dari Smartfren
  • MarTech Thought Leader – Citra Wikastri  dari  PermataBank
  • MarTech Thought Leader – Planius Simanullang dari Danone
  • MarTech Thought Leader – Reza Zahid Mirza dari XL Axiata
  • MarTech Thought Leader – Diana Tanu dari topkarir

Acara bertemakan Black & Bling tersebut pun diakhiri dengan Doorprize dan makan malam.

 

 

 

 

 

 

 

Dukung Garuda INAF ke Piala Dunia 2022, Sharp Kolaborasi Bareng The Good Dept.

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Berita bahagia hadir dari tim Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI) atau biasa disebut Garuda INAF yang mencetak sejarah baru lolos ke putaran final Piala Dunia World Amputee Football Federation (WAFF) 2022 mewakili benua Asia. Rencananya Piala Dunia WAFF akan diselenggarakan di Turki pada Oktober 2022 mendatang.

Andry W Utomo, National Sales Sr. General Manager Sharp Indonesia (berdiri, ketiga dari kanan) berpose bersama timnas sepakbola amputasi Indonesia di Jakarta (10/08/22). Foto: marketing.co.id/lialily.

Sayangnya, prestasi tim Garuda INAF tersebut masih minim dukungan dan sorotan dari berbagai pihak. Melalui kampanye #baktianaknegeri, Sharp Indonesia berkolaborasi dengan The Goods Dept, merilis exclusive merchandise bertema street sportswear yang dijual secara daring dan offline di gerai The Goods Dept. Koleksi ini dapat ditemui di gerai Mall PIM 2, Jakarta sejak 25 Maret 2022 lalu.

Andry Adi Utomo, National Sales Sr. General Manager Sharp Indonesia menjelaskan bahwa 100% keuntungan yang didapat dari penjualan merchandise akan diberikan seluruhnya kepada Garuda INAF. Tercatat hingga akhir Juni 2022 telah terkumpul dana sebesar Rp 208.635.896,-. Dana ini akan digunakan untuk pembiayaan operasional dan juga latihan persiapan Garuda INAF dalam menghadapi pertandingan di Turki nanti.

Hendrick Setio, Head of Marketing Communitation The Goods Dept. turut merespon ajakan positif ini. “Ketika Sharp Indonesia menghubungi untuk mengajak kolaborasi, dengan senang kami menyambut ajakan itu. The Goods Dept melihat kampanye Sharp sangat bagus karena menggerakkan lapisan masyarakat untuk peduli dan mau membantu anak bangsa mengukir sejarah baru prestasi didunia olahraga terutama sepak bola. Dari catatan kami tercatat penjualan merchandise kolaborasi Sharp X TGD tembus angka 738 unit dalam jangka waktu 4 bulan yang terjual baik di online maupun offline store kami.”

“Bantuan ini sangat berarti untuk kami dengan berbagai keterbatasan yang kami miliki, sampai untuk bermimpi berlaga di Piala Dunia WAFF pun kami takut. Syukur Alhamdulillah, berkat bantuan ini kami dapat melakukan pelatihan intensif berupa latihan fisik dan strategi oleh pelatih profesional. Kami sangat menghargai dan berterima kasih, karena kolaborasi Sharp dan The Goods Dept. sangat membantu kami mewujudkan mimpi di Piala Dunia Turki 2022 mendatang,” ungkap Yudi, Ketua Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI).

Indonesia yang telah menjadi anggota tetap World Amputee Football Federation (WAFF) sejak tahun 2020, akan tergabung dalam Group C bersama Inggris, Argentina dan Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. Tim Garuda INAF akan melakoni pertandingan perdananya pada Oktober 2022 mendatang.

“Dari Garuda INAF kita belajar bahwa daya juang dan semangat pantang menyerah dapat mendekatkan kita pada kesuksesan. Keterbatasan bukan lagi menjadi alasan untuk maju. Selalu jadi diri sendiri dan jangan takut bermimpi, #beyourselfbeoriginal,” tutup Andry.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Bisnis.

 

Astra Otopower Ramaikan Gelaran GIIAS 2022

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Otomotif |  PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts) turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dengan menampilkan Astra Otopower. Otopower merupakan jaringan pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Booth Astra Otopower dapat ditemui di Pre-Function Hall 10 (PF10E) (11/8).

“The Future is Bright” sebagai tema GIIAS 2022 merefleksikan industri otomotif Indonesia yang kian membaik, memiliki masa depan yang cerah, dan terus tumbuh serta berkembang untuk menyongsong berbagai inovasi dan teknologi pada masa depan.

Selaras dengan itu, Astra Otoparts juga turut mendukung Pemerintah dalam menyiapkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan inovasi terbarunya melalui penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah dalam menyiapkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, juga untuk memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan.

Baca juga: Global Warming dan Geliat Industri Otomotif Global

Resmi diluncurkan di bulan lalu, Astra Otopower pada GIIAS 2022 ini hadir dengan tiga tipe mesin pengisian, mulai dari wall mount charging hingga mesin pengisian ultra-fast charging dengan tiga konektor.

Charging machine di jaringan KBLBB Astra Otopower ini telah menggunakan standar global komunikasi internasional, sehingga semua tipe kendaraan listrik dapat menggunakan charging machine ini selama konektornya sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Astra Otopower
Wall mount charging merupakan salah satu tipe mesin yang ditampilkan Astra Otopower pada GIIAS 2022

Selain itu, charging machine ini juga dilengkapi dengan fitur inovatif berupa Safety Flooding System yang membuatnya otomatis mati apabila terendam air dan fitur Humidity Control System yang mencegah charging machine dalam keadaan lembab berlebih, sehingga sesuai dengan kondisi Indonesia.

Baca juga: Ioniq 5, Mobil Listrik Pertama Yang Diproduksi di Indonesia

“Sejalan dengan komitmen Astra untuk mewujudkan masa depan Indonesia yang berkelanjutan, Astra Otopower menjadi wujud nyata kontribusi Astra Otoparts untuk memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan serta turut mendukung pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur pelaksanaan kegiatan Presidensi G20 serta mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” tutur Yusak Kristian Direktur Astra Otoparts.

 

 

Unggulkan Desain Tipis, MAKUKU Cocok bagi Si Kecil yang Aktif Bergerak

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id Berita Lifestyle |  Memasuki usia 6 hingga 12 bulan, bayi akan mengalami perkembangan pesat terutama dari sisi motoriknya. Pada tahap ini, bayi dapat mulai melakukan aktivitas duduk tanpa bantuan, menggulingkan tubuhnya untuk berpindah tempat, merangkak, dan bahkan jika serta mulai persiapan untuk berjalan sendiri. Untuk mendukung stimulasi motorik si kecil, faktor popok yang digunakan sehari-hari juga berperan penting.

Makuku

S.T Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, bahwa stimulasi motorik merupakan dasar dari perkembangan diri anak selanjutnya, pintu masuk perkembangan otak anak yang optimal, dan melatih daya tahan mental anak.

“Stimulasi dapat dilakukan dengan beragam aktivitas dan interaksi dengan orang tua yang konsisten. Dengan pendampingan intensif dari orangtua, anak akan semakin semangat belajar berjalan dan di akhir tahun pertamanya, si kecil akan menunjukkan kemampuannya menggerakkan kaki dan melangkah sendiri untuk pertama kalinya,” ujar dia.

Andreas Leyrolf menambahkan, untuk meningkatkan stimulasi si kecil, ibu bisa menambahkan rintangan ketika si kecil sedang belajar merangkak, seperti misalnya membuat mereka merangkak di atas bantal. Jika mereka belajar berjalan, berikan mainan di satu sisi meja dan posisikan bayi di sisi lainnya, agar mereka terdorong untuk meraih benda kesukaan mereka.

Selain itu, usahakan mereka merasa nyaman saat bergerak dengan menyediakan ruangan yang kondusif, mainan yang aman, serta popok yang tipis serta anti gumpal untuk memudahkan mereka bergerak sebebas mungkin.

Jason Lee, CEO MAKUKU Indonesia, mengungkapkan, MAKUKU memahami pentingnya popok yang nyaman untuk mendampingi si kecil tumbuh optimal, salah satunya melalui inovasi MAKUKU Air Diapers Slim yang memiliki ketebalan hanya 1,6 mm dan menjadikannya popok yang paling tipis dibandingkan popok lain di pasaran.

“Dengan ketipisan 1,6 mm, MAKUKU Air Diapers Slim tetap memiliki lapisan 3 lapisan yang efektif melindungi bayi yaitu yang pertama adalah lapisan permukaan 3D agar mengurangi kontak langsung dengan kulit bayi, lapisan kedua yaitu struktur inti SAP yang dapat meningkatkan penyebaran serta mengunci cairan, menjaga pantat bayi tetap nyaman, lembut dan tipis di saat yang bersamaan dan terakhir adalah lapisan bawah yang anti bocor dan kain non-woven agar sirkulasi udara lancar. Desain tipis dan ringan dengan kemampuan penyerapan optimal, menjadikan MAKUKU Air Diapers Slim mitra yang dapat diandalkan para ibu untuk mengurangi kekhawatiran selama mendampingi si kecil,” imbuh dia.

MAKUKU Air Diapers Slim menggunakan struktur inti SAP yang membuat penyerapan merata, anti gumpal dan tetap ringan sekalipun sudah menampung cairan cukup banyak. Kemampuannya mengunci cairan dengan baik sehingga mencegah osmosis balik, anti gumpal, dan menjaga permukaan kulit tetap kering yang merupakan faktor penting dalam mencegah risiko ruam popok.

MAKUKU Air Diapers Slim hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL) mulai dari Rp.61.900,00 hingga Rp.119.900,00. MAKUKU Air Diapers Slim tersedia di MAKUKU Family, Transmart di Pulau Jawa dan Bali, dan Diamond Supermarket atau bagi yang lebih nyaman berbelanja online dapat mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia.

Seperti Apa Sih Potensi Bisnis e-Groceries di Indonesia?

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Titipku kupas potensi bisnis e-Groceries di Indonesia lewat “Indonesia Online Grocery Report 2022”

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pasar tradisional menjadi salah satu urat nadi perekonomian masyarakat Indonesia. Data menunjukkan bahwa 77% masyarakat Indonesia membeli kebutuhan pokok di pasar tradisional, dan tiap tahunnya ada perputaran uang sekira 115 miliar dolar amerika di sana. Diproyeksikan bahwa angka ini akan terus bertumbuh seiring berjalannya waktu.

“Salah satu faktor yang bisa memengaruhi peningkatan transaksi di pasar tradisional adalah adanya platform belanja daring. Sistem online grocery bisa meningkatkan transaksi di pasar tradisional karena saat ini kelompok masyarakat terbesar di Indonesia adalah milenial, dan kelompok milenial ini sudah memiliki kebiasaan menggunakan aplikasi guna memenuhi kebutuhan mereka,” ungkap Chief Executive Officer Titipku, Henri Suhardja.

Henri menambahkan, generasi milenial sudah banyak yang menikah dan membangun keluarga baru. Tentunya mereka membutuhkan kebutuhan pokok terutama kebutuhan dapur. Artinya, mereka butuh belanja kebutuhan pokok secara rutin. Titik ini menjadi momentum yang tepat untuk menyediakan jasa online grocery untuk menjembatani kebutuhan para keluarga muda ini dengan para pedagang pasar yang menyediakan produk yang mereka butuhkan.

Sementara, Chief Marketing Officer Titipku Faradhita Delicia mengatakan bahwa online groceries ini menjawab kebutuhan konsumen untuk dapat menikmati waktu lebih banyak bagi dirinya sendiri.

“Dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari menggunakan platform online grocery, proses belanja menjadi 5x lebih efisien karena konsumen tidak perlu menghadapi kemacetan, kesulitan mencari parkir, dan membawa belanjaan sendiri,” ungkap Faradhita.

Penjelasan Henri dan Faradhita seputar potensi online grocery di atas adalah sebagian dari data yang ada dalam laporan “Indonesia Online Grocery Report 2022”: Redefining New Retail” yang disusun oleh Titipku. Laporan ini diluncurkan secara daring lewat pertemuan Zoom dengan awak media pada Rabu (10/8).

“Laporan ini membahas seluk beluk tentang online grocery dan bagaimana potensinya di Indonesia. Laporan ini sengaja dibuat untuk menunjukkan bahwa sebenarnya Indonesia punya peluang yang baik juga untuk menumbuhkan ekosistem online grocery,” ungkap Faradhita.

Apa saja sih isi laporan tersebut?

Secara garis besar, laporan “Indonesia Online Grocery Report 2022” memiliki empat bahasan utama.

Bahasan pertama adalah seputar pengenalan tentang online grocery. Pada bagian ini, pembaca diajak untuk memahami arti online grocery, mengenali keuntungan dari sistem online grocery, bagaimana model bisnis online grocery berjalan, hingga ukuran pasar (market size) dari online grocery.

Pada bahasan kedua, pembaca diajak untuk melihat ekosistem online grocery, khususnya ekosistem di Indonesia. pada bagian kedua ini, akan ada pemaparan data soal perubahan perilaku konsumen terkait belanja kebutuhan pokok, terutama sejak pandemi COVID-19. Selain itu, bagian kedua ini juga membahas siapa saja pemain online grocery yang ada di Indonesia.

Di bagian ketiga, laporan ini membahas transformasi digital yang ada di industri retail. Pada bagian ini, pembaca disuguhkan dengan alur baru dalam pengalaman berbelanja secara daring. Selain itu, pembaca juga diajak memahami apa dampak positif dari transformasi digital ini ke Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Terakhir, pembaca diajak untuk melihat studi kasus pada bagian keempat. Pada bagian ini, laporan ini mengambil dua objek untuk dikaji, yakni Freshippo milik Alibaba dan Amazon Fresh milik perusahaan Amazon. Tak lupa, laporan ini juga menyajikan transformasi apa saja yang juga terjadi di pasar dan supermarket di Indonesia.

Saat ini “Indonesia Online Grocery Report 2022” sudah tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Website Titipku.

Mekari: Solusi Digital Tingkatkan Resiliensi UMKM Hadapi Gejolak Ekonomi 

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Resiliensi UMKMRiset SMB Pulse Index oleh Mekari menemukan tiga tren terkait adopsi solusi digital yang bisa dijadikan pedoman untuk menghadapi tantangan pasar. 

Marketing.co.id – Berita UMKM | Teknologi digital akan terus menjadi kunci pertumbuhan UMKM di tengah pemulihan Indonesia yang kini dibayangi gejolak-gejolak ekonomi yang baru.

Riset SMB Pulse Index oleh Mekari, menemukan tiga tren terkait peran teknologi dalam memperkuat resiliensi UMKM untuk menjaga pertumbuhan bisnis di tengah tantangan pandemi.

COO Mekari Anthony Kosasih mengatakan, riset SMB Pulse Index dilakukan untuk memperlihatkan bahwa transformasi digital menguatkan resiliensi UMKM dalam menghadapi gejolak pasar. Riset ini pun mengerucutkan tiga tren terkait adopsi solusi digital yang bisa dijadikan pedoman bagi industri ketika menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan pasar.

Tren pertama adalah UMKM yang sigap beradaptasi dengan solusi digital akan lebih lincah menangkap peluang pasar dan lebih cepat kembali ke titik pertumbuhan positif. Kedua, UMKM dengan tingkat digitalisasi yang tinggi akan mengalami pertumbuhan bisnis yang lebih tajam. Terakhir, UMKM kini menggunakan solusi Software-as-a-Service (SaaS) sebagai platform untuk mengintegrasikan solusi-solusi lainnya dan membentuk ekosistem digital yang akan memuluskan operasional bisnis.

Untuk tren pertama, lanjut Anthony, riset SMB Pulse Index mencatat bahwa 73% dari UMKM pengguna solusi digital yang disurvei merekam pertumbuhan positif selama 2021, tahun dimana pandemi memuncak. Khusus untuk UMKM di segmen Business-to-Consumer (B2C), pergeseran konsumen ke belanja omnichannel, atau online shopping, telah membantu UMKM yang terdigitalisasi kembali ke titik pertumbuhan positif.

Perihal tren kedua, riset SMB Pulse Index memperlihatkan bahwa UMKM yang menggunakan berbagai solusi digital yang saling terhubung untuk membentuk suatu ekosistem digital mencatat bertumbuh 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan UMKM yang sebatas menggunakan satu solusi saja.

Lebih dalam lagi, UMKM yang menggunakan bermacam-macam solusi digital, atau multi-tech adopter, di segmen B2B merekam pertumbuhan positif 1,54 kali lebih dibandingkan dengan mereka yang menggunakan satu macam solusi digital, atau single-tech adopter, di segmen serupa. UMKM multi-tech adopter di segmen B2C juga merekam pertumbuhan positif 1,51 kali lebih dibandingkan dengan single-tech adopter di segmen sama.

“Penggunaan solusi digital yang tinggi tidak terlepas dari talenta digital. Bisnis mikro, kecil, dan menengah yang menyediakan akses ke solusi digital bagi lebih dari 5 karyawannya mencatat pertumbuhan positif antara 1,31 kali hingga 1,39 kali lebih dibandingkan dengan bisnis di segmen serupa yang memberikan akses ke solusi digital bagi sama dengan atau kurang dari 5 karyawannya,” tambah Anthony.

Solusi digital terutama yang mempermudah otomatisasi, mengendalikan operasional bisnis di internal, dan memonitor pergerakan bisnis memfasilitasi para karyawan untuk bekerja lebih produktif, yang akan berdampak positif bagi pertumbuhan.

Untuk tren ketiga, UMKM kini memanfaatkan solusi digital berbasis awan yang agile dan scalable sebagai platform dimana solusi-solusi lainnya dapat berjalan. Sebagai contoh, solusi SaaS untuk akuntansi sering dihubungkan dengan solusi digital untuk omnichannel commerce, pengelolaan pajak, teknologi financial seperti pembayaran, dan e-commerce agar menciptakan suatu ekosistem digital yang terpadu agar memperlancar operasional bisnis dari ujung ke ujung.

Ke depannya, menurut Anthony, UMKM perlu memberi pelatihan teknologi bagi karyawan dan mitra usaha, semakin mengintegrasikan teknologi dengan bantuan SaaS, dan mengadopsi teknologi finansial, atau fintech, untuk memperkuat bisnis.

“Resiliensi bisnis kian kritis mengingat bahwa ekonomi dan pasar akan terus berubah. UMKM yang resilien tidak saja baik bagi kelanjutan bisnis itu sendiri, namun juga laju penguatan ekonomi Indonesia yang bertumpu pada industri tersebut,” tutup Anthony.

Waspada Cacar Monyet, Lindungi Diri dan Keluarga dengan Asuransi Kesehatan yang Tepat

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Cacar monyet kembali menjadi pusat perhatian setelah terjadi kenaikan jumlah kasus di Amerika Serikat dan negara-negara lainnya sejak bulan Juli 2021. Cacar monyet adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus monkeypox dan pertama kali ditemukan pada tahun 1970 di Kongo.

World Health Organization (WHO) telah menetapkan cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan global. Artinya, situasi wabah penyakit menular ini dianggap darurat dan dibutuhkan kerjasama internasional untuk mengatasi penyebaran akan virus tersebut.

Waspada Cacar Monyet Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Allianz Indonesia
Waspada Cacar Monyet Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Allianz Indonesia

Berdasarkan data WHO, sampai dengan tanggal 27 Juli 2022 tercatat lebih dari 18.000 kasus monkeypox yang tersebar di 78 negara dengan kasus tertinggi berada di Eropa (>70%) dan diikuti benua Amerika (25%) yang didominasi di Amerika Serikat.

Meskipun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sampai dengan awal Agustus 2022 ini memastikan kasus Cacar Monyet belum ditemukan di Indonesia, namun melihat kenaikan kasus yang tersebar di beberapa negara mengakibatkan kita harus waspada, salah satunya dengan mengetahui bagaimana cara penularan, pencegahan, dan pengobatannya untuk diri sendiri dan orang sekitar.

Hingga saat ini belum ditemukan pengobatan secara khusus untuk mengobati cacar monyet yang biasanya akan sembuh setelah gejala mereda dalam waktu 2-4 minggu. Berbeda halnya dengan vaksin, saat ini sudah terdapat dua vaksin yang mulai diberikan kepada warga Amerika Serikat untuk meredam penyebaran virus ini, yakni Vaksin Jynneos (Imvamune atau Imvanex) dan ACAM2000.

Meskipun vaksin tersebut belum tersedia di Indonesia, menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, vaksin tersebut sama dengan vaksin cacar air yang diberikan sampai pada tahun 1974 di Indonesia. Selain itu, yang tak boleh dilupakan juga untuk perlindungan sedari dini adalah Asuransi Kesehatan.

“Risiko jatuh sakit atau terpapar virus akan menimbulkan gangguan finansial jika tidak dikelola dengan baik. Apalagi, dewasa ini terdapat banyak sekali jenis penyakit baru dan biaya medis selalu naik setiap tahunnya. Agar kondisi keuangan tidak terganggu akibat terdapat anggota keluarga yang sakit, maka diperlukan Asuransi Kesehatan,” ujar Verawaty, Head of Health Proposition Allianz Life Indonesia. 

Keputusan memiliki Asuransi Kesehatan adalah pilihan yang tepat karena asuransi ibarat payung, yang baru bekerja saat dibawa sebelum hujan turun. Artinya, asuransi hanya bisa dimiliki saat masih sehat dan juga akan lebih baik apabila dimiliki sejak usia muda. Sehingga, premi yang perlu dibayarkan oleh nasabah juga masih terjangkau karena risiko jatuh sakit dan kematian masih kecil.

Salah satu produk yang dapat memberikan perlindungan kesehatan terkait cacar monyet (yang membutuhkan perawatan yang dibutuhkan secara medis) bagi seluruh anggota keluarga ialah Hospital & Surgical Care Premier Plus (HSCP Plus) dari Allianz Indonesia. HSCP Plus adalah produk Asuransi Kesehatan yang memberikan perlindungan kesehatan untuk diri sendiri dan orang terkasih. Dengan memiliki HSCP Plus, Tertanggung bisa memperoleh Plus Opsi, Plus Layanan, dan Plus Manfaat yang beragam dan dapat dipilih sesuai kebutuhan masing-masing.

“Dengan memiliki Asuransi Kesehatan, maka kamu dapat meminimalisir risiko finansial yang perlu kamu keluarkan apabila kamu atau anggota keluarga mengalami risiko jatuh sakit. Sebab, perusahaan asuransi akan memberikan penggantian biaya rumah sakit tersebut sesuai dengan manfaat Polis yang dimiliki,” tutup Verawaty.

 

Penasaran? ini lho Kandungan dari Hanimun Power Honey & Gentle Gel

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Lifestyle | Pernah gak sih kamu mendengar Hanimun Power & Gentle Gel? Ternyata produk ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti akar purwoceng (Pimpinella pruatjan), cabai jawa (Piper retrofractum Vahl), Jahe Merah (Zingiber officinale), hingga Daun pegagan (Centella Asiatica). Yups, kandungan ini yang membuat Hanimun ini diklaim efektif dalam meningkatkan vitalitas pria.

Dari sisi keamanan produk, seluruh produk Hanimun sudah terdaftar dan tersertifikasi oleh BPOM. Karena sudah terdaftar BPOM, maka dijamin keamanannya jika di konsumsi dalam jangka panjang. Tidak menimbulkan efek samping dan bahkan menyehatkan jika di konsumsi rutin. Yuk, sekarang kita telaah khasiat bahan-bahan alami yang terkandung dalam produk tersebut.

Akar Purwoceng

Saking melegendanya sebagai herbal alami untuk meningkatkan vitalitas pria, akar tanaman yang satu ini sampai mendapat julukan “Viagra of Java”. Herbal ini memiliki khasiat afrodisiak yang dapat meningkatkan gairah seksual.

Baca juga: Inilah Yang Harus Diketahui Pria Agar Tetap Harmonis Dengan Pasangan

Cabai Jawa

Cabe jawa bisa membantu mengatasi disfungsi ereksi pada pria. Ini memungkinkan mengingat cabe jawa punya kandungan senyawa minyak atsiri, piperin, dan piperindin yang merupakan kandungan testosteron alami bagi pria. Hal ini yang kemudian bisa meningkatkan kesehatan sistem reproduksi pria.

Jahe Merah

Jahe Merah bisa merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh Programming Assignment Help. Jika sirkulasi darah meningkat, maka memungkinkan aliran darah di daerah Si Joni juga meningkat. Hasilnya, pria jadi bisa tahan lama untuk ereksi.

Gak hanya itu aja lho, manfaat jahe merah untuk kesuburan pria juga bisa terjadi karena herbal satu ini juga mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik, sehingga bisa meningkatkan online casinos österreich jumlah hormon testosteron sehingga meningkatkan kesuburan pria.

Hanimun Power Honey & Gentle Gel
Hanimun Power Honey & Gentle Gel

Daun Pegagan

Pegagan (Centella asiatica) merupakan tanaman obat yang sudah sejak dari dulu dikenal dan digunakan untuk meningkatkan vitalitas tubuh dan kinerja syaraf otak schweizer online casinos, karena di dalam tubuh, daun ini berkerja sebagai antimikroba.

Cermat memilih produk penambah vitalitas

Banyak produk vitalitas pria yang menawarkan perubahan secara singkat, tapi ternyata mengandung bahan kimia aktif yang akan mengakibatkan efek samping kedepannya, lebih Baik pilih yang alami.

Baca juga: Komunitas Konsumen Indonesia: Tidak Ada Urgensi BPOM Revisi Aturan Iklan SKM

“Kalau kamu gak terlalu paham mana kandungan yang baik dan yang buruk, cukup lihat produk tersebut, apakah sudah berlabel BPOM atau belum как поступить в немецкий вуз. Seperti semua produk Hanimun yang sudah lulus lab BPOM semua,” ungkap Burhan, CMO Hanimun.

Gak cuma Power Honey aja, ternyata Hanimun juga memiliki suplemen lain untuk vitalitas pria, yakni Hanimun Gentle Gel, tinggal oles langsung Jrenggg. Berbeda dengan Power Honey высшее образование в германии, Hanimun Gentle Gel ini berkhasiat untuk mempertahankan keperkasaan alat vital pria dalam waktu lama. Produk ini juga mengandung bahan alami seperti Kunyit dan daun sirih.

Sambut Hari UMKM Nasional 2022, Lazada Dorong Pertumbuhan Ekosistem Ekonomi Digital di Jawa Timur

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita UMKM | Lazada Indonesia terus berupaya mendorong pertumbuhan ekosistem ekonomi digital Indonesia, termasuk di Jawa Timur. Dengan potensi perekonomian digital yang besar, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi paling strategis dalam upaya Lazada memberdayakan talenta yang ada di ekosistem ekonomi digital melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia.

Gerakan AKAR Digital Indonesia adalah inisiatif pemberdayaan menyeluruh yang bertujuan untuk memberdayakan seluruh talenta yang ada di ekosistem Lazada, termasuk para penjual UMKM, pelanggan eCommerce, serta pekerja logistik dan mitra kurir (frontliner).

Sejak diluncurkan tahun lalu melalui kolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Gerakan AKAR Digital Indonesia telah diperkenalkan di Jawa Barat dan Jawa Timur, dan dalam waktu dekat akan diperkenalkan di Jawa Tengah.

Dalam sesi bincang-bincang media bersama Lazada dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur jelang hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus mendatang, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah mengatakan, Jawa Timur menyimpan potensi perekonomian digital yang sangat besar. Sektor usaha di Jawa Timur memang didominasi UMKM.

Berdasarkan sensus ekonomi dan sensus pertanian, total terdapat 9,78 juta UMKM di Jawa Timur, baik di sektor pertanian maupun non pertanian. Dilihat dari aspek tenaga kerja, berdasarkan data BPS, sebanyak 62 persen tenaga kerja bergerak di sektor informal. Meski demikian, sebagian besar UMKM di Jawa Timur masih membutuhkan bimbingan untuk bisa menjadikan platform digital sebagai pendukung pertumbuhan bisnis mereka.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM, kontribusi Koperasi dan UKM terhadap perekonomian Jawa Timur mencapai 57,81% di tahun 2021, menunjukkan bagaimana UMKM berperan sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian Jawa Timur. Gerakan AKAR Digital diharapkan dapat menjadi akselerator kontribusi UMKM terhadap ekonomi Jawa Timur.

“Jawa Timur memang daerah yang memiliki potensi pertumbuhan perekonomian digital,  oleh sebab itu Lazada menjadikan Jawa Timur sebagai tujuan strategis program pemberdayaan ekosistem di Lazada melalui Gerakan AKAR Digital Indonesia. Data kami di tahun 2021 menunjukkan pertumbuhan jumlah penjual aktif dari Jawa Timur bertumbuh hampir 2x lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan bila dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah penjual secara nasional, jumlah penjual dari Jawa Timur bertumbuh 1,5x lebih cepat,” terang Haikal Bekti Anggoro, SVP, Seller Operations, Lazada Indonesia.

Pertumbuhan jumlah penjual di Jawa Timur sendiri lebih cepat daripada pertumbuhan jumlah pesanan dari pelanggan di Jawa Timur, sehingga nampak tingginya minat UMKM di Jawa Timur untuk berjualan secara digital. “Potensi UMKM di Jawa Timur sendiri masih sangat besar, termasuk untuk melayani pelanggan yang berada di provinsi yang sama. Karena itulah, sebagai salah satu upaya untuk mendorong potensi ini, di bawah payung Gerakan AKAR Digital Indonesia, hari ini kami kembali menggelar sesi pelatihan untuk UMKM Jawa Timur terkait pemasaran digital. Harapan kami, akan ada lebih banyak lagi UMKM di Jawa Timur yang tergerak untuk bertransformasi digital dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen, khususnya yang juga berdomisili di Jawa Timur,” tambah Haikal.

Selain berfokus pada pemberdayaan dan peningkatan daya saing UMKM, Gerakan AKAR Digital Indonesia juga menitikberatkan pada peningkatan literasi eCommerce dan pengembangan infrastruktur ekonomi digital, khususnya dalam sistem logistik. Untuk upaya literasi eCommerce dalam Gerakan AKAR Digital Indonesia, Lazada melakukan penyuluhan #BelanjaAman dan #BelanjaNyaman di platform perdagangan digital serta penyuluhan tentang perdagangan digital untuk UMKM offline agar bisa bertransformasi digital dengan mulus.

Dalam hal peningkatan infrastruktur ekonomi digital, Lazada akan mengembangkan infrastruktur khususnya dari sisi logistik dengan terus memperluas jaringan Lazada Logistics termasuk di Jawa Timur. Saat ini, Lazada Logistics sudah memiliki lebih dari 150 hub serta lebih dari 15.000 pekerja logistik dan kurir yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan pelanggan . Teknologi canggih dan jaringan luas juga memungkinkan Lazada Logistics mampu memproses jutaan paket setiap harinya.

Kolaborasi Jadi Kunci Untuk Dorong Pemberdayaan Ekosistem Ekonomi Digital 

Berdasarkan Studi Lazada 2021, untuk menumbuhkan talenta di ekosistem ekonomi digital diperlukan adanya kolaborasi dan kemitraan intensif antara pemerintah dan pihak swasta untuk berkontribusi dalam memperkuat infrastruktur, termasuk memastikan ketersediaan sumber daya pendidikan yang berkualitas dan inklusif demi pertumbuhan talenta di Indonesia.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyambut baik keterbukaan Lazada untuk berkolaborasi dalam berbagai program pemberdayaan talenta digital pemerintah provinsi. Pemerintah Provinsi Jawa Timur pun telah memiliki banyak program pemberdayaan talenta digital, salah satunya adalah Millenial Job Center (MJC).

“Kami akan menyiapkan Tim MJC untuk berkolaborasi dengan Gerakan AKAR Digital dari Lazada demi mempersiapkan para talenta ekonomi digital di Jawa Timur. Kami yakin kolaborasi ini akan bisa menciptakan lebih banyak UMKM dari Jawa Timur yang sukses di dunia digital,” kata Andromeda.

Lebih lanjut Andromeda menjelaskan, selain program MJC, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memiliki serangkaian program lain sebagai upaya menciptakan ekosistem untuk memfasilitasi penguatan ekosistem start up berbasis digital. Rangkaian program yang dimaksud adalah East Java Super Corridor (EJSC) yang ada di lima Bakorwil (Malang, Jember, Pamekasan, Bojonegoro, dan Madiun) serta KUKM Jatim space yang merupakan co-working space yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UKM maupun start up.

“Seperti yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, kami berkolaborasi dengan startup Ozora mengadakan Gathering and Networking East Java Start Up yang diikuti oleh 28 start up berbasis digital yang berdomisili di Surabaya dan Sidoarjo. Harapan kami, start up itu nantinya dapat membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya,” lanjutnya.

“Kedepannya, kami berharap bisa berkolaborasi dengan lebih banyak elemen pemerintah, organisasi, maupun sektor swasta untuk bisa bersama memajukan ekosistem ekonomi digital. Melalui Gerakan AKAR Digital Indonesia, kami berkeinginan untuk bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk di Jawa Timur,” tutup Haikal.

4 Rekomendasi Hotel Terbaik di Bali untuk Healing, Suka Yang Mana?

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Dalam artikel ini Anda akan menemukan 4 rekomendasi hotel terbaik di Bali untuk mengobati kerinduan akan momen healing sejenak dari penatnya rutinitas sehari-hari. 

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Para pelaku industri pariwisata di Bali mulai bisa bernafas lega karena situasi pandemi yang kian berangsur membaik. Perlahan tapi pasti, wisatawan local maupun mancanegara mulai kembali mewarnai pulau Dewata untuk berlibur.

Situasi positif ini turut dirasakan pada bisnis perhotelan yang sempat mengalami turbulensi selama kurang lebih dua tahun ke belakang. Data BPS Provinsi Bali mencatat, tingkat penghunian kamar (TKP) hotel berbintang bulan Mei 2022, mencapai 37,35%, atau naik 27,00 poin jika dibandingkan TPK Mei 2021.

Nah, apakah Anda tertarik untuk healing ke Bali? Berikut beberapa rekomendasi hotel terbaik di Bali:

Hotel Infinity8 

Rekomendasi Hotel Terbaik di BaliBerlokasi di Jalan By Pass Ngurah Rai Jimbaran Bali, Hotel Infinity8 menyuguhkan beragam fasilitas memukau bagi para tamu. Mulai dari spa, pusat kebugaran, hingga kolam renang ikoniknya, Infinity Sky Pool yang berada di rooftop gedung. Tidak hanya itu, hotel Infinity8 juga akan melengkapi momen healing Anda dengan Infinity Beach House, sebuah restoran yang menyajikan menu seafood di area pantai Kedonganan. Bagi Anda yang ingin menuju ke sana, Infinity8 menyediakan fasilitas shuttle gratis bagi para tamu hotel.

The Dewi Kintamani

Salah satu tips untuk menikmati momen healing adalah merasakan pengalaman baru yang unik dalam hidup. Bagaimana jika mencoba sensasi tidur di tengah alam bebas? Berbeda dari hotel dan resort pada umumnya, The Dewi Kintamani mengusung konsep glamour camping dengan akomodasi tenda, yang memadukan nuansa natural dan fasilitas modern premium.

Di tengah suasana dingin Kintamani, Anda bisa melihat langsung pemandangan memesona gunung dan danau Batur dari teras tenda. Ingin menambah cerita di momen healing? The Dewi Kintamani juga menawarkan berbagai aktivitas alam, seperti eksplorasi desa Trunyan, pendakian gunung Batur, sunrise jeep tour, dan lainnya

The Sankara Suites & Villa by Pramana

Rekomendasi Hotel Terbaik di BaliPernah nonton film Eat, Pray, Love? Dalam film tersebut, sang tokoh utama yang diperankan Julia Roberts melakukan perjalanan ke Bali untuk menemukan kedamaian diri. Jika Anda merasa terinspirasi film tersebut, maka The Sankara Suites and Villas merupakan lokasi penginapan yang Anda butuhkan.

Terletak di Ubud yang jauh dari keramaian, The Sankara memberikan sebuah paket lengkap untuk perjalanan healing yang mengesankan. Semakin lengkap, Anda juga bisa mengikuti berbagai aktivitas menarik yang dihadirkan The Sankara, seperti kelas yoga, tari tradisional bali, hingga kelas memasak.

LV8 Resort Hotel

Rekomendasi Hotel Terbaik di BaliBanyak yang mendambakan momen healing ke Bali karena suasana pantai yang indah dan menenangkan. Apabila Anda salah satunya, maka LV8 Resort Hotel yang berjarak satu langkah dari pantai Berawa, Canggu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain lokasinya yang strategis, LV8 Resort Hotel juga terhubung dengan Vue beach club yang menghadap langsung ke laut lepas. Sembari menikmati makanan dan minuman yang lezat, Anda bisa menghabiskan waktu untuk melihat suasana sunset yang eksotis dari kolam renang infinity pool yang terdapat di area beach club.

So, sudah menentukan hotel di Bali yang akan Anda pesan?

Dalam rangka mendukung bangkitnya pariwisata Bali, airasia SuperApp meluncurkan kampanye SUPERisinglyHemat spesial Hari Kemerdekaan. Selama periode 15-21 Agustus 2022, Anda bisa menikmati diskon hingga 17% untuk pemesanan akomodasi hotel hingga tiket penerbangan.

Country Head airasia Super App Indonesia Delly Nugraha menyampaikan, “Diiringi semangat menyambut Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, kami ingin turut mengambil aksi nyata dalam meramaikan pariwisata Bali yang merupakan tulang punggung perekonomian lokal. Selain melalui akses digital yang terhubung dengan database pengguna yang luas, kami juga rutin menghadirkan berbagai kampanye untuk stimulus transaksi para pengguna, salah satunya SUPERisinglyHemat spesial hari Kemerdekaan.”

 

Bagaimana Brand dan Agensi Memaksimalkan Kampanye Influencer Marketing?

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Tellscore Self Serve, fitur baru garapan Tellscore ini hadir untuk membantu brand dan agensi memaksimalkan kampanye influencerTellscore Self Serve, fitur baru garapan Tellscore ini hadir untuk membantu brand dan agensi memaksimalkan kampanye influencer

Marketing.co.id – Berita Marketing | Seiring banyaknya influencer dengan ragam bidang keahlian yang dapat dipilih, membuat brand paling berpengalaman sekalipun akan mengalami kesulitan dalam memanfaatkan ruang yang terus berkembang dan semakin kompetitif ini.

Untuk itu, dibutuhkan teknologi yang dapat membantu memaksimalkan upaya mereka, mengisi kesenjangan pengetahuan, sumber daya manusia, dan mencapai hasil bagi kampanye mereka. Hal tersebut mendorong Tellscore untuk terus berinovasi melalui ragam fitur yang dapat membantu brand secara efektif dalam mempromosikan produk, layanan, serta menjalankan kampanyenya.

Platform pencarian influencer terkemuka di Asia Tenggara tersebut meluncurkan fitur “Tellscore Self Serve” melalui teknologi SaaS (Software as a Service) bagi pasar Indonesia. Melalui fitur ini brand dan agensi dapat memilih influencer serta mengelola kampanye mereka secara menyeluruh. Selain itu, fitur tersebut  juga dilengkapi dengan layanan konsultasi gratis.

Kehadiran Tellscore Self Serve dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan pasar sekaligus menarik minat klien yang memiliki kampanye influencer sederhana atau brand dan agensi dengan budget terbatas mulai dari Rp 10-20 juta per bulan. Produk baru  yang diharapkan dapat menghasilkan pendapatan hingga 30% ini merupakan tambahan dari layanan “Tellscore Serve”.

Co-Founder dan CEO Tellscore Suvita Charanwong  mengatakan, potensi terhadap lanskap influencer marketing di Indonesia sangat besar. “Melalui fitur baru ini, kami ingin membantu brand dan agensi dalam memilih influencer terbaik untuk kampanye mereka secara efektif dan efisien”.

Seperti diketahui, Covid-19 telah mengubah cara bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan. Begitu pula halnya dengan kehidupan sehari-hari yang telah mengalami perubahan selama pandemi. Oleh karena itu, brand harus menyesuaikan strategi penjualan dan beradaptasi dengan pembatasan global dalam rencana pemasaran mereka.

Sementara itu, perusahaan kecil dan menengah di Asia Tenggara cenderung mengadopsi transformasi digital untuk dapat bersaing di pasar yang lebih terbuka setelah pandemi. Di sisi lain, perusahaan besar mengeluarkan lebih banyak anggaran untuk kegiatan influencer marketing seraya memperluas pemanfaatannya di luar makro-influencer dalam mengadopsi komunikasi yang lebih personal dan akurat.

Selaras dengan hal tersebut, Suvita menambahkan bahwa Tellscore tidak hanya berfokus pada mikro influencer di mana algoritma sosial media tidak hanya memungkinkan jangkauan yang lebih organik tetapi juga dapat melibatkan serta bekerja sama dengan makro influencer di hampir setiap kampanye klien.

Adapun yang menjadi keunikan Tellscore yakni terletak pada alur kerja yang sepenuhnya otomatis dari pencarian influencer, perekrutan hingga manajemen kampanye, analisis kinerja hingga proses pembayaran influencer sehingga klien dapat lebih fokus pada kinerja dan hasil, sementara influencer dapat fokus pada pembuatan konten dan kreativitas. Secara total, saat ini terdapat 20.000 influencer mikro dan makro di Indonesia yang telah bergabung bersama Tellscore.

Suvita berharap Tellscore dapat menjadi salah satu solusi terbaik bagi brand dan agensi dalam menjalankan kampanye influencer marketing dengan memanfaatkan teknologi terkini yang dapat mempermudah proses sekaligus meningkatkan efisiensi bisnis.