Monday, October 27, 2025
Home Blog Page 786

Buka di Indonesia, Apotek Wellings Langsung Buka 4 Gerai

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Erajaya Beauty and Wellness (“EBW”), sebuah vertikal bisnis dari Erajaya Group, secara serentak membuka 4 outlet perdana Apotek Wellings di Jakarta. Pembukaan Apotek Wellings ini menjadi langkah awal EBW untuk membawa revolusi kepada industri ritel apotek dan produk farmasi.

Tan Sri Dato’ Seri Vincent Tan Chee Yioun, Founder & Chairman of Berjaya Corporation Berhat (dua dari kiri) dan Budiarto Halim, CEO Erajaya Swasembada (dua dari kanan) berpose bersama usai peresmian Apotek Wellings di Jakarta (12/08). Saat ini sudah ada 4 apotek dan akan bertambah lagi 2 hingga akhir tahun 2022. Foto: marketing.co.id/lialily.

Jaringan Apotek Wellings hadir di Indonesia, mengikuti kesuksesan dan reputasi yang telah dibangun merek yang sama di Malaysia. Apotek Wellings menyediakan layanan pengisian resep, konsultasi obat, nutrisi, suplemen dan produk kesehatan lainnya, konsultasi kesehatan dan rehabilitasi, dihadikan dengan pengalaman berbelanja yang nyaman dengan harga yang kompetitif, dikawal oleh tenaga apoteker full-time yang stand-by untuk memberikan konsultasi aktif pada konsumen.

Elly Kohardjo, CEO of Erajaya Beauty & Wellness, menyampaikan, “Pembukaan outlet Apotek Wellings ini merupakan perwujudan nyata visi dan misi Erajaya Beauty & Wellness untuk menjadi market leader di area kategori wellness dan beauty. Dengan penerapan konsep multi-channel dengan pemanfaatan teknologi digital yang tepat, Apotek Wellings akan menjadikan tujuan utama masyarakat Indonesia dalam mendapatkan produk farmasi, kesehatan dan personal care yang dibutuhkan.”

Hingga saat ini sudah ada 4 Apotek Wellings yang diresmikan dan berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Green Ville, Citra Garden serta Teluk Gong. Hingga akhir tahun 2022, direncanakan akan terdapat penambahan 2 apotek Wellings lagi yang berlokasi di Jatiwaringin dan Green Lake.

Apotek Wellings juga akan mengoperasikan platform e-commerce melalui laman Wellings Indonesia untuk memastikan pengalaman belanja konsumen yang terintegrasi. Selain itu, terdapat official Whatsapp center Apotek Wellings Indonesia dengan nomer 0811-1917-0001 yang dapat di akses pelanggan melalui mobile device untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan.

Pelanggan juga dapat memperoleh informasi dan promo terkini melalui akun Instagram Apotek Wellings Indonesia. Apotek Wellings Indonesia dioperasikan oleh PT Era Farma Indonesia, sebuah anak perusahaan EBW, dan melayani pelanggan setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Bisnis.

Produk Masker Primamedix Bantu Lindungi Masyarakat Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Menginjak usia dua tahun, PT Prima Medix Nusantara sebagai produsen masker merek Primamedix, semakin memperkuat posisinya sebagai perusahaan yang bergerak di industri kesehatan. Selama 2 tahun ini Primamedix sudah memproduksi masker medis dan N95 yang berkualitas untuk melindungi masyarakat Indonesia dari virus dan bakteri.

Tahun ke-2 Primamedix Melindungi Masyarakat Indonesia dengan Masker Berkualitas
Tahun ke-2 Primamedix Melindungi Masyarakat Indonesia dengan Masker Berkualitas

Primamedix merupakan bagian dari Biznet, salah satu perusahaan teknologi terdepan di Indonesia, resmi diluncurkan pada Sabtu, 8 Agustus 2020.

Selama perjalanannya, Primamedix sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan masyarakat dengan terus memproduksi Surgical Mask 3-Ply dan Respiratory Mask N-95 sebagai masker yang berkualitas. Dan bekerja sama dengan berbagai retail store dan apotek di area/kota di Indonesia, Jakarta, Bali hingga NTT.

“Pandemi masih berlangsung sampai saat ini, Primamedix sudah hadir selama 2 tahun memberikan kebutuhan utama yang menemani aktivitas masyarakat untuk memberikan perlindungan maksimal dari virus dan bakteri. Masker kami diproduksi dalam ruangan Class ISO 8 yang memastikan masker kami memiliki kualitas terbaik,” Adi Kusma, President Director Primamedix.

Masker Primamedix dibuat dengan fasilitas manufaktur modern yang berlokasi di Bali, seluruh proses produksi masker Primamedix sudah mengacu pada standar lokal dan internasional sehingga mampu memenuhi persyaratan produk kesehatan. “Harapan kami adalah untuk terus selalu menjaga kesehatan dengan menggunakan masker dari Primamedix dalam setiap aktivitas di luar rumah,” tutup Adi.

Selain itu, Primamedix juga rutin menggelar CSR untuk panti asuhan, dan masjid di beberapa daerah. Kontribusi ini diharapkan akan membantu mereka terlindungi dari virus, karena saat ini pandemi masih berlangsung. Produk-produk Primamedix diproduksi dengan bahan dan material berkualitas dan menggunakan teknologi filtering terbaik.

Primamedix memproduksi dua jenis masker yang mencakup Surgical Mask 3-Ply dan Respiratory Mask N95, yang dipastikan memenuhi persyaratan kesehatan, dengan harga terjangkau. Seluruh produk ini diproduksi dengan menggunakan teknologi modern yang mampu memproduksi sekitar 4 juta masker per bulan, yang dapat terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Produk Primamedix dapat diperoleh melalui situs primamedix.net, serta channel offline seperti hypermarket, supermarket dan minimarket terkemuka. Primamedix menjamin proses pengiriman yang cepat dengan dukungan dari rekanan perusahaan pengiriman yang terpercaya di Indonesia; memastikan kecepatan, keamanan, dan kualitas produk tetap terjaga dengan terbaik.

Energi Terbarukan di Sektor Rumah Tangga Butuh Investasi Besar, Benarkah?

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Atasi tantangan ganda kelistrikan di sektor rumah tangga dengan pemanfaatan energi terbarukan

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sektor rumah tangga merupakan salah satu konsumen listrik terbesar dan menyumbang emisi karbon yang tidak sedikit bagi Indonesia. Terlebih, dengan konsumsinya yang terus menerus meningkat seiring dengan naiknya kebutuhan masyarakat akan daya listrik terutama di wilayah perkotaan.

Meskipun secara individu penggunaan listrik terkesan tidak signifikan dibandingkan sektor industri, namun secara komunal kontribusinya sangat besar. Upaya mengedukasi masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan listrik sudah sering disosialisasikan dan telah berhasil menumbuhkan komunitas-komunitas peduli lingkungan.

Tentunya upaya penghematan ini akan membawa dampak yang lebih besar dan cepat apabila diimbangi dengan pengurangan pemanfaatan sumber daya fosil dan beralih ke energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Schneider Electric meyakini bahwa pemanfaatan energi terbarukan di sektor rumah tangga dapat menjadi solusi untuk mengatasi tantangan ganda kelistrikan di Indonesia. Produk dan solusi listrik berbasis tenaga surya untuk sektor rumah tangga saat ini telah tersedia dan dapat menjadi langkah awal untuk memulai beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Sebagaimana kita ketahui, Pemerintah Indonesia terus mengupayakan perluasan pemerataan akses listrik ke wilayah-wilayah terpencil. Namun di sisi lain, pemerintah juga memiliki urgensi untuk menekan emisi karbon agar dapat mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29% pada 2030.

Business Development & Marketing Director Schneider Electric Indonesia & Timor Leste Reza Syarif mengatakan, tantangan kelistrikan atas keterbatasan akses dan pasokan listrik berdampak signifikan terhadap pembangunan ekonomi dan sosial masyarakatnya. Perlunya memastikan ketersediaan pasokan listrik secara konsisten dengan cara memanfaatkan sumber energi yang mudah diperoleh.

Salah satunya adalah tenaga surya. Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana listrik yang diperoleh dari tenaga surya ini dapat disimpan dan dikelola untuk dapat memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga secara layak.

“Pemanfaatan teknologi solar inverter yang memiliki kapabilitas off-grid dan on-grid dapat menjadi solusi karena teknologi ini dapat secara otomatis menyimpan energi listrik yang tidak terpakai atau berlebih ke dalam baterai,” ujarnya.

Produk dan solusi listrik berbasis tenaga surya bagi sektor rumah tangga dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pasokan dan akses terhadap energi bersih. Bagi masyarakat yang hendak memulai perjalanan menuju penggunaan listrik yang lebih bersih  namun tidak tahu harus memulai dari mana, Schneider Electric memiliki dua produk yang dapat digunakan di rumah: Schneider Electric Homaya dan Mobiya.

Schneider Electric Homaya Hybrid 1500VA merupakan produk inverter yang dapat mengonversi daya listrik yang dihasilkan panel surya menjadi listrik yang kemudian dapat digunakan secara langsung (on-grid) maupun disimpan ke dalam baterai untuk digunakan kemudian (off-grid) atau sebagai listrik cadangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan, misalnya ketika terjadai pemadaman listrik. Homaya dapat menjadi solusi yang mudah dipasang, kompatibel dengan berbagai tipe panel surya dan baterai, serta efektif secara biaya  sehingga cocok bagi individu atau keluarga yang ingin memulai transisi menuju sumber daya listrik yang lebih ramah lingkungan di rumah.

Sedangkan Schneider Electric Mobiya merupakan produk lampu portable yang dilengkapi dengan panel surya untuk pengisian daya. Mobiya didesain untuk memberikan akses energi yang terjangkau dan ramah lingkungan di mana saja dan kapan saja. Lampu ini tahan benturan, mudah dibawa dan fleksibel untuk peletakannya karena dapat digantung atau digunakan seperti senter.

Lampu Mobiya dapat digunakan sampai dengan 48 jam per pengisian baterai dengan tingkat pencahayaan atau jumlah lumens yang disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 20 lumens (lm), 85lm dan 170lm. Lampu ini bersifat mandiri secara energi atau autonomous karena dilengkapi dengan panel surya yang digunakan untuk pengisian daya listrik. Selain sebagai lampu yang tahan air dan portable, Mobiya juga dilengkapi dengan fitur untuk mengisi daya ponsel secara terintegrasi.

Menurut Reza, masyarakat saat ini sudah semakin sadar dengan perannya dalam membangun masa depan dunia yang lebih sustainable. Tenaga surya juga diyakini dapat memenuhi kebutuhan akan energi yang bersih sekaligus menjadi solusi yang efektif untuk pemerataan akses listrik.

Namun demikian, anggapan bahwa listrik tenaga surya membutuhkan biaya investasi yang besar dan hanya diperuntukkan bagi sektor komersial menjadi penyebab kurang diliriknya energi terbarukan di sektor rumah tangga. Padahal sesungguhnya saat ini teknologi yang dapat mengakomodasi kebutuhan perumahan ini sudah ada. “Mari kita bersama-sama menjadi agen perubahan, dimulai dari lingkungan rumah kita sendiri. Menjadi #GREENHEROESForLife bagi diri, keluarga dan lingkungan sekitar,” tutup Reza.

 

Didimax Yogyakarta Menghadirkan Seminar Edukasi & Live Trading

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial | Transformasi bisnis yang diakibatkan oleh disrupsi teknologi dan pandemi covid-19 saat ini sudah menjadi suatu keharusan. Perubahan yang diakibatkan dari dua gelombang besar tersebut memberikan peluang juga tantangan kepada setiap orang. Adapun bisnis Trading Forex merupakan salah satu solusi bisnis yang paling menjanjikan di ekosistem yang sekarang baru terbentuk.

Didimax

Terkait itu, Didimax Yogyakarta menghadirkan seminar Edukasi dan Live Trading dengan tagline “Didimax Jogja Road To Semarang”, yang di selenggarakan pada di Hotel Horison Ultima Semarang.

Masti Sita Desanti mengatakan, Didimax Yogyakarta selain legalitasnya terjamin, proses penarikan dana juga tercepat hanya 5 sampai 10 menit. Adapun edukasi dan live trading setiap hari secara offline di Jalan Pangeran Diponegoro No.58 Yogyakarta ataupun secara online melalui webinar.

“Saya menjelaskan mengenai 3 EMA. Dimana, 3 EMA atau 3 Exponential Moving Average adalah sebuah teknik dasar yang merupakan pengembangan dari Support Resistance,” ujar Masti Dina.

Ditambahkan Master Sholik, bahwa yang tidak kalah pentingnya dalam bisnis trading yaitu Money Management. MM atau Money Management adalah tata kelola dana dalam akun trading. Ini mencakup berapa besar lot yang harus digunakan di setiap open posisi trading, termasuk berapa jarak antara harga entry dengan batas kerugian dan target profit yang diinginkan, serta berapa jumlah maksimal posisi trading yang akan dibuka dalam satu waktu bersamaan.

“Ada satu teknik yang sesuai yaitu MA Merdeka. Moving Average 12 dan 24 yang sering disebut MA Merdeka ini merupakan salah satu indikator Forex yang paling populer digunakan para trader untuk analisa teknikal. Dimana, fungsinya adalah untuk menghitung atau menampilkan harga rata-rata dari satu mata uang pada periode tertentu, menentukan trend yang akan terjadi, dan menentukan titik support dan resistance,” imbuh Sholik.

Ciptakan Standar Baru, Iwan Sunito Luncurkan One Global Residences and Resorts

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Properti | Iwan Sunito, salah satu sosok arsitek-pengembang paling produktif dan sukses di Australia, telah mengumumkan rencana untuk memperkenalkan konsep hunian dan hotel baru yang akan mendisrupsi pasar hunian kelas atas. Iwan Sunito siap meluncurkan platform ‘One Global Residences and Resorts’.

Iwan Sunito

Iwan Sunito mengatakan, pendekatan ini terinspirasi oleh tren global di hotel-hotel bermerek seperti Aman Residences dan Bvlgari Hotels and Residences di lokasi terkemuka di seluruh Dunia. Dimana, One Global Residences and Resorts akan melayani komunitas yang sedang berkembang yang mencari pengalaman yang terkurasi di ‘fasilitas’ hunian premium.

“Ini akan menjadi tolok ukur baru dalam kehidupan apartemen premium di Australia. Bahkan, ini akan menjadi yang pertama di Australia. Dimana, pilihan gaya hidup Australia sedang berubah,” ujar dia.

Iwan sendiri memanfaatkan pengalaman atas kesuksesan merek SKYE Suites, yang popular di Australia dengan lokasi di Sydney CBD, Green Square, dan Parramatta, menghadirkan kemewahan dan kenyamanan terbaik bagi para wisatawan.

Saat ini para pemilik apartemen juga memiliki akses ke fasilitas SKYE Suites sebagai fasilitas tambahan dikarenakan SKYE Suites menempati bangunan yang sama dengan hunian mewah yang dikembangkan oleh Crown Group. Nantinya dengan konsep baru ini, fasilitas tambahan tersebut akan menjadi standar yang sudah disertakan.

“Pada umumnya, manajemen gedung hunian sangat kaku dan hanya memberikan pelayanan yang terbatas bagi penghuni. Bersama One Global Residences and Resorts, staf hotel akan selalu berinisiatif untuk memberikan pelayanan dan pengalaman tinggal bagi penghuni hotel dan apartemen di level tertinggi,” imbuh Iwan.

Adapun layanan yang diberikan dapat mencakup apa saja – mulai dari layanan kamar 24 jam dari restoran inhouse bintang lima, hingga menyewa jet pribadi atau meminta koki terkenal melayani acara pribadi.

“Ini akan menarik bagi pembeli apartemen residensial yang cerdas – mereka yang mencari sesuatu yang benar-benar luar biasa; dan para wisatawan akan menantikan untuk memesan pengalaman hotel baru yang ikonik di lokasi terbaik di dalam kota,” jelas dia.

Dia menambajkan, properti pertama dari One Global Residences and Resorts yang akan diluncurkan termasuk Mastery by One Global Residences di Waterloo dan sebuah situs utama di kawasan Macquarie Park. Ini adalah model yang scalable dengan ambisi global.

“Saat ini, kami sudah didekati oleh beberapa pengembang yang tidak memiliki rekam jejak membangun hunian mewah dengan fasilitas ala hotel. Kami ingin bermitra dengan mereka, membawa keahlian hotel dan residensial untuk membantu mempercepat pertumbuhan bersama,” tutup Iwan.

Hadir di Benhil, Kanabu Unggulkan Menu Khas Aceh

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Ketika harus menyebutkan menu khas dari Aceh yang sudah terkenal dan menjadi ikon adalah Mie Aceh. Namun, variasi menu makanan khas Aceh bukan hanya Mie Aceh saja, namun masih banyak sekali menu khas lainnya yang dimiliki. Menjawab kebutuhan tersebut, Kanabu yang berlokasi di Jl Bendungan Hilir No 44A hadir untuk memberikan hidangan masakan khas Aceh lainnya.

Kanabu

Teuku Fitriansyah, Store Manager, Kanabu mengatakan, bahwa kenikmatan masakan Aceh sudah diakui oleh masyarakat Indonesia bahkan bukan hanya dari asalnya saja, namun oleh masyarakat dari berbagai daerah lainnya. Sayangnya, rumah makan khas Aceh tidak cukup banyak tersebar di Jakarta. Kanabu sendiri menawarkan berbagai menu khas Aceh lain yang menjadi andalan, diantaranya Ayam Tangkap, Kari Kambing, Daging Tangkap, Kari Bebek, Ikan Kayu (Keumamah) dan Sambal Ganja.

“Kanabu hadir untuk memberikan hidangan masakan Aceh yang sangat nikmat dan menggugah selera serta untuk mengobati rasa kangen terhadap masakan Aceh. Selain untuk mengobati rasa rindu masyarakat Aceh, Kanabu juga menjadi pilihan bagi Jabodetabek yang ingin menyantap makanan khas Aceh,” ujar dia dalam acara peresmian Kanabu, Bendungan Hilir, Jakarta.

Menariknya, tak hanya membawa cita rasa masakan Aceh asli ke Ibukota, Kanabu juga mendekor restaurant dengan pelaminan khas Aceh yang bisa menjadi salah satu objek foto para pengunjung. Adapun alasan memilih lokasi di area Bendungan Hilir agar bisa menjadi pilihan untuk keluarga yang tinggal di area perumahan dan juga untuk para pekerja kantoran yang biasanya senang untuk makan siang bersama sebagai hiburan penat dari rutinitas kantor.

Untuk menu-menu lainnya, Kanabu juga ditawarkan oleh Kanabu Resto dengan resep dan bumbu-bumbu khas Aceh. Kari kambing yang merupakan menu andalan dibuat secara unik yaitu di satu kuali yang sangat besar yang dapat memuat 30-40 kg daging kambing dan 100 liter kuah kari. Masakan ini menggunakan lebih dari 20 macam rempah yang orang Aceh sering menyebutnya “Kuah Beulangong” dan daging yang digunakan oleh Kanabu yaitu daging kambing tanpa tulang dengan potongan besar.

Sedangkan menu Ayam Tangkap di Kanabu juga sedikit berbeda Ayam Tangkap pada umumnya. Ayam Tangkap Kanabu menggunakan ayam kampung yang  dimarinasi dengan bumbu spesial Kanabu dan digoreng dengan daun koja dan daun pandan dengan rempah lainnya. Potongan Ayam Tangkap Kanabu cukup besar, satu ekor dibagi menjadi empat bagian.

“Paling menarik perhatian dari menu-menu yang ditawarkan Kanabu salah satunya adalah Sambal Ganja. Sambal Ganja berbahan dasar Cabai, Belimbing Wuluh, Bawang Merah, Garam, Jeruk Nipis, dan menggunakan Udang khusus dan dipastikan sama sekali tidak mengandung ganja, namun dapat membuat ketagihan,” ujar dia.

First Media Gelar First Warriors – Free Fire Showdown

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.idBerita Digital | First Media kembali menyelenggarakan turnamen esports First Warriors. Dengan mengangkat tajuk Free Fire Showdown, penyelenggaraan First Warriors tahun keempat ini berfokus pada game Free Fire dan digelar mulai bulan Agustus hingga September 2022.

First Media

Ferliana Suminto, Director of Content Management PT Link Net Tbk menyampaikan, First Warriors telah menjadi program turnamen esports reguler yang diselenggarakan sejak tahun 2019. Kehadiran First Warriors adalah wujud dukungan dalam memperkuat ekosistem dan pengembangan esports di Indonesia.

“Kami berharap turnamen tahun ini akan menjangkau lebih banyak player dari berbagai wilayah Indonesia, sekaligus menjadi ajang untuk menemukan potensial talenta-talenta baru yang akan berkontribusi terhadap perkembangan esports tanah air di masa depan,” ujar dia.

Dia menambahkan, First Warriors – Free Fire Showdown terbagi menjadi dua kategori yaitu player amatir (grassroots) dan player semi-pro. Pembagian dilakukan guna mempertemukan tim dengan kemampuan dan pengalaman yang sepadan, sehingga dapat membangun semangat berkompetisi bagi tim yang baru pertama kali berlaga di turnamen.

Sedangkan registrasi pendaftaran tim akan dibuka mulai 18 Agustus 2022 hingga 2 September 2022 mendatang melalui website. Kemudian, tahap kualifikasi turnamen First Warriors dijadwalkan pada 7-8 September 2022 dan dilanjutkan Group Stage pada 14-15 September 2022.

Tim yang lolos kedua tahap tersebut, selanjutnya akan berlaga di babak Grand Final pada 21-22 September 2022 untuk memperebutkan gelar juara dengan total hadiah Rp50 juta. Jadwal lengkap pertandingan First Warriors tahun ini dapat dipantau melalui sosial media Facebook, Instagram, dan YouTube.

Dukungan lain yang juga diberikan First Media untuk perkembangan esports di Indonesia adalah dengan dibentuknya in-house channel khusus esports di layanan TV Kabel First Media. Channel yang diberi nama First Warriors pada channel #999 ini menghadirkan lebih dari 1.000 jam konten gaming dan esports Indonesia yang mencakup kompetisi, turnamen, reality show, ulasan game, serta berbagai konten esports lainnya.

Sejak awal kehadirannya, perseroan berkomitmen untuk menyiarkan seluruh pertandingan esports melalui channel First Warriors di layanan TV Kabel First Media. Selain itu, penambahan platform siaran langsung seperti YouTube juga dilakukan supaya para penggemar esports yang tidak ikut bertanding, tetap bisa mengikuti serunya perjalanan turnamen tahun ini.

Ajinomoto Gaungkan Peran Gizi Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Lansia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat di tahun 2020, jumlah lansia di Indonesia meningkat sebesar 9,92% atau sebanyak 26,82 juta orang. Menjadi tua adalah pasti, tetapi sehat di usia tua adalah pilihan. Untuk itu, gizi menjadi bagian dari proses kesehatan dari lansia.

Ajinomoto

Seperti yang dicatat dalam Riskesdas 2018, risiko menderita penyakit degeneratif di tahun 2018 menunjukkan tren peningkatan dibandingkan tahun 2013. Salah satu faktor penyebab hipertensi yang tak bisa dikendalikan adalah bertambahnya usia. Faktor usia memang bisa jadi penyebab hipertensi pada lansia. Namun, bukan berarti masalah kesehatan ini tidak bisa dicegah.

Mengganti dan memperbaiki asupan makanan dengan makanan yang bergizi seimbang menjadi salah satu caranya. Turunnya nafsu makan pada lansia menjadi tantangan tersendiri, karena seiring bertambahnya usia lansia mengalami penurunan nafsu makan. Selain itu, konsumsi makanan yang tidak sehat  dengan mengonsumsi gula, natrium, lemak berlebih menjadi masalah gizi lainnya dari lansia.

Grant Senjaya, Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia mengatakan, saat ini Ajinomoto giat mengampanyekan Bijak Garam. Melalui kampanye Bijak Garam, Ajinomoto ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap memperoleh cita rasa yang tinggi.

“Kampanye ini juga merupakan bukti komitmen kami untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi,” ujar Grant.

Webinar yang diselenggarakan oleh Ajinomoto ini merupakan kelanjutan dari penelitian ‘Elderly Project’ yang  dilakukan oleh Ajinomoto dan   tim peneliti dari Universitas Gajah Mada (UGM) yang dikepalai oleh Dr. Toto Sudargo, M.Kes, Dosen Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

“Study Elderly Project yang dilakukan bersama Ajinomoto ini menunjukkan bahwa setelah diberikan program pemberian makan pada lansia dan Pendidikan gizi, terjadi penurunan yang signifikan pada kadar gula darah. Hal itu ditunjukkan dari persentase pria lansia yang memiliki nilai HbA1C pada kelompok diabetik, yakni sebesar 52.9% turun menjadi 23.5% serta peningkatan pada kelompok normal dengan persentase yaitu 14.7% naik menjadi 47.1%. Pendidikan gizi tentang pentingnya menjaga pola makan seperti mengurangi makanan manis mampu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Signifikansi kenaikan asupan protein terjadi pada kedua kelompok lansia pria dan Wanita”, ujar Dr. Toto.

Ditambahkan Endang Patmintarsih, S.H, M.Si, Kepala Dinas Sosial DIY mengatakan, “Seiring penambahan usia, lansia memiliki kemunduran, terutama dari sisi kesehatannya. Namun berapapun usia seseorang, gizi yang baik diperlukan untuk tumbuh sehat. Orang yang lanjut usia cenderung mengalami penurunan pada kepekaan indra perasa, sehingga kerap kehilanggan selera makan. Buruknya, karena kurangnya kepekaan indra perasa garam cenderung ditambahkan pada makanan. Padahal garam adalah komponen yang perlu dibatasi terutama untuk mereka yang berusia lanjut.”

Webinar kali ini juga dilengkapi dengan pemaparan mengenai Tetap Bugar Saat Lanjut Usia  dari Dr.dr. Probosaseno, SpPD-KGer, FINASIM, SE, MM, Geriatrician di RSUP Dr Sardjito dan Dosen Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK KMK UGM Yogyakarta. Sependapat dengan Dr Probosaseno,  Dr. Ibrahim Rahmat, S.Kp.,S.Pd.,M.Kes, mengatakan untuk menjadi lansia yang sehat, bahagia dan kuat dibutuhkan beberapa hal pemenuhan kesehatan dasar, pemenuhan kebutuhan fisik, mental, spiritual dan sosio kultural, dan dukungan dari keluarga berupa dukungan emosional, dukungan penilaian, dukungan instrumental dan dukungan informasional.

Dear Me Beauty Meriahkan Shopee Festival Pilih Lokal 17.8 

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id Berita Lifestyle | Sebagian besar orang melakukan berbagai cara untuk menjaga dan merawat wajah agar sehat dan terlihat awet muda. Berangkat dari itu, sebagai brand kecantikan lokal Dear Me Beauty menghadirkan deretan produk perawatan wajah yang cocok untuk menghindari kerutan di wajah dalam kemeriahan Shopee Festival Pilih Lokal 17.8.

Shopee

Nikita, CEO & Co Founder Dear Me Beauty mengatakan, Dear Me Beauty menghadirkan produk make up di Shopee Festival  Pilih Lokal 17.8. Selain itu Dear Me Beauty akan terus melanjutkan komitmen untuk terus menghadirkan produk yang terbuat dari bahan-bahan alami, serta menghadirkan produk kecantikan yang berkualitas tinggi.

“Dengan berbagai inovasi, keunikan, dan kandungan antioksidan di setiap produk, kami juga terus memastikan pilihan warna produk kosmetik yang dihadirkan selalu dapat digunakan oleh semua warna kulit wanita tanah air. Hal ini dilakukan agar wanita Indonesia dapat bereksplorasi dengan produk kosmetik kami, sehingga dapat meningkatkan penampilan dan kecantikan yang optimal,” ujar dia.

Selain itu, dengan hadirnya Dear Me Beauty di platform e-commerce Shopee, dapat memperluas jangkauan pasar dan mempermudah pengguna untuk menemukan dan berbelanja berbagai jenis produk perawatan wajah yang berkualitas dari Dear Me Beauty. Menariknya, perawatan kulit wajah tidak hanya dilakukan dengan skin care saja. Perlu menerapkan pola hidup sehat yang baik untuk tubuh. Berikut kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar terasa lebih sehat dan terlihat awet muda.

Melakukan Senam Wajah

Seiring bertambahnya usia, wajah mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan otot wajah yang mengendur. Karena itu, dengan melakukan senam wajah, dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di bagian wajah, selain itu senam wajah juga dapat melatih otot sekaligus memperbaiki otot wajah yang kendur menjadi kencang kembali.

Mengurangi Tekanan dan Stres

Selain bertambahnya usia, saat merasa tertekan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh termasuk wajah. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini. Karena itu, untuk menjaga wajah tetap sehat dan awet muda, perlu mengurangi stres secara berlebihan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, misalnya dengan relaksasi, berjalan santai, mendengarkan lagu-lagu kesukaan, dan melakukan hal yang membuat senang.

Menjaga Pola Tidur yang Sehat

Tubuh membutuhkan waktu untuk melakukan perbaikan dan regenerasi, termasuk pada kulit. Proses ini memerlukan waktu agar kulit dapat memperbaiki sel dan jaringan kulit yang rusak. Maka dari itu, tidur yang cukup adalah satu cara terbaik untuk memperlambat proses penuaan. Dengan tidur yang cukup, jaringan tubuh dan kulit akan mengalami regenerasi dengan lebih baik sehingga kulit bisa tetap kencang dan segar.

Rajin Membersihkan dan Merawat Wajah

Setelah seharian beraktivitas, ada baiknya meluangkan waktu untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang menempel di wajah. Membersihkan wajah dari kotoran bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk dengan menggunakan rangkaian skincare. Namun, tidak sedikit orang yang merasa membersihkan wajah menggunakan skincare itu memakan waktu karena terdapat banyak rangkaiannya.

Padahal, skincare bisa memberikan nutrisi yang sehat untuk wajah. Untuk mendukung dalam mendapatkan skincare yang optimal, Dear Me Beauty hadir di Shopee Festival Pilih Lokal 17.8 dengan memberikan penawaran menarik yaitu Paket Kombo Duo Maut Anti-Aging (Water Cream & Face Serum), Paket Anti Kerutan (Face Serum PHA dan Peptide), dan Paket Serum Bumil yang dapat membantu untuk menjaga dan merawat wajah tetap sehat dan awet muda.

Untuk memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat Indonesia agar mendapatkan perawatan terbaik melalui Shopee Festival Pilih Lokal 17.8 yang berlangsung pada tanggal 10 Agustus hingga 17 Agustus 2022. Dimana, Dear Me Beauty memberikan harga spesial untuk setiap pembelian paket produk agar wajah terlihat lebih sehat dan awet muda.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan, “Kami berharap dengan hadirnya kemeriahan Shopee Festival Pilih Lokal 17.8 ini dapat menjadi wadah yang mendukung perkembangan produk lokal serta memberikan akses mudah bagi pengguna untuk ragam pilihan produk lokal yang tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pengguna tetapi semakin meningkatkan daya tarik pengguna terhadap ragam produk lokal berkualitas.”

Perluas Program BISA, Bayer Targetkan 8 Ribu Keluarga Tani di Bogor

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Bayer memperluas jangkauan program holistik “Bayer untuk Indonesia” (BISA) dengan menyasar 8.000 keluarga tani di Kecamatan Pamijahan, Bogor. Berlokasi di empat desa, yakni Ciasihan, Ciasmara, Gunungsari, dan Purwabakti, Bayer akan menjalankan edukasi dan intervensi berkelanjutan kepada masyarakat setempat guna meningkatkan produktivitas lahan dan ekosistem tani, perawatan kesehatan mandiri, perencanaan keluarga, hingga penanggulangan stunting.

Bayer

President Director Bayer Indonesia, Kinshuk Kunwar menyampaikan, Bayer di Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan 4 juta petani lahan kecil, 1 juta masyarakat ekonomi rentan, dan 1 juta perempuan di perkotaan/pedesaan. Dimana, program holistik ‘Bayer untuk Indonesia’ sudah dijalankan sejak 2020, berfokus pada bidang pertanian dan kesehatan yang menjadi keahlian Bayer.

“Pada ranah pertanian, kami berupaya menghadirkan akses terhadap inovasi termutakhir, pengetahuan yang relevan, serta kemitraan, guna meningkatkan pendapatan petani. Sementara, pada ranah kesehatan, Bayer memberikan pelatihan kesehatan mandiri, akses terhadap alat kontrasepsi, hingga edukasi penanggulangan stunting. Bersama-sama para mitra dan dukungan dari pemerintah, kami optimistis mampu berkontribusi meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan petani Indonesia,” ujar dia.

Dia melanjutkan, sebelumnya, BISA telah sukses menjangkau 800.000 keluarga petani di 15 provinsi Indonesia. Dampaknya, produktivitas pertanian dari penerima manfaat rata-rata meningkat hingga 20%, bahkan menaikkan pendapatan hingga 30%. Selama 2 tahun penyelenggaraan, 477 Better Life Farming Center (BFLC) atau kios cerdas pertanian telah berhasil dikembangkan, dan 100 pengusaha perempuan tani telah mendapatkan pelatihan kewirausahaan.

Bayer juga telah melatih 100 tenaga kesehatan profesional dengan metode training of trainer sehingga edukasi yang diberikan dapat diteruskan kepada lebih banyak kader kesehatan di area penerima manfaat. Keseriusan Bayer dalam meningkatkan kapasitas kesehatan perempuan, diwujudkan dengan memberikan edukasi dan pelatihan terkait kesehatan perempuan serta pencegahan stunting, dan telah menjangkau 32.146 perempuan.

“Kali ini, implementasi BISA dipusatkan di Desa Ciasihan, Ciasmara, Gunungsari dan Purwabakti, yang berlokasi di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Desa Ciasihan, contohnya, petani setempat tengah berhadapan dengan produktivitas yang tidak optimal lantaran keterbatasan lahan dan penggunaan metode pertanian yang masih tradisional. Sementara, pada bidang kesehatan, masyarakat Desa Ciasihan juga mengalami situasi yang tak kalah menantang; dari tingkat kesertaan KB yang rendah, sampai prevalensi stunting yang masih di atas 10%,” papar dia.

Di Pamijahan, Bayer menargetkan program BISA dapat memberikan manfaat kepada 8.000 petani dan keluarga tani; meliputi pendampingan kepada 2.000 petani lahan kecil dan 1.000 petani dan keluarga tani perempuan, edukasi kepada 10 bidan yang selanjutnya akan melatih 220 kader kesehatan dari 43 Posyandu, serta pengembangan 3 Better Life Farming Center. Dalam menjalankan BISA, Bayer bermitra dengan Mercy Corps Indonesia sebagai mitra pelaksana, serta mendapat dukungan penuh dari perangkat desa setempat.

Tingginya Minat Masyarakat Terhadap Jaringan 5G hingga Samsung Geser Posisi Xiaomi

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

jaringan 5g92% masyarakat Indonesia tertarik menggunakan jaringan 5G di masa depan, tapi … 

Marketing.co.id – Berita Digital | Jaringan telekomunikasi semakin hari kian berkembang, setelah kemunculan jaringan 4G pertama kali di Norwegia pada akhir tahun 2009, saat ini dunia, termasuk Indonesia telah memasuki era 5G. Teknologi 5G pertama kali hadir di Korea Selatan pada tahun 2019 dan diresmikan di Indonesia pada 27 Mei 2021.

Lalu bagaimana proyeksi perkembangan babak baru jaringan operator seluler tersebut di tanah air?

Untuk mengulas hal ini Populix meluncurkan laporan survei berjudul “Mobile Phone Usage and 5G Network Projection” yang membahas tentang penggunaan ponsel serta masa depan jaringan 5G di kalangan masyarakat Indonesia. Survei dilakukan terhadap 1.000 responden laki-laki dan perempuan berusia 18-55 tahun pada tanggal 4-14 Juli 2022.

“Teknologi 5G menawarkan berbagai keunggulan mulai dari kecepatan jaringan, latensi yang lebih rendah hingga kemampuan untuk terhubung dengan perangkat yang lebih banyak. Keunggulan-keunggulan tersebut tentunya membuat masyarakat Indonesia sangat antusias dengan kehadirannya, 92% masyarakat sudah memiliki rencana untuk meng-upgrade ke jaringan 5G. Tingginya minat masyarakat ini mendorong operator seluler dan perusahaan ponsel untuk memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat ke depannya,” ujar Jonathan Benhi, Co-Founder dan CTO Populix.

Saat ini sebanyak 79% masyarakat Indonesia memiliki satu ponsel untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Bahkan 21% masyarakat saat ini memiliki 2 hingga 3 ponsel untuk mendukung mobilitas mereka. Dari segi sistem operasi, Android lebih mendominasi jenis ponsel orang Indonesia dibandingkan iOS.

Adapun merek ponsel Android yang mendominasi pasar Indonesia adalah Samsung (25%), Xiaomi (23%), dan Oppo (14%). Diikuti iPhone dengan persentase sebanyak 14%. Hal yang menarik, Samsung berhasil menggeser posisi Xiaomi tahun ini, setelah laporan survei Populix sebelumnya pada Februari 2021 mengungkap bahwa Xiaomi menempati urutan pertama ponsel yang paling banyak digunakan, diikuti Samsung, Oppo, dan iPhone.

Sedangkan dari jenis penggunaan operator seluler, hampir 9 dari 10 orang yang disurvei memilih kartu prabayar dengan pengeluaran maksimal hingga Rp200.000 per bulannya. Adapun penggunaan pulsa tersebut 82% didominasi penggunaan kuota internet, melakukan panggilan telepon (12%), dan SMS (6%).

Orang Indonesia juga semakin bergantung pada koneksi internet untuk berkomunikasi sehari-hari. Sebanyak 67% orang Indonesia terkoneksi dengan WiFi untuk mengakses internet, sementara 33% sisanya tersambung dengan kuota internet ponsel. Sebagian besar mengakses internet selama 4-8 jam per hari dengan waktu paling banyak diakses adalah pukul 6 sore – 9 malam.

Operator Seluler Favorit Masyarakat Indonesia

Hasil survei menunjukkan mayoritas orang Indonesia masih memilih Telkomsel (46%) sebagai operator seluler yang paling banyak digunakan diikuti dengan Indosat Ooredoo Hutchison (33%), XL Axiata (17%), dan Smartfren (4%). Sebelumnya, survei Populix pada September 2020 juga memperlihatkan bahwa Telkomsel menempati posisi pertama untuk provider yang banyak digunakan, diikuti oleh 3 (Tri), Indosat Ooredoo, dan XL.

Selain itu, sebagai perusahaan telko pertama yang menggelar jaringan 5G, Telkomsel (81%) menjadi provider 5G yang paling dikenal di kalangan orang Indonesia. Diikuti XL Axiata (31%), Indosat Ooredoo Hutchison (30%), dan Smartfren (10%).

Jaringan 5G di Indonesia 

Di tengah maraknya perkembangan jaringan 5G di Indonesia, 79% orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka sudah mengetahui tentang jaringan 5G. Namun, 12% responden lainnya mengatakan ragu-ragu dan 9% mengatakan tidak mengetahui seputar jaringan generasi kelima ini.

Di kalangan orang-orang yang sudah mengetahui tentang 5G, koneksi internet yang cepat merupakan keunggulan 5G yang paling dikenal. Kecepatan koneksi internet (94%) tersebut, ditambah dengan kapasitas internet yang lebih besar (43%), menjadi dua alasan utama yang mendorong 92% orang mempertimbangkan untuk berpindah menggunakan jaringan 5G di masa depan. Bahkan untuk menggunakan jaringan 5G, masyarakat berencana membeli ponsel yang mendukung jaringan 5G seperti Samsung (59%), iPhone (41%), dan Oppo (22%).

Menariknya, di tengah antusiasme masyarakat mengenai jaringan 5G. Sebanyak 8% masyarakat mengatakan tidak mau menggunakan jaringan 5G dikarenakan akses internet yang masih terbatas (53%), biaya yang lebih mahal (39%), belum familiar dengan teknologinya (36%), dan khawatir dengan radiasi yang berbahaya bagi kesehatan (17%). Untuk itu, pentingnya sinergi dari pemerintah, penyedia layanan, hingga lembaga-lembaga masyarakat untuk melakukan sosialisasi seputar jaringan 5G agar masyarakat teredukasi dengan baik.

3 Langkah Meningkatkan Keterlibatan Perempuan di Sektor Fintech

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Co-Founder Pluang menyarankan tiga langkah berikut ini untuk meningkatkan keterlibatan perempuan di sektor fintech

Marketing.co.id – Berita Marketing | Di tengah pertumbuhan sektor financial technology (fintech) yang semakin pesat, perempuan masih belum sepenuhnya mendapatkan kesempatan berkarir yang setara.

Realita tersebut diakui juga oleh Co-Founder Pluang Claudia Kolonas pada sambutan penutup acara “Women in Fintech: Empowering the Next Generation Forum” di Mandarin Oriental Jakarta. Claudia percaya bahwa industri dan lingkungan kerja yang lebih inklusif terhadap keterlibatan perempuan dapat mengoptimalkan potensinya di bidang profesional.

Berdasarkan data IMF tahun 2022, hanya sebanyak 10 persen perempuan yang berada di puncak kepemimpinan perusahaan fintech. Oleh karena itu, ekosistem fintech perlu lebih mengakomodasi kiprah dan keterlibatan perempuan, khususnya untuk mendorong inovasi dalam era ekonomi digital yang dihadirkan pemimpin perempuan di sektor fintech.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyinggung tentang pandangan Kerja sama Global untuk Inklusi Keuangan (GPFI) G20 terhadap fintech sebagai bentuk digitalisasi yang mampu meningkatkan produktivitas dan inklusi keuangan, terutama untuk perempuan.

“Ketika pandemi Covid-19 melumpuhkan aktivitas ekonomi masyarakat, teknologi digital tetap memungkinkan masyarakat untuk produktif bekerja. Inovasi ini membantu perempuan, yang selama ini memiliki banyak tanggung jawab di rumah, untuk ikut berpartisipasi dalam roda ekonomi dan memperluas jangkauan hasil karya mereka lewat platform digital,” ujarnya.

Serupa dengan Sri Mulyani, Friderica Widyasari Dewi, Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut menyatakan pentingnya fintech untuk menjembatani perbedaan tingkat literasi dan inklusi keuangan antara laki-laki dan perempuan.

“Perempuan berperan penting sebagai aktor yang menggerakan ekonomi di Indonesia dan OJK memprioritaskan perluasan akses edukasi finansial terhadap perempuan. Sayangnya baru sepertiga populasi perempuan Indonesia yang bekerja di sektor formal dan memiliki pemasukan yang lebih kecil sebesar 25% dibanding laki-laki. Disparitas gender ini dapat diperkecil dengan adanya akses ke layanan fintech yang fleksibel dan terjangkau. Dengan edukasi finansial yang mumpuni dan mudah diakses, akan semakin banyak perempuan yang lebih melek finansial dan terhindar dari skema-skema kredit yang merugikan.” jelas Kiki.

Kesempatan profesional yang setara di industri teknologi bagi perempuan perlu dipastikan berada di setiap jenjang karir. Temuan dari berbagai studi di Asia Tenggara menunjukan bahwa representasi perempuan semakin menurun di jenjang karir senior. Dari sebanyak 32% tenaga kerja perempuan di sektor teknologi, hanya 15% di antaranya yang menempati puncak kepemimpinan.

Bertolak belakang dengan kondisi keterwakilan perempuan di sektor teknologi, studi justru menunjukkan bahwa peran perempuan dapat berkontribusi pada performa bisnis yang lebih baik. Kajian McKinsey tahun 2018 menunjukkan bahwa perusahaan dengan komposisi gender yang lebih seimbang memiliki kemungkinan 21 persen lebih besar untuk mencapai pemasukan lebih banyak

Menurut Claudia, ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan perempuan dalam sektor fintech. Pertama, meningkatkan visibilitas pemimpin perempuan di industri fintech melalui partisipasi dalam acara-acara publik, maupun program pelatihan untuk pengusaha perempuan. Kedua, memperkuat startup yang dirintis oleh perempuan.

“Investor perlu peka terhadap gender bias yang dapat memengaruhi penilaian mereka terhadap ide bisnis dari founder perempuan, terutama di sektor yang didominasi laki-laki seperti fintech,” kata Claudia

Terakhir, keterwakilan para pemimpin perempuan perlu menjadi budaya profesional baru yang sangat mungkin dicapai dan bermanfaat bagi pertumbuhan sektor fintech. “Apabila para pemimpin industri fintech mampu berkomitmen dalam menciptakan lingkungan profesional yang lebih setara dan kondusif bagi perkembangan karir perempuan, budaya ini sangat mungkin menjadi standar baru di sektor ini,” jelas Claudia.

Studi menunjukkan bahwa meningkatkan keterlibatan perempuan dapat membawa lebih banyak perspektif untuk mengidentifikasi peluang bisnis maupun mengembangkan produk. Menurut data Harvard Business Review 2021, keberadaan perempuan di puncak kepemimpinan membuat perusahaan lebih terbuka pada perubahan sekaligus cenderung memitigasi risiko, serta fokus pada research & development. Pluang sendiri telah memiliki dua C-Level perempuan di puncak kepemimpinannya dan hal ini membawa kebaruan perspektif dalam memandang kebutuhan finansial masyarakat.

“Hampir 30% proporsi karyawan di Pluang telah ditempati perempuan. Kami sangat bangga bisa terus menjunjung lingkungan profesional yang inklusif. Keterwakilan perempuan di posisi-posisi strategis juga terus kami dorong, dengan hampir seperlima posisi mid-senior management yang diampu oleh perempuan. Pluang ingin standar inklusivitas bagi perempuan di lingkungan kerja ini bisa dicontoh perusahaan-perusahaan lain di industri teknologi,pungkas Claudia.

Udemy Buktikan Investasi ESG Memberikan Manfaat Jangka Panjang

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

investasi esg udemyUdemy membuktikan investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) memberikan manfaat jangka panjang bagi pembelajar, instruktur, dan organisasi

Marketing.co.id – Berita Marketing | Konsep Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola atau umum dikenal dengan Environmental, Social, and Governance (ESG) telah berkembang menjadi kerangka kerja komprehensif yang mencakup faktor utama seputar dampak lingkungan dan sosial, serta bagaimana struktur tata kelola dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan kesejahteraan pemangku kepentingan dan masyarakat.

Kita telah melihat pertumbuhan investasi ESG yang terus meningkat. Laporan Global Data menemukan bahwa perusahaan-perusahaan di kawasan Asia Pasifik mengalami pertumbuhan tertinggi hampir 30% dalam penyebutan investasi ESG pada tahun 2021.

Menurut laporan Asian Development Bank Institute, Indonesia memperoleh manfaat besar dari meningkatnya kesadaran akan ESG karena Indonesia sangat rentan terhadap bencana alam dan perubahan iklim.

Namun, Indonesia juga menghadapi banyak sekali tantangan ESG. Misalnya, tantangan lingkungan (Environmental) yang mencakup polusi, degradasi lingkungan, dan konservasi sumber daya; tantangan sosial (Social) yang mencakup pengangguran, ketidaksetaraan pendapatan, masalah kesehatan dan keselamatan, serta diskriminasi; dan terakhir, tantangan tata kelola (Governance) yang mencakup kurangnya transparansi perusahaan, resiko dan volatilitas, serta korupsi.

Peraturan dan kebijakan saat ini mengarah pada kewajiban pelaporan mengenai ESG. Contoh perusahaan yang menerapkan praktik ESG adalah Udemy, platform terkemuka untuk belajar dan mengajar secara online. Bagi Udemy, pelaporan ESG adalah alat untuk menciptakan solusi atas tantangan sosial yang dihadapi Indonesia saat ini, termasuk pendidikan keterampilan yang tidak merata.

Udemy baru-baru ini merilis Laporan Dampak ESG: Meningkatkan Kehidupan Melalui Pembelajaran pertamanya, yang menyoroti upaya Udemy dalam  ESG. Udemy menempati peringkat terendah untuk risiko ESG oleh Sustainalytics tahun lalu dalam kategori industri Software & Services.

Laporan Dampak ESG Udemy memaparkan dampak sosial positif Udemy sejak didirikan pada tahun 2010, khususnya menyoroti peluang kemajuan pendidikan online di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi COVID-19, serta upaya berkelanjutan perusahaan untuk membantu pembelajar, instruktur, dan organisasi secara global memperoleh keterampilan yang berguna untuk kesuksesan di masa depan. Pada  Juni 2022, tercatat sebanyak 54 juta pembelajar dan 71.000 instruktur telah menjadi bagian dari marketplace pembelajaran online Udemy.

Giri Suhardi, Head of Indonesia Market di Udemy, mengatakan “Udemy dirancang agar orang-orang dapat belajar di mana pun mereka berada, sekaligus untuk melahirkan profesi baru pengajar di mana siapapun bisa mengajar. Kami membuat pembelajaran dan pengajaran dapat dilakukan oleh semua orang, atau kami menyebutnya, mendemokratisasi pembelajaran. Hal ini memungkinkan banyak pelajar di Indonesia tumbuh secara profesional, serta membantu membuka potensi talenta lokal untuk berbagi pengetahuan mereka. Kami juga mendukung banyak organisasi di Indonesia, baik UMKM, perusahaan besar, atau lembaga pemerintah dengan menyediakan konten berkualitas demi memastikan semua orang dalam organisasi tersebut memiliki keterampilan penting yang mereka butuhkan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam transformasi global.”

ESG merupakan kesempatan untuk mengevaluasi dan mengembangkan tujuan yang akan berdampak positif terhadap lingkungan, serta meningkatkan dampak sosial perusahaan terhadap masyarakat di mana perusahaan beroperasi dan orang-orang yang dipekerjakannya. Strategi dampak Udemy sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN SDGs) dan berfokus pada tiga pilar utama.

Pertama, menyediakan pendidikan berkualitas (quality education). Udemy berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup di seluruh dunia dengan memberikan kesempatan belajar yang sama dan investasi berkelanjutan dalam mendukung para pembelajar di rumah dan di tempat kerja. Kedua, mengembangkan bakat, keahlian global, dan peluang ekonomi (advancing talent, global expertise, and economic opportunity). Udemy membantu organisasi untuk bersiap menyambut masa depan dunia kerja yang terus berkembang dengan memfasilitasi perusahaan dalam mengembangkan keterampilan karyawan mereka serta memenuhi kebutuhan karyawan untuk terus belajar dan berkembang. Ketiga, menyatukan keragaman dan perbedaan (catalysing diversity and inclusivity). Udemy menyediakan platform untuk meningkatkan keterampilan (upskilling) dan belajar apapun sehingga akan meningkatkan peluang karir terlepas dari pendidikan formal sebelumnya di manapun pembelajar tinggal.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa pada Kuartal IV-2021, Udemy memfasilitasi lebih dari 49 juta orang di seluruh dunia untuk meningkatkan keterampilan mereka. Udemy juga memfasilitasi lebih dari 64.000 instruktur – meningkat 14% dari tahun 2020 – untuk berbagi keahlian mereka kepada individu dan organisasi di seluruh dunia. Secara total, instruktur Udemy memperoleh penghasilan sebesar USD 177 juta atau sekitar Rp2,6 triliun pada tahun 2021. Penghasilan ini dapat membantu mereka menghidupi diri sendiri, keluarga, dan juga komunitas mereka.

Dalam merespon pandemi COVID-19, Udemy meluncurkan Udemy Free Resource Center, yang menawarkan lebih dari 700 kursus gratis mulai dari topik keterampilan teknologi esensial hingga topik mengenai pengembangan diri dan kesehatan personal. Sebagai hasilnya, terdapat 4,6 juta pendaftaran, dengan total waktu konsumsi sebesar 883.000 jam.

Zoomcar Bermitra dengan OTO untuk Platform Berbagi Mobil di Indonesia 

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Platform car-sharing Zoomcar menandatangani kemitraan dengan lembaga finansial dan otomotif OTO. Melalui kemitraan tersebut, para pelanggan OTO bisa mendapatkan pendapatan 1,5 juta rupiah melalui diskon dan bonus jika mendaftarkan kendaraannya ke dalam platform Zoomcar. Host Zoomcar bisa mendapatkan pendapatan sampai Rp 10 juta per bulan dengan mendaftarkan mobilnya di platform marketplace tersebut.

Platform Zoomcar yang unik memudahkan proses berbagi mobil (car-sharing). Para pemilik mobil baik personal, privat atau non-transportasi (host) bisa mendaftarkan kendaraannya di platform Zoomcar, dan para pengguna yang memenuhi persyaratan (guest) dapat memesan mobil-mobil tersebut untuk kepentingannya.

Untuk menjadi hosting caranya sangat mudah. Host tinggal sign up untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan mobil selama proses onboarding. Pemeriksaan ini bersifat komplimen dan tidak dipungut biaya. Setelah itu mobil dipasangi dengan alat monitor keselamatan untuk menjamin keselamatan dan keamanan mobil dengan memantau perilaku pengemudi pada saat mengemudikan kendaraannya. Proses pemasangan alat monitor selesai,  mobil sudah terdaftar di dalam platform dan host sudah bisa mendapatkan income segera setelah mobilnya mendapatkan booking.

Host dapat secara fleksibel berbagi kendaraan kapan pun senyamannya. Zoomcar langsung mengkreditkan pendapatan ke rekening bank host. Melalui program host, Zoomcar berusaha mengubah kapasitas kendaraan menganggur dengan menyewakan mobil pribadi itu agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Selain menyediakan income tambahan, platform Zoomcar juga bisa secara dramatis mengurangi kemacetan jalan raya dan polusi udara di daerah perkotaan

Tessa Karina, Marketing Head Zoomcar Indonesia mengatakan, kemitraan strategis ini tidak hanya akan menguntungkan Zoomcar dan OTO, tapi pada saat yang bersamaan juga akan memberikan kemudahan akses bagi para host  di masa yang akan datang. “Saya merasa yakin bahwa kemitraan dengan salah satu dealer mobil terbesar di Indonesia ini akan semakin menopang bisnis kami dan juga menguntungkan pelanggan kami,” ujarnya.

Sementara itu, President Director dan CEO Group OTO Gaurav Gupta mengatakan, kemitraan dengan Zoomcar merupakan upaya yang konkrit untuk memberikan solusi pada pengguna kendaraan yang ingin mendapatkan pendapatan secara langsung. Di samping itu, apa yang ditawarkan OTO selama ini juga sejalan dengan program yang diberikan Zoomcar karena dapat memudahkan penyewa kendaraan di Indonesia.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan warna baru pada industri otomotif Tanah Air serta kesempatan bisnis baru bagi masyarakat khususnya pengguna mobil,” pungkasnya.