Monday, October 27, 2025
Home Blog Page 779

Kisah Ikan Gabus Selamatkan Lahan Gambut di Siak

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Marketing | Sebanyak 57,44% wilayah Kabupaten Siak, Riau, merupakan lahan gambut. Karena itu, kebakaran hutan dan lahan gambut di Siak yang terjadi sepanjang 2011 sampai 2015 menimbulkan kerugian amat besar. Wakil Bupati Siak, H. Husni Merza, memandang luasnya lahan gambut ini sebagai kekayaan ekologis, yang menyuguhkan tantangan tersendiri dalam pengelolaannya. Ia juga menilai kondisi ini sebagai salah satu pintu masuk untuk perbaikan tata kelola lahan. Masyarakat yang tinggal di sekitar lahan gambut perlu mencari alternatif pendapatan ramah gambut.

Kabupaten Siak, salah satu pendiri sekaligus Wakil Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), menjadi salah satu kabupaten yang berkomitmen untuk menerapkan pembangunan hijau. “Namun, kami sadar bahwa Pemkab Siak tidak bisa sendiri dalam mengatasi masalah kebakaran. Kami menyusun Peraturan Bupati tentang Inisiatif Siak Hijau. Kini pun sudah ada Peraturan Daerah tentang Siak Kabupaten Hijau,” kata Husni.

Gambut yang merupakan tumpukan vegetasi berusia ratusan tahun merupakan lahan yang menyimpan banyak karbon namun mudah terbakar. Sehingga, ketika terjadi kebakaran gambut, akan terjadi pelepasan karbon yang sangat tinggi. Karbon yang terlepas ke udara ini dapat membuat bumi semakin panas dan memperparah perubahan iklim.

Namun, CEO PT Alam Siak Lestari (ASL), Musrahmad yang akrab disapa Gun menyampaikan, hidup di area lahan gambut yang rentan kebakaran merupakan suatu fakta yang tak terelakkan. Maka, ia berusaha mencari solusi terbaik agar bisa hidup nyaman bersama gambut. Gambut yang berisiko terbakar adalah gambut yang kering.

Baca juga: Restorasi Gambut Kunci Penurunan Risiko Kematian

Salah satu cara untuk memperkecil risiko kebakaran adalah menjaga lahan gambut tetap basah. “Di situlah tercetus model bisnis yang dapat membantu masyarakat sekaligus menjaga lingkungan, yaitu budidaya ikan gabus di lahan konservasi gambut dan area sekat kanal. Hal ini terwujud berkat gotong royong antara Pemkab Siak, masyarakat sipil, sektor swasta, dan orang-orang muda.”

Bisnis berbasis solusi

Sebelum memutuskan untuk budidaya ikan gabus, Gun dan timnya mengenali budaya warga Siak atau orang Melayu yang kerap memanfaatkan protein tinggi pada ikan gabus untuk membantu proses pemulihan kesehatan, terutama bagi ibu yang baru melalui proses persalinan.

Menyadari bahwa banyak ikan gabus yang ditangkap liar dari perairan lahan gambut, Gun bersama para mitra Siak Hijau berupaya mendalami berbagai spesies endemik gabus di habitat gambut, seperti jenis toman dan lompong.

Melalui riset yang mendalam tentang kandungan dalam ikan gabus bersama mitra, mereka menemukan bahwa ikan gabus dari habitat gambut mengandung albumin yang sangat tinggi, lebih tinggi daripada jumlah albumin pada hewan lain.

Lahan gambut
Masyarakat memanen ikan gabus [Foto Alam Siak Lestari
Inilah yang membuat ASL kemudian memutuskan untuk bereksperimen budidaya dan ekstraksi ikan gabus dengan fokus produk turunan kesehatan lewat program HEAL (Healthy Ecosystem Alternative Livelihood) Fisheries. Harapannya, semakin kuat motivasi warga dan desa untuk memelihara gambut tetap basah, jika ada mata pencaharian baru yang menjanjikan dari hasil olahannya.

Gun menyampaikan, HEAL Fisheries hanyalah proyek awal. Setelah produk masuk pasar, ASL akan beralih ke potensi lain yang tujuannya juga sama, yaitu penyelamatan gambut dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat produk turunan bernilai tinggi.

“Potensi yang dikembangkan harus potensi yang berbasis solusi nyata terhadap masalah utama kami, yakni konservasi gambut. Dan, yang tak kalah penting, pasarnya ada. Potensi yang kami lirik selanjutnya adalah nanas, salah satu tumbuhan yang cocok di lahan gambut. Dengan belasan ribu hektar tanaman nanas di Siak yang mampu melindungi lahan gambut sekitar, potensinya besar sekali. Akan ada banyak produk turunan yang bisa diciptakan dan dikembangkan dari nanas,” kata Gun, yang menargetkan konservasi gambut seluas 16.000 hektar.

Produksi bebas limbah

Sebuah pabrik, apa pun yang mereka produksi, umumnya menghasilkan limbah yang perlu dikelola dengan cermat agar tidak mencemari lingkungan dan membahayakan kehidupan masyarakat di sekitarnya. Tapi, masyarakat yang hidup di sekitar ASL beroperasi tak perlu cemas. Karena, ASL memastikan bahwa mereka tidak menghasilkan limbah sama sekali.

Baca juga: Kolaborasi Teknologi dan Konsep Hemat Energi di Pabrik Ichitan

Para karyawan ASL sering berkelakar, ketika seekor ikan gabus masuk ke pengolahan proyek HEAL Fisheries, dia pulang hanya tinggal nama. Pasalnya, setiap bagian tubuhnya sampai sekecil apa pun akan dimanfaatkan secara maksimal.

Setelah albumin diekstrak, daging ikan yang tetap utuh kemudian diolah menjadi tepung yang mengandung protein tinggi. Karena, selain albumin, ikan gabus mengandung banyak protein lain, seperti omega 3 dan omega 9. Tepung tersebut diolah lagi menjadi makanan berprotein tinggi.

“Kami punya produk turunan protein ball. Ada juga kukis dari tepung ikan gabus, daun kelor, dan gula aren, yang tinggi peminat. Kulitnya diolah menjadi gelatin, yang kemudian diubah menjadi bahan plastik ramah lingkungan yang bahkan bisa dimakan. Sementara isi perut dan kepala ikan dijadikan pupuk cair dan pupuk padat. Sebagian juga diolah menjadi kecap ikan yang berkualitas baik,” kata Gun.

Kabupaten Pasuruan Terancam Kekeringan Tahun 2050

0
[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso, Pasuruan, Jawa Timur terindikasi menyusut. Mata air yang terletak di tengah wilayah DAS Rejoso ini, merupakan salah satu mata air dengan debit terbesar di pulau Jawa yang menyuplai air bersih tak hanya untuk Kabupaten Pasuruan saja, melainkan juga untuk Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Danone Aqua

Kini, tekanan ekologi terhadap DAS Rejoso semakin meningkat, mulai dari perubahan tutupan lahan, dari hutan menjadi pertanian dan pemukiman, hingga penambangan galian C (batu dan pasir) yang mempercepat laju erosi. Di sisi lain, pengeboran untuk pembuatan sumur artesis warga dan penggunaan air untuk industri juga di kawasan hilir kian meningkat.

Sebagai upaya mengatasi persoalan tersebut, pada tahun 2016 sampai 2018, Rejoso Kita melaksanakan program percontohan skema pembayaran jasa lingkungan untuk konservasi hulu dan tengah DAS Rejoso. Sebanyak 174 petani dari 12 kelompok tani pengelola lahan seluas 106,6 hektar di tujuh desa di Kecamatan Tosari dan Pasrepan mendapatkan pembayaran jasa lingkungan (Rp 1,5 juta/ha/tahun – Rp 3,2 juta/ha/tahun) atas upaya konservasi yang mereka lakukan.

Adapun upaya pemeliharaan yang dilakukan diantaranya menjaga dan mempertahankan 300-500 pohon per hektar, membuat strip rumput penahan erosi, dan membuat rorak untuk meningkatkan infiltrasi air hujan. Inisiasi ini didukung oleh Danone-AQUA khususnya Pabrik Keboncandi yang memasok kebutuhan air minum dalam kemasan di wilayah Pasuruan, Jawa Timur.

Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo mengatakan, bahwa skema pembayaran jasa lingkungan yang dilaksanakan di wilayah hulu dan tengah DAS Rejoso perlu diapresiasi. Selain itu, dampak penyelamatan lingkungan ini akan lebih besar jika dilakukan secara bersama-sama.

“Kami melihat bahwa skema pembayaran jasa lingkungan yang digagas di DAS Rejoso ini tidak hanya tepat sasaran karena menggunakan studi ilmiah sebagai dasar penentuan lokasi dan bentuk konservasi air yang dipilih, namun juga dengan adanya pelibatan masyarakat yang tinggal di kawasan hulu DAS sebagai pihak yang memelihara dan juga Forum DAS sebagai institusi yang melakukan pemantauan rutin untuk memastikan upaya konservasi yang dilakukan terjamin keberlanjutannya,” kata Karyanto.

Karyanto menambahkan, bahwa korporasi atau swasta bisa mengambil peran penting menjadi bagian dari aksi kolektif dalam pelestarian sumber daya air, karena lestarinya air adalah tanggung jawab dan masa depan bersama.

Selain melaksanakan program pilot pembayaran jasa lingkungan hidup, program Rejoso Kita yang dilaksanakan oleh ICRAF dengan dukungan Danone Ecosysteme Fund juga melaksanakan kegiatan pengenalan teknologi budi daya padi ramah lingkungan dan percontohan konstruksi dan manajemen pengelolaan sumur bor yang aman dan efisien di wilayah hilir DAS Rejoso.

Untuk memperkuat pemahaman dan kepedulian tentang kondisi terkini DAS Rejoso dan DAS-DAS lain di Kabupaten Pasuruan serta urgensi dilakukannya upaya-upaya konservasi, Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kabupaten Pasuruan atau FDP mengadakan acara lokakarya bertema “Pengelolaan DAS Terpadu di WIlayah Kabupaten Pasuruan Melalui Investasi Bersama Sumber Daya Air” yang dihadiri kalangan pemerintah pusat dan perwakilan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. yang diwakili oleh Asisten Deputi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Konservasi Sumber Daya Alam, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Mochamad Saleh Nugrahadi, S.Si., M.Sc., Ph.D. menyampaikan pentingnya pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, tidak hanya untuk alam tapi juga untuk menjamin keberlangsungan bisnis pengusahaan sumber daya alam.

“Pengelolaan sumber daya alam tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah, tapi memerlukan keterlibatan aktif dan investasi seluruh pemangku kepentingan, utamanya masyarakat dan pengusaha yang memanfaatkan sumber daya alam tersebut. Dengan bekerja bersama dari hulu ke hilir, kami yakin DAS Rejoso akan terjaga dan dapat dimanfaatkan hingga bertahun-tahun yang akan datang. Kami juga mendorong DAS Rejoso untuk menjadi contoh baik pengelolaan DAS terpadu di dalam World Water Forum 2024 nanti,” papar Mochamad Saleh.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc., yang diwakili oleh Direktur Pencegahan Dampak Lingkungan Kebijakan Wilayah dan Sektor, KLHK, Erik Teguh Primiantoro, S.Hut., MES. menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya pelestarian DAS Rejoso.

“Pemerintah dengan instrumen kebijakan di tingkat nsional maupun daerah. KLHK memiliki banyak data dan informasi berbasis riset yang dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan terpadu DAS. Pelaku usaha dapat mengaitkan upaya-upaya konservasi DAS untuk mendukung penilaian peringkat PROPER,” sambung Erik Teguh.

Erik Teguh juga mengatakan, bahwa dalam konteks DAS Rejoso, perlu diupayakan pembangunan usaha tak hanya bagi kalangan bisnis, tetapi juga masyarakat dengan bisnis berbasis air untuk penguatan ekonomi masyarakat dan daerah.

Pada sambutan kegiatan lokakarya ini juga, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, SE, MMA yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Pasuruan, Rachmat Syarifuddin, S.Sos, menekankan perlunya keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan.

“Pembangunan yang masif bisa berakibat rusaknya lingkungan. Pemerintah Kabupaten Pasuruan memandang penting upaya penyeimbangan kegiatan pembangunan dengan pelestarian lingkungan. Dengan terbentuknya Forum DAS Kabupaten Pasuruan yang bergerak di tengah keterbatasan sumber daya, diharapkan pengelolaan pemanfaatan daerah sungai dapat dijalankan dengan prinsip-prinsip keadilan dan kemaslahatan, misalnya melalui skema pembayaran jasa lingkungan seperti yang dilaksanakan di DAS Rejoso,” ucap Rachmat Syarifuddin.

Dr. Beria Leimona, Senior Expert Landscape Governance and Investment, ICRAF Indonesia Program, mengatakan bahwa skema pembayaran jasa lingkungan seperti yang dilaksanakan di hulu dan tengah DAS Rejoso pada dasarnya adalah skema ko-investasi.

“Dalam skema tersebut, ada pihak yang berperan sebagai penjual jasa lingkungan (misalnya petani pengelola lahan yang melakukan konservasi tanah dan air), lalu ada pihak pembeli jasa lingkungan, yaitu para pihak yang menikmati jasa lingkungan, misalnya ketersediaan air bersih, dan yang terakhir adalah pihak perantara, biasanya konsorsium atau forum yang disepakati bersama untuk mengelola program seperti melakukan identifikasi dan verifikasi lahan, mengukur indikator capaian, melakukan monitoring kinerja, juga menyalurkan dana kompensasi,” terang Dr. Beria.

Pelaksanaan skema pembayaran jasa lingkungan untuk tujuan konservasi DAS, menurut Dr. Beria, perlu dilaksanakan dengan prinsip-prinsip kearifan lokal misalnya dalam pemilihan jenis pohon yang ditanam oleh petani sendiri karena pertimbangan manfaat, hal yang dapat menumbuhkan rasa memiliki. Selain itu, penilaian program tidak hanya dilakukan dari segi aktifitas, tetapi juga dari keluaran berupa angka penurunan erosi dan peningkatan infiltrasi air.

Turut menambahkan, Dr. Ir. Heru Hendrayana, Peneliti Senior dari Universitas Gajah Mada, menjelaskan bahwa keberhasilan penerapan skema imbal jasa lingkungan DAS Rejoso secara scientifik dan akademik sudah terukur dan harus dilanjutkan. Tetapi untuk bisa berlanjut, hal ini perlu masuk ke dalam program pemerintah yang akan menjamin keberlanjutan.

Ketua Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kabupaten Pasuruan, Heru Farianto, S.Sos, M.Si., yang juga adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, menjelaskan, bahwa mandat FDP adalah mendorong semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengelolaan dan pemanfaatan DAS di Kabupaten Pasuruan agar terlibat aktif dalam pembiayaan berbasis kinerja dan partisipasif.

“Tentang skema pembayaran jasa lingkungan sebagai strategi konservasi di sembilan DAS di Kabupaten Pasuruan, saat ini sedang dibuatkan draft Peraturan Bupati. Harapannya, peran serta pihak swasta dalam konservasi lingkungan lewat pembayaran jasa lingkungan hidup akan membantu menaikkan taraf hidup para petani dan bagi pelaku usaha merupakan langkah untuk menjamin keberlangsungan usaha dan meningkatkan branding dan citra perusahaan,” ujar Heru.

Teknologi Lazada Logistics Bantu Ciptakan Efisiensi Bisnis UMKM

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita UMKM | Sebanyak 65 persen dari UMKM yang belum terdigitalisasi di Indonesia mengaku bahwa masalah logistik termasuk salah satu tantangan terbesar mereka. Sebaliknya, 92 persen dari UMKM yang telah terdigitalisasi menyatakan bahwa eCommerce sangat membantu memenuhi kebutuhan logistik mereka.

Temuan ini menegaskan bahwa logistik berperan penting dalam pengembangan ekosistem eCommerce dan membantu percepatan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.  Untuk meningkatkan kualitas ekosistem logistik nasional, pemerintah meluncurkan Sistem Logistik Nasional (Sislognas) yang mendukung proses pengelolaan rantai pasok (supply chain management) berskala nasional dengan tujuan efisiensi biaya logistik.

Proyek percontohan Sislognas ini diluncurkan di Batam (Batam Logistic Ecosystem/BLE) pada Maret 2021 yang ditargetkan menurunkan biaya logistik produk domestik bruto (PDB) dari 23,5 persen menjadi 17 persen.

Sejalan dengan misi pemerintah memperkuat sistem logistik guna meningkatkan akses terhadap barang serta turut berdampak pada pemerataan harga, Lazada menawarkan solusi logistik menyeluruh.

Baca juga: Biaya Logistik Mahal Jadi Kendala UMKM Bersaing di Pasar Domestik

“Selain sebagai penyedia platform eCommerce, teknologi dan logistik merupakan pilar kekuatan kami di Lazada. Lazada Logistics memberikan layanan solusi logistik berbasis teknologi untuk brand dan penjual di Indonesia, yang diharapkan bisa membantu mendukung efisiensi proses transformasi digital dan mendorong pertumbuhan bisnis,” ujar Adiputra Wiharja, SVP Logistik Lazada Indonesia.

Lazada Logistics
Pekerja Lazada Logistics di Gudang Lazada Logistics

Salah satu layanan yang disediakan Lazada Logistics adalah Fulfillment by Lazada (FBL), sebuah layanan pemenuhan menyeluruh mulai dari warehousing atau penyimpanan produk mitra brand atau penjual di gudang milik Lazada, pengemasan, hingga pengiriman produk ke pelanggan.

Baca juga: J&T Express Ekspansi ke Filipina

“Dengan demikian, brand dan penjual dapat mengandalkan fitur dan teknologi yang ada di layanan Fulfillment by Lazada untuk mengelola inventori produk yang ada di gudang Lazada agar layanan penjual kepada pembeli tetap lancar dan lebih efektif. Brand dan penjual bisa lebih fokus untuk meningkatkan performa penjualan dan mengembangkan bisnisnya,” tambah Adiputra.

Dengan lokasi gudang Lazada yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia dan teknologi yang menjamin akurasi inventori produk, pengelolaan produk dari brand dan penjual juga terjamin proses pengirimannya ke konsumen secara tepat waktu dan dengan biaya pengiriman yang lebih efisien. Adiputra menambahkan, “Kami juga menggunakan algoritma penentuan rute secara cerdas (smart route) yang berbasis data sehingga pengiriman bisa lebih cepat dan ekonomis.”

Di Indonesia, Lazada Logistics memiliki lebih dari 150 hub dan lebih dari 15.000 karyawan dan mitra kurir untuk mendukung operasional logistik brand dan penjual di Lazada. Perluasan jaringan dan pengembangan infrastruktur di Lazada Logistics didukung penuh oleh teknologi canggih di ekosistem Lazada, yang memungkinkan Lazada memproses jutaan paket setiap harinya.

 

Bagaimana Strategi KFC Indonesia Jadi Brand FnB dengan Pengikut Terbanyak di Media Sosial?

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Setiap perusahaan harus bisa menjangkau lebih banyak audiens dan terus berhubungan dengan mereka. Untuk meraih tujuan itu, salah satunya bisa ditempuh dengan memanfaatkan media sosial. Hal tersebut tentunya demi menciptakan citra merek yang kuat.

Dalam hal ini, salah satu perusahaan yang sukses menjangkau audiens terbanyak hingga berhasil menjaga hubungan dengan para audiensnya ialah KFC Indonesia. Akun media sosial KFC Indonesia menjadi akun FnB pertama di Indonesia yang meraih 2 juta pengikut. Bahkan, dari polling MediaWave, KFC Indonesia mengungguli para kompetitornya dengan menjadi akun media sosial favorit netizen.

kampanye kfc indonesia
Kampanye jenama di media sosial

Di balik kesuksesan yang diraih KFC Indonesia, pastinya ada strategi dan rencana yang dipersiapkan secara matang. Kesuksesan ini tak lepas dari peran serta para talenta yang membantu perencanaan dan pemecahan masalah secara kreatif yang tetap berorientasi pada tujuan, untuk membantu perusahaan mencapai efektivitas pemasaran digital.

Mereka adalah Unithree, sebuah perusahaan di bidang creative services yang berdiri sejak tahun 2014. Unithree sendiri saat ini memiliki 3 unit bisnis. Pertama ialah Unithree yang bergerak dalam service creative marketing, kedua ialah MarcMade yang bergerak dalam service design & experience development, dan terakhir ialah WonderWhy yang bergerak dalam bidang cultural insight analysis.

Co-Founder & Managing Director Unithree Daniel Chia mengatakan, “Servis unggulan kami ialah digital & social media marketing dan berbagai sarana pendukungnya seperti cultural research, ads & influencer management, dan design & branding. Dalam servis ini, kami berhasil menciptakan output kreatif yang memiliki dampak langsung dan terukur dalam bentuk pertumbuhan digital aset dan bisnis klien.”

unithree
Tim Unithree

“Kombinasi dari strategi komunikasi, creative development, dan media plan kami yang dikawinkan dengan insight dari kultur lokal berhasil mendekatkan klien-klien kami dengan target marketnya masing-masing. Salah satunya adalah beberapa campaign kami bersama KFC Indonesia yang berhasil viral di media sosial akibat pendekatan komunikasi yang tepat dan relevan ke audiens Indonesia.”

Unithree mulai menangani akun media sosial @kfcindonesia pada awal Agustus 2018, di mana saat itu jumlah pengikut @kfcindonesia baru sebanyak 550 ribuan pengikut. Daniel mengungkapkan bahwa “Always Original” dipilih sebagai brand essence yang memandu strategi mereka dalam mengelola kehadiran digital KFC Indonesia. Diartikan sebagai keaslian dan keunikan yang berasal dari Indonesia.

“Misi kami ialah merasakan dan memahami budaya sekitar, menemukan dan memenuhi cita rasa lokal, serta menjaga jarak dekat dan relevan dengan audiens. Kualitas-kualitas ini telah membantu kami dalam menciptakan taktik eksekusi kekinian yang kami banggakan, yaitu menunggang momentum lokal,” kata Daniel.

Contoh kasusnya ialah ketika pandemi COVID-19 melanda dan memberi dampak negatif pada perekonomian Indonesia, tak terkecuali bisnis-bisnis FnB seperti KFC Indonesia. Saat itu, ada campaign besar dari suatu brand yang mengajak para konsumen untuk tetap menikmati produk mereka dan turut menyebut produk berbagai brand lainnya demi ribuan karyawan yang juga membutuhkan pertolongan.

Hal tersebut tentunya memunculkan simpati yang sangat besar dari para audiens. Berbagai brand langsung beramai-ramai saling mengucapkan terima kasih, dan beberapa di antaranya turut melakukan campaign serupa. Jadi, tantangan yang dihadapi ialah bagaimana mengalihkan diskusi publik dengan campaign yang menawarkan nilai tambah.

“Kami menghadirkan konsep ‘Dukung Bisnis Lokal’ dengan nilai tambah menawarkan ruang promosi secara bebas bagi UMKM lokal Indonesia melalui kolom komentar di akun media sosial KFC, dan 20 brand terfavorit pun ditampilkan atau diberi endorsement melalui Instagram Story KFC Indonesia. Lebih dari 10 ribu bisnis berpartisipasi dan total 4 juta penayangan terkumpul, semuanya dilakukan dengan anggaran 0 rupiah,” tutur Daniel.

Kemudian ketika hebohnya kolaborasi suatu brand kompetitor dengan boygroup populer asal Korea Selatan, KFC Indonesia tetap bisa memanfaatkan euforia tersebut secara halus. Dari surat cinta yang menyentuh serta beberapa tweet yang memancing engagement, KFC Indonesia berhasil mengalihkan perhatian publik kembali hingga memperoleh lebih dari 80 ribu kunjungan profil harian di Instagram.

Berhasil meraih lebih dari 2 juta pengikut di tahun 2022, @kfcindonesia menjadi akun FnB yang memiliki jumlah pengikut terbanyak di Indonesia. Melampaui para kompetitor mereka, baik dalam hal jumlah maupun tingkat pertumbuhan pengikut. “Pencapaian ini semakin mendorong dan memotivasi kami untuk terus membantu perusahaan dalam melakukan pembaharuan digital marketing,” pungkas Daniel.

Perluas Unit Syariah, ASLI Asya Proteksi Syariah Ada di Astra Life

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Pertumbuhan asuransi syariah di Indonesia yang mencapai kontribusi bruto asuransi syariah sebesar Rp 16,8 triliun per September 2021 atau sekitar 48% menunjukkan bahwa produk-produk berbasis Syariah disambut antusias oleh masyarakat Indonesia. Tak mau ketinggalan, Astra Life turut mengembangkan produk syariah dengan ASLI Asya Proteksi Syariah.

ASLI Asya Proteksi Syariah merupakan Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI) berdasarkan prinsip syariah serta memberikan perlindungan menyeluruh. Sebagai produk PAYDI, porsi kontribusi yang akan dialokasikan untuk investasi dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasinya.

“ASLI Asya Proteksi Syariah merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) sesuai prinsip syariah yang ditujukan untuk masyarakat. Indonesia. Perluasan produk asuransi berbasis Syariah ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus berinovasi dalam menyediakan kebutuhan perlindungan jiwa bagi masyarakat. Sejak awal tahun 2022, Astra Life mulai fokus untuk mengembangkan Unit Syariah agar keluarga Indonesia menjadi #tenterampenuhberkah.” tutur Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life.

Alokasi investasi pada ASLI Asya Proteksi Syariah ini adalah 50% pada tahun pertama dan akan meningkat hingga 100% pada tahun polis ke-4, sehingga diproyeksikan manfaat yang didapat akan lebih optimal karena dikelola sesuai prinsip syariah.

Fitur menarik lainnya adalah manfaat bonus loyalitas dan investmen booster yang akan diberikan pada tahun polis ke-11 dan tahun polis ke-16 serta distribusi surplus underwriting dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Astra Life juga menyediakan pilihan asuransi tambahan lain seperti Asuransi Tambahan Kecelakaan Diri+ Syariah, Asuransi Tambahan Penyakit Kritis+ Syariah, hingga Death Contribution Waiver Syariah serta Total Permanent Disability Contribution Waiver Syariah berupa pembebasan pembayaran kontribusi dasar berkala dan kontribusi investasi berkala jika pemegang polis mengalami tutup usia, cacat total dan tetap.

Produk asuransi syariah Astra Life ini tersedia mulai dari Rp6 juta per tahun dengan pilihan frekuensi pembayaran mulai dari bulanan, kuartalan, semesteran hingga tahunan. Sedangkan nilai dari kontribusi investasi berkala atau tunggal mulai dari Rp 1 juta per tahun, dan syarat usia pemegang polis mulai dari 18 hingga 99 tahun. Konsumen tidak perlu ragu karena ASLI Asya Proteksi Syariah telah tercatat dan mendapat ijin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

 

 

Canon Tambah Jajaran “Keluarga” EOS R

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Kamera mirrorless semakin hari semakin menggantikan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) karena berbagai kelebihannya terutama dari sisi ukuran yang lebih kecil namun dengan kemampuan mumpuni. Canon yang memiliki seri ekosistem EOS R, semakin memantapkan varian kamera dengan sensor APS-C dan dua lensa RF-S

Sebagai distributor tunggal Canon di Indonesia, PT Datascrip baru saja meluncurkan EOS R7 dan EOS R10, kamera mirrorless pertama dari “keluarga” EOS R yang menggunakan sensor gambar APS-C. Berbarengan pula dihadirkan lensa RF-S18-45mm f/4.5-6.3 IS STM dan RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM, yang dibuat untuk mengoptimalkan kamera APS-C.

Beberapa keunggulan yang dihadirkan oleh EOS R7 dan EOS R10 antara lain mampu melakukan pemotretan beruntun berkecepatan tinggi hingga 15 fps dalam mode mekanik, yang hampir setara dengan kamera DSLR full-frame EOS-1D X Mark III yang memotret hingga 16 fps.

EOS R-7 memiliki resolusi penuh 32,5 megapiksel sedangkan EOS R10 memiliki resolusi 24,2 megapiksel. Tak ketinggalan kedua kamera ini memiliki mode Burst RAW hingga 30 fps. Untuk pembuatan konten video, pada EOS R7 dapat menghasilkan video 4K UHD 30p dengan oversampling dari format 7K.

Untuk pengguna yang memiliki tangan mudah gemetar, baik EOS R7 dan EOS R10 memiliki fitur Movie Digital IS, yang melakukan stabilitasi gambar agar video lebih stabil, bahkan untuk lensa yang tidak memiliki Optical IS.

EOS R7 dan EOS R10 dilengkapi beberapa fitur dan teknologi terbaru untuk menyederhanakan alur kerja dan meningkatkan kretivitas. Ada pula fitur baru yaitu mode Depth Compositing yang secara otomatis menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar yang memiliki fokus tajam dari subjek yang di depan hingga belakang.

“Canon terus mengembangkan sistem EOS R sejak diluncurkan pada 2018. Hadirnya EOS R7 dan EOS R10, dapat menjadi pilihan dari “keluarga” EOS R yang telah diluncurkan sebelumnya. Dengan desain yang ringkas, kualitas gambar dan teknologi tinggai EOS R System, dua kamera ini bisa menjadi pilihan bagi fotografer dan videografer yang gemar melakukan tantangan. Tidak kalah penting, kamera mirrorless Canon bergaransi 2 tahun dari Datascrip,” jelas Monic Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Berikut harga EOS R7 dan EOS R10 yang dikeluarkan oleh PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia:

-EOS R7 (body) dengan harga Rp 25.170.000,-

-EOS R7 + RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM dengan harga Rp 31.220.000,-

-EOS R10 (body) dengan harga Rp 16.620.000,-

-EOS R10 + RF-S18-45mm f/4.5-6.3 IS STM dengan harga Rp 18.630.000,-

-EOS R10 + RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM dengan harga Rp 23.160.000,-

-RF-S18-45mm f/4.5-6.3 IS STM dengan harga Rp 5.360.000,-

-RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM dengan harga Rp 8.580.000,-

(Harga diatas belum termasuk PPN).

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

Kisah Sukses Pengelolaan Hutan Kabupaten Lombok Tengah Menjadi Ekowisata

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Pengelolaan Hutan Kabupaten Lombok TengahHingga kini, masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah telah memiliki pendapatan yang cukup untuk kebutuhan mereka sehari-hari dari kegiatan mengelola hutan menjadi kawasan ekowisata.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sebagai sumber penyangga biodiversitas dan sumber pendapatan masyarakat yang tinggal di sekitarnya, hutan-hutan di Indonesia masih dihadapkan pada persoalan seperti ancaman deforestasi hingga kesenjangan ekonomi.

Bahkan, masyarakat yang tinggal di kawasan hutan merupakan salah satu kelompok masyarakat dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Indonesia, dan kemiskinan itu mencapai 20 persen pada 2020 menurut hasil studi Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (LPEM UI).

Hal ini sesuai dengan yang dialami masyarakat Kabupaten Lombok Tengah sebagaimana diungkapkan oleh Marwi, Perintis Ekowisata Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam event Katadata SAFE 2022 pada 24 Agustus lalu, Marwi mengungkapkan awal mula dirinya merintis hutan di daerahnya menjadi sebuah ekowisata yang menarik banyak pengunjung lokal dan mancanegara.

Masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah seperti yang diceritakan Marwi sangat tergantung pada hutan. Mereka mengambil hasil hutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Awalnya karena di desa kami ini bisa dikategorikan di bawah kemiskinan yang luar biasa, yang jadi persoalan bagaimana masyarakat sangat tergantung pada hutan, yang tadinya ngambil ranting kemudian menghabiskan pohonnya, ini yang lama-lama jadi ketergantungan,” ungkap Marwi.

“Pada tahun 1998 sampai 2000 kami berkomunikasi dengan pemangku kebijakan, yaitu Dinas Kehutanan Kabupaten Lombok Tengah, dan bernegosiasi mencari tahu, ternyata ada sebuah ruang yang disebut HKM. Jadi kami memperoleh izin sementara dari Kanwil dari 2000 sampai 2005. Saat itu belum ada tujuan akan ke mana HKM itu ke depannya. Seiring waktu kita coba pelajari karakter masyarakat dan karakter hutannya seperti apa, baru dibagi menjadi dua zonasi, yaitu zonasi pemanfaatan dan zona lindung,” papar Marwi.

Tak hanya melibatkan Dinas Kehutanan, Marwi beserta masyarakat Kabupaten Lombok Tengah juga berusaha berkomunikasi dengan para akademisi, pihak Kementerian Kehutanan, dan semua lembaga lokal serta yang ada di luar Lombok untuk mengubah hutan di Kabupaten Lombok Tengah menjadi kawasan ekowisata yang bermanfaat.

Hingga kini, masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah telah memiliki pendapatan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari dari kegiatan mengelola hutan menjadi kawasan ekowisata tersebut.

Satu keunikan yang diungkap Marwi, dengan mengelola hutan menjadi kawasan ekowisata, masyarakat di daerahnya masih memiliki pekerjaan di kala pandemi Covid-19  melanda, di mana saat itu semua usaha di berbagai daerah sempat terhenti.

Terlepas dari semua keberhasilan itu, lebih lanjut Marwi mengatakan masih ada kelemahan dan kekurangan yang dimiliki dirinya serta masyarakat di daerahnya, yaitu mereka kurang mendalami penggunaan teknologi. Oleh karena itu, Marwi berharap ada bantuan dari lembaga-lembaga di luar Kabupaten Lombok Tengah untuk memperkenalkan ekowisata yang baru saja dirintisnya.

Semester I 2022, CIMB Niaga Syariah Gelontorkan Pembiayaan Rp42,3 triliun

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Financial Services | Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) memperkuat penyaluran pembiayaan ke sektor-sektor produktif sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional tahun ini. Per 30 Juni 2022, CIMB Niaga Syariah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp42,3 triliun. Secara rata-rata dalam enam tahun terakhir compound annual growth rate(CAGR) pembiayaan CIMB Niaga Syariah tumbuh 29,4%.

Kontributor utama melesatnya pertumbuhan pembiayaan CIMB Niaga Syariah pada semester pertama 2022 berasal dari segmen Corporate Banking yang tumbuh Rp4,1 triliun (15,95% YoY) dan Consumer Banking dengan kenaikan sebesar Rp4,3 triliun. Adapun segmen Consumer Banking khususnya ditopang pembiayaan perumahan (Mortgage) sebesar Rp3,1 triliun dan pembiayaan kepemilikan kendaraan (Auto) sebesar Rp1,1 triliun.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara menyatakan, untuk menjaga momentum pertumbuhan, CIMB Niaga Syariah akan terus mengoptimalkan penyaluran pembiayaan pada sektor korporasi dan mortgage, sehingga secara konsisten dapat menjaga kinerja positif hingga akhir tahun. Hal ini juga sejalan dengan upaya CIMB Niaga Syariah untuk meningkatkan layanan kepada nasabah baik dari para pelaku usaha maupun konsumer.

Baca juga: PermataBank Syariah & Astra Life Syariah Hadirkan One Stop Banking Solution

“Kami optimis demand pembiayaan untuk investasi dan modal kerja akan terus meningkat, apalagi saat ini aktivitas bisnis sudah kembali normal. Di samping itu, dengan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap hunian dan kendaraan, hal ini juga meningkatkan peluang bagi kami untuk menggarap segmen Consumer dengan lebih baik,” kata Pandji dalam Media Training & Outingyang diselenggarakan CIMB Niaga Syariah di Denpasar, Kamis (25/8/2022).

Adapun dari sisi pendanaan, kinerja CIMB Niaga Syariah per 30 Juni 2022 mencapai Rp36,9 triliun. Sepanjang enam tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan pendanaan mencapai 31,4%. Dengan kinerja pembiayaan dan pendanaan yang solid, per 30 Juni 2022 CIMB Niaga Syariah membukukan laba sebesar Rp648 miliar dan aset Rp58,9 triliun. Secara rata-rata dalam enam tahun terakhir pertumbuhan laba dan aset masing-masing sebesar 42,9% dan 35,9%.

Strategi Dual Banking Leverage Model

Pandji menjelaskan, keberhasilan CIMB Niaga Syariah menjaga kinerja secara berkelanjutan merupakan buah dari penerapan strategi yang tepat. Strategi dimaksud yaitu dual banking leverage model (DBLM) yang memungkinkan CIMB Niaga Syariah untuk mengoptimalkan sumber daya dan kelengkapan infrastruktur yang dimiliki Bank Induk (CIMB Niaga) untuk menghadirkan produk dan layanan perbankan Syariah yang berkualitas.

Unit Usaha Syariah CIMB Niaga Bukukan Kinerja Positif pada Semester I 2022
Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara (tengah) berbincang dengan Head of Marketing, Brand and Customer Experience CIMB Niaga Toni Darusman (kanan), Head of Sharia Strategy CIMB Niaga Ulil Amri (ketiga kanan), Head of Sharia Consumer CIMB Niaga Bung Aldilla (kedua kiri), Head of Sharia Business Banking CIMB Niaga Riboet Budiono (ketiga kiri), Head of Sharia Product & Business Process CIMB Niaga Ade Hotamawaty (kiri) dan Head of Risk Control Unit – Sharia CIMB Niaga Hadi Sudarso dalam acara Media Training & Outing CIMB Niaga Syariah di Denpasar, Kamis (25/8/2022).

“Dengan model operasional yang memanfaatkan platform sharing dari Bank Induk seperti jaringan kantor cabang, infrastruktur IT dan digital, hingga sumber daya manusia, maka kegiatan bisnis dan operasional di UUS menjadi lebih efisien, sehingga pertumbuhan bisnis menjadi lebih cepat. Di samping itu, dukungan penuh dari Bank Induk dengan mengutamakan penawaran produk-produk Syariah kepada nasabah (Syariah First) dibanding konvensional, juga menjadi pendorong pertumbuhan kami secara berkelanjutan,” ujar Pandji.

Menurut Pandji, potret pertumbuhan CIMB Niaga Syariah tersebut juga terefleksi dalam kinerja secara industri. Secara umum, pertumbuhan perbankan Syariah yang menggunakan model bisnis UUS lebih cepat dan tentunya turut mendorong pertumbuhan perbankan Syariah lebih pesat. Dalam enam tahun terakhir, pertumbuhan perbankan Syariah tanpa UUS hanya akan mencapai 13% (CAGR), namun dengan kontribusi UUS pertumbuhan rata-rata dipercepat menjadi 15%.

Baca juga: Kewajiban Spin-off Unit Usaha Syariah dari Bank Induk di Tahun 2023 Terancam Batal

Dari sisi literasi dan inklusi, UUS juga terbukti dapat menambah jumlah nasabah Syariah secara signifikan. Karena UUS bisa memperluas inklusi keuangan Syariah, sehingga menjangkau semua lapisan masyarakat, termasuk dari kalangan rasionalis dan non-muslim tanpa mengurangi kesetiaan dari para nasabah loyalis. Terlebih jika perbankan tersebut menerapkan konsep Syariah First dalam penawaran produk-produknya kepada nasabah, maka akselerasi literasi dan inklusi perbankan Syariah akan lebih cepat.

“Kepatuhan kepada prinsip-prinsip syariah (sharia compliance) juga menjadi hal fundamental yang selama ini ditegakkan oleh UUS. Kami memiliki sharia framework lengkap yang diterapkan secara konsisten dengan pengawasan Dewan Pengawas Syariah. Seluruh produk perbankan syariah yang ditawarkan kepada masyarakat juga telah mendapat fatwa dari DSN-MUI dan memperoleh ijin dari OJK. Bagi kami kepatuhan pada Syariah adalah komitmen tertinggi dan bukan hal yang dapat ditawar,” tegas Pandji.

 

Server IBM Power10 Baru yang Lebih Fleksibel untuk Lingkungan Hybrid Cloud

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno | Sebagai manajer teknologi informasi, apa yang Anda pikirkan jika ternyata server perusahaan Anda sudah memasuki masa end-of-support? Tentu saja menggantinya dengan yang baru, sebuah pekerjaan yang sekilas tampak mudah tetapi sebetulnya tak semudah membalikkan telapak tangan.

Sebab, di dalam server terdapat data perusahaan yang jumlahnya amat banyak dan kompleks. Itu belum termasuk apakah perusahaan Anda menggunakan infrastruktur on-premise, on-cloud, atau perpaduan antara keduanya. Apa pun itu, yang jelas server yang digunakan harus proven dan sesuai kebutuhan.

Nah, baru-baru ini perusahaan teknologi multinasional IBM (NYSE: IBM) yang berbasis di New York, Amerika Serikat, mengakomodasi kebutuhan itu dengan memperluas lini server IBM Power10-nya dari yang tahun lalu fokus untuk skala enterprise ke model mid-range dan scale-out yang lebih fleksibel dan aman.

Dengan lini server IBM Power10 yang baru ini, perusahaan-perusahaan pengguna dimungkinkan untuk memodernisasi, melindungi, dan mengautomasi aplikasi bisnis dan operasi teknologi informasi (TI) mereka secara mudah, serta cocok untuk lingkungan hybrid cloud dan ekosistem cloud native.

Baca juga: IBM Turbonomic Permudah Pengelolaan Aplikasi Bisnis Perusahaan

“IBM Power10 dengan server mid-range dan scale-out menghadirkan kemampuan server kelas atas yang dapat diterapkan di lingkungan multi-cloud, baik cloud native maupun hybrid cloud,” ungkap Yohan Gunawan, Director Hybrid Infrastructure Services Business PT Multipolar Technology Tbk, dalam seminar “Gaining Business Agility in Uncertain Times” di Fairmont Hotel, Jakarta, Kamis (25/8).

Ia menambahkan, perusahaan yang tengah melakukan akselerasi digital butuh dukungan platform infrastruktur seperti IBM Power10 untuk mission critical environment mereka, sehingga bisa meluncurkan aplikasi dengan cepat dan terjamin keamanannya.

Prosesor IBM Power10 memiliki waktu respons lebih cepat, dilengkapi PowerPrivate Cloud dengan kapasitas resource yang sangat dinamis dari platform seperti Red Hat OpenShift, Linux, AIX, dan IBM i (AS/400) untuk area public cloud, private cloud, dan hybrid cloud.

Prosesor tersebut juga memiliki perlindungan data menyeluruh dengan enkripsi end-to-end, serta fitur Artificial Intelligence (AI) untuk otomatisasi pada server dan menampilkan wawasan secara lebih cepat.

Server mid-range dan scale-out seperti yang ditawarkan IBM Power10, lanjut Yohan, amat diperlukan karena perusahaan saat ini harus sanggup mengikuti tuntutan konsumen yang kian cepat serta beradaptasi terhadap perubahan yang tak terduga, dengan biaya operasional yang lebih ekonomis.

Cloud Computing
Foto kiri ke kanan: Yohan Gunawan, Director Hybrid Infrastructure Services Business Multipolar Technology, bersama Lindra Heryadi, Department Head Presales IBM Hardware Multipolar Technology

Harus disadari bahwa kinerja perusahaan akan terganggu jika aplikasi yang digunakan sering mengalami downtime. Berdasarkan penelitian firma riset IDC, ada tiga penyebab utama aplikasi mengalami downtime: pertama, karena kegagalan jaringan (16,2%); kedua, kegagalan server (15,5%), ketiga, serangan malware (10,3%).

Baca juga: Trellix Temukan Layanan Bisnis Jadi Target Utama Serangan Ransomware

Padahal, biaya downtime amat mahal. Masih menurut IDC, biaya downtime bagi 20,7% perusahaan di dunia berkisar US$5.000-10.000 per jam; bagi 18,4% perusahaan bernilai US$10.000-25.000 per jam; bagi 17% perusahaan sekitar US$25.000-100.000 per jam; bahkan bagi 1,4% perusahaan bisa mencapai US$500.000 per jam.

“Sebagai IBM Platinum Business Partner tentu Multipolar Technology berharap pelanggan bisa menikmati kinerja server yang lebih cepat, dengan konsumsi energi lebih rendah, juga lebih ekonomis dari sisi biaya, tanpa mengurangi ketangguhan dan perlindungan keamanannya,” tambah Lindra Heryadi, Department Head Presales IBM Hardware Multipolar Technology.

 

OrderOnline.id Lakukan Otomatisasi Bisnis UMKM secara All-in-One

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno | OrderOnline.id diluncurkan untuk memudahkan UMKM melakukan otomatisasi bisnis dalam all-in-one platform berbasis web yang terintegrasi. Saat ini, OrderOnline.id yang dikendalikan oleh PT. Ordivo Teknologi Indonesia mengklaim telah membantu lebih dari 19.000 UMKM di seluruh Indonesia dengan akumulasi nilai transaksi pengguna (GTV) mencapai Rp 5,5 triliun sejak 2021.

OrderOnline.id yang hadir sejak 2018, hingga kini telah membukukan volume orderan lebih dari 1 juta setiap bulannya.  “Dulu, kami juga merintis bisnis online kecil-kecilan dan pain point dalam menjalankan bisnis yang kami temukan saat itu yang menggerakkan kami untuk memberikan solusi terbaik dari sisi teknologi,” kata Rovan Alfarry Chief Executive Officer OrderOnline.id di Jakarta, Kamis (25/8).

OrderOnline.id menghadirkan empat fitur utama yang didesain khusus untuk memperluas channel penjualan UMKM di luar marketplace dengan membuat toko online sendiri. Mulai dari menampilkan produk dalam tampilan website dan landing page, menerima pesanan melalui formulir pemesanan yang sederhana, mengelola pesanan otomatis dalam satu dashboard yang terintegrasi, hingga logistik yang dapat menjembatani pengiriman pesanan melalui berbagai ekspedisi seperti SiCepat, JNE, SAP, J&T, Ninja Xpress, JDL, dan ID Express.

Baca juga: UMKM Go Ekspor, Tembus Pasar Asia Tenggara Secara Online

“Pelaku usaha bisa fokus mengembangkan bisnisnya tanpa mempersoalkan hal-hal repetitif yang merepotkan seperti melakukan pencatatan penjualan, cek rekening, follow up customer secara manual, dan sebagainya. Semua sudah berjalan otomatis,” lanjut Rovan.

OrderOnline.id
Jumpa pers OrderOnline.id

Aplikasi berbasis website OrderOnline.id terus dikembangkan untuk menyederhanakan sistem operasional bisnis online yang menguntungkan pebisnis. Beragam fitur baru terus bermunculan, salah satunya adalah Customer Rating yang dapat membantu pebisnis melakukan analisa pelanggan untuk meningkatkan success rate dan mencegah fake order dari pembeli fiktif yang kerap terjadi, khususnya dalam metode COD.

“Fitur ini penting untuk memberikan keamanan dari sisi penjual, karena tercatat 78,72% transaksi e-commerce di Indonesia menurut Statistik e-commerce BPS tahun 2021 menggunakan metode pembayaran COD,” timpal CTO OrderOnline.id, Fazlur Rahman.

Baca juga: Asnan Furinto: Integrasi Tetap Jadi Solusi Pascapandemi

Rencana berikutnya OrderOnline.id yakni merilis beragam lini bisnis baru mulai dari agregator ekspedisi (OExpress), e-course untuk bisnis online (OCademy), penyedia produk jualan bagi dropshipper dan reseller (Inventro), jasa fulfillment, hingga menyasar sektor permodalan usaha di masa mendatang

“Sebagian besar lini bisnis tersebut akan kami luncurkan di tahun ini,” tutup Rovan. Rovan juga menegaskan, perusahaan masih sepenuhnya mengandalkan bootstrapping dalam operasional usahanya. Namun dengan perkembangan bisnis yang masif, tidak menutup kemungkinan OrderOnline.id akan menggalang pendanaan pertamanya.

 

Perkuat Pasar, FLIFE Luncurkan 4 Kategori Produk Baru

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

brand peralatan dapur modis yang telah terdaftar di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan negara-negara Asia Pasifik lainnya ini mampu bersaing dengan mengandalkan keunggulan produk.Marketing.co.id – Berita Marketing | Pasar peralatan dapur di Indonesia memang sangat menggoda. Pemain-pemain baru, baik lokal maupun luar negeri,  terus bermunculan. FLIFE adalah salah satunya.

Meski baru satu tahun di Indonesia, brand peralatan dapur modis yang telah terdaftar di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan negara-negara Asia Pasifik lainnya ini mampu bersaing dengan mengandalkan keunggulan produk.

Mendapat respon positif dari pasar, FLIFE terus berupaya memperkuat kehadirannya di pasar peralatan dapur Indonesia dengan meluncurkan 4 kategori produk baru yakni rice cooker, oven, electric pressure cooker, dan air fryer.

Mengadopsi desain penutup atas layar sentuh LED, Skyfall Digital Rice Cooker memiliki 9 menu multifungsi pada bagian penutup atasnya dan dilengkapi panci dengan pemanasan sirkulasi tiga dimensi 360° sehingga mensimulasikan proses pemanasan memasak lebih merata, menciptakan rasa nasi lebih lembut dan pulen seperti memasak pada kompor tungku api besar.

Sedangkan Lightwave Oven mengadopsi desain gramofon antik dan tampilan layar LED yang dapat mengoperasikan fungsi menu 12-in-1. Teknologi mutakhir dari pemanasan lightwave dan teknologi sirkulasi udara panas 3D ini dapat mencapai pemanasan cepat hanya dalam 0,2 detik dan menggandakan efisiensi dalam pemanggangan. Lightwave Oven terbuat dari bahan isolasi termal fiberglass tiga lapis dan kaca LOW-E yang dapat secara efektif memblokir aliran udara panas, tetapi juga bisa menjaga tetap hangat dan mencegah terjadinya melepuh.

Multifuction Pressure Rice Cooker memiliki 10 fungsi memasak utama dan inovasi teknologi pengatur 7 level tekanan yang memudahkan penggunanya menjadi chef hanya dalam hitungan detik. Tombol pelepas tekanan dan desain dasar pembuangan panas yang efisien tersebut membuat produk ini sangat aman dan andal digunakan.

Sementara Super Low Watt  Air Fryer memiliki teknologi daya yang sangat rendah yaitu 700W dan teknologi pemanggangan sirkulasi udara aliran panas 4D sehingga aktifitas memanggang lebih efisien namun tetap hemat energi dan listrik.

Catrin, Brand Manager PT Gree Electric Appliances Indonesia mengatakan, brand positioning FLIFE adalah brand peralatan rumah tangga yang berkualitas dengan desain yang modis. Semua produk yang ditawarkan dirancang oleh desainer top asal Jepang Kairi Eguchi yang sering mendapat penghargaan di bidang desain dan sudah banyak membantu brand-brand terkenal di dunia.

Dari segi produk, lanjut Catrin, FLIFE menawarkan produk yang fun, fashionable, fantastis, dan fun teknologi. “Produk yang kita tawarkan selalu memudahkan penggunanya (fun), desain selalu modis dan elegan (fashionable). Selain garansi yang lama kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dibanding harga (fantastis) dan pastinya hanya dengan satu kali pencet sudah bisa masak-memasak (fun teknologi),” jelas Catrin kepada Media di acara Gree dan FLIFE Product Launch 2022, di Pullman Jakarta Central Park, Kamis (25/8).

Untuk mengenalkan produk terbarunya tersebut, Catrin mengatakan bahwa FLIFE akan mengedepankan experiental marketing, yakni dengan mengadakan demo produk, roadshow dan pameran. Dengan begitu, FLIFE bisa memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang cara memasak menggunakan produk-produk FLIFE. Di media social, FLIFE juga akan mengadakan berbagai aktivitas seperti kontes memasak dan foto.

Tidak hanya itu, FLIFE juga telah bekerja sama dengan banyak artis ternama seperti Agatha Chelsea, Jessica Mila, Waynne Master Chef Indonesia dan banyak Key Opinion Leader (KOL) lainnya untuk ikut serta mempromosikan brand dan produk FLIFE. Sehingga, konsumen dapat dengan cepat memahami kinerja sempurna dari produk-produk FLIFE.

Atas segala upaya yang telah dilakukan, Catrin berharap FLIFE bisa memberikan pengalaman baru bagi konsumen Indonesia dalam hal masak-memasak dan bisa menjadi pilihan No.1 keluarga Indonesia.

Peluncuran produk baru FLIFE ini mendapat dukungan penuh Lazada sebagai satu-satunya official online launching partner. FLIFE dan Lazada akan meluncurkan campaign super promo “beli satu gratis empat”. Hanya dengan membeli peralatan listrik dapur tertentu, pelanggan akan mendapatkan set mangkuk kaca 6 pcs, spatula kue, rolling pin, set spatula 3 pcs, set perlengkapan dekorasi kue, loyang kaca yang tebal, dan hadiah menarik lainnya.

FLIFE menawarkan garansi 180 hari ganti baru, dan 2 tahun garansi service. Saat ini FLIFE memiliki kantor cabang di 11 kota, 11 pusat service center dan telah bekerja sama dengan lebih dari 200 authorized service center.

Mundipharma Ajak Perempuan untuk Menjaga Area Kewanitaan

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Kementerian Kesehatan RI bersama  Perwakilan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) didukung oleh PT Mundipharma Indonesia dan Guardian mengadakan edukasi mengenai pengaruh stres berlebih terhadap kesehatan fisiologis area kewanitaan dan cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Betadine

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO menjelaskan, saat ini masih belum terbebas dari pandemi dan harus beradaptasi dengan berbagai perubahan. Tentu, ini sedikit banyaknya berdampak pada kesehatan psikologis, salah satunya menyebabkan stres berlebih.

“Penting disadari bahwa stres berlebih akan memengaruhi kesehatan keseluruhan, sehingga harus diatasi. Pemerintah senantiasa mengingatkan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) termasuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) didalamnya agar masyarakat sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan untuk berperilaku hidup sehat, seperti menjaga kesehatan area pribadi. Terlebih bagu perempuan, penting untuk menerapkan personal hygiene agar terhindar dari berbagai penyakit yang menggangu fisiologis area kewanitaan maupun alat reproduksi,” ujar dia.

Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti menyampaikan, ini merupakan bukti nyata dari komitmen Mundipharma mendukung program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pemerintah, terutama untuk mengedukasi perempuan Indonesia dalam menjaga kesehatan area kewanitaan seperti yang tercantum dalam Nota Kesepahaman antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan PT Mundipharma Healthcare Indonesia sejak 2017.

“Kali ini, kami menyoroti fenomena stres berlebih, sebagai salah satu dampak dari gangguan mental health, yang ternyata banyak dicari di Google. Bahkan trennya naik 50% lebih banyak dibanding tahun 2020. Jarang diketahui adalah stres berlebih ternyata bisa mempengaruhi fisiologis area kewanitaan. Edukasi bersama dengan berbagai pihak diharapkan mampu menjangkau lebih banyak perempuan Indonesia agar menjadi lebih sehat,” imbuh Anastasia.

Psikolog Influencer, Indah Sundari Jayanti, M.Psi., Psikolog menjelaskan, bahwa stres berlebih tidak hanya memberikan pengaruh pada emosional namun juga berdampak pada organ di dalam tubuh. Bagi perempuan, gangguan siklus bulanan, keputihan berlebih dan mood swing yang tidak terkendali merupakan tanda yang perlu diwaspadai akibat stres berlebih. Oleh karenanya, penting untuk mengatasi stres agar tidak berlama-lama dirasakan.

“Berolahraga setiap pagi adalah salah satu cara mengurangi stres. Selain itu, menjaga kebersihan area kewanitaan juga penting dilakukan untuk membantu mengurangi gangguan pada area kewanitaan dan menciptakan rasa nyaman bagi perempuan sehingga dapat membantu perempuan untuk mengatasi kondisi stres,” tutur dia.

Sekretaris Jenderal Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) – Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Dr. dr. Tofan Widya Utami, Sp.OG (K)- Onk menjelaskan, “Stres yang signifikan ditambah dengan kurang terjaganya higiene area kewanitaan dapat memicu kelainan dan tingkat keparahan masalah di area tersebut. Area kewanitaan yang tampak dari luar ini sesungguhnya adalah vulva yang justru harus dijaga kebersihannya dengan cara yang sangat sederhana, di mana dapat dibasuh dan dibersihkan dengan sabun yang digunakan pada saat mandi.”

Anastasia memaparkan, “Betadine  menghadirkan rangkaian produk perawatan kesehatan kewanitaan melalui portofolio Betadine Feminine Care. Rangkaian Betadine Feminine Care Daily Wash memiliki keunggulan mengandung Prebiotik yang aman digunakan sehari-hari dan dapat membantu menjaga kesehatan area kewanitaan, serta memberikan pengalaman unik melalui sensasi foamnya. Khusus untuk periode menstruasi, Betadine menyediakan varian Betadine Feminine Hygiene yang mengandung antiseptik Povidone – Iodine 10% sehingga dapat memberikan perlindungan extra untuk mengatasi infeksi kuman.”

Betadine melalui rangkaian Feminine Care hadir sebagai solusi yang dapat memudahkan perempuan Indonesia memiliki area kewanitaan yang bersih dan sehat. Betadine Feminine care sudah tersedia di seluruh Indonesia dan dapat dibeli di supermarket, e-commerce, hingga retailer seperti Guardian.

Pharmacy Practice & Central Operation Manager of Guardian Indonesia, apt. Sondang Simamora, S.Si menyampaikan, “Sebagai gerai yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen untuk kebutuhan pribadi, kecantikan & kesehatan, Guardian ikut berkolaborasi dalam acara edukasi mengenai pengaruh stres berlebih terhadap kondisi area kewanitaan. Guardian menyediakan berbagai produk yang mendukung kesehatan perempuan, salah satunya Betadine Feminine Care.”

Dalam upaya meningkatkan kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, Betadine dan Guardian memberikan promo khusus plus Rp1000 dapat dua yang berlaku dari tanggal 25-28 Agustus 2022 untuk produk  BETADINE™ Feminine Wash Gentle Protection Immortelle, BETADINE™ Feminine Wash Fresh & Active Lemon Verbena, BETADINE™ Feminine Wipes Gentle Protection Immortelle.

Sedangkan untuk produk BETADINE™ Feminine Wash Natural Daun Sirih Radiance Blossom dan BETADINE™ Feminine Wash Natural Daun Sirih Firming Floral promo berlaku dari 25-31 Agustus 2022. Dan promo potongan harga 50% untuk pembelian Betadine Feminine Hygiene 60ML dari 25-28 Agustus 2022. Promo ini berlaku di seluruh gerai Guardian.

Potensi Harga Pertalite Naik, Ini Kiat untukTetap Hemat Konsumsi Bahan Bakar

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Otomotif | BBM jenis Pertalite bisa dibilang sebagai salah satu jenis bahan bakar yang paling populer dan banyak diminati. Salah satu faktor utamanya disebabkan oleh harga Pertalite yang berada di bawah harga pasar dikarenakan adanya subsidi dari pemerintah dalam memastikan harga dapat terjangkau oleh seluruh masyarakat.

pertalite harga naik 2022

Namun dalam beberapa bulan terakhir telah terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) termasuk untuk pasar di Indonesia yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak bumi.

Hal ini membuat pemerintah baru-baru ini melempar wacana untuk melakukan penyesuaian dengan menaikkan harga BBM jenis Pertalite yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Penyesuaian tersebut diharapkan dapat menahan subsidi konsumsi penggunaan BBM dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang tahun ini mencapai Rp 502,4 triliun.

Kenaikan harga Pertalite jika direalisasikan tentu akan berpengaruh kepada seluruh pengendara di Indonesia, di mana masyarakat perlu mengeluarkan biaya ongkos yang lebih besar untuk konsumsi bahan bakar minyak. Sebagai salah satu solusi untuk menekan biaya tersebut, Lifepal.co.id membagikan tips yang dapat membantu dalam mengirit bahan bakar selama berkendara. Berikut penjelasan lebih detail dari Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal.co.id.

Jaga kecepatan kendaraan secara konstan.

Agar bahan bakar mobil Anda tetap irit, sebaiknya kendarai mobil dengan hati-hati dan tidak perlu agresif. Hindari terlalu menekan pedal gas, menginjak pedal gas seperlunya bisa membuat bahan bakar jadi lebih irit dan terkontrol.

Sebaiknya hindari juga kebiasaan mengerem mendadak atau mengendarai dengan kecepatan tinggi karena bisa membuat bahan bakar cepat habis. Tak ada salahnya untuk mencoba mengatur kembali kecepatan mengemudi kamu. Intinya, tetap jaga laju kendaraan konstan atau tidak berubah drastis untuk menghemat bahan bakar. Hal ini pun akan membantu Anda lebih aman berkendara di jalan.

Periksa keadaan ban sebelum berkendara

Sebelum berkendara, pastikan juga untuk melihat tekanan angin ban. Jika tekanannya rendah atau ban kempis, segera isi angin. Namun, bila terjadi kebocoran jangan ragu untuk segera mengganti ban. Sama halnya pada ban mobil yang botak, sebaiknya Anda tidak menunggu terlalu lama untuk menggantinya dengan yang baru.

Rencanakan rute terbaik.

Sebelum memulai berkendara sebaiknya Anda merencanakan dulu tujuan dan rute yang terbaik, selain dapat melihat keadaan lalu lintas, Anda juga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar yang disebabkan kemacetan maupun salah jalan.

Rawat mobil dengan rutin.

Anda juga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar dengan melakukan perawatan mobil secara rutin, lakukan pengecekan secara berkala dan pembersihan pada berbagai komponen untuk memastikan tidak ada kotoran, endapan, atau hal-hal lain yang dapat menghambat kinerja mesin.

Gunakan bahan bakar yang tepat.

Untuk menghindari BBM boros pada mobil injeksi adalah dengan mengikuti rekomendasi produsen mobil untuk menggunakan bahan bakar dengan RON minimal 90 (contohnya Pertalite) atau 92 (contohnya Pertamax). Beberapa mobil bahkan ada yang disyaratkan untuk menggunakan bensin dengan minimum RON 95, sebaiknya Anda ikuti rekomendasi ini.

“Apapun jenis bahan bakar yang dipakai dan apapun jenis mobilnya, salah satu yang terpenting adalah untuk menggunakan asuransi kendaraan sebagai bentuk perlindungan terhadap kendaraan dan juga keuanganmu. Saat terjadi kerusakan, mobil bisa mendapatkan perawatan tepat waktu tanpa tertunda karena kendala biaya. Selain itu, kamu pun tidak perlu menguras kantong pribadi karena biaya perbaikan mobil sudah ditanggung oleh asuransi. Semoga tips-tips tersebut dapat membantu masyarakat Indonesia dalam menghemat bahan bakar selama berkendara.” tutup Benny.

 

MAKUKU Air Diapers Comfort Tersedia di 104 Gerai Hypermart

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.idBerita Lifestyle | MAKUKU akan tersedia lebih luas lagi hingga ke luar Pulau Jawa dan Bali melalui 104 Gerai Hypermart. Hal ini sebagai bentuk komitmen MAKUKU dalam memenuhi kebutuhan para ibu untuk memberikan popok berkualitas tinggi yang mampu menyerap cairan lebih banyak dan anti gumpal.

Makuku

Jason Lee, CEO MAKUKU Indonesia mengatakan, sejak diluncurkan pada akhir 2021 lalu, MAKUKU telah menerima respon positif dari masyarakat sehingga dipercaya sebagai preferensi utama para ibu dalam memberikan popok paling nyaman untuk bayinya. Bagi ibu, popok adalah kebutuhan primer saat memiliki bayi karena itulah selalu berupaya menjangkau mereka agar memudahkan mereka dalam menyediakan popok terbaik bagi putra-putri mereka.

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme tinggi dari para konsumen yang telah mencoba keunggulan MAKUKU Air Diapers, apresiasi yang luar biasa dari para ibu inilah yang mendorong kami untuk meningkatkan ketersediaan produk melalui kerja sama dengan salah satu ritel terbesar di Indonesia yaitu Hypermart yang tersedia di 104 gerai termasuk di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Batam, Medan, Palembang, Pekanbaru, Pontianak dan Makassar,” ujar dia.

Perwakilan Hypermart mengatakan, “Hypermart berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia termasuk ibu yang memiliki bayi. Kami memiliki cakupan luas di luar Jawa Bali yang akan  memudahkan para ibu mendapatkan kebutuhan untuk bayi terutama popok berkualitas. Kami percaya bahwa MAKUKU adalah brand popok yang terbukti keunggulannya melalui teknologi SAP sehingga dapat dengan mudah diterima oleh konsumen. Karena itu, kami sangat mendukung keberadaan MAKUKU Air Diapers di gerai-gerai Hypermart dan kami sangat antusias untuk kesempatan kolaborasi bersama MAKUKU Indonesia berikutnya di kemudian hari.”

MAKUKU Air Diapers diformulasikan dengan struktur yang stabil hingga tidak mudah menggumpal dan membuat bayi beraktivitas dengan nyaman dan tidur nyenyak. Penyerapan yang merata membuat cairan yang masuk ke dalam popok cepat terserap, sehingga dapat melindungi pantat bayi dengan lebih baik. MAKUKU Air Diapers Slim menggunakan inti Super Absorbent Polymers (SAP) yang sangat tipis dengan ketebalan hanya 1,6 mm. Dengan desainnya yang sangat tipis tersebut, MAKUKU Air Diapers Slim dapat menampung hingga 600 ml.

MAKUKU Air Diapers Comfort tersedia di 104 gerai Hypermart sejak Agustus 2022. MAKUKU Air Diapers Slim tersedia di store Hero, terdiri dari pilihan ukuran Newborn hingga XL, dengan harga mulai dari Rp 77.000,00 hingga Rp 91.000,00.