Monday, October 27, 2025
Home Blog Page 778

Properti Dibawah Rp400 Juta Masih Jadi Primadona

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Retail & Property | Masa pemulihan bisnis properti terjadi sepanjang semester I/2022. Mulai Januari hingga Juni 2022, data 99 Group mencatat fluktuasi minat kepemilikan properti yang terus membaik. Tercatat lokasi populer seperti Jakarta Selatan yang masih jadi incaran konsumen, dengan Tangerang dan Bandung sebagai area paling diminati di luar DKI Jakarta. Demikian paparan dalam acara Property Market Review 2022: Evolving Real Estate Landscape.

Beranjak ke tipe dan harga properti yang diminati juga menunjukan tren menarik selama dua kuartal 2022 hingga Juli kemarin. “Meskipun rumah tapak masih jadi primadona pilihan masyarakat saat membeli properti, apartemen juga mulai menunjukan kenaikan tren pertumbuhan positif. Tipe properti ini bahkan mengalami kenaikan peminat yang sangat tinggi dibanding tahun sebelumnya. Kita juga melihat adanya potensi baru dari kenaikan permintaan tanah atau lahan yang semakin banyak dicari konsumen,” papar VP of Finance – Strategy and IR Role 99 Group Indonesia, Timothy Alamsyah.

Jabodetabek Diincar Lebih dari 60% Pencari Properti di Indonesia selama 2022

Demografi pasar pencari properti turut memperlihatkan perubahan yang menarik. Sebagai daerah pusat ekonomi strategis, kawasan Jabodetabek masih keluar sebagai pilihan utama para pencari properti yang mencari rumah impian, berdasarkan indeks 99 Group yang berasal dari portal utamanya, yakni Rumah123.com. Berdasarkan statistik 99 Group pada semester I/2022, sebanyak 62% pengguna Rumah123.com mencari properti di kawasan Jabodetabek, dengan 31% di antaranya fokus di area Jakarta.

Baca juga: Ini Kendala Utama Masyarakat Berpenghasilan Rendah dan Tidak Tetap untuk Memiliki Rumah

Dari segi harga, properti dengan yang dipasarkan di bawah 400 juta sampai dengan 1 miliar rupiah masih menjadi yang paling diminati oleh lebih dari 40% konsumen saat ini. Tren unik juga terjadi untuk properti di kisaran harga Rp1-5 miliar yang mengalami pertumbuhan porsi minat.

“Walaupun properti 400 juta sampai 1 miliar masih mendominasi persentase kisaran harga yang paling diminati konsumen, kenaikan permintaan di rentang harga Rp1-5 miliar menjadi fenomena menarik. Banyak para pencari properti yang mulai melihat potensi investasi di hunian premium yang menjanjikan, khususnya selama pandemi yang membuat pasar tipe rumah ini sangat prospektif,” papar Timothy.

Selain harga, survei konsumen 99 Group membuktikan bahwa faktor lokasi dan fasilitas masih jadi prioritas utama konsumen saat membeli properti. Pembelian properti dengan metode kredit bank atau KPR masih jadi pilihan utama konsumen, dengan cash keras jadi alternatif lain yang cukup diminati. Berbanding lurus dengan data tersebut, potongan harga merupakan promosi yang paling diharapkan konsumen dari pengembang.

Pasar Properti
Property Market Review 2022: Evolving Real Estate Landscape.

Direktur MASGROUP, Suwandi Tio, menambahkan, untuk menarik perhatian konsumen, para pengembang bisa fokus untuk memberikan promo harga dan KPR, baik berupa diskon maupun cashback. “Sementara konsumen bisa memanfaatkan promo KPR dari developer yang bekerja sama dengan bank,” tuturnya.

Lebih lanjut Suwandi memaparkan strategi pemasaran digital yang turut diadopsi oleh para pebisnis properti, termasuk MASGROUP, guna menjangkau konsumen yang kini aktif mencari hunian secara online. Hal inilah yang juga melatari kerjasama antara MASGROUP dengan platform pencarian properti terkemuka seperti 99 Group untuk membantu meningkatkan kapasitas pemasaran produk hunian yang mereka hadirkan.

Secara umum kinerja pasar perumahan tahun 2021, jelas Ali Tranghanda relatif lebih baik dibandingkan tahun 2020, dengan kenaikan unit terjual 27,3% dan kenaikan nilai penjualan 69,0 persen.

Baca juga: GPA The People’s Choice Kombinasikan Penilaian Profesional dan Polling Konsumen l 

“Kita juga melihat prospek pertumbuhan yang sangat baik pada 2022, dengan recovery pasar properti yang stabil. Seperti yang diprediksi sebelumnya, bahwa kemungkinan pasar akan kembali ke segmen yang lebih ‘membumi’ dengan target end-user pada pergerakan pasar ke depan,” tegas CEO Indonesia Property Watch itu.

Ali juga menambahkan, nilai penjualan rumah di Jabodebek-Banten pada kuartal II/2022 mengalami kenaikan 17,8 persen. Torehan angka ini meningkat signifikan setelah dalam dua triwulan mengalami penurunan.

“Dengan dinamika pasar global yang secara tidak langsung dapat memengaruhi pasar properti Tanah Air, kita jadi harus selalu bersiap untuk bisa terus maju ke depan. Dibutuhkan kerja sama strategis antara pemerintah dan pihak swasta dalam merumuskan langkah-langkah yang tepat untuk bisa mendorong kemajuan sektor properti di Indonesia,” tutup Ali.

 

 

 

Langkah-Langkah Menyusun Strategi Social Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan 

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

strategi social media marketingDalam artikel ini Anda akan mengetahui langkah-langkah menyusun strategi social media marketing untuk meningkatkan penjualan dan mencapai tujuan bisnis

Marketing.co.id – Berita UMKM | Banyak pemilik usaha yang berpikir bahwa hal yang paling penting dalam social media marketing atau pemasaran melalui media social adalah membuat konten yang menjadi viral sehingga bisnis atau produk menjadi dikenal masyarakat.

Namun kenyataannya, ada banyak bisnis yang sangat sukses dalam membuat konten yang viral tetapi kesulitan mempertahankan bisnis dan berkompetisi di pasar. Di sisi lain, banyak juga perusahaan yang sangat sukses dalam menjalankan social media marketing tanpa menjadi viral memiliki jumlah pengikut yang banyak. Hal tersebut dikarenakan untuk mencapai tujuan bisnis diperlukan suatu strategi yang matang dan lebih dari sekadar konten yang viral.

Founder dan CEO PT Sribu Digital Kreatif (Sribu) Ryan Gondokusumo
Founder dan CEO PT Sribu Digital Kreatif (Sribu) Ryan Gondokusumo

Menurut Founder dan CEO PT Sribu Digital Kreatif (Sribu) Ryan Gondokusumo, setidaknya ada 3 aspek yang perlu dipahami dan diperhatikan sebelum menyusun strategi social media marketing. Yang pertama dan yang paling mendasar ialah memahami profil calon pembeli (target persona) dari produk atau layanan yang ditawarkan. Setelah mengetahui target persona, langkah selanjutnya adalah menentukan kanal-kanal media social yang hendak digunakan dan menyusun strategi konten agar sesuai dengan kanal yang dipilih.

Setelah memahami ketiga hal di atas, Anda dapat mulai menyusun strategi social media marketing. Dalam artikel ini, Ryan akan membagikan 4 langkah menyusun strategi social media marketing untuk meningkatkan penjualan dan mencapai tujuan bisnis.

Pahami 3 komponen utama social media marketing: mendengarkan, interaksi, dan konversi

Langkah awal dalam menyusun strategi social media adalah dengan memantau atau ‘mendengarkan’ percakapan di media social mengenai brand atau produk dan jasa yang ditawarkan. Berbekal informasi yang didapatkan ketika melakukan pemantauan, Anda dapat mendorong audiens untuk menuju langkah selanjutnya, yaitu interaksi atau melakukan engagement dengan audiens.

Untuk dapat  menjalin interaksi yang berkualitas dengan audiens, Anda perlu mencari tahu hal-hal yang  menarik minat dan ingin dikonsumsi audiens. Konten perlu dikemas dengan baik menggunakan cerita, audio dan visual yang menarik agar menyenangkan untuk dikonsumsi dan dapat  menyampaikan pesan dengan baik.

Selanjutnya, komponen terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah konversi. Upaya social media  marketing idealnya adalah untuk mendukung tujuan bisnis perusahaan, yaitu menjual produk atau jasa.  Untuk itu, Anda perlu memperhatikan agar konten yang dibuat tidak hanya menarik, namun juga  dapat menggugah aksi lebih lanjut, baik berupa kunjungan ke situs web atau marketplace, dan yang  terutama adalah untuk mendorong calon pembeli untuk bertransaksi.

Memilih kanal media sosial yang tepat dengan target bisnis. 

Setelah memahami ketiga komponen social media marketing di atas, maka langkah berikutnya yang  perlu dilakukan adalah memilih kanal media sosial yang sesuai dengan profil audiens. Anda  tidak perlu membuat akun dan melakukan upaya pemasaran di setiap kanal media sosial yang tersedia, namun dapat memilih secara strategis.

Untuk memilih kanal media sosial yang hendak dipilih, Anda dapat menanyakan hal-hal berikut:  Apakah target persona yang hendak dituju berpartisipasi dalam kanal ini? Bagaimana Anda akan menggunakan kanal ini? Apakah untuk tujuan ‘mendengarkan’, interaksi,  atau konversi? Jenis konten apa yang dikonsumsi pengguna kanal tersebut dan bagaimana mereka  mengonsumsinya?

Membuat konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan selera dan minat audiens yang hendak dituju.

Setelah memilih kanal yang akan digunakan, langkah berikutnya adalah membuat konten  yang berkualitas tinggi. Ketika membuat konten, sangat penting bagi Anda mencoba mengerti  sudut pandang audiens sehingga konten yang dibuat relevan dan dapat mendorong terjadinya interaksi  dan aksi lebih lanjut.

Memetakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di bidang pemasaran digital dan  pembuatan konten. 

Untuk dapat menyusun dan mengimplementasikan strategi social media marketing dengan efektif,  diperlukan SDM dengan keahlian yang sangat spesifik. Umumnya, ada dua cara yang dapat dilakukan  oleh Anda sebagai pemilik usaha untuk memenuhi kebutuhan SDM ini yaitu dengan memberdayakan karyawan tetap  atau mempekerjakan freelancer.

Saat ini semakin banyak pemilik usaha yang menggunakan jasa  freelancer karena memungkinkan mereka merekrut tenaga kerja dengan keterampilan dan jam  terbang yang tinggi dengan skema kerja yang lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

“Di Sribu, kami memiliki lebih dari seratus freelance social media marketer yang telah kami kurasi dan telah  membantu ratusan klien memasarkan bisnisnya melalui media sosial. Kami juga memiliki berbagai  pilihan paket jasa social media marketing secara end-to-end, mulai dari riset, penyusunan strategi,  pembuatan konten, penyusunan jadwal penerbitan konten, admin posting, dan bonus berupa budget  beriklan.”

“Dengan memberdayakan freelancer yang memiliki keahlian tinggi dan pengalaman di bidang social  media marketing, Anda dapat lebih berfokus dalam mengembangkan produk dan kualitas layanan  yang menjadi bisnis inti Anda,” tutup Ryan.

 

Harpelnas 2022: Memberi, Mengerti dan Mencintai Pelanggan

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Leonardi Djamaluddin, Group Head of Operations and Planning Youtap Indonesia. Foto: Dokumentasi Youtap Indonesia.

Lewat semangat memberi, mengerti dan mencintai, Youtap Indonesia menjadi salah satu brand aplikasi POS yang direkomendarikan pelanggan

Marketing.co.id – Berita Marketing | Hasil riset Qualtrics 2022 Global Consumer Trends menyebutkan bahwa hampir semua pelanggan di Indonesia (96%) tidak puas dengan layanan pelanggan yang mereka dapatkan di tahun 2021. Ketidakpuasan tersebut bisa merugikan perusahaan di Indonesia hingga USD 59 miliar pertahun.

Di sisi lain, salah satu perusahaan kecantikan terbesar dengan 100 cabang di seluruh Indonesia melaporkan pertumbuhan labanya naik hingga 228% di Q3 2021, karena keberhasilannya dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini membuktikan bahwa memberikan layanan pelanggan yang baik sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk melayani pelanggan sebaik mungkin demi menjaga kepuasan pelanggan yang semakin luas dan beragam. Terlebih, memiliki pelanggan yang loyal dan setia akan membuat perusahaan memiliki daya saing yang kuat di tengah ketatnya persaingan.

Youtap Indonesia adalah salah satu perusahaan yang sangat menyadari akan pentingnya menjaga kepuasan pelanggan. Untuk mewujudkannya, Youtap memposisikan diri sebagai teman bagi para pelanggannya.

“Sesuai dengan moto perusahaan ‘Mengerti, Memberi, Mencintai’, kami memposisikan diri sebagai teman bagi pelanggan,” ujar Group Head of Operations & Planning Youtap Indonesia Leonardi Djamaluddin.

Menurutnya, dengan mengerti kita bisa mengetahui berbagai kebutuhan pelanggan hingga akhirnya dapat menghadirkan (memberi) solusi yang tepat. “Sebagai solusi digital yang hadir menjawab kebutuhan pelaku usaha di berbagai sektor, kami tidak hanya ingin sekadar mempermudah pelanggan dalam berdagang, tapi juga sebagai teman yang secara proaktif mendampingi dan memberi dukungan penuh untuk berkembang,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, peran sebagai teman bagi pelanggan juga dilakukan lewat kehadiran berbagai layanan seperti adanya customer service 24 jam, melakukan pendekatan personal dengan rutin mengunjungi setiap merchant, member pelatihan khusus serta dukungan teknologi terkini.

Lewat usaha tersebut, para pelanggan dapat melihat bukti konkrit keseriusan Youtap dalam menghadirkan layanan terbaik. Dengan berbagai program khusus yang dijalankan banyak dari pelanggan yang akhirnya merekomendasikan solusi digital Youtap kepada rekan maupun temannya untuk membantu bisnisnya. Hubungan saling menguntungkan inilah yang membuat Youtap terus mencintai mereka dengan mengajak mereka terus maju dan berkembang melalui solusi digital.

Motto ‘Mengerti, Memberi, Mencintai’ terus menjadi dasar semangat para Tappers (sebutan untuk karyawan Youtap) dalam menjalankan pekerjaannya, karena bisnis Youtap secara tidak langsung dapat memberikan dampak pada sosial-ekonomi masyarakat luas terutama kelompok yang rentan (para pedagang kecil).

Di momen Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2022, ia berharap agar perwujudan visi Youtap menjadi solusi digital serba bisa yang dapat digunakan diberbagai jenis usaha dapat terus terlaksana. Hal ini tentunya bisa berjalan lewat semangat memberi, mengerti dan mencintai para pelanggan untuk menjadi solusi terbaik bagi para merchant Youtap.

“Ke depan, kami akan terus meningkatkan standar layanan serta terus berinovasi agar dapat menjawab kebutuhan dari setiap para pelaku usaha sehingga tercipta transformasi UMKM yang turut mendorong kebangkitan ekonomi di Indonesia,” pungkasnya. “Di Harpelnas ini, saya sekaligus berharap agar Youtap dapat terus melayani, memahami dan membantu semua pelanggan dan merchant kami dalam menjalankan kegiatan usahanya sehari hari.”

Segala upaya yang dilakukan Youtap Indonesia untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggannya berbuah manis. Hasil riset tatap muka yang dilakukan lembaga riset independen InsightAsia pada Januari 2022 terhadap 528 merchant di Jabodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya menyebutkan bahwa Youtap adalah salah satu brand aplikasi POS yang direkomendarikan dengan Net Promoter Score (NPS) sebesar 16%.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan aplikasi sejenis yang hanya mendapatkan nilai NPS 2%. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa Youtap telah menjadi sebuah brand yang dinilai mampu menjawab semua kebutuhan dari para penggunanya. Dan, semua itu berhasil diraih karena Youtap Indonesia memberi, mengerti dan mencintai pelanggannya. Selamat Hari Pelanggan 2022!

 

Hiburan untuk Jutaan Penumpang Kereta Setiap Hari

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Tech | PT. Teknologi Migo Indonesia bersama Surge mengumumkan kemitraan dalam menghadirkan film, serial, dan podcast pilihan Migo ke jutaan penumpang kereta api (23/08/2022).

Migo sendiri dikenal sebagai distributor konten digital terjangkau di Indonesia, sedangkan Surge adalah perusahaan konektivitas, media, dan hiburan terkemuka.

migo dan surge

Surge telah memiliki titik akses yang terletak dilebih dari 530 stasiun dan 80 rangkaian kereta, yang akan memberikan hiburan dalam perjalanan bagi jutaan penumpang kereta setiap hari.

Migo sendiri telah membangun jaringan yang kuat di lebih dari 1.400 Wargo (Warung Migo) yang mencakup populasi 25 juta orang Indonesia yang sering mengunjungi Wargo (Warung Migo) ini. Melalui Migo Download Stations (MDS), pengguna dapat dengan mudah mengakses konten premium dengan biaya terjangkau mulai dari Rp 1000/hari, tanpa memerlukan kuota, dengan pengalaman menonton berkualitas tinggi.

Melalui kemitraan baru ini, Migo akan menyebarkan MDS-nya bersama dengan titik akses Surge yang ada di 200+ stasiun dan 30+ rangkaian kereta pada tahun 2022. Kemitraan ini adalah untuk pertama kalinya Migo melakukan co-locating di lokasi angkutan massal, yang di harapkan dapat menggandakan cakupan populasi Migo dan membuka akses ke jenis-jenis hiburan dalam perjalanan lainnya (seperti dalam penerbangan, di kapal).

Surge akan memberi penggunanya konten hiburan digital berdurasi panjang seperti film dan serial, yang dikenal dengan bandwidth yang berat. Para komuter akan dapat dengan mudah menonton hiburan untuk lebih menikmati perjalanan sehari-hari mereka.

Founder Migo, Barrett Comiskey mengatakan, “Selain warung, menyebarkan akses melalui angkutan massal adalah langkah logis berikutnya untuk dapat mengintegrasikan ke dalam rutinitas sehari-hari masyarakat Indonesia.”

Barrett juga menambahkan, “Riset kami menunjukkan bahwa komuter kereta api memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk membayar konten digital premium. Maka mengingat hal itu dan mengingat matrix penetrasi kami saat ini, kami menargetkan 5 juta pelanggan yang diakuisisi dalam tahun pertama.”

Mengenai strategi Migo, Barrett berkomentar, “Kami sedang membangun jaringan kerjasama untuk meningkatkan ISP, telekomunikasi, perusahaan satelit, dan penyedia konektivitas internet lainnya seperti Surge, untuk membawa produk dan konten digital dari OTT ke masyarakat yang belum terjangkau.”

 

Kuncie, Platform Belajar Bisnis dan Pengembangan Skill

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

CEO Kuncie Mario Nicolas aplikasi edukasi kuncie

Dalam waktu dekat Kuncie akan meluncurkan kelas-kelas baru seperti NFT dan seputar Metaverse yang saat ini sedang booming

Marketing.co.id – Berita Digital | Lebih dari 1,7 juta sarjana baru lahir di Indonesia setiap tahunnya. Sayangnya, tak semua sarjana dibekali dengan skill kerja yang mumpuni sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Hal tersebut mengakibatkan munculnya barisan sarjana menganggur yang tak dapat masuk dunia kerja.

Akibatnya, angka pengangguran terus meningkat. Kondisi ini semakin parah dikarenakan efek pandemi Covid-19. Tahun 2021, angka pengangguran di Indonesia tercatat lebih dari 8 juta sarjana, angka tersebut meningkat 26,3% dibanding tahun 2020.

Kesenjangan keterampilan (skill gap) antara skill yang dibutuhkan perusahaan dengan skill yang dimiliki sarjana baru menjadi suatu masalah yang akhirnya melahirkan banyak perusahaan rintisan edutech. Salah satunya adalah aplikasi edukasi Kuncie yang diluncurkan Telkomsel tahun 2021.

Kuncie merupakan platform belajar bisnis dan mentoring pengembangan keterampilan kerja talenta-talenta di Indonesia dengan belajar langsung dari para expert di didangnya.  Melalui aplikasi Kuncie, talenta di Indonesia dapat mempelajari keterampilan-keterampilan baru maupun meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki dari para praktisi yang sudah terbukti sukses di bidangnya.

Menggandeng lebih dari 100 praktisi dan pakar dari segala bidang sebagai mentor, aplikasi Kuncie memiliki kelas untuk meningkatkan berbagai skill mulai dari career development, kursus keterampilan khusus, personal development, bisnis online hingga digital marketing dan manajemen keuangan.

Kelas-kelas di sini sangat cocok untuk para profesional, pebisnis, mahasiswa maupun pemula untuk meningkatkan keahlian dan bisnis melalui berbagai topik kelas yang bisa dikases secara online.

CEO Kuncie Mario Nicolas

CEO Kuncie Mario Nicolas kepada Marketingcoid menjelaskan bahwa saat ini aplikasi edukasi Kuncie telah diunduh lebih  dari 1 juta di Android dan memiliki 2 juta pengguna yang sudah terdaftar dengan lebih dari 1000 video pembelajaran. Target utama aplikasi Kuncie adalah para profesional seperti pekerja kantoran maupun freelancer di industri desain, di mana akhir tahun lalu Kuncie mengakuisisi Pixel Ninja, platform yang fokus pada konten desain.

“Kami mempersiapkan skill-skill yang dibutuhkan untuk masuk ke dunia kerja. Jadi, mereka yang cocok dengan kami adalah para mahasiswa, dan first jobber. Materi yang paling banyak diminati saat ini adalah Excel dan Powerpoint. Di luar itu, kami memiliki materi profesional menulis buku dengan mentor paling diminati Dewi Dee Lestari,” ujarnya.

Keunggulan dari aplikasi yang telah mendapat penghargaan Google Play Award 2021 ini adalah sesi mentoring dari para expert yang disesuaikan dengan permintaan, serta dapat terhubungnya pengguna secara personal dengan para mentor di seluruh platform untuk kebutuhan diskusi yang lebih intens.

Kerja sama dengan SBM Institute Teknologi Bandung luncurkan program Mini MBA 

Saat ini Kunci memiliki  program Mini MBA, kelas mini online pertama di Indonesia. Program Mini MBA merupakan online fast track untuk mempelajari lebih dalam tentang manajemen bisnis dan berfokus pada pengembangan bisnis. Bekerja sama dengan SBM ITB, ini merupakan cara paling tepat, cepat, dan hemat untuk belajar materi mendalam tentang administrasi bisnis yang dapat membantu mencapai skill tujuan karir serta meningkatkan skill profesional.

Mario mengklaim bahwa saat ini Kuncie merupakan satu-satunya edutech yang memiliki partnership dengan universitas top di Indonesia. Dibanderol Rp18 juta, program Mini MBA tahap pertama telah habis terjual dan saat ini tengah dibuka tahap kedua dan penjualannya dimulai minggu ini. “Kelasnya dimuali pertengahan September, hanya dalam waktu 11 minggu Anda akan mendapatkan pembelajaran setara MBA,” ujarnya.

Apakah belajar secara online akan menurun pasca pandemi?

Menurut Mario, saat ini trennya tetap digital tetapi ada interaksinya. Jadi, nggak hanya pasif duduk nonton materi, tapi ada materi dan kemudian mencatatnya. “Mereka ingin interaksi dengan para mentor. Ini tren yang kita lihat sekarang. Untuk fisik, justru orang mulai sadar saat pandemi kemarin, ternyata belajar secara online juga bisa. Jadi, jalan tengahnya adalah seperti kelas yang kita buka bersama ITB, mereka yang ingin ambil kelas ini yang tadinya harus ke Bandung sekarang bisa dilakukan full online dan interaksinya sama persis karena kita memfasilitasinya,” katanya.

Bagaimana merekrut pengguna, aplikasi kunci kan berbayar?

Meski memiliki kelas gratis, nyatanya semua materi yang ada di aplikasi Kuncie itu berbayar. Mario mengatakan, Kuncie memang dari awal menargetkan mereka yang ingin belajar secara profesional. Memang, Kuncie memiliki kelas gratis namun biasanya hanya satu pertemuan saja. Jika tertarik, mereka bisa lanjut untuk membayar kelas tersebut. Harga yang ditawarkan Kuncie mulai dari yang Rp100 ribuan hingga puluhan juta dengan waktu 4 sampai 11 minggu.

Menurut Mario, orang tak lagi melihat kelas berbayar itu sebagai pembelian namun sebagai investasi. Kelas-kelas yang ada di Kuncie pun lakunya di kalangan profesional. Contohnya kelas Powerpoint, Excel dan Data Science ketika mereka belajar, besoknya mereka bisa langsung aplikasikan di tempat kerja dan mereka bisa buktikan hasilnya kepada rekan kerja dan atasanya.

Contoh lainnya adalah kelas 3D desain yang saat ini lagi diminati pekerja di bidang advertising. Sekarang banyak anak digital agency yang belajar. Setelah menyelesaikan kelasnya mereka langsung minta naik gaji karena memiliki skill baru yang dibutuhkan perusahaan. Jadi, mereka melihatnya benar-benar sebagai investasi. Tujuan Kuncie adalah meningkatkan kemampuan dan mereka harus benar-benar belajar. Saat ini Kuncie sudah memiliki lebih dari 100 mentor dan akan terus bertambah.

Ke depannya Mario ingin menjangkau lebih banyak profesional, bukan hanya dari kalangan teknologi dan kreatif tapi juga mereka dari industri yang lebih tradisional. Untuk itu, Kuncie berencana memperbanyak kelas-kelas untuk para eksekutif dan memperdalam materi-materinya mengikuti perkembangan pasar.

“Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan kelas-kelas baru yang fokus kurikulumnya untuk para desainer, data science, NFT dan seputar Metaverse yang saat ini sedang booming,” pungkasnya.

Raup Keuntungan Tinggi, Bisnis Pet Shop Jadi Pilihan Usaha yang Menjanjikan

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Makin banyak saja kita temui orang yang suka memelihara hewan piaraan. Juga kita jumpai makin meningkat pula masyarakat yang punya kesadaran untuk memelihara dan menjaga kesehatan hewan peliharaan. Hal tersebut membuat bisnis pet shop meraup keuntungan yang cukup menjanjikan.

frontera pet indonesia 2022

Bila Anda adalah animal lovers, bukankah kesempatan mencoba bisnis pet shop semakin terlihat menarik? Anda bisa sambil menikmati pekerjaan Anda dan juga memperoleh keuntungan yang banyak dari bisnis pet shop.

Namun, mungkin masih banyak orang yang ragu untuk memulai bisnis pet shop yang harus membangun dari nol. Tapi tak perlu khawatir, karena terdapat solusi dari semua itu yaitu dengan memilih agen distributor yang tepat dan murah sehingga Anda bisa membuka retail dan juga grosir.

Frontera Pet Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kebutuhan hewan peliharaan menyebut, dengan hadirnya perusahaan distributor yang mengusung konsep “one stop shopping” bisa menjadi inovasi sekaligus solusi untuk masyarakat yang ingin membuka retail pet shop dan juga grosir.

CEO Frontera Pet Indonesia Bayu Wahyudi, mengatakan bahwa dengan memilih distributor yang menyediakan “one stop shopping” bisa menjadi pilihan masyarakat yang ingin terjun ke dunia bisnis, tanpa harus repot-repot mencari banyak distributor.

“Frontera Pet Indonesia sendiri adalah Importir sekaligus distributor yang menjadi “one stop stopping” dimana kami menyediakan semua kebutuhan hewan dengan harga relatif terjangkau dan juga pengiriman yang cepat,” tutur Bayu.

Frontera Pet Indonesia, menyediakan semua kebutuhan hewan peliharaan mulai dari produk makanan, vitamin, obat-obatan, dan accessoris. Frontera Pet Indonesia sendiri telah dipercaya mampu memenuhi kebutuhan pasar khususnya di pet shop dan poultry. Dan Frontera Pet Indonesia sudah mencapai omset yang signifikan. Bahkan, perusahaan ini juga sudah memiliki produk import sendiri yakni salah satunya produk Millet.

“Kami sudah support produk Millet yang telah tersebar untuk beberapa factory di Indonesia dan juga terdeploy cukup merata juga di Jawa Barat,” ungkap Christine, Marketing Frontera Pet Indonesia.

Tidak sampai di situ, Frontera yang sekaligus sebagai importir juga menyadari bahwa kini bisnis telah masuk ke industri modern, dimana segala sesuatunya serba harus serba cepat, instan, super komplit, murah, dan ongkir yang tidak memberatkan, sehingga perusahaan tersebut terus mengembangkan bisnisnya.

“Maka dari itu, perusahaan kami berkomitmen dimana barang yang dipesan hari ini akan dikirim langsung keesokan harinya dan juga menjadi agen distributor dengan harga yang sangat terjangkau,” kata Christine.

Oleh karena itu, untuk menunjang semua kebutuhan, Frontera menambah unit armada setiap bulannya dan membuka gudang baru, sehingga kebutuhan mitra Frontera Pet Indonesia dapat terpenuhi tanpa harus menunggu lama dan selalu ready stock.

“Bahkan, para mitra khususnya di Jawa Barat juga tidak perlu repot-repot datang ke gudang Frontera karena dari tim Frontera Pet Indonesia yang akan berkeliling di seluruh wilayah Jawa barat untuk collect order kepada setiap mitra dan calon mitra selanjutnya, dan marketing area kami ini akan rutin mengunjunginya,” ungkapnya.

Frontera Pet Indonesia juga mengembangkan jaringan toko offline yaitu Frontera Pet Mart dengan mengusung konsep modern yang berlokasi di Bandung. Adapun toko online-nya, dapat kalian kunjungi ke Official Instagram-nya di @fronterapetindonesia maupun di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

 

Resmi Hadir, Nanovest Perkenalkan Fitur & Layanan Terbaru

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.idBerita Digital | Nanovest dibawah naungan PT Tumbuh Bersama Nano, resmi memperkenalkan diri sebagai platform investasi aset digital karya anak bangsa, dengan menggelar acara Grand Launching Nanovest di Uluwatu, Bali. Bersamaan dengan peluncurannya, Nanovest juga memperkenalkan beberapa fitur dan layanan terbaru sehingga dapat meningkat kemudahan dan kenyamanan pengguna saat melakukan transaksi investasi.

Nanovest

Chief Operating Officer Nanovest, Billy Suryajaya mengatakan, bahwa alasan kuat meluncurkan Nanovest secara resmi di Indonesia seiring dengan perkembangan jaman. Dimana, merasa bahwa menciptakan ruang investasi aset digital yang aman, nyaman dan mudah adalah misi utama Nanovest.

“Kami juga berkomitmen secara kontinu untuk melakukan rangkaian edukasi seputar benefit berinvestasi di Nanovest dengan harapan setiap orang dapat memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan keuntungan. Melalui Nanovest, kami ingin menjadi platform yang bisa mempermudah masyarakat Indonesia untuk berinvestasi,” papar dia.

Hingga saat ini, Nanovest sudah memiliki beberapa fitur dan layanan unggulan, seperti transaksi jual beli di lebih dari 2000 aset digital mulai dari 5 ribu rupiah, proses registrasi yang cepat dengan KYC (Know Your Customer) dibawah 1 menit, penarikan dana instan serta layanan P2P transfer yang memudahkan pengguna untuk mengirimkan atau menerima saldo dari sesama pengguna aplikasi Nanovest.

Selain itu, ada NBT Staking, dimana pemilik NBT dapat mengunci (lock) sejumlah NBT mereka dalam jangka panjang untuk mendapatkan jumlah NBT lebih serta Nanolympic, kompetisi trading berhadiah total 5 miliar dengan mengajak para investor baru memulai investasi aset digital di Nanovest.

“Nanovest merupakan platform investasi aset digital yang diharapkan mampu mendorong lahirnya para investor baru, terutama dari kalangan milenial. Nanovest sangat tepat digunakan bagi para investor pemula. Mulai dari Rp 5 ribu, pengguna sudah bisa berinvestasi aset digital yang beragam,” imbuh Billy.

Dari sudut pandang perusahaan, lanjut Billy, Indonesia sebenarnya memiliki potensi pasar aset digital yang sangat tinggi. Berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) per Juni 2022, pengguna aset kripto di Indonesia baru berjumlah 15,1 juta.

“Jumlah pengguna aset kripto di Indonesia, menurut Bappebti, baru sekitar 15,1 juta. Artinya, belum sampai 6 persen dari jumlah populasi Indonesia yang melebihi 275 juta. Kita rasa, potensi pertumbuhannya sangat tinggi sekali,” lanjut Billy.

Hal ini juga selaras dengan laporan dari Financial Times yang menyebut Bali sebagai salah satu tempat di Indonesia yang menjadi tujuan utama bagi para penggemar kripto dunia. Maka, tidak mengherankan bila banyak pengguna kripto berbondong-bondong datang ke Bali, untuk mendapatkan pengalaman lebih terkait aset digital. Hal ini menjadikan alasan kuat peluncuran Nanovest dilakukan di Bali.

Nanovest juga meluncurkan berbagai fitur terbaru yang memberikan pengalaman terpersonalisasi kepada pengguna untuk mengkreasikan avatar saat berinvestasi. Selain itu, para pemilik NBT bisa mendapatkan nilai tambah dan keuntungan spesial ketika melakukan staking melalui aplikasi, yang disebut sebagai Nano+. Nanovest juga sukses mengadakan kompetisi bertajuk NanoRace dengan total hadiah lebih dari 20 miliar.

Meski merupakan platform yang terbilang masih baru, menariknya Nanovest merupakan perusahaan asli Indonesia di bawah naungan PT. Tumbuh Bersama Nano. PT Tumbuh Bersama Nano adalah perusahaan yang 100% kepemilikannya adalah perusahaan lokal dan berkantor di Sudirman, Jakarta Selatan.

Saat ini, jumlah pengguna aplikasi Nanovest sudah mencapai 2,5 juta. Aplikasinya sendiri bisa diunduh melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Sedangkan di media sosial, Nanovest telah diikuti oleh lebih dari 33,4 ribu di Instagram; 11,8 ribu di Twitter; 17,7 ribu di TikTok, dan lebih dari 30 ribu di Telegram.

FFI Meluncurkan Kampanye #JagaDiriKiniDanNanti

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | PT Frisian Flag Indonesia (FFI) meluncurkan kampanye #JagaDiriKiniDanNanti untuk mengajak seluruh anggota keluarga Indonesia agar senantiasa menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat melalui rutin minum susu di pagi hari sebagai bagian dari pola gizi seimbang serta aktif bergerak setiap hari.

Frisian Flag Indonesia

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan FKM Universitas Indonesia, Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc, Ph.D menjelaskan, bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi fungsi sistem daya tahan tubuh, salah satunya adalah asupan bergizi, korelasinya bahkan cukup signifikan antara sistem kekebalan dan gizi ini. Pemenuhan gizi yang seimbang, cukup  serta optimal mendukung terbentuknya fungsi sel imun atau memperkuat daya tahan tubuh yang tidak hanya memungkinkan mereka untuk memulai respon efektif terhadap berbagai paparan atau serangan patogen tetapi juga menghasilkan proses pemulihan  cepat untuk menghindari peradangan lainnya.

“Susu sebagai bagian dari gizi seimbang merupakan sumber makanan yang kaya akan zat gizi penting baik untuk tumbuh kembang maupun daya tahan tubuh. Berbagai zat gizi makro maupun mikro, vitamin dan mineral terkandung dalam susu. Tidak hanya salah satu sumber protein hewani terbaik seperti asam amino esensial, tapi Vitamin A, dan D3 yang terkandung dalam susu berfungsi untuk mendukung perlindungan tubuh dari kerusakan sel serta efektif melawan paparan atau infeksi,” ujar dia.

Melihat kebutuhan tersebut, selain menyediakan  rangkaian susu FRISIAN FLAG UHT yang mengandung semua makro dan mikro nutrien termasuk Protein, 8 sumber vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12) serta 3 Mineral (Kalsium, Fosfor dan Iodium), FFI juga berinisiatif untuk memberikan edukasi dan mengajak keluarga Indonesia menjaga gizi dari kini sampai nanti sebagai upaya untuk menjaga daya tahan tubuh dan bangkit kembali berkarya setelah masa pandemi.

Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro mengatakan, ”Kami telah hadir menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama 100 tahun, selain menghadirkan rangkaian produk susu yang berkualitas dan terjangkau, kami juga turut menyerukan pentingnya penerapan gaya hidup sehat dan aktif salah satunya melalui kampanye #JagaDiriKiniDanNanti.”

Kampanye ini adalah upaya untuk memperkuat komitmen menyediakan gizi lebih baik dan mengajak keluarga Indonesia untuk rutin mengkonsumsi susu di pagi hari. Meyakini bahwa susu mengandung banyak kebaikan, dan sebagai salah satu protein hewani terbaik, susu mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Untuk itu, dalam peluncuran kampanye kali ini dengan rangkaian HUT Jabar sekaligus HUT Kemerdekaan RI ke 77 kami juga ingin mengajak masyarakat bersama bangkit untuk bentuk Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras,” ujar dia.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyambut baik inisiatif FFI yang sejalan dengan fokus Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kesadaran akan pentingnya hidup sehat. “Untuk bisa hidup sehat, saya ingin menekankan beberapa hal yang bisa kita terapkan. Dimulai dengan mengutamakan sarapan pagi, kemudian aktif berolahraga setiap hari dimanapun kita berada dan jangan lupa minum susu agar daya tahan tubuh kuat di berbagai kondisi.”

Peluncuran Kampanye #JagaDiriKiniDanNanti dibuka bersamaan dengan HUT Jawa Barat ke 77, yang dilaksanakan di Gedung Sate, Bandung. Dibuka resmi oleh Gubernur Jawa Barat serta dihadiri oleh puluhan ribu warga kota Bandung yang ikut mendeklarasikan diri untuk tujuan yang sama, yaitu mulai kini sampai nanti akan menjaga daya tahan tubuh keluarga dengan cara rutin minum susu setiap pagi dan terapkan gaya hidup aktif.

Rangkaian produk susu FRISIAN FLAG® UHT yang bergizi dan berkualitas serta mudah dikonsumsi selain mengandung 8 vitamin dan 3 Mineral juga dilengkapi dengan logo “Pilihan Lebih Sehat” dari BPOM.

KADIN DKI Jakarta & Netzme Berkolaborasi Selenggarakan Djakarta Festival 2022

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id Berita Lifestyle I Dalam rangka meningkatkan perekonomian pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di DKI Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta menggelar event Djakarta Festival 2022 (DjakFest) di Parkir Timur Senayan.

Kadin Netzme

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta, Diana Dewi mengatakan, event DJakarta Festival 2022 merupakan komitmen kami bersama seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam mendorong bangkit dan pulihnya usaha IKM dan UMKM serta perekonomian di DKI Jakarta melalui kegiatan promosi produk-produk unggulan sekaligus membuka peluang bisnis bagi IKM dan UMKM.

Acara ini dimeriahkan oleh musik hiburan Andra and The Back Bone, Galba Lesmana, Black Stone Band, dan penampilan Kadin 5 wilayah kota. Selain itu ada aneka perlombaan, sajian kuliner, fashion show, handycraft, dan lainnya.

Kegiatan Djakarta Festival 2022 terinspirasi oleh Djakarta Fair yang dahulu di tahun 1968 dinisiasi oleh KADIN JAYA dan saat ini dikenal bernama Pekan Raya Jakarta. Kegiatan Djakarta Festival ini berkolaborasi dengan Dinas Parekraf, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas PPUKM DKI Jakarta untuk para IKM dan UMKM di Provinsi DKl Jakarta khususnya binaan KADIN DKI Jakarta, Dinas PPUKM DKI Jakarta serta Jakpreneur di Provinsi DKI Jakarta.

“Melalui kegiatan ini, KADIN DKI Jakarta juga melibatkan UMKM milik penyandang disabilitas. Pelibatan kelompok disabilitas ini merupakan wujud nyata komitmen kami untuk mendorong perkembangan UMKM milik disabilitas agar dapat sejajar dengan UMKM lainnya,” ujar Diana Dewi.

Ketua Penyelenggara Djakarta Festival 2022, Uchy Hardiman menambahkan, kegiatan ini merupakan gelaran perdana KADIN DKI Jakarta setelah pandemi berlalu. Acara ini merupakan bentuk kepedulian KADIN DKI Jakarta dan kolaborasi bersama dalam mengangkat kembali IKM dan UMKM DKI Jakarta, khususnya setelah dilanda pandemi Covid-19.

“Produk yang dipasarkan pada Djakarta Festival, antara lain tas bahan rajutan, kreasi dari batik tenun. Seluruh pelaku IKM dan UMKM yang mengikuti event ini mendapat stan (tenda, meja, kursi, listrik) secara gratis, tanpa dipungut biaya. Mendatang, acara ini dapat menjadi inspirasi serta menjadi cikal bakal pilot project untuk KADIN seluruh Indonesia,” terang Uchy.

Guna memberikan layanan digital bagi pelaku usaha dan pengunjung dalam event Djakfest, KADIN DKI Jakarta telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama penyediaan layanan digital dengan Perusahaan penyedia jasa solusi sistem pembayaran digital PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme). Penandatanganan perjanjian ini dilakukan oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta, Diana Dewi dengan Vicky G. Saputra, disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Koordinator Wakil Ketua Umum (WKU) I Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi, Yukki Nugrahawan.

Kolaborasi antara KADIN DKI Jakarta dan Netzme meliputi penyelenggarakan digitalisasi pada merchant pada DjakFest 2022 melalui sistem pembayaran berbasikan QRIS, monitoring secara digital transaksi serta monitoring secara digital pengunjung Djakarta Festival 2022. Seluruh aktivitas digital tersebut akan menggunakan sistem milik Netzme.

Sebagai informasi, Event Djakarta Festival (Djakfest) 2022 diikuti oleh 300 peserta/merchant IKM dan UMKM di bidang usaha kuliner, fashion, craft dan technopreneur dengan produk yang telah lolos kurasi dari pihak penyelenggara meliputi izin usaha, model kemasan, jumlah kapasitas produksi per hari, serta portfolio yang dimiliki. Dari total peserta/merchant yang mengikuti event ini, lebih dari 220 merchant tersebut sudah menggunakan sistem pembayaran melalui QRIS.

“Kadin DKI Jakarta mempunyai komitmen penuh terhadap pendampingan UMKM untuk terus naik kelas hingga bisa go digital, go global menembus pasar Ekspor. Kami berharap penyelenggaraan Djakarta Festival dapat berjalan dengan lancar, memberikan manfaat kepada peserta UMKM. dan membuat masyarakat bangga untuk menggunakan produk hasil karya anak bangsa,” tambah Diana.

CEO Netzme, Vicky G. Saputra mengatakan, kolaborasi ini merupakan wujud komitmen kami dalam turut serta mengembangkan potensi para merchant IKM dan UMKM di DKI Jakarta melalui pemanfaatan sistem pembayaran QRIS yang dikembangkan secara khusus untuk kepentingan seluruh merchant dan pengunjung DjakFest 2022.

“Selain itu, kolaborasi ini juga sebagai wujud dukungan kami atas upaya Pemerintah khususnya Bank Indonesia dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan serta digital masyarakat serta memperkuat pemulihan ekonomi pasca pandemi, khususnya UMKM di DKI Jakarta. Kampanye pemanfaatan QRIS yang selalu kami lakukan juga merupakan upaya kami dalam mendukung pencapaian target program 15 Juta Pengguna Baru QRIS yang digagas Bank Indonesia,” tutup Vicky.

 Aquagard ECO7, Semen Pelapis Anti Bocor Terbaru dari Aquaproof

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

semen pelapis Aquagard ECO7Aquagard ECO7 dengan EasyFlow Technology menghasilkan semen pelapis anti bocor yang pasti mudah dicampur, pasti mudah diaduk, pasti mudah disebar dan pasti kedap air

Marketing.co.id – Berita Properti | Pelapis anti bocor (waterproofing) tersedia dalam berbagai jenis, salah satunya adalah pelapis anti bocor 2 komponen berbahan semen yang cocok digunakan pada area basah dan rawan tergenang air.

Perbedaannya dengan cat pelapis anti bocor terutama dari jumlah komponennya, pelapis anti bocor berbahan semen memiliki 2 komponen yang terdiri dari komponen bubuk dan komponen cair yang perlu dicampurkan terlebih dahulu, kemudian dapat diaplikasikan dengan kuas ataupun rol seperti cara penggunaan pelapis anti bocor pada umumnya.

Apakah lebih sulit mengaplikasikan jenis pelapis anti bocor ini karena harus mencampur dua komponen? Tentu tidak dengan produk inovasi terbaru dari Aquaproof yaitu Aquagard ECO7. Semen pelapis anti bocor Aquagard ECO7 memberikan berbagai kemudahan untuk membantu proses aplikasi sehingga pengerjaan terasa lebih ringan dan dapat diselesaikan lebih cepat.

Menariknya produk ini diluncurkan dengan harga ekonomis. Product Manager PT. Adhi Cakra Utama Mulia Handi Wijaya mengatakan, Aquagard ECO7 hadir memenuhi kebutuhan aplikator maupun pemilik rumah yang mengalami kesulitan dalam pengaplikasian produk semen pelapis anti bocor. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan semen pelapis Aquagard ECO7, pengerjaan waterproofing untuk area basah dan tergenang air akan menjadi lebih efektif.

Dibandingkan produk sejenisnya, formula Aquagard ECO7 telah mendukung cara pengaplikasian menggunakan roskam (trowel) yang dapat mempercepat proses pengerjaan tentu dengan hasil kekedapan air yang optimal,” ujarnya.

semen pelapis Aquagard ECO7Dalam acara Contractor & Applicator Gathering yang diselenggarakan Aquaproof pada 25 Agustus 2022 lalu, Project Sales Manager PT. Adhi Cakra Utama Mulia Samudra Sinulingga memaparkan bahwa kebanyakan aplikator tidak menggunakan mixer listrik melainkan hanya sendok semen, dan peralatan minim tersebut harus bisa melakukan pencampuran dengan hasil yang homogen.

Selain itu, ketika melakukan pencampuran, komponen cair selalu habis dulu dibanding komponen bubuk. Jika aplikator tidak memiliki cadangan komponen cair maka ada kemungkinan ditambahkan air untuk mempermudah proses pengadukan. Tambahan air tersebut dapat menurunkan kualitas lapisan kedap air (waterproofing).

“Aquaproof memberikan solusinya melalui Aquagard ECO7 yang sudah pasti pas campurannya, pasti mudah diaduk, pasti mudah disebar dan pasti kedap air,” ungkapnya.

Semen pelapis anti bocor Aquagard ECO7 dipasarkan dalam kemasan 25 kg set, terdiri dari 20 kg komponen bubuk dan 5 kg komponen cair yang dapat digunakan untuk melapisi bidang seluas 10-12 meter persegi.

Setelah pencampuran kedua komponen Aquagard ECO7 secara merata, pengaplikasiannya dapat dilakukan 2 lapis menggunakan kuas, rol ataupun roskam (trowel). Cegah dan atasi masalah bocor dan rembes terutama pada area basah dan tergenang air seperti kamar mandi lantai atas, atap dak beton dan kolam renang dengan Aquagard ECO7 yang pasti menjadi andalan.

Saat ini, Aquagard ECO7 sudah tersedia di berbagai toko bangunan terdekat, modern outlet khusus bangunan atau melalui toko online Aquaproof Official dalam marketplace.

 

 

Bio Farma Berhasil Raih Sertifikat INDI 4.0 dari Kemenperin Berkat Digitalisasi Bidang Farmasi

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sertifikat INDI 4.0 sukses diraih oleh PT Bio Farma (Persero) dan diterima pada perhelatan Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian RI. Kemenperin memberikan nilai 3,00 level 3 dalam percepatan implementasi Industri 4.0 yang mendukung industri inklusi dan berkelanjutan.

Penyelenggaraan sertifikasi Kemenperin dilakukan BSKJI berkolaborasi dengan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) dan Nagayana Indonesia.

BIOFARMA
Direktur Transformasi & Digital Bio Farma, Soleh Ayubi (kedua dari kanan) menerima Sertifikat INDI 4.0 Level 3, diserahkan oleh Kepala Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Doddy Rahadi (kanan), didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian BUMN, Dody Widodo (ketiga dari kanan) dan Deputi Bidang SDM dan TI Kementerian BUMN, Tedi Bharata (kiri).

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Doddy Rahadi – Kepala Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) – didampingi Deputi Kementerian BUMN, Tedi Bharata dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian BUMN, Dody Widodo kepada Soleh Ayubi, Direktur Transformasi & Digital Bio Farma di Bidakara Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Soleh Ayubi dalam kesempatan tersebut mengatakan, “Penghargaan ini masih merupakan titik awal bagi Bio Farma, karena jika kita berbicara terkait industri 4.0 bahkan ada yang sudah mau masuk 5.0, itu kan dikonsolidasikan seluruh effort, dimonitor secara otomatis bahkan pengambilan keputusan juga semi otomatis.”

Menteri Perindustrian, diwakili Sekretaris Jenderal Kemenperin RI, Dody Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa telah dilakukan penandatangan MOU antara Menteri Perindustrian dan Menteri BUMN tentang pelaksanaan Asesmen Indonesia Industri 4.0 Readiness Index (INDI 4.0).

Penandatangan MOU tersebut merupakan wujud komitmen kuat pemerintah dalam melakukan akselerasi peta jalan making Indonesia 4.0. Sinergi dan kolaborasi antara Kementerian perindustrian dan Kementerian BUMN dalam mendukung pelaksanaan transformasi digital di perusahaan BUMN diyakini dapat mempercepat pencapaian aspirasi peta jalan 4.0, di mana Indonesia diharapkan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi 10 besar pada 2030 mendatang.

Perhelatan besar tahunan Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 ini juga menyajikan teknologi penopang transformasi digital yang digelar secara offline pada 24-25 Agustus di Bidakara Jakarta. Acara ini digelar sebagai wujud dukungan dalam percepatan implementasi Industri 4.0 yang mendukung industri inklusi dan berkelanjutan.

Bio Farma juga turut ambil peran dalam pameran dan konferensi yang menampilkan lebih dari 850 produk dan solusi teknologi terkini serta informasi terkait industri 4.0 tersebut.

“Tujuan Bio Farma turut berpartisipasi dalam exhibition ini, salah satunya yaitu ingin menyampaikan success story Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV). Saat kita mendistribusikan vaksin COVID-19, kita berhasil menggunakan teknologi Internet of Thing (IoT), sensor, kemudian juga tracking melalui Track and Trace untuk memastikan pengelolaan distribusi vaksin bisa berjalan lancar dan yang paling penting adalah kita bisa menjamin bahwa seluruh dosis yang kita kirimkan terjaga kualitasnya. Lebih dari 460 juta dosis yang kita kirimkan terjamin kualitasnya,” tutur Soleh Ayubi.

Bio Farma turut berpartisi dalam pameran ini dengan memperkenalan dua kategori inovasi terbaru yaitu kategori produk Business to Business yang terdiri dari SMDV dan Q100+. Q100+ merupakan digitalisasi di ranah manufaktur untuk menjaga integritas data meliputi ruang lingkup produksi, Quality Control (QC) dan Quality Assurance (QA).

Selain Q100+, juga ada Medbi, yang merupakan platform yang mempertemukan supply dan demand untuk produk farmasi sehingga platform ini sebagai marketplace yang menghubungkan retailer atau pelayanan kesehatan kepada distributor resmi sehingga produk yang didapatkan terjamin keasliannya.

Sementara kategori Business to Consumer yaitu Medevo, yang merupakan aplikasi telemedicine dengan fitur patient to doctor, doctor to doctor dan ada juga filter e-learning bagi dokter.

Tak sampai di situ, ada juga Medwell, aplikasi yang mengingatkan orang agar terhindar dari penyakit dengan memberikan notifikasi kepada pengguna mulai dari status kesehatan, pengingat minum obat, exercise dan istirahat yang cukup.

Semua aplikasi ini akan masuk ke fitur super apps yang bernama Mediverse (Medical Universe) yang akan menghubungkan pasien online ke klinik online maupun offline, memiliki jejaring klinik, lab dan rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

IDMC 2022: Konferensi Sales dan Marketing Terbesar di Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Indonesia Digital Marketing Conference 2022, konferensi sales dan marketing terbesar di Indonesia

Marketing.co.id – Berita Marketing | Banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan dalam membangun bisnis yang sukses. Misalnya, marketing, branding, finance, team, dan lainnya. Namun, era digital seperti sekarang ini membangun bisnis yang sukses kian menantang saja.

Betapa tidak, kita saat ini memasuki era baru dimana segala sesuatunya bergerak dengan begitu cepat. Strategi sales dan marketing yang kita anggap ampun sebelumnya tiba-tiba tidak berlaku lagi. Online dan hybrid pun menjadi hal yang normal dalam dunia bisnis saat ini.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital memang sangat digandrungi. Bukan hanya oleh anak-anak muda, namun juga pelaku bisnis dan marketer. Bisnis dan marketer ikut bertransformasi mengikuti pola digitalisasi.

Untuk menambah wawasan seputar sales dan marketing di ranah digital, Asosiasi Digital Marketing Indonesia dan Toffee Events kembali menggelar event tahunan Indonesia Digital Marketing Conference (IDMC) 2022.

Digelar selama 2 hari, Sabtu dan Minggu 27-28 Agustus 2022 secara live interactive online, konferensi sales dan marketing terbesar di Indonesia ini akan diikuti lebih dari 2000 peserta baik itu pemilik bisnis, tim marketing maupun mereka para pemburu pengetahuan.

IDMC 2022 menghadirkan 26 expert yang sangat terkenal dalam bidang sales dan marketing di Indonesia seperti Founder Gratyo Practical Business Coaching Coach Yohanes G. Pauly, Founder TDW Resources Tung Desem Waringin, Founder Toffeedev and Toffee Events Ryan Kristo Muljon, Founder Tribelio Denny Santoso dan masih banyak lagi. Mereka akan mengulas secara mendalam tentang bagaimana meningkatkan bisnis dan penjualan di era baru saat ini untuk menang dalam persaingan melalui kanal hybrid.

Tips Cari Cuan Lewat Konten Kuliner, Cocok untuk Konten Kreator Pemula

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

tips jadi vlogger, konten kreator pemulaMarketing.co.id – Berita UMKM | Di tengah perkembangan transformasi digital yang semakin pesat, profesi konten kreator sekarang semakin bertumbuh menjadi sebuah ladang penghasilan yang cukup menjanjikan. Tak ayal jika semakin banyak orang berlomba-lomba menekuni profesi satu ini, dengan membuat konten yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian warganet.

Salah satu jenis konten yang paling populer di kalangan warganet adalah konten kuliner. Tak heran jika banyak konten kreator yang memilih untuk fokus membuat konten menarik seputar kuliner.

Andre Sarwono, food vlogger terkenal asal Indonesia ini adalah salah satu contohnya. Sosok dibalik akun @makanterusss yang kini memiliki lebih dari 2,3 juta pengikut di Instagram ini, aktif membagikan konten ulasannya saat mencicipi berbagai jenis kuliner baik lokal maupun mancanegara.

Pria kelahiran Samarinda, 2 Januari 1997 ini mengawali karirnya sebagai food vlogger sejak tahun 2015. Berawal dari kecintaannya pada dunia kuliner, Andre mencoba peruntungannya dengan membuat konten ulasan dari makanan yang ia cicipi di blognya, makanterusss.com.

Kerja keras dan konsistensinya dalam membuat konten kuliner akhirnya berbuah manis. Visual kontennya yang selalu menggugah selera berhasil mengantarkan akun media sosial dan blog makanterusss menjadi salah satu top referensi para pecinta kuliner.

Setelah lebih dari tujuh tahun menekuni profesi sebagai food vlogger, Andre melihat bahwa perkembangan industri kuliner saat ini turut menghadirkan berbagai kemudahan bagi para konten kreator pemula yang juga ingin mengikuti jejaknya sebagai food vlogger.

“Di era digital sekarang ini, pekerjaan para food vlogger juga sangat terbantu dengan kehadiran layanan pesan antar makanan (food delivery). Tinggal pesan aja dari rumah, makanan bisa langsung diantar. Kita pun bisa jadi merasa lebih leluasa dan fokus saat proses pembuatan kontennya. Apalagi layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood misalnya selalu menyediakan banyak promo menarik buat para penggunanya. Promonya juga berguna banget buat para konten kreator, jadi kita bisa beli lebih banyak variasi kuliner dengan harga yang lebih hemat,” jelas Andre.

Guna membantu mendukung para konten kreator pemula yang juga ingin berkecimpung dalam industri kuliner, Andre menyiapkan lima tips jitu yang bisa dipraktekkan untuk mendapatkan cuan melalui konten kuliner:

Jadi diri sendiri dan utamakan orisinalitas

Pada dasarnya, setiap individu memiliki karakter dan gaya yang berbeda-beda. Itulah mengapa Andre percaya bahwa menjadi diri sendiri adalah kunci utama saat ingin mulai membangun branding sebagai konten kreator di media sosial. Kenali karakter diri sendiri agar dapat menciptakan persona diri yang unik dan berbeda. Berusahalah untuk selalu utamakan orisinalitas diri, tidak meniru gaya orang lain. Jangan sampai karya yang sudah dibuat justru tidak diapresiasi karena dianggap copycat.

Lakukan riset dan perkaya referensi

Perputaran tren di media sosial terjadi dengan sangat dinamis. Pastikan agar melakukan riset mendalam tentang tren yang sedang berkembang, sehingga Anda dapat membuat konten yang relevan bagi para audiens yang mau disasar. Selain memantau perkembangan tren, Anda juga bisa perkaya diri dengan mencari referensi dari para food vlogger lainnya untuk mendapatkan inspirasi dan mendorong kreativitas.

Manfaatkan promo layanan pesan antar makanan 

Sebagai konten kreator pemula, Anda dapat memanfaatkan promo yang ada di layanan pesan antar makanan, seperti ShopeeFood, yang selalu punya berbagai penawaran menarik. Contohnya, pada tanggal 28-30 Agustus 2022 ini, ShopeeFood akan mengadakan kampanye ShopeeFood Day yang menyediakan beragam promo, seperti Diskon 100%, Gratis Ongkir Sepuasnya, hingga Promo Serba Gratis. Kampanye ShopeeFood Day akan selalu hadir selama tiga hari mulai dari tanggal 28 setiap bulannya. Jangan lupa catat tanggal-tanggal promo ShopeeFood ini agar bisa lebih hemat saat harus membeli banyak makanan untuk membuat konten, ya!

Beri perhatian khusus pada kualitas visual dan konten 

Konten kreator sangat bergantung pada tampilan dan kualitas konten yang ditampilkan. Saat membuat konten visual, pastikan agar kamu memperhatikan komposisi pengambilan gambar maupun video dengan baik. Selain visual, kamu juga harus mencoba menampilkan informasi konten yang menarik, informatif, dan pastinya jujur. Kejujuran dari setiap ulasan yang kamu berikan dapat turut menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas dari sisi audiens. Jadi, usahakan setiap konten yang kamu posting dapat menarik perhatian audiens dan pastikan informasinya dapat dipertanggungjawabkan, ya!

Konsisten dalam membuat konten dan terus belajar 

Membangun citra sebagai konten kreator memang tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Butuh konsistensi dan keseriusan untuk terus melakukan inovasi dalam pembuatan konten. Kuncinya jangan pernah menyerah untuk terus belajar meningkatkan kualitas konten dan juga keahlian diri sendiri. Percaya pada prosesnya karena kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Itulah lima tips jitu dari Andre Sarwono yang bisa coba diterapkan oleh para konten kreator pemula yang ingin menjadi food vlogger.

 

 

Ambisi Gree Menjadi Brand AC Komersial No. 1 di Pasar Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Meski team bisnis komersial baru terbentuk 5 tahun lalu, Gree Indonesia yakin dan mampu dalam waktu dekat akan menjadi merek AC komersial No. 1 di pasar IndonesiaMeski team bisnis komersial baru terbentuk 5 tahun lalu, Gree Indonesia  yakin dan mampu dalam waktu dekat akan menjadi brand AC komersial No. 1 di pasar Indonesia

Marketing.co.id – Berita Marketing | Persaingan di pasar pendingin udara AC memang sangat ketat. Saat ini banyak sekali merek AC yang beredar di luar sana, baik dari Jepang, Korea, maupun Cina.

Mereka berlomba-lomba menggoda konsumen untuk menguasai pasar. Banyaknya brand AC yang beredar tentunya sangat menguntungkan konsumen karena semakin banyak pilihan AC yang bisa dibeli.

Dalam beberapa tahun terakhir permintaan produk AC meningkat tajam seiring dengan tren bekerja dari rumah (WFH) selama pandemi Covid-19. Data Gabungan Elektronika (Gabel) menyebutkan bahwa permintaan AC di Indonesia diproyeksikan mencapai 2 juta unit per tahun. Segmen pasar AC sendiri terbagi menjadi dua, yakni segmen komersial (korporat) dan segmen ritel (rumah tangga).

Baca Juga: Perkuat Pangsa Pasar, FLIFE Luncurkan 4 Kategoru Produk Baru

Menurut pengakuan Gree Electric Appliances Indonesia, penjualan AC merek Gree di segmen ritel trennya terus meningkat. Komposisinya 20% komersial dan 80% ritel. Namun, dalam 2 tahun terakhir pasar komersial Gree meningkat menjadi 35% dan 65% ritel. Melihat tren positif tersebut Gree pun berambisi untuk terus mengembangkan pasarnya.

Salah satu upaya Gree untuk memperkuat kehadirannya di pasar AC Indonesia adalah dengan merilis 2 seri AC wall-mounted tipe deluxe inverter. Di antaranya, produk unggulan AC deluxe inverter FreAir yang memiliki fungsi penjernih udara yang dilengkapi dengan sistem Fresh Air yaitu sirkulasi udara dua arah yang sudah difilterisasi dari debu,  bau tak sedap yang ada di dalam ruangan ke luar ruangan, disaat satu tarik satu lepas ini merealisasikan pertukaran udara segar di dalam ruangan sehingga memberikan konsumen udara yang murni.

Produk FreAir ini juga dilengkapi dengan sensor kualitas udara yang dapat mendeteksi kadar karbon dioksida dan kualitas udara dalam ruangan. Produk FreAir juga memiliki teknologi terdepan di industri seperti  Smart Cleaner, Light smart sensor, raja watt rendah 75 watt dan ini merupakan produk AC sehat yang harus dipilih oleh orang – orang kelas atas.

Baca Juga: Industri HVAC Berkembang Pesat, Gree Indonesia Fokus di 4 Kota

Selain produk FreAir, Gree Indonesia juga meluncurkan AC Inverter F5 yang diklaim sebagai AC deluxe inverter yang paling hemat biaya. AC Inverter F5 memiliki fitur turbo pada unit indoor sehingga dapat mendinginkan ruangan hanya dalam 2 menit saja.

Bukan itu saja, AC Inverter F5 juga memiliki fitur mode super hemat energi dimana dengan menekan sekali tombol hemat energi akan menghemat 30% dan menekan tombol hemat energi 2 kali akan menghemat 50%. Sebelumnya, AC ini telah memiliki fitur smart cleaner, easy removal, super senyap 19 dB dan outdoor yang tahan korosi yang menonjolkan kelebihan produk ini sebagai “AC terlaris”.

Vice President PT. Gree Electric Appliances Indonesia Will Wen mengatakan, dengan teknologi unik yang dipatenkan dan kekuatan penelitian ilmiah, Gree Indonesia tidak hanya dapat membuat AC inverter hemat energi dan ramah lingkungan, tetapi juga membuat AC inverter yang memiliki kapasitas pendinginan yang kuat, dengan karakteristik kesehatan, daya tahan, dan perawatan yang mudah.

“Tingkat penetrasi AC inverter di pasar Indonesia masih sangat rendah sehingga Gree Indonesia merilis dua seri dengan 7 ukuran produk AC inverter agar dapat memimpin perubahan pasar AC Indonesia. Sehingga, jumlah konsumen Indonesia yang sangat besar bisa mendapatkan pengalaman hidup yang lebih baik dari penggunaan AC inverter hemat daya Gree,” ujarnya dalam acara Product Launch 2022, di Pullman Jakarta Central Park, Kamis (25/8).

Sementara itu, CEO Gree Indonesia Ethan Wu menjelaskan bahwa produk Multi VRF Gree GMV banyak digemari pemilik projek dalam dua tahun terakhir, antara lain Rumah Sakit TZU CHI PIK, Apartemen TOKYO RIVERSIDE, GOLF ISLAND PIK 2, SATORIA TOWER Surabaya dan masih banyak proyek besar lainnya yang menggunakan sistem Multi VRF Gree GMV sistem untuk AC komersial mereka.

“Meskipun team bisnis komersial kami baru terbentuk 5 tahun lalu, Gree merupakan pendatang baru di pasar AC komersial Indonesia, tetapi dengan produk terbaik kami dan tim dengan filosofi kerja ‘kepuasan pelanggan adalah yang pertama’, kami yakin dan mampu dalam waktu dekat, ini akan menjadi merek AC komersial No. 1 di pasar Indonesia,” ungkap Ethan Wu penuh optimis.

Sebagai produsen AC nomor satu di dunia berdasarkan penjualan, Gree tidak hanya memiliki lini produk yang kaya dalam produk AC residensial, tetapi juga unik di bidang AC komersial. Bahkan, beberapa teknologi yang dimilikinya telah dipatenkan.

Beberapa waktu lalu, Gree terpilih sebagai merek AC No. 1 di dunia pada tahun 2021 oleh EUROMONITOR INTERNATIONAL, sebuah lembaga riset strategi pasar yang terkenal di dunia. Dalam laporan “China Central Air Conditioning Industry Research Report” yang baru dirilis juga menunjukkan bahwa pada paruh pertama tahun 2022, AC komersial Gree menduduki peringkat pertama dalam pangsa pasar. Hingga saat ini, AC komersial Gree telah menduduki peringkat pertama di pasar China selama 10 tahun berturut-turut menurut laporan tersebut.