Tuesday, October 28, 2025
Home Blog Page 777

Raih Pendanaan Rp900 Miliar, Jet Commerce Bakal Ekspansi ke Brazil dan Singapura

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Dana investasi ini akan digunakan untuk memperkuat infrastruktur ekosistem Jet Commerce, merekrut lebih banyak talenta lokal profesional, dan melakukan riset dan pengembangan teknologi.

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Perusahaan e-commerce enabler Jet Commerce secara resmi mengumumkan penyelesaian putaran pendanaan keduanya sebesar lebih dari US$60 juta, atau sekitar Rp900 miliar.

Putaran pendanaan Seri B ini dipimpin beberapa perusahaan modal ventura dunia, seperti Jinqiu Capital, Hidden Hill Capital, dan Zhejiang SilkRoad Fund. ATM Capital yang terlibat dalam putaran pendanaan Seri A lalu turut berpartisipasi kembali dalam seri ini, bersama Hui Capital dan investor lainnya.

Founder dan CEO Jet Commerce Group Oliver Yang mengatakan bahwa tambahan dana baru ini akan digunakan untuk memperkuat infrastruktur ekosistem Jet Commerce, merekrut lebih banyak talenta lokal profesional, melakukan riset dan pengembangan teknologi, serta memperkuat kemampuan perusahaan dalam melakukan inkubasi merek.

“Berkat struktur demografi Asia Tenggara yang berusia muda dan pesatnya laju penetrasi internet seluler, skala e-commerce di Asia Tenggara terus berkembang pesat dan prospek pasar pun diliputi optimisme, serta berpeluang untuk terus berlanjut. Kami percaya pendanaan dan dukungan dari para investor ini dapat semakin meningkatkan kapabilitas Jet Commerce dalam membantu para mitra brand kami menangkap peluang dari pesatnya pertumbuhan pasar e-commerce di Asia Tenggara,” lanjut Oliver.

Hal senada diungkapkan Chairman dan Managing Partner Hidden Hill Capital, Dongfang Hao, yang turut menyatakan optimismenya terhadap potensi sektor e-commerce di pasar – pasar berkembang seperti Asia Tenggara dan Amerika Latin.

“Kita dapat melihat dengan jelas bahwa seluruh pasar akan secara cepat beralih menuju online dan berfokus pada branding. Untuk itu, kami optimis layanan e-commerce menyeluruh seperti yang ditawarkan Jet Commerce akan semakin bernilai tinggi, terutama bagi brand yang ingin memenangkan pangsa pasar di emerging market,” ungkap Hao.

Ekspansi Bisnis dan Layanan

Berdiri di Indonesia pada tahun 2017, Jet Commerce telah berekspansi ke lima negara Asia lainnya seperti Thailand, Vietnam, Filipina, Cina, dan Malaysia dengan lebih dari 1.000 tenaga kerja.

Kini, perusahaan tengah mempersiapkan ekspansi selanjutnya ke dua negara lainnya yaitu Brazil dan Singapura. Guna semakin memperkuat bisnis regionalnya, pada tahun 2020 silam Jet Commerce pun membentuk grup perusahaan dan mendirikan kantor pusatnya di Hangzhou, Cina.

“Cina merupakan pusat e-commerce dunia dengan teknologi dan pola belanja online masyarakatnya yang sudah jauh lebih matang. Dengan berpusat di Cina, kami dapat memperluas jaringan dengan para pemimpin industri, dan belajar dari model bisnis mereka yang sudah terbukti kesuksesannya, untuk mendorong inovasi Jet Commerce selanjutnya,” jelas Oliver.

Selain memperluas jangkauannya ke berbagai negara lain, Jet Commerce pun terus memperkuat layanannya. Salah satunya adalah dengan menyediakan layanan baru berupa sistem omnichannel yang dimilikinya berkat kerja samanya dengan UPFOS, pada awal tahun ini. Dengan memanfaatkan sistem ini, Jet Commerce mampu meningkatkan efisiensi pengelolaan operasional bisnis e-commerce mitra brand-nya. Selain mampu menyederhanakan kompleksitas yang terjadi dalam operasi e-commerce, kini Jet Commerce mampu menangani lebih dari 100.000 pesanan per harinya berkat hadirnya sistem ini.

Lebih lanjut, pada Juli lalu, Jet Commerce meluncurkan layanan Live Commerce melalui unit bisnis terbarunya yang bernama Lumbalumba, serta meresmikan pusat live streaming miliknya yang berisikan 14 studio live streaming berfasilitas lengkap. Kehadiran layanan dan fasilitas baru ini merupakan upaya Jet Commerce untuk selalu tanggap dalam beradaptasi dengan perubahan, dengan mengadopsi tren live shopping yang tengah berkembang pesat di industri e-commerce dunia.

Pesawat Bergambar Pokemon Bakal Menghiasi Langit Singapura

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Peluncuran Pokémon Air Adventures bertujuan untuk mendorong wisatawan mancanegara berkunjung ke Singapura.Peluncuran Pokémon Air Adventures bertujuan untuk mendorong wisatawan mancanegara kembali berkunjung ke Singapura.

Marketing.co.id – Berita Marketing | The Pokémon Company (TPC) mengumumkan peluncuran Pokémon Air Adventures di Singapura, menandai proyek kerja sama strategis dengan maskapai Scoot Pte Ltd (Scoot) untuk pesawat Pikachu Jet TR, eksklusif di kawasan Singapura.

Kolaborasi ini menandai maskapai pertama ASEAN di luar Jepang yang meluncurkan pengalaman penerbangan bertema Pokémon yang unik. Seiring melonggarnya pembatasan perjalanan internasional, kerja sama ini bertujuan untuk membangkitkan industri penerbangan dan perjalanan, serta menghubungkan para pelancong melalui pengalaman penerbangan yang unik.

Pesawat Pikachu Jet TR mengawali fase pertama Pokémon Air Adventures dari TPC dengan tujuan untuk mendorong wisatawan mancanegara berkunjung ke Singapura. Kedua pihak mengumumkan livery Pikachu Jet TR pada press conference yang digelar di Changi Airport Singapura pada hari ini, (30/8).

Yang menarik adalah pesawat milik Scoot ini menampilkan gambar bertema Pokémon pada desain eksteriornya, dibuat khusus untuk Singapura. Pikachu Jet TR adalah pesawat Boeing 787-9 Dreamliner dengan kapasitas 375 kursi, yang penerbangan perdananya dijadwalkan pada 9 September ke Tokyo, Jepang.

Penumpang dapat mulai memesan perjalanan ke Singapura, Tokyo dan Seoul dengan penerbangan yang berangkat dua bulan sekali dari Changi Airport, Terminal 1. Harga tiket untuk satu kali perjalanan mulai dari S$333 untuk tujuan Tokyo dan S$231 untuk tujuan Seoul (termasuk pajak). Rute Pikachu Jet TR akan ditinjau secara berkala dan penumpang dapat mengecek informasi terbaru di website Scoot.

Menawarkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan inklusif, penumpang juga akan mendapatkan berbagai fasilitas penerbangan (inflight amenities) berdesain Pokémon, termasuk merchandise original seperti tote bag, lanyard, bucket hat dan miniatur model pesawat edisi kolektor yang mengenakan livery khusus Pokemon.

Semua layanan unik ini dapat dibeli melalui pemesanan tiket di website dan aplikasi mobile Scoot mulai 9 September dan pemesanan langsung di pesawat pada saat penerbangan perdana. Selain itu, pesawat Pikachu Jet TR juga menyuguhkan pilihan makanan khas Jepang untuk menambah pengalaman unik peluncuran Pikachu Jet TR ini.

Leslie Thing, CEO Scoot mengungkapkan, bersama dengan salah satu franchise utama di dunia, Scoot akan menyuguhkan pengalaman pelanggan yang luar biasa di Pikachu Jet TR melalui serangkaian inflight amenities, merchandise, makanan, dan aktivitas pelengkap. Hal ini menambah semangat bagi industri perjalanan yang masih belum pulih dari dampak pandemi Covid, dan Scoot berharap ini juga turut membantu membangkitkan kembali semangat perjalanan dan petualangan.

“Kami senang dan bersyukur dapat menjadi maskapai ASEAN pertama yang bekerja sama dengan The Pokémon Company untuk menghubungkan pelanggan di seluruh jaringan kami dengan Pikachu Jet TR,” ungkapnya.

Setelah peluncuran pesawat Pikachu Jet TR, perayaan Pikachu Weekend akan digelar di Singapura pada 18-20 November sebagai bagian dari kelanjutan dukungan TPC untuk perjalanan internasional dan ekonomi pariwisata Singapura. Ajang tersebut akan menampilkan pertunjukan malam di Marina Bay, berdampingan dengan event Pokémon GO, “Pokémon GO Safari Zone: Singapore”, yang akan berlangsung di Gardens by the Bay.

Selama periode 18-20 November, ajang “Pokémon GO Safari Zone: Singapore”, yang merupakan event khusus dari Pokémon GO akan ditawarkan ke seluruh Singapura. Pengguna dapat membeli tiket dan berpartisipasi di lokasi utama di Gardens by the Bay, di mana Maractus akan muncul di alam bebas. Untuk pertama kalinya di Pokémon GO, pengguna juga dapat menemukan Shiny Purrloin jika beruntung!

Tidak hanya itu, Pikachu berkaos ungu (Bunga), akan muncul di alam bebas mulai November 2022 selama setahun untuk merayakan acara ini. Para pelancong ke Singapura dapat mencoba keberuntungan mereka dan mencari Pikachu edisi eksklusif ini.

Susumu Fukunaga, Corporate Officer The Pokémon Company mengatakan, “Proyek The Pokémon Air Adventures bertujuan untuk menciptakan sesuatu yang spesial bagi komunitas kita selama masa yang tak menentu ini, menyediakan keseruan bagi semua orang melalui gaya khas Pokémon, dan bagi industri yang terdampak dengan situasi ini.

“Meski situasi pandemi masih belum dapat diprediksi, kami berharap event ini dapat menjadi katalis bagi orang-orang untuk memulai lagi perjalanan mereka setelah perbatasan dibuka kembali dan aktivitas kembali normal. Dengan proyek ini, kami berharap untuk berkontribusi terhadap infrastruktur industri pariwisata dan transportasi di berbagai wilayah, dan Pikachu Jet TR dapat menjadi simbol terhubungnya komunitas, serta membawa kebahagiaan bagi semua yang terlibat,” harapnya.

 

Kemkominfo Kembali Gelar Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2022 

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

 Kemkominfo Kembali Gelar Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2022 Marketing.co.id – Berita Digital | Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen Aptika Kemkominfo) kembali menyelenggarakan Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2022, bertajuk Indonesia Maju #MulaidariKamu.

Program ini merupakan sebuah upaya bahu-membahu para penggerak ekosistem startup digital Indonesia yang diinisiasi sejak 2016, dengan tujuan untuk berkontribusi menciptakan perubahan sekaligus menghadirkan solusi lewat teknologi digital. Program yang berfokus pada pengembangan talenta digital, mendorong terciptanya solusi digital dan membangun ekosistem startup ini dimulai dengan tahapan Ignition pada 27 Agustus 2022 di Jakarta.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny Gerard Plate mengungkapkan, “Melalui penyelenggaraan Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di tahun ke-7 ini, kami berharap dapat semakin memperkuat daya saing digital terutama dalam hal membangun talenta digital yang terampil, cekatan dan berwawasan dalam mengembangkan kewirausahaan sekaligus mempersiapkan mereka dalam memasuki era tech winter yang penuh tantangan.

Sejak tahun pertama diluncurkan, Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah berhasil memfasilitasi lebih dari 100.000 calon pendiri startup dan merintis lebih dari 1.400 startup yang melingkupi berbagai ragam industri. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat seiring dengan pelaksanaan program di tahun ke-7.

Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diawali dengan tahapan Ignition yang terbagi dalam tiga agenda utama, yakni tech conference di mana para early-founder dan calon startup founder akan mengikuti rangkaian kegiatan konferensi dan panel diskusi dengan ragam topik mengenai tren sekaligus tantangan seputar industri startup dan teknologi digital.

Kegiatan yang juga dihadirkan dalam format hybrid ini, memungkinkan bagi para pelaku startup dari seluruh Indonesia dan regulator dari industri terkait untuk membangun pemahaman dan tujuan bersama dalam mengadopsi teknologi terbaru yang dapat mendukung perkembangan startup digital yang inovatif dan berkelanjutan. 

Adapun dua agenda lainnya dari tahapan Ignition yaitu ecosystem networking yang membuka peluang bagi para pelaku startup untuk terhubung dengan stakeholder potensial secara eksklusif dan Demo Day di mana sepuluh early founders yang terpilih dari tahapan Hatch! by 1000 Startup Digital dapat mempresentasikan business model yang telah terkurasi di hadapan stakeholder.

Selain tahapan Ignition, Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital juga mencakup empat tahapan lainnya yaitu WorkshopHacksprintBootcamp, dan Hatch!. Rangkaian kegiatan ini akan memandu para peserta untuk mematangkan dan mengeksekusi ide, membangun tim, menguji produk hingga mengakselerasikan startup agar dapat membawa dampak nyata dan memberikan solusi terhadap permasalahan digital.

Koordinator Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Sonny Sudaryana menjelaskan, Program Gerakan 1000 Startup Digital 2022 difokuskan pada pemerataan jangkauan program dengan menyasar 17 hub dan mencakup 34 provinsi di Indonesia untuk dapat membentuk talenta digital yang berkualitas, mendorong terciptanya solusi digital untuk permasalahan lokal, dan membangun ekosistem startup digital yang kolaboratif

“Kami berupaya menghadirkan format program yang lebih fleksibel, yakni dengan menyediakan layanan aplikasi mobile 1000StartupDigital yang tersedia di Google Play dan Apple untuk memfasilitasi seluruh tahapan program ini secara online. Khusus untuk tahapan Ignition, kami optimis dapat menyebarkan semangat kolaborasi pemanfaatan teknologi digital di seluruh daerah di Indonesia. Kami menarget Ignition tahun ini akan dihadiri sekitar 400 peserta offline dan menjangkau lebih dari 20.000 peserta online dari seluruh Indonesia,” pungkas Sonny.

Menyadari pentingnya semangat kolaborasi bagi perkembangan ekosistem digital, Ditjen Aptika Kemkominfo juga menggandeng stakeholder dari ragam sektor untuk berpartisipasi dalam program ini, seperti VC (Venture Capitalist), startup Decacorn, Unicorn, Centaur ternama di Indonesiaregulator dan pelaku industri lainnya.

Keseluruhan tahapan Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2022 akan berlangsung selama delapan bulan, terhitung sejak Agustus 2022 hingga Maret 2023. Dalam prosesnya, para peserta akan dibimbing secara intensif oleh para mentor profesional, khususnya pada tahapan Bootcamp dan Hatch!. Tak hanya dari bidang digital, para mentor juga merupakan praktisi industri dari berbagai latar belakang dan keahlian. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 400 mentor dan 300 penggerak lokal yang tergabung dalam Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Untuk mengikuti program ini, calon peserta, baik perorangan maupun tim, dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi mobile 1000StartupDigital. Aplikasi yang diluncurkan pada 2021 tersebut ditujukan sebagai ruang bagi para peserta untuk saling terhubung dan berbagi pengetahuan serta pengalaman. Pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi di antaranya jadwal kegiatan, kelas daring, materi pembelajaran mandiri seperti video podcaste-book, artikel, hingga fitur mentorship.

 

EVOS Luna Juarai Free Fire Master League Ladies Series, Siap Melaju ke Ajang FFIM 2022 Fall

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & tech | EVOS Luna menasbihkan diri sebagai tim perempuan terbaik di kancah kompetitif Garena Free Fire Indonesia setelah menjadi juara Free Fire Master League Ladies Series.

EVOS Luna berhak mendapatkan tiket menuju babak Group Finals Free Fire Indonesia Masters 2022 Fall pada akhir September 2022 nanti.

evos luna
Penyerahan prize pool kepada EVOS Luna tim juara Free Fire Master League Ladies Series 28/08/2022.

Kemenangan EVOS Luna dipastikan setelah berhasil mengantongi 98 di Final Day yang digelar berbarengan dengan Opening Ceremony Free Fire Esports 2022 Fall pada Minggu (28/8/2022). Dengan demikian, EVOS Luna berhasil menduduki puncak klasemen FFML Ladies dengan total poin 927 poin, mengungguli Bigetron LUX dan Pandora X AAP di posisi kedua dan ketiga dengan total poin masing-masing 757 dan 754.

Sebagai juara pertama, EVOS Luna membawa pulang hadiah senilai Rp45.000.000. Sementara itu, di posisi kedua Bigetron LUX mendapatkan Rp20.000.000 dan Pandora X AAP di posisi ketiga mendapatkan Rp10.000.000.

“Salah satu kunci kemenangan kami adalah konsistensi, sejak awal kami ingin terus fokus untuk mempertahankan bahkan memperlebar gap points. Dengan strategi ini, EVOS Luna bisa mengalahkan perlawan sengit dari tim-tim lain,” ungkap EVOS Aletha, Kapten dari EVOS Luna. “Yang penting bagi kami adalah selalu percaya diri dengan diri sendiri, tidak takut, tetapi juga tetap respek kepada tim lawan,” tambahnya.

Penampilan menawan dari EVOS Luna tak terlepas dari penampilan apik dari EVOS Nune yang berhasil menorehkan 133 kills dan menjadi Predator FFML Ladies Series. Roster EVOS Luna lainnya, yakni EVOS Aletha, EVOS Moon, dan EVOS Merc juga tak kalah hebat karena mampu masuk ke dalam jajaran Top 5 Predator. Berkat performa keempatnya, EVOS Luna berhasil membukukan 486 kill sepanjang turnamen.

Dengan kemenangan ini, EVOS Luna, Bigetron LUX, dan Pandora X AAP akan mendapatkan tiket menuju Group Finals Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2022 Fall pada akhir September 2022. Nantinya para juara FFML Ladies Series ini akan berhadapan dengan lawan-lawan kuat dari FFML Season VI Divisi 1, FFML Season VI Divisi 2, dan tim-tim kuat lainnya dari tahapan Open Qualifiers.

Meski begitu, EVOS Luna tetap percaya diri dan yakin tim perempuan mampu membuktikan diri. Bahkan, tim ini juga sudah menyiapkan strategi drop zone yang baru untuk mengantisipasi perlawanan sengit dan memberikan kejutan di FFIM 2022 Fall. Sebagai bocoran, EVOS Aletha mengatakan mereka mungkin tidak akan lagi menggunakan Shipyard di Map Bermuda sebagai drop zone.

“Pindah drop zone akan menjadi salah satu strategi kami, karena kami harus menyesuaikan juga. Tetapi yang terpenting baik melawan tim laki-laki atau perempuan, kami harus selalu percaya dan yakin dengan tim kami. Tentu saja EVOS Luna berharap bisa tampil baik dan membawa hasil yang memuaskan di FFIM 2022 Fall nanti, kita lihat saja,” kata EVOS Aletha.

EVOS Luna juga turut mengapresiasi Garena Free Fire yang telah menyelenggarakan FFML Ladies Series sebagai wadah kompetisi bergengsi dan berjenjang bagi para players Free Fire perempuan. Turnamen ini memberikan kesempatan bagi para pemain perempuan untuk menunjukkan kualitas dan kemampuannya di panggung kompetitif esports Free Fire tanah air.

“Semoga kompetisi ini mampu menunjukkan bahwa tim-tim perempuan juga mampu bersaing dan memiliki kualitas yang sama hebatnya di kancah esports Free Fire Indonesia, bahkan dunia. Kami harap ke depannya, scene Free Fire esports ladies bisa berkembang lagi, dan bisa go internasional,” pungkas EVOS Aletha.

Meski tampil baik sepanjang kompetisi, laga Final Day sejatinya menjadi milik ECHO Natsuka PBX. Pada laga tersebut, tim ini berhasil mengungguli EVOS Luna dengan torehan total 99 poin dan 2 kali Booyah. Penampilan ini juga berhasil membawa ECHO Natsuka PBX naik peringkat ke peringkat 5 Overall Standing dengan total 595 poin.

Secara umum penampilan seluruh tim di Final Day FFML Ladies Series memberi cukup banyak kejutan. Tidak hanya menampilkan persaingan tim-tim papan atas, seperti Bigetron LUX, Pandora X AAP, ECHO Natsuka, VOIN SBO, dan MPX Asier, terlihat juga penampilan menawan dari tim papan bawah seperti Jeet Capital Sugarbaby yang berupaya mengamankan posisi untuk melaju ke FFIM 2022 Fall.

Nielsen Rilis 20 Pengiklan dengan Belanja Iklan Teratas di Asia Pasifik 

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

pengiklan dengan belanja iklan teratas jasa iklan google Murtafi DigitalMarketing.co.id – Berita Marketing | Nielsen merilis 20 pengiklan dan industri dengan belanja iklan teratas selama paruh pertama tahun 2022. Angka tersebut didapatkan dari seluruh media utama di sepuluh pasar Asia Pasifik dengan memanfaatkan Nielsen Ad Intel.

Head of Commercial and Growth Nielsen Asia-Pacific Arnaud Frade mengatakan, dalam lanskap media yang kompleks dan beragam saat ini, konsumen memiliki akses ke berbagai konten di banyak platform daripada sebelumnya. Untuk dapat bersaing dalam industri yang semakin kompetitif, bisnis memerlukan intelijen periklanan yang andal guna mengembangkan strategi media yang efisien dan membentuk keunikan dari pesaingnya.

“Menurut Nielsen’s ROI Report, diperlukan pengeluaran media sebesar 1% hingga 9% dari pendapatan agar brand tetap kompetitif. Penting bagi pemasar untuk menggunakan Nielsen Ad Intel agar mendapatkan intelijen berkualitas guna membedakan diri dari pesaing dan membuka jalan terbaik kedepannya bagi brand atau properti media mereka,” Frade menambahkan.

Peringkat yang dirilis ini memberikan sekilas gambaran tentang wawasan yang tersedia untuk meningkatkan strategi iklan pemasar. Nielsen menyoroti 20 pengiklan teratas dan 20 industri dengan belanja iklan teratas di sepuluh pasar Asia Pasifik yakni Australia, Anda, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, dan Thailand.

Nielsen Ad Intel mengungkap bahwa meskipun peringkat pengiklan bervariasi berdasarkan masing-masing pasar, namun pengiklan terbesar berada dalam kategori barang konsumen, ritel, komunikasi, dan makanan di seluruh pasar yang dilaporkan. Dalam peringkat industri, pemerintah di seluruh kawasan meningkatkan belanja iklan selama paruh pertama tahun ini.

Berikut 20 pengiklan dan industri dengan belanja iklan teratas di Asia Pasifik untuk semester pertama 2022

  • Unilever
  • Valorant
  • Mayora
  • Procter & Gamble
  • Wings Food
  • Indofood Indonesia
  • Nestle
  • Wings
  • Lazada Indonesia
  • Garena
  • GoJek
  • Santos jaya Abadi
  • Gudang Garam
  • Aqua Golden Missippi
  • Blibli.com
  • Tokopedia
  • PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk
  • Walt Disney
  • Tempo Scan Pacific
  • Ultra Sakti

Targetkan 5000 Kapal Per Tahun, Krakatau Internasional Port Bakal Gencar Promosi

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Direktur Keuangan dan SDM Krakatau International Port, Dazul HermanKrakatau Internasional Port menargetkan 5000 kapal per tahun untuk mengejar revenue Rp2 triliun. 

Marketing.co.id – Berita Marketing | Krakatau International Port melayani 1.000 kapal setiap tahun. Jumlah itu akan ditingkatkan menjadi 5.000 kapal per tahun. Direktur Keuangan dan SDM Krakatau International Port, Dazul Herman mengatakan, target melayani 5.000 kapal dalam setahun merupakan salah satu cara untuk bisa mengejar target revenue Rp 2 triliun dan laba bersih Rp 220 miliar di tahun 2022.

“Sampai hari ini, Krakatau International Port melayani 1.000 kapal per hari. Untuk bisa melayani 5.000 kapal tentu harus ada penambahan dermaga dan juga perbaikan fasilitas lainnya. Target goceng kapal itu harus diraih untuk bisa mengejar target revenue Rp 2 triliun,” kata Dazul dalam podcast Sofa Panas yang diselenggarakan oleh PT Krakatau Sarana Properti.

Lebih lanjut Dazul mengatakan, meningkatkan jumlah pelayanan kapal dari 1.000 menjadi 5.000 kapal per tahun bukan hal yang mustahil. Karena, selat Sunda setiap tahunnya dilalui oleh 50 ribu kapal per tahun. Kata Dazul, Krakatau International Port  hanya mengincar 10 persen dari jumlah tersebut.

“Karena masih banyak yang belum tahu keberadaan Krakatau International Port sehingga masih banyak kapal yang mengisi BBM atau bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok. Kami masih harus lebih sering lagi melakukan promosi agar keberadaan Krakatau International Port yang berada di bawah PT Krakatau Bandar Samudera semakin dikenal,” jelas Dazul.

Meski merupakan anak perusahaan dari PT Krakatau Steel, PT Krakatau Bandar Samudera adalah Badan Usaha Pelabuhan. Artinya, Pelabuhan Krakatau International Port terbuka untuk umum dan bukan hanya untuk anak perusahaan Krakatau Steel.

“Jenis pelabuhan itu ada tiga, pertama badan usaha Pelabuhan yang bisa melayani pihak ketiga. TUKS yaitu terminal untuk kebutuhan sendiri serta Tersus yaitu terminal khusus seperti untuk kebutuhan PLN. Krakatau International Port masuk kategori BUP yang artinya bisa melayani pihak ketiga. Selama ini masih banyak yang berpikir bahwa Krakatau International Port hanya untuk internal PT Krakatau Steel,” tambah Dazul.

Menurut Dazul, Krakatau International Port adalah pelabuhan curah terbesar di Indonesia. Barang curah yang biasa dibongkar muat antara lain batubara dan bijih besi yang merupakan bahan baku untuk baja. Kapasitas Krakatau International Port adalah 25 juta ton per tahun. Namun, hingga kini kapasitas yang terpakai baru 19 juta ton.

“Satu hari kami bisa melakukan bongkar muat 12 ribu ton. Jadi kalau ada kapal dengan muatan 60 ribu ton bisa dilakukan dalam lima hari. Kami punya crane yang bisa langsung masuk ke kapal, khusus untuk barang curah,” lanjut Dazul.

Saat ini PT Krakatau Bandar Samudera adalah anak perusahaan yang memberikan keuntungan terbesar untuk PT Krakatau Steel. PT KBS mempunyai empat anak perusahaan yaitu Krakatau Jasa Logistik yang mengurusi transportasi, Krakatau Jasa Samudera yang menghandle bongkar muat, Krakatau Samudera Solusi yang mengurusi hal-hal yang tidak bisa dihandle seperti limbah pengisian bahan bakar kapal dan juga kebutuhan kapal, dan yang akan dikembangkan yaitu Krakatau Crew Change yang menyiapkan personel untuk kapal.

Untuk mengembangkan pelabuhan, Krakatau International Port memerlukan pendanaan besar. Seperti BUMN lainnya, PT Krakatau Bandar Samudera biasanya meminta lembaga perbankan untuk membantu pembiayaan.

“Selama ini, perbankan biasanya tertarik untuk memberikan pembiayaan di sektor logistik. Karena bisnis logistik ini sudah jelas, mulai dari biaya yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan juga potensi keuntungannya. PT Krakatau Bandar Samudera bisa mencapai target pemasukan Rp2 triliun pada tahun ini,” pungkas Dajul optimis.

SUNterra Gandeng Sungrow dan Utomo SolaRUV Hadirkan Teknologi Inverter Terkuat di Dunia

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Tech | Pengguna sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Atap sudah mencapai angka 5.800 per bulan Juni 2022, meningkat 25 % dibanding tahun sebelumnya.

Demi memudahkan dan membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menerapkan eco lifestyle melalui penggunaan sistem energi surya, SUNterra saat ini telah menjadi mitra strategis Sungrow melalui kerja sama Utomo SolaRUV Partner. Pada Senin – 29 Agustus 2022, SUNterra melakukan kerjasama dengan Sungrow dan Utomo SolaRUV dalam menghadirkan  Teknologi Inverter pemasangan PLTS sebagai energi hijau.

sunterra

SUNterra saat ini menjadi pengguna pertama inverter seri premium terbaru dari Sungrow SG125CX-P2 yang dirancang untuk pengaplikasian sistem PLTS Atap pada segmen komersial industrial mampu menghadirkan hasil daya yang lebih tinggi, peningkatan keamanan, dan penggunaan yang lebih fleksibel. SG125CX-P2 memiliki teknologi Power Max canggih, fitur untuk melacak titik daya tertinggi secara akurat untuk memastikan sistem PV bekerja pada keadaan pembangkit listrik yang optimal secara konstan.

Sebagai distributor resmi dan pusat servis Sungrow di Indonesia, Utomo SolaRUV melalui perwakilannya menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), khususnya PLTS, baik di rooftop bangunan, lokasi perairan (floating PV), maupun lokasi bekas lahan tambang. Produk Utomo SolaRUV turut berkontribusi pada proyek EBT perusahaan nasional maupun showcase G20 di Bali khususnya di PLTS Terapung Muara Tukad dengan TKDN produksi Indonesia. Selain level industri, transisi energi melalui PLTS Atap juga perlu didorong penggunaannya pada level rumah tangga maupun komersial.

“Pada 2021, Indonesia membangun pembangkit tenaga surya dengan kapasitas sekitar 200 MW. Sebanyak 90 MW di antara proyek ini memakai inverter Sungrow. Kami siap menghadirkan teknologi PLTS terbaik berkualitas internasional. Energi listrik yang dikonversi menggunakan Inverter Sungrow mampu menghasilkan efisiensi hingga 99%, tahan terhadap suhu ekstrim dan telah diakreditasi di level internasional. Selain inverter, Sungrow juga mengembangkan teknologi PV Terapung (Floater PV) yang telah diaplikasikan pada proyek PLTS Terapung terbesar di dunia berkapasitas 40 MWp di Provinsi Anhui, Tiongkok.” ujar Anthony Utomo selaku Managing Director Utomo SolaRUV yang juga anggota B20 Indonesia Energy, Sustainability and Climate Task Force.

Fanda Soesilo selaku CEO SUNterra menambahkan, “Sebagai bagian dari Grup SUN, pengembang proyek PLTS skala rumah tangga, sosial, industri dan komersial nomor satu di Indonesia, kami menyambut antusias kerja sama strategis ini agar SUNterra dapat menyediakan layanan terintegrasi yang tepat guna melalui penggunaan teknologi yang reliabel bagi calon pelanggan SUNterra. Kami juga melihat Sungrow merupakan produsen kelas dunia yang bankability serta dukungan layanan after sales service lokal yang mumpuni, sehingga kerja sama strategis ini mampu memberikan kepastian kepada para pelanggan SUNterra dalam penyediaan kepastian teknologi terbaik, ketahanan cuaca dan pelayanan oleh SUNterra dalam melayani masyarakat Indonesia. Penggunaan Inverter Sungrow keluaran terbaru ini merupakan symbol kerja sama strategis antara SUNterra dengan Sungrow, dan akan segera kami gunakan di salah satu proyek SUNterra di klien komersial di daerah Cikarang.”

Dalam setiap proyeknya, SUNterra terus mengadaptasi sistem dan teknologi terkini. Tidak hanya melalui produk panel ataupun inverter canggih yang ditawarkan, SUNterra memiliki layanan berbasis Mobile Apps dimana pelanggan dapat melakukan pemantauan kinerja PLTS real-time dan dapat menghitung keuntungan penggunaan PLTS melalui Solar Calculator yang tersedia. Tidak hanya itu, SUNterra juga turut memperkenalkan metode pembayaran inovatif yang tidak membebani konsumen dengan biaya di awal, hal tersebut tentunya menjadi wujud komitmen untuk menghadirkan produk dan layanan terbaik kepada masyarakat untul kemudahan beralih ke energi surya.

Pada kesempatan ini, Sungrow melalui Utomo SolaRUV memberikan inverter string sebagai simbolisasi dimulainya jalinan kerja sama strategis antar Sungrow dan SUNterra.

Bang Jack Sulap Warung Kopi jadi Warung Serba Ada

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Rutin dengarkan masukan pelanggan, Bang Jack sukses temukan peluang bisnis yang lebih menjanjikan dengan menjadi Mitra Shopee. Yusuf Syarifudin – yang lebih dikenal sebagai Bang Jack, tak menyangka jika usaha warung kopi peninggalan almarhum adiknya di bilangan Menteng, Jakarta Pusat dapat menjadi peluang rezeki bagi keluarganya.

ShopeePay

Berkat saran dari banyak pelanggannya, dalam rentang satu tahun Bang Jack berhasil menambah lebih banyak varian produk di warung kopinya, termasuk berbagai produk digital yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya lewat layanan Mitra Shopee, sebuah aplikasi digital yang menawarkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan, hingga isi saldo ShopeePay, yang membantunya menarik lebih banyak pelanggan.

Bang Jack, yang sebelumnya sempat bekerja sebagai petugas cleaning service dan jasa service AC, tak menyangka bahwa ia juga mampu berwirausaha. Namun, berkat kemauan dan semangat pantang menyerah yang tinggi, pria berusia 42 tahun ini mencoba beberapa strategi agar bisa mengelola warung kopi sederhana tersebut secara maksimal.

Perkembangan usaha Bang Jack pun mulai dirasakan sejak ia rajin bertanya kepada para pelanggan dan tetangga tentang produk apa yang paling mereka butuhkan. Banyaknya permintaan untuk menyediakan berbagai produk digital seperti pulsa, paket data hingga token listrik pun semakin terjawab berkat pertemuannya dengan tim Mitra Shopee.

Bang Jack mengatakan, “Awalnya sempat ragu untuk berjualan menggunakan aplikasi dan handphone, karena saya tidak cukup pandai menggunakan teknologi. Namun, setelah beberapa kali diarahkan tim Mitra Shopee, ternyata aplikasinya mudah dioperasikan, varian produknya banyak dan yang paling membuat saya tertarik adalah harganya yang lebih murah dibanding lainnya. Selain itu, para tetangga yang banyak belum memiliki rekening bank pun semakin senang karena mereka bisa isi saldo ShopeePay dengan mudah dan tanpa biaya admin, serta bayar pesanan Shopee mereka di warkop saya tanpa harus jauh ke ATM. Semuanya lengkap tersedia di warkop saya berkat Mitra Shopee.”

Bang Jack percaya orang lain pun bisa menangkap peluang yang sama seperti dirinya, terlebih lagi dengan kemudahan teknologi dan akses internet saat ini. Untuk itu, ia membagikan langkah mudah yang tentunya bisa dilakukan orang lain untuk mengembangkan usahanya:

Amati sekitar, jeli dalam melihat peluang yang ada
Di era yang serba digital saat ini, semua orang bisa memaksimalkan teknologi yang ada untuk mencari peluang usaha tambahan. Seperti halnya Bang Jack yang berhasil menyulap warung kopinya menjadi warung serba ada. Kecermatannya dalam mendengar masukkan tetangga dan kebutuhan pelanggan di sekitarnya pun mampu membantunya untuk mendapat penghasilan tambahan dengan bermodalkan handphone dan aplikasi Mitra Shopee.

Fokus dalam mengembangkan usaha
Bang Jack percaya bahwa dalam berwirausaha, tidak boleh cepat berpuas diri. Harus selalu memotivasi diri untuk mengembangkan usaha tumbuh lebih besar lagi. Tentukan target yang harus dicapai setiap tahunnya, misalnya saja menambah varian produk dan layanan untuk pelanggan.

Bang Jack pun menyebutkan, bahwa dengan adanya layanan isi saldo ShopeePay dan pembayaran pesanan Shopee di Mitra Shopee, ia bisa menjangkau banyak pelanggan dari kalangan anak muda dan ibu-ibu di sekitarnya.

Aktif melakukan promosi
Tak hanya menambah varian produk, untuk bisa dikenal banyak pelanggan atau konsumen, harus memaksimalkan promosi agar semakin banyak masyarakat sekitar yang tahu tentang bisnis kita dan menarik minat mereka untuk menjadi pelanggan.

Dalam hal promosi, Bang Jack mengandalkan banner serta promosi dari mulut ke mulut. Banyaknya pengemudi ojek atau layanan pesan antar makanan online yang mampir ke warungnya pun menjadi sarana promosi ke lebih banyak pengemudi lainnya. Testimoni harga di warkop Bang Jack yang jauh lebih murah dan lengkap dibanding lainnya pun kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnisnya.

Bang Jack menyebutkan, bahwa Mitra Shopee telah memberikan kesempatan bagi masyarakat yang punya keterbatasan modal untuk mendapatkan peluang usaha dengan hanya bermodalkan teknologi dan kemauan yang kuat. “Saya ingin membuktikan bahwa dengan tidak menyerah dengan keadaan, maka bisa bertahan dan maju di ibukota. Yang terpenting adalah kemauan untuk lebih gigih mencoba berbagai peluang yang ada di hadapan kita,” tutup Bang Jack.

PINTU Jadi Sponsor Resmi Film “Mencuri Raden Saleh”

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU menjadi sponsor resmi film yang dibesut oleh Sutradara ternama Angga Dwimas Sasongko berjudul Mencuri Raden Saleh yang dibintangi oleh berbagai aktor dan aktris ternama Indonesia.

Pintu

Jeth Soetoyo, Founder & CEO PINTU mengungkapkan, ini bertujuan untuk membawa aset crypto kepada jutaan masyarakat Indonesia, salah satunya dituangkan melalui berbagai kolaborasi dengan banyak industri. Mulai dari industri makanan, e-sports, sepak bola, hingga yang terkini kerja sama di industri film dengan menjadi sponsor resmi film Mencuri Raden Saleh.

“Melalui kerja sama ini, kami yakin tayangan film Mencuri Raden Saleh tidak hanya memberikan hiburan bagi penonton, namun film ini mampu menjadi salah satu wadah baru untuk masyarakat lebih dekat dan mengenal investasi aset crypto,” ujar dia.

Angga Dwimas Sasongko, Sutradara film Mencuri Raden Saleh menyambut baik kehadiran PINTU sebagai sponsor. Kolaborasi yang dibangun antara industri crypto dan film ternyata bisa saling mendukung satu sama lain. Adegan penggunaan cryptocurrency di dalam film memberi nuansa yang beda dari film-film lainnya dan menjadikan film terasa lebih mengikuti zamannya.

“Kami berharap, penonton nantinya bisa menyaksikan dan merasakan keseruan dari film drama & action dengan alur cerita yang menarik yang dibintangi oleh aktor dan aktris hebat di Indonesia,” imbuh dia.

Film Mencuri Raden Saleh besutan Sutradara Angga Dwimas Sasongko dan ditulis oleh Huesin M. Atmodjo, merupakan film bergenre drama & action menceritakan tentang sekelompok anak muda yang ingin mencuri sebuah lukisan bersejarah Raden Saleh di Istana Presiden.

Sekelompok anak muda tersebut adalah Piko (The Forger) yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, Ucup (The Hacker) diperankan oleh Angga Yunanda, Fella (The Negotiator) oleh Rachel Amanda, Gofar (The Handyman) oleh Umay Shahab, Tuktuk (The Driver) oleh Ari Irham, dan Sarah (The Brute) diperankan oleh Aghniy Haque. Serta dibintangi juga oleh aktor ternama seperti Tio Pakusadewo, Dwi Sasono, hingga Atiqah Hasiholan.

Angga Yunanda, di kanal media sosial PINTU membagikan pengalamannya sebagai Ucup di film Mencuri Raden Saleh. Dari sudut pandang karakter Ucup di film ini, Ucup sangat tertarik dengan dunia crypto, dan secara pribadi semenjak memerankan Ucup di film Mencuri Raden Saleh banyak mendapatkan insight baru tentang crypto dari pemeran lain yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia crypto.

“Selama proses shooting, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman baru. Selain tentang investasi crypto, pengalaman berharga bagi saya adalah berkesempatan beradu akting dengan enam komplotan yang diisi dengan aktor dan aktris ternama. Hanya di film Mencuri Raden Saleh ini bisa menyatukan para aktor dan aktris ini,” ujar dia.

Film Mencuri Raden Saleh akan tayang resmi pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 serentak di bioskop seluruh Indonesia. Namun pada tanggal 17 Agustus lalu sudah diputar secara terbatas di beberapa kota Indonesia khusus edisi Hari Kemerdekaan Indonesia.

“Masih dalam suasana memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, kami harap semangat kemerdekaan melalui kehadiran film Mencuri Raden Saleh ini dapat membawa warna baru industri perfilman Indonesia serta dapat meningkatkan awareness tentang investasi aset crypto,” tutup Jeth.

 

Telkomsel Pamerkan Showcase 5G di Event DEWG dan DEMM

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno | Telkomsel menunjukkan kapabilitas ekosistem teknologi digital yang dimiliki kepada dunia, melalui showcase 5G yang dihadirkan pada dua rangkaian kegiatan G20, yaitu Digital Economy Working Group (DEWG) ke-4 pada 29-30 Agustus dan Digital Economy Ministerial Meeting (DEMM) pada 1-2 September 2022 di Bali.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, kegiatan DEWG ke-4 dan DEMM akan menjadi dua momen penting bagi Telkomsel untuk menunjukkan potensi pemanfaatan teknologi jaringan 5G di Indonesia secara optimal kepada negara-negara anggota G20.

Sebagai bagian dari Industry Task Force (ITF), Telkomsel, tegas  Nugroho, memandang showcase 5G merupakan bagian penting yang harus dapat dioptimalkan dalam mengakselerasi kemajuan di berbagai sektor, khususnya dalam mendukung revolusi industri 4.0.

Baca juga: Cognex Luncurkan Code Reader DataMan 280 untuk Kebutuhan Manufaktur Industri 4.0

“Kegiatan showcase 5G ini sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menunjukkan kesiapan dalam mendukung tiga isu prioritas DEWG G20 yang mencakup konektivitas digital dan pemulihan pasca-pandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara,” ungkapnya.

Melalui showcase 5G, Telkomsel menghadirkan empat use case di antaranya Cloud Gaming, Augmented Reality (AR) Industry, Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) Robot. Pada use case Cloud Gaming, seluruh peserta delegasi mendapat pengalaman menjajal keseruan bermain berbagai jenis gim daring terbaru menggunakan smartphone dan gamepad dengan dukungan konektivitas andal dan lancar dari Telkomsel.

Kemudian use case AR Industry akan memberikan pengalaman kepada peserta dalam mengikuti pelatihan menggunakan engine virtual yang berkaitan dengan kebutuhan industrial, seperti pelatihan panel listrik, mesin motor maupun genset. Lalu pengunjung dapat menikmati pengalaman imersif pada use case VR seperti bermain gim, berwisata virtual menggunakan video 360°, hingga VR edukasi mengenai anatomi manusia dan automotive engineering berupa mobil dan motor balap.

Showcase 5G Telkomsel
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Johnny G. Plate saat berinteraksi dengan Artificial Intelligence (AI) Robot serta memantau beberapa showcase 5G Telkomsel pada kegiatan DEWG ke-4 di Bali

Sementara itu, keunggulan use case AI Robot akan dapat disaksikan secara langsung oleh seluruh pihak saat mendampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Johnny G. Plate dalam menyampaikan sambutan, memberikan hiburan, hingga berinteraksi bersama Menkominfo pada sesi pembukaan booth ITF.

Baca juga: Traveloka Dukung Agenda DEWG G20 Akselerasi Transformasi Digital

Telkomsel sendiri telah melakukan optimalisasi dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan berupa 24 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan G20 di Bali. Hal tersebut dilakukan guna menghadirkan akses jaringan broadband berteknologi terdepan dan pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh delegasi selama mengikuti rangkaian kegiatan hingga puncak kegiatan G20 di Bali pada November 2022.

“Melalui dukungan Telkomsel dalam perhelatan rangkaian kegiatan G20 2022 ini, kami berharap dapat menunjukkan potensi terbaik Indonesia di berbagai sektor yang telah didukung pemanfaatan teknologi terdepan oleh Telkomsel, sekaligus menunjukkan kapabilitas ekosistem digital Indonesia yang inklusif,” kata Nugroho.

 

 

Laba Bersih PermataBank Tumbuh 123,7% di Semester I 2022

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Financial Services |  PT Bank Permata Tbk (PermataBank) mencatatkan Laba Bersih setelah pajak sebesar Rp1,4 triliun atau tumbuh 123,7% year-on-year (yoy). Pertumbuhan Laba Bersih ini dikontribusi dari Pendapatan Operasional sebesar Rp5,6 triliun atau tumbuh sebesar 13,6% (yoy) didukung pertumbuhan Pendapatan Bunga Bersih sebesar 6,7% (yoy).

Pencapaian ini semakin mengkokohkan posisi PermataBank sebagai universal bank dalam memberikan produk dan layanan pada seluruh segmen lintas generasi serta memperkuat posisi Bank di jajaran 10 bank komersil terbesar di Indonesia.

Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank mengungkapkan, “Keberhasilan PermataBank dalam semester pertama ini merupakan usaha bersama kami dalam menerapkan strategi perusahaan untuk terus perkuat inovasi produk dan jasa perbankan digital, memperdalam kemitraan strategis, dan menjadi bagian dari keseharian nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Kedepannya kami akan terus menjaga pertumbuhan dan  profiltibilitas berkelanjutan melalui pertumbuhan kredit sehat serta manajemen risiko dan prinsip kehati-hatian yang baik.”

Baca juga: Laba CIMB Niaga Syariah Naik 34,8% Y-o-Y Menjadi Rp1,8 Triliun pada 2021

PermataBank juga mencapai pertumbuhan aset sebesar 7,9% (yoy) menjadi sebesar Rp230 triliun. Lebih lanjut, biaya pencadangan kredit menurun sebesar 33,9% menjadi Rp994 miliar dibandingkan Rp1,5 triliun tahun lalu seiring dengan perbaikan kualitas kredit dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dampak penurunan biaya pencadangan kredit ini juga terlihat dalam perbaikan rasio Beban Operasional dibandingkan Pendapatan Operasional (BOPO) menjadi sebesar 74,2% atau membaik 11,8% dibandingkan rasio BOPO di semester pertama tahun lalu sebesar 86,0%.

PermataBank terus berkomitmen dalam penyaluran kredit kepada masyarakat yang tumbuh 11,4% (yoy) menjadi sebesar Rp134,7 triliun, terutama didorong oleh pertumbuhan kredit korporasi dan KPR masing-masing sebesar 14,2% dan 19,5%.

PermataBank
PermataBank

Dari sisi pendanaan, simpanan nasabah tumbuh solid sebesar 10,3% (yoy) terutama dikontribusi dari pertumbuhan Giro sebesar 37,7% dan Tabungan sebesar 11,2% sesuai dengan strategi Bank untuk terus memfokuskan pertumbuhan CASA yang merupakan sumber dana murah dan stabil, dalam upaya pengembangan waralaba deposito Bank.

Baca juga: Bidik Nasabah BPR, Komunal Luncurkan Fitur E-Deposito

Sejalan dengan hal ini, rasio CASA Bank meningkat menjadi 58,7%, lebih tinggi dibandingkan posisi akhir Desember 2021 sebesar 54,0%.  Dengan demikian posisi likuiditas Bank terjaga dengan baik untuk mendukung pernyaluran kredit dengan suku bunga yang lebih kompetitif dalam jangka panjang.

Sebagai informasi, PermataBank ikut mendukung rangkaian kegiatan B20 Indonesia 2022 sebagai Sponsor Bronze yang akan berlangsung hingga G20 Summit di bulan November 2022. Dukungan PermataBank pada B20 Indonesia 2022, yang merupakan bagian dari presidensi G20 Indonesia, juga sejalan dengan misi perusahaan dalam mendukung pemulihan serta pertumbuhan kolaboratif, mendorong ekonomi global yang inovatif, sekaligus menata masa depan yang inklusif dan berkelanjutan.

 

 

 

AladinMall-Sirclo Commerce Hadirkan Layanan Belanja Online Terbaik

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

SIRCLO AladinMall
[Ki-ka] COO AladinMall Bambang Triharto, CFO AladinTravel Hendra Hermansyah, Vice CEO MNC e-Commerce Valencia H.Tanoesoedibjo, Founder & CEO Sirclo Group Brian Marshal dan CEO of Sirclo Enterprise Solutions Danang Cahyono
Marketing.co.id – Berita Marketing | PT MNC Aladin Indonesia, melalui AladinMall by Mister Aladin, baru saja meresmikan kerja samanya dengan SIRCLO lewat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Senin, 29 Agustus 2022, di MNC Kolega, Park Hyatt Tower, Jakarta.

Dalam acara penandatanganan MoU tersebut, selain manajemen AladinMall dan SIRCLO, turut hadir pula beberapa perwakilan brand yang telah terlibat langsung dalam sinergi ini, yakni General Manager PT Fastrata Buana (Kapal Api Group) Dwi Lesmana, Head of Sales Kino Joko Purnomo, Head of Marketing and R&D Belfood Any Astuti, dan Brand Manager Belfood Felicia Buana.

Diluncurkan pada akhir tahun 2020, AladinMall by Mister Aladin merupakan portal web berupa aplikasi, mobile web, dan website dengan domain aladinmall.misteraladin.com yang dimiliki dan dikelola AladinMall dari MNC Group sebagai sarana bagi brand untuk menjual serta memasarkan produknya.

Adapun SIRCLO, mitra strategis dari AladinMall, merupakan perusahaan penyedia solusi omnichannel commerce terdepan di Indonesia yang bertujuan untuk membantu semua orang berjualan melalui berbagai kanal, baik online maupun offline.

Dengan membawa semangat yang sama untuk mengembangkan industri e-commerce di Indonesia, penandatangan MoU antara AladinMall dan SIRCLO ini menandai komitmen keduanya untuk menghadirkan layanan berbelanja online terbaik bagi para konsumen Tanah Air.

COO AladinMall Bambang Triharto mengatakan, kesuksesan dari sebuah kerja sama usaha sangatlah bergantung pada ketetapan memilih mitra. Menurutnya, mitra usaha yang tepat dapat memberikan nilai tambah pada kekuatan usaha yang telah dibangun sebelumnya.

“Mitra usaha yang tepat akan memberikan nilai tambah pada kekuatan usaha yang telah ada. Untuk itu, AladinMall memilih SIRCLO sebagai mitra usaha untuk saling memberikan nilai tambah pada usaha masing-masingnya dan membangun kekuatan bersama untuk bertumbuh lebih kuat dan lebih besar,” jelas Bambang.

Dari ragam layanan yang dihadirkan SIRCLO bagi para pelaku industri commerce dari berbagai skala, AladinMall memanfaatkan SIRCLO Commerce, yaitu solusi end-to-end channel management dari SIRCLO bagi brand berskala besar yang ingin memperluas pasarnya secara online. Melalui kerja sama ini, SIRCLO Commerce menawarkan opsi bagi brand untuk memperluas jangkauannya melalui AladinMall.

Tidak hanya itu, brand yang bergabung di AladinMall lewat SIRCLO Commerce dapat melakukan penambahan produk atau product assortment ke platform AladinMall dan turut memperoleh akses ke MNC Group yang dikenal memiliki ekosistem media yang sangat kuat.

Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO Group Brian Marshal menjelaskan bahwa melalui SIRCLO Commerce, pihaknya akan menghadirkan support maintenance dari segi inventori dan order fulfilment bagi setiap brand yang tergabung di AladinMall. Untuk tahap selanjutnya, AladinMall dan SIRCLO pun akan turut mengintegrasikan data API (Application Programming Interface) yang memungkinkan brand mengotomasi operasionalnya, termasuk saat listing SKU.

Adapun bagi brand, tidak hanya semata-mata membantu mereka menambah kanal penjualannya melalui AladinMall, aktivasi pemasaran akan menjadi poin penting yang dihadirkan oleh SIRCLO. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan traffic maupun transaksi brand-brand yang bersangkutan.

“Dalam kolaborasi ini, SIRCLO berupaya untuk hadir sebagai ‘jembatan’ antara AladinMall dengan brand agar kedua belah pihak dapat saling memperkuat posisinya di ekosistem e-commerce Indonesia. Kami bertekad untuk terus melakukan perbaikan serta menghadirkan inovasi baru yang mampu memperkuat sinergi antara AladinMall dan SIRCLO, terlebih dalam membantu banyak brand dalam menjangkau konsumennya dan berjualan secara online,” tutup Brian.

Diperkuat Prosesor AMD EPYC, Eranyacloud Tawarkan Full Service Cloud Provider

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno | PT Era Awan Digital memperkenalkan Eranyacloud, sebuah cloud service provider dengan dukungan penuh 24 jam setiap hari. Layanan yang disediakan Eranyacloud antara lain adalah Public and Private Cloud, Cloud Backup Protect, Disaster Recovery, Virtual Security Operation Center (vSOC), Web Application Security (WAF), Email Collaboration, dan Managed Services dengan multi-cloud capability.

Eranyacloud sudah memulai bisnisnya sejak 2020. Seluruh layanan dan infrastruktur Eranyacloud  telah memiliki sertifikasi ISO 9001/27001. “Eranyacloud merupakan full service cloud provider yang membantu perusahaan untuk mengelola seluruh infrastruktur IT mereka,” ungkap Shaanee Harjani CEO Eranyacloud.

Selama dua tahun terakhir, Eranyacloud telah dipercaya oleh berbagai korporasi besar dari berbagai industri di Indonesia seperti Danone, Petrogas, Ayoconnect, Angkasa Pura Solusi, dan Gold’s Gym.

Untuk memberikan solusi cloud infrastruktur yang terbaik bagi pelanggan, Eranyacloud menggunakan AMD EPYC™ prosessor. Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pacific & Japan, menegaskan prosesor AMD diciptakan untuk memberikan nilai, keamanan, dan kinerja kelas dunia, yang memungkinkan pelanggan Eranyacloud mencapai keunggulan kompetitif yang signifikan.

Baca juga: Server IBM Power10 Baru yang Lebih Fleksibel untuk Lingkungan Hybrid Cloud

“Kami sangat senang bermitra dengan Eranyacloud dan akan berdedikasi untuk menyediakan solusi yang powerful untuk workloads mereka (Eranyacloud) yang sangat intensif,” tegas Peter.

“Kerja sama yang kami bangun dengan Eranyacloud menunjukkan komitmen kami untuk melengkapi pelanggan dengan solusi yang bernilai tinggi di masa kini maupun di masa yang akan datang,” lanjut dia.

Eranyacloud
Ki-ka: Fani Fatullah-Chief Technology Officer (CTO) Eranyacloud, Rezha Cesanda Sinulingga-Commercial BDE AMD Indonesia, dan Shaanee Harjani-Chief Executive Officer (CEO) Eranyacloud.

Tidak hanya itu, prosesor canggih tersebut didukung oleh all-flash storage yang 100% menggunakan storage berbasis NVMe, yang akan memberikan performa terbaik untuk beban kerja kritikal pada infrastruktur IT.

Storage berbasis NVMe ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kecepatan server hingga sepuluh kali lebih cepat dari storage biasa,” kata Fani Fatullah, Chief Technology Officer (CTO) Eranyacloud.

Baca juga: Kolaborasi Orbit Future Academy dan AWS Hadirkan Program Pelatihan Cloud Computing Gratis

Eranyacloud memiliki dua lokasi data center di Indonesia dengan level Tier 4 dan Tier 3, yang menjamin uptime hingga 99,9% Service Level Agreement (SLA). Kedua zona yang tersedia tersebut memungkinkan penggunanya membangun skema Disaster Recovery.

“Skemanya adalah untuk mereplikasi layanan/aplikasi menjadi dua mesin fisik yang terpisah untuk meminimalkan dampak yang disebabkan oleh kegagalan suatu infrastruktur akibat bencana yang tidak terduga,”pungkas Fani.

 

 

MIG Resmikan Program Clean Drinking Water Impact Investing Model di Labuan Bajo 

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

PT Manna Indonesia GroupMarketing.co.id – Berita Marketing | PT Manna Indonesia Group melaksanakan peresmian program Clean Drinking Water Impact Investing Model di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (23/08/2022).

Peresmian program Clean Drinking Water Impact Investing Model dihadiri oleh CEO & Founder PT. Manna Indonesia Group Hanzela Calista Kusumamenggala , Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT SMI Ramona Harimurti, Kasubmit Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI Nofiansah, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina, General Manager Yayasan Dompet Dhuafa Suheng S. Widodo, serta Pemerintah Daerah Manggarai Barat yang diwakili Martinus Ban.

Program bantuan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) yang dipergunakan untuk program clean drinking water impact investing model merupakan program bantuan air minum bersih berkualitas dengan teknologi 4,0 Air to Water yang dikombinasikan dengan program pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya kaum perempuan, dengan memberikan pendampingan kepada Badan Usaha Milik Desa (“BUMDes”) Batu Cermin.

Program ini merupakan kerja sama PT Manna Indonesia Group dengan PT SMI selaku pendukung dana dan Yayasan Dompet Dhuafa dan BUMDes Batu Cermin selaku pelaksana kegiatan yang juga didukung oleh Kementrian Desa, BPOLBF, Pemerintah Daerah manggarai Barat, Kesyahbandaran, dan aplikasi dompet digital DANA.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (“TJSL”) PT SMI untuk menjawab tantangan kurang tersedianya air bersih di Labuan Bajo. Program Clean Drinking Water Impact Investing Model dilaksanakan Di Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata prioritas Indonesia, untuk memastikan adanya peningkatan status kesehatan dan ekonomi masyarakat Labuan Bajo melalui pemanfaatan mesin pengolah air bersih dengan teknologi 4,0 Air to Water yang environmental-friendly.

“Program Drinking Water dengan model Impact Investing ini diinisiasi PT Manna Indonesia Group bekerjasama dengan PT SMI sebagai pendukung dana untuk mendorong kegiatan TJSL PT SMI yang memiliki dampak positif dan terukur secara sosial, ramah lingkungan, sekaligus meningkatkan multiplier effect pembiayaan program TJSL. Program ini juga diharapkan dapat memberikan keuntungan finansial bagi BUMDes, sehingga BUMDes dapat menyisihkan labanya untuk menjamin keberlanjutan program ini juga membantu menanggulangi masalah stunting,” jelas Ramona Harimurti, Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT SMI.

Shana Fatina, Presiden Direktur BPOLBF berharap adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi air minum berkualitas, pengembangan ekonomi melalui bisnis air minum bersih berkualitas, peningkatan kesadaran masyarakat terhadap teknologi ramah lingkungan, membantu dan mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs), serta berperan dalam mengembangkan Labuan Bajo sebagai salah satu tujuan wisata andalan di Indonesia dengan peluang PT SMI untuk mewujudkan creating shared value (CSV) Perseroan.

Faktanya, masih ditemui masalah-masalah kesehatan terkait kekurangan air bersih di Kabupaten Manggarai Barat, seperti stunting sebesar 12,3%, underweight sebesar 19,6%, dan wasting pada balita sebesar 8,6%. Disamping itu, data Biro Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa ada sekitar 1,15 juta masyarakat atau 20,90% populasi masyarakat NTT yang hidup dalam kemiskinan.

Sehingga, program Clean Drinking Water Impact Investing Model ini diharapkan dapat menjawab tantangan penyediaan air bersih di Labuan Bajo. Selain itu, dengan dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan masyarakat secara bersamaan, diharapkan program ini juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masayarakat sekitarnya.