Tips Cari Cuan Lewat Konten Kuliner, Cocok untuk Konten Kreator Pemula

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

tips jadi vlogger, konten kreator pemulaMarketing.co.id – Berita UMKM | Di tengah perkembangan transformasi digital yang semakin pesat, profesi konten kreator sekarang semakin bertumbuh menjadi sebuah ladang penghasilan yang cukup menjanjikan. Tak ayal jika semakin banyak orang berlomba-lomba menekuni profesi satu ini, dengan membuat konten yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian warganet.

Salah satu jenis konten yang paling populer di kalangan warganet adalah konten kuliner. Tak heran jika banyak konten kreator yang memilih untuk fokus membuat konten menarik seputar kuliner.

Andre Sarwono, food vlogger terkenal asal Indonesia ini adalah salah satu contohnya. Sosok dibalik akun @makanterusss yang kini memiliki lebih dari 2,3 juta pengikut di Instagram ini, aktif membagikan konten ulasannya saat mencicipi berbagai jenis kuliner baik lokal maupun mancanegara.

Pria kelahiran Samarinda, 2 Januari 1997 ini mengawali karirnya sebagai food vlogger sejak tahun 2015. Berawal dari kecintaannya pada dunia kuliner, Andre mencoba peruntungannya dengan membuat konten ulasan dari makanan yang ia cicipi di blognya, makanterusss.com.

Kerja keras dan konsistensinya dalam membuat konten kuliner akhirnya berbuah manis. Visual kontennya yang selalu menggugah selera berhasil mengantarkan akun media sosial dan blog makanterusss menjadi salah satu top referensi para pecinta kuliner.

Setelah lebih dari tujuh tahun menekuni profesi sebagai food vlogger, Andre melihat bahwa perkembangan industri kuliner saat ini turut menghadirkan berbagai kemudahan bagi para konten kreator pemula yang juga ingin mengikuti jejaknya sebagai food vlogger.

“Di era digital sekarang ini, pekerjaan para food vlogger juga sangat terbantu dengan kehadiran layanan pesan antar makanan (food delivery). Tinggal pesan aja dari rumah, makanan bisa langsung diantar. Kita pun bisa jadi merasa lebih leluasa dan fokus saat proses pembuatan kontennya. Apalagi layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood misalnya selalu menyediakan banyak promo menarik buat para penggunanya. Promonya juga berguna banget buat para konten kreator, jadi kita bisa beli lebih banyak variasi kuliner dengan harga yang lebih hemat,” jelas Andre.

Guna membantu mendukung para konten kreator pemula yang juga ingin berkecimpung dalam industri kuliner, Andre menyiapkan lima tips jitu yang bisa dipraktekkan untuk mendapatkan cuan melalui konten kuliner:

Jadi diri sendiri dan utamakan orisinalitas

Pada dasarnya, setiap individu memiliki karakter dan gaya yang berbeda-beda. Itulah mengapa Andre percaya bahwa menjadi diri sendiri adalah kunci utama saat ingin mulai membangun branding sebagai konten kreator di media sosial. Kenali karakter diri sendiri agar dapat menciptakan persona diri yang unik dan berbeda. Berusahalah untuk selalu utamakan orisinalitas diri, tidak meniru gaya orang lain. Jangan sampai karya yang sudah dibuat justru tidak diapresiasi karena dianggap copycat.

Lakukan riset dan perkaya referensi

Perputaran tren di media sosial terjadi dengan sangat dinamis. Pastikan agar melakukan riset mendalam tentang tren yang sedang berkembang, sehingga Anda dapat membuat konten yang relevan bagi para audiens yang mau disasar. Selain memantau perkembangan tren, Anda juga bisa perkaya diri dengan mencari referensi dari para food vlogger lainnya untuk mendapatkan inspirasi dan mendorong kreativitas.

Manfaatkan promo layanan pesan antar makanan 

Sebagai konten kreator pemula, Anda dapat memanfaatkan promo yang ada di layanan pesan antar makanan, seperti ShopeeFood, yang selalu punya berbagai penawaran menarik. Contohnya, pada tanggal 28-30 Agustus 2022 ini, ShopeeFood akan mengadakan kampanye ShopeeFood Day yang menyediakan beragam promo, seperti Diskon 100%, Gratis Ongkir Sepuasnya, hingga Promo Serba Gratis. Kampanye ShopeeFood Day akan selalu hadir selama tiga hari mulai dari tanggal 28 setiap bulannya. Jangan lupa catat tanggal-tanggal promo ShopeeFood ini agar bisa lebih hemat saat harus membeli banyak makanan untuk membuat konten, ya!

Beri perhatian khusus pada kualitas visual dan konten 

Konten kreator sangat bergantung pada tampilan dan kualitas konten yang ditampilkan. Saat membuat konten visual, pastikan agar kamu memperhatikan komposisi pengambilan gambar maupun video dengan baik. Selain visual, kamu juga harus mencoba menampilkan informasi konten yang menarik, informatif, dan pastinya jujur. Kejujuran dari setiap ulasan yang kamu berikan dapat turut menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas dari sisi audiens. Jadi, usahakan setiap konten yang kamu posting dapat menarik perhatian audiens dan pastikan informasinya dapat dipertanggungjawabkan, ya!

Konsisten dalam membuat konten dan terus belajar 

Membangun citra sebagai konten kreator memang tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Butuh konsistensi dan keseriusan untuk terus melakukan inovasi dalam pembuatan konten. Kuncinya jangan pernah menyerah untuk terus belajar meningkatkan kualitas konten dan juga keahlian diri sendiri. Percaya pada prosesnya karena kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Itulah lima tips jitu dari Andre Sarwono yang bisa coba diterapkan oleh para konten kreator pemula yang ingin menjadi food vlogger.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here