Bagaimana Strategi KFC Indonesia Jadi Brand FnB dengan Pengikut Terbanyak di Media Sosial?

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Setiap perusahaan harus bisa menjangkau lebih banyak audiens dan terus berhubungan dengan mereka. Untuk meraih tujuan itu, salah satunya bisa ditempuh dengan memanfaatkan media sosial. Hal tersebut tentunya demi menciptakan citra merek yang kuat.

Dalam hal ini, salah satu perusahaan yang sukses menjangkau audiens terbanyak hingga berhasil menjaga hubungan dengan para audiensnya ialah KFC Indonesia. Akun media sosial KFC Indonesia menjadi akun FnB pertama di Indonesia yang meraih 2 juta pengikut. Bahkan, dari polling MediaWave, KFC Indonesia mengungguli para kompetitornya dengan menjadi akun media sosial favorit netizen.

kampanye kfc indonesia
Kampanye jenama di media sosial

Di balik kesuksesan yang diraih KFC Indonesia, pastinya ada strategi dan rencana yang dipersiapkan secara matang. Kesuksesan ini tak lepas dari peran serta para talenta yang membantu perencanaan dan pemecahan masalah secara kreatif yang tetap berorientasi pada tujuan, untuk membantu perusahaan mencapai efektivitas pemasaran digital.

Mereka adalah Unithree, sebuah perusahaan di bidang creative services yang berdiri sejak tahun 2014. Unithree sendiri saat ini memiliki 3 unit bisnis. Pertama ialah Unithree yang bergerak dalam service creative marketing, kedua ialah MarcMade yang bergerak dalam service design & experience development, dan terakhir ialah WonderWhy yang bergerak dalam bidang cultural insight analysis.

Co-Founder & Managing Director Unithree Daniel Chia mengatakan, “Servis unggulan kami ialah digital & social media marketing dan berbagai sarana pendukungnya seperti cultural research, ads & influencer management, dan design & branding. Dalam servis ini, kami berhasil menciptakan output kreatif yang memiliki dampak langsung dan terukur dalam bentuk pertumbuhan digital aset dan bisnis klien.”

unithree
Tim Unithree

“Kombinasi dari strategi komunikasi, creative development, dan media plan kami yang dikawinkan dengan insight dari kultur lokal berhasil mendekatkan klien-klien kami dengan target marketnya masing-masing. Salah satunya adalah beberapa campaign kami bersama KFC Indonesia yang berhasil viral di media sosial akibat pendekatan komunikasi yang tepat dan relevan ke audiens Indonesia.”

Unithree mulai menangani akun media sosial @kfcindonesia pada awal Agustus 2018, di mana saat itu jumlah pengikut @kfcindonesia baru sebanyak 550 ribuan pengikut. Daniel mengungkapkan bahwa “Always Original” dipilih sebagai brand essence yang memandu strategi mereka dalam mengelola kehadiran digital KFC Indonesia. Diartikan sebagai keaslian dan keunikan yang berasal dari Indonesia.

“Misi kami ialah merasakan dan memahami budaya sekitar, menemukan dan memenuhi cita rasa lokal, serta menjaga jarak dekat dan relevan dengan audiens. Kualitas-kualitas ini telah membantu kami dalam menciptakan taktik eksekusi kekinian yang kami banggakan, yaitu menunggang momentum lokal,” kata Daniel.

Contoh kasusnya ialah ketika pandemi COVID-19 melanda dan memberi dampak negatif pada perekonomian Indonesia, tak terkecuali bisnis-bisnis FnB seperti KFC Indonesia. Saat itu, ada campaign besar dari suatu brand yang mengajak para konsumen untuk tetap menikmati produk mereka dan turut menyebut produk berbagai brand lainnya demi ribuan karyawan yang juga membutuhkan pertolongan.

Hal tersebut tentunya memunculkan simpati yang sangat besar dari para audiens. Berbagai brand langsung beramai-ramai saling mengucapkan terima kasih, dan beberapa di antaranya turut melakukan campaign serupa. Jadi, tantangan yang dihadapi ialah bagaimana mengalihkan diskusi publik dengan campaign yang menawarkan nilai tambah.

“Kami menghadirkan konsep ‘Dukung Bisnis Lokal’ dengan nilai tambah menawarkan ruang promosi secara bebas bagi UMKM lokal Indonesia melalui kolom komentar di akun media sosial KFC, dan 20 brand terfavorit pun ditampilkan atau diberi endorsement melalui Instagram Story KFC Indonesia. Lebih dari 10 ribu bisnis berpartisipasi dan total 4 juta penayangan terkumpul, semuanya dilakukan dengan anggaran 0 rupiah,” tutur Daniel.

Kemudian ketika hebohnya kolaborasi suatu brand kompetitor dengan boygroup populer asal Korea Selatan, KFC Indonesia tetap bisa memanfaatkan euforia tersebut secara halus. Dari surat cinta yang menyentuh serta beberapa tweet yang memancing engagement, KFC Indonesia berhasil mengalihkan perhatian publik kembali hingga memperoleh lebih dari 80 ribu kunjungan profil harian di Instagram.

Berhasil meraih lebih dari 2 juta pengikut di tahun 2022, @kfcindonesia menjadi akun FnB yang memiliki jumlah pengikut terbanyak di Indonesia. Melampaui para kompetitor mereka, baik dalam hal jumlah maupun tingkat pertumbuhan pengikut. “Pencapaian ini semakin mendorong dan memotivasi kami untuk terus membantu perusahaan dalam melakukan pembaharuan digital marketing,” pungkas Daniel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here