Monday, October 27, 2025
Home Blog Page 780

The Resonanz Music Studio Gelar Kembali Konser Simfoni untuk Bangsa 2022

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | The Resonanz Music Studio kembali menggelar konser seri Simfoni Untuk Bangsa 2022. Konser yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2010 ini, akan membawakan lagu-lagu karya komposer dan pencipta lagu kebanggaan Tanah Air ini.

Para penikmat seni dapat menyaksikan konser ini di Jakarta Concert Hall pada Sabtu, 27 Agustus 2022 pukul 19.30 WIB mendatang. Konser ini didukung oleh www.indonesiakaya.com.

Konser Simfoni Untuk Bangsa 2022
Renitasari Adrian, Avip Priatna, dan Isyana Sarasvati dalam Sesi Latihan Konser Simfoni Untuk Bangsa 2022

Avip Priatna Mag.Art selaku Direktur Musik The Resonanz Music Studio mengungkapkan, “Konser Simfoni Untuk Bangsa merupakan konser yang rutin diselenggarakan untuk melestarikan lagu-lagu Indonesia masa lalu dengan aransemen kekinian, memasyarakatkan lagu-lagu daerah Indonesia dan juga memainkan komposisi baru dengan elemen-elemen Indonesia. Kami juga selalu berkomitmen untuk memberikan panggung untuk talenta muda musisi Indonesia yang mempunyai masa depan yang sangat menjanjikan selain komponis muda, seperti Filda Salim, pianis yang akan tampil di pagelaran Simfoni Untuk Bangsa kali ini.”

“Dalam dua tahun terakhir ini, konser seri Simfoni Untuk Bangsa diselenggarakan secara virtual. Dan kali ini penikmat seni bisa melepas kerinduan dengan mendengarkan dan menyaksikannya keindahannya secara langsung. Melalui konser Simfoni Untuk Bangsa, The Resonanz Music Studio senantiasa mempersembahkan sebuah pertunjukan yang mencerminkan rasa cinta Indonesia dengan membawakan lagu karya anak bangsa. Dengan dukungan kami, kami harap Jakarta Concert Orchestra (JCO), Batavia Madrigal Singers, Filda Salim, Farman Purnama dan Isyana Sarasvati, dapat menyebarkan semangat cinta budaya, cinta Indonesia ke hadapan para penikmat seni,” ungkap Renitasari Adrian, Program Director www.indonesiakaya.com.

Konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 juga bertepatan dengan perayaan HUT ke-20 Jakarta Concert Orchestra (JCO). Untuk memperingati usia yang istimewa ini, penikmat seni akan dihibur dengan kompilasi musik orkestra, baik berupa komposisi murni maupun komposisi berdasarkan tema yang sudah ada, termasuk aransemen lagu daerah Indonesia yang akan dipersembahkan secara spesial.

Berangkat dari momen tersebut, tentunya musik orkestra (instrumental) menjadi sajian utama konser kali ini. Babak pertama dari konser ini akan menampilkan pianis Filda Salim membawakan Fantasi Indonesia Pusaka karya Joko Lemazh berdasarkan tema lagu Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki. Dalam babak kedua penikmat seni dapat menyaksikan penampilan dari Batavia Madrigal Singers, yang baru saja meraih supremasi dengan memenangkan kompetisi paduan suara paling bergengsi di dunia yaitu “European Grand Prix for Choral Singing 2022”, atas kemenangan tersebut solis tenor Farman Purnama menulis khusus sebuah karya untuk Batavia Madrigal Singers. Selain itu, komposisi dari Isyana, yang juga pernah menjadi murid vokal dari Avip Priatna, akan tampil dengan aliran klasik rock dengan balutan musik orkestra yang akan melengkapi konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 ini.

“Sejak awal belajar dan terjun ke dunia musik, musik klasik menjadi salah satu genre musik yang saya tekuni, sebelum akhirnya publik mengenal sebagai penyanyi dan penulis lagu di genre yang lebih luas.  Senang sekali tentunya bisa ikut berpartisipasi untuk menampilkan karya dan menuangkan kecintaan dan kreativitas saya terhadap musik di dalam konser Simfoni Untuk Bangsa 2022. Semoga penampilan kami dapat menghibur, memanjakan telinga, dan meninggalkan kesan yang indah di hati para penikmat seni,” ujar Isyana Sarasvati.

Pelabelan BPA Mendesak Diberlakukan Demi Kepentingan Masyarakat

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Produsen air minum dalam kemasan (AMDK) yang menggunakan wadah plastik keras polikarbonat, didesak untuk transparan kepada pemerintah dan masyarakat. Mereka juga didesak untuk mendukung penerapan regulasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang akan memberi label peringatan pada galon polikarbonat yang mengandung senyawa Bisphenol-A (BPA).

BPA

Praktisi senior industri AMDK, Sofyan S. Panjaitan mengatakan, produsen dan semua pihak terkait sudah seharusnya mendukung dan mendorong lahirnya regulasi pelabelan BPA. Dimana, sudah hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar dan tidak menyesatkan, khususnya via Label & Iklan Pangan.

“Nantinya, regulasi BPA bisa dikembangkan secara menyeluruh terhadap semua kemasan pangan berbahan plastik. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan, rencana regulasi itu bisa saja dibahas lagi bersama semua pihak, dengan semangat saling menghargai, mengakomodasi usulan dan saran, serta semuanya dengan ikhlas menerima hasil regulasi BPOM untuk pelabelan galon guna ulang kelak,” ujar dia.

Dia menambahkan  BPOM memiliki kewenangan dalam penerapan peraturan. Kemudian, BPOM bisa bertindak profesional, transparan dan berimbang dalam membahas setiap permasalahan, bahkan dalam menanggapi keluhan dan pertentangan terhadap suatu rencana perubahan peraturan, misalnya tentang label produk.

Menyinggung tentang Musyawarah Daerah Asosiasi Perusahaan Air Minum dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) yang dilangsungkan di Bandung, Jawa Barat (25/8) Sofyan mengatakan agar semua pihak yang hadir, diperlukan kesiapan dan keterbukaan untuk mengikuti tren yang semakin maju dan berkembang saat ini.

“Mungkin akan banyak ide dan gagasan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Barat, termasuk dari DKI dan Banten, terutama menyangkut AMDK. Karena menjadi barometer untuk daerah lain. Berharap, akan ada perubahan yang signifikan dari musda kali ini, yang akan membawa asosiasi lebih mampu menjawab trend global mutu air kemasan,” imbuh dia.

Sebagai pelaku industri sejak 1981, Sofyan mengingatkan, masyarakat Indonesia dinilai semakin cerdas dan kritis, serta semakin punya kesadaran tinggi untuk menjaga kesehatan dan lingkungan. Sejauh ini, Indonesia adalah satu dari sedikit negara dari yang belum meregulasi kemasan plastik BPA. Sementara, hampir semua negara di dunia telah memberlakukan regulasi pengetatan terhadap penggunaan wadah BPA.

Pernyataan Sofyan yang mendesak produsen agar lebih jujur dan transparan melalui pelabelan yang digulirkan BPOM ini, terkait dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen No.8 Tahun 1999. Sesuai UU Perlindungan Konsumen, masyarakat berhak mendapatkan perlindungan dengan menciptakan rasa aman dalam kaitannya dengan kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen, konsumen berhak menerima kebenaran atas segala informasi pasti. Mereka berhak mengetahui apa saja informasi terkait produk yang mereka beli.

Lebih tegas lagi, UU Perlindungan Konsumen menyatakan, produsen dilarang menutupi ataupun mengurangi informasi terkait produk maupun layanannya. Dengan demikian, produsen yang tidak memberikan informasi sejujurnya tentang kandungan BPA pada kemasan plastik, utamanya galon polikarbonat, bisa dikatakan sudah melanggar UU Perlindungan Konsumen. Di sinilah arti pentingnya regulasi pelabelan pada kemasan galon air minum dalam kemasan yang mengandung BPA.

Galon BPA bukan saja menimbulkan masalah kesehatan serius. Tapi juga ledakan sampah plastik yang sulit didaur ulang. Polikarbonat yang mengandung BPA dikategorikan sebagai material plastik paling sulit didaur ulang. Ini jelas berbahaya bagi lingkungan. Karena sifatnya yang sangat sulit didaur ulang, maka produsen tak punya pilihan lain selain menggunakannya lagi (galon guna ulang selama bertahun-tahun ) atau dicacah. Galon polikarbonat rawan dioplos karena tata niaga dari produsen sangat buruk. Tidak ada mekanisme penetapan agen resmi, sehingga rawan kebocoran produk.

Saat ini, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahaya BPA. Karena itu, menurut para pakar, pelabelan BPA pada kemasan galon merupakan salah satu cara tepat untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya BPA pada kesehatan bayi, anak-anak serta pria dan perempuan dewasa.

Tak ayal, sejumlah pakar sudah sepakat menyebut bahwa BPA merupakan senyawa berisiko bila digunakan sebagai wadah pangan dan minuman. Beberapa di antaranya yang sudah bicara terbuka soal ini antara lain, Prof. Dr. Mochamad Chalid, ahli teknologi polimer, Teknik Metalurgi dan Material, Univ. Indonesia; Prof. Dr. Andri Cahyo Kumoro, Guru Besar Fakultas Teknik Kimia Undip; dan Dekan Fakultas Farmasi UNAIR, Prof. Junaidi Khotib.

Sebelumnya, BPOM menyusun rancangan peraturan pelabelan BPA pada AMDK galon polikarbonat, pasca melaksanakan survei pada periode 2001-2002 terhadap AMDK galon, baik di sarana produksi maupun peredaran. Temuan hasil survei BPOM cukup merisaukan, karena ditemukan sampel di sarana peredaran dan sampel di sarana produksi yang masuk dalam kategori “mengkhawatirkan”, atau angka migrasi BPA-nya berada di kisaran melewati batas toleransi.

Selain itu, survei BPOM juga menemukan bahwa angka pada sarana produksi (galon baru) dan pada sarana peredaran, masuk dalam kategori: “berisiko terhadap kesehatan”, karena angka migrasi BPA-nya berada di atas toleransi yang disyaratkan.

Bantu Guru Muda di Kabupaten Rote Ndao, FIFGROUP Donasi Tiga Unit Sepeda Motor

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Federal International Finance (FIFGROUP) memberikan donasi tiga unit sepeda motor melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) di Kabupaten Rote Ndau, Nusa Tenggara Timur.

FIFGROUP CSR 2022
Area Manager Nusa Tenggara Yudha Satria (ketiga dari kanan belakang) dan Sekretaris YPA-MDR, Wedijanto Widiarso (ketiga dari kiri belakang) berfoto bersama dengan peserta Guru Muda Garda Depan (GMGD) dan anak-anak murid Sekolah Dasar Instruksi Presiden (SD InPres) Anda Iko, Kabupaten Rote Ndao.

Melalui YPA-MDR ini PT Astra International Tbk menginisiasi sebuah program bertajuk Guru Muda Garda Depan (GMGD), di mana dalam kegiatan ini, menugaskan peserta yang merupakan para guru-guru muda di sekolah-sekolah binaan yang berlokasi di Kecamatan Rote Barat.

Kabupaten Rote Ndao merupakan sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dan berada di wilayah paling selatan Indonesia. Pulau Rote terletak di Perairan Laut Sawu yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, dan memiliki luas wilayah 1.280,10 km², serta berpenduduk lebih dari 165.000 jiwa (sumber: kkp.go.id), yang tersebar di sepuluh kecamatan.

Meskipun berada di titik nol selatan Indonesia, pulau yang memiliki nama lain Pulau Roti ini sangat memperhatikan pendidikan masyarakat dengan adanya peningkatan Angka Partisipasi Sekolah (APS) yang menunjukkan seberapa banyak penduduk usia  sekolah  yang  sudah  memanfaatkan fasilitas pendidikan. Sektor pendidikan selalu menjadi perhatian pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan di mana pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas dan kesejahteraan rakyat di suatu wilayah.

Penyerahan sepeda motor dilakukan secara simbolis oleh Area Manager Nusa Tenggara Yudha Satria yang diterima langsung oleh Sekretaris YPA-MDR, Wedijanto Widiarso, bertempat di Sekolah Dasar Instruksi Presiden (SD InPres) Anda Iko, Kabupaten Rote Ndao pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Dalam kesempatan itu, Yudha mengatakan: “Kami berharap sepeda motor yang diserahkan kepada YPA-MDR ini dapat menjadi sarana pendukung transportasi para peserta GMGD dalam menjalankan aktivitas harian menuju sekolah-sekolah binaan.”

Wedijanto mengatakan: “YPA-MDR sangat mengapresiasi dukungan dari FIFGROUP melalui donasi tiga unit sepeda motor Honda yang akan digunakan oleh peserta Guru Muda Garda Depan (GMGD) yang saat ini sedang bertugas di 16 sekolah binaan di Rote Barat. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan semangat bagi seluruh peserta GMGD.”

“Peran besar yang diemban oleh para peserta GMGD adalah sebagai agen pembaharu yang diharapkan mampu membawa perubahan-perubahan positif dalam berbagai bidang baik akademik, karakter maupun manajemen sekolah. Oleh karena itu, para guru muda diharapkan dapat menyusun dan menerapkan strategi maupun program-program inovatif sehingga kualitas pendidikan dapat meningkat lebih cepat,” tambah Wedijanto.

Salah satu guru yang nantinya akan menggunakan sepeda motor tersebut adalah Karina Indra Dewi yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama Satap Bo’a, mengatakan: “Terima kasih untuk FIFGROUP yang memberikan motor kepada YPA-MDR, sehingga bisa kami manfaatkan untuk mobilitas sehari-hari ke sekolah. Sukses selalu FIFGROUP dan YPA-MDR.”

Coconi Baby Ramaikan Pasar Perlengkapan Bayi

0
[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Ikut meramaikan pasar perlengkapan bayi di Indonesia, PT Kenson Multibrand Globalindo memperkenalkan brand unik dengan nama “Coconi Baby”. Produk dari Coconi didisain sebagai penunjang tumbuh kembangnya bayi sehat dan ibu yang kuat.

“Brand kami sudah didisain dan menyesuaikan perkembangan jaman karena Coconi mengusung visi bayi sehat dan bayi kuat. Kami hadir membawa kualitas yang aman untuk bayi dengan produk yang BPA Free serta harga dan kualitas yang terjangkau.” terang CEO sekaligus Pemilik Coconi Baby, Kennardi Wibisono, Rabu (24/08).

Produk Coconi Baby sudah teruji dan telah memiliki sertifikat internasional SGS. Tidak hanya itu saja, produk ini didisain sebagai penunjang tumbuh kembang bayi sehingga nyaman digunakan karena kualitas yang prima.

Coconi baby tersedia mulai dari produk teething, feeding ,appliances sampai dengan perlengkapan anak dibawah usia tiga tahun. Dapat ditemui di marketplace, Coconi baby memiliki 5 produk terbaik sebagai pilihan teratas konsumen, yaitu: Coconi Early Age Straw Training Mug, Coconi Tritan Bottle 270 ml, Coconi Baby Oral Cleaner 4 Gauze Stick, Coconi Air Tight Baby Food Container Set dan Coconi 360 Baby Tootbrush.

Dengan masing-masing keunggulan serta manfaat disetiap produknya, besar harapan Kennardi untuk mencapai visinya dan mendapat kepercayaan para Ibu di Indonesia. “Visi kami adalah memberikan kualitas produk ibu dan bayi yang terbaik dengan harga terjangkau tanpa kompromi. Kami akan terus memberikan pelayanan dan kualitas produk yang sangat prima.” tutupnya.

Marketing.co.id: Porta Berita Marketing dan Bisnis.

Targetkan 1,5 Juta Siswa, Alef Education Perpanjang Kesepakatan Pembelajaran Digital 

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Alef Education, penyedia teknologi pendidikan global yang memberdayakan pembelajaran abad ke-21 bermitra dengan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), untuk perpanjangan program percontohan gratis. Ini memungkinkan 1,5 juta siswa mendapat manfaat dari platform pembelajaran digital pemenang penghargaan.

Gamifikasi
 

CEO Alef Education, Geoffrey Alphonso, mengatakan, Alef Education berkomitmen untuk mengubah industri pendidikan global, dan kemitraan di Indonesia terbukti sangat berhasil. Selain itu, sangat antusias untuk lebih memperluas layanan di Indonesia dengan kemitraan berkelanjutan dengan Kementerian Agama RI dan menantikan jutaan siswa madrasah di Indonesia belajar menggunakan platform kami yang menarik dan menyenangkan.

“Kami juga senang dapat meluncurkan program Alef Award nantinya di Indonesia di mana guru dan siswa madrasah yang menunjukkan praktik belajar mengajar yang patut dicontoh akan memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah menarik sebagai penghargaan kerja keras dan dedikasi mereka,” ujar dia.

Alef Education dan Kemenag RI menandatangani perjanjian pada November 2020 untuk mengubah sektor pendidikan di Indonesia menggunakan teknologi pendidikan canggih yang memberikan pengalaman belajar yang dipersonalisasikan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Sejak Juli 2021, sebanyak 500.000 siswa kelas 7 mendapat akses ke platform tersebut.

Berdasarkan tanggapan positif dari guru dan siswa madrasah di Indonesia, akan ditambahkan pelajaran Bahasa Arab ke dalam Platform Alef sebagai pelajaran baru serta memperluas kontennya, yang akan mencakup kelas 7 sampai dengan 12. Dalam platform ini akan tersedia akses gratis untuk 1,5 juta siswa madrasah untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Arab.

Selain itu, mata pelajaran Matematika digital Alef telah sejalan dengan standar kurikulum di Indonesia dengan menggunakan metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) untuk mendukung prestasi siswa madrasah khususnya. Sementara itu, mata pelajaran Bahasa Arab bersifat menyenangkan dan interaktif, dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, “Platform Alef telah terbukti sebagai salah satu media luar biasa yang dapat mendukung madrasah Indonesia saat mereka beralih ke metode pengajaran dan pembelajaran modern – baik online, tatap muka, maupun hybrid. Kami berharap, platform Alef akan mendukung tujuan kami dalam meningkatkan skor Programme for International Student Assessment (PISA) dan literasi numerasi untuk siswa madrasah di bawah naungan Kementerian Agama RI”.

Produk unggulan Alef Education, Platform Alef, juga memberikan dukungan pada guru pengajar dalam menyampaikan konten menarik dan interaktif yang disesuaikan dengan kurikulum, yang mendukung penilaian dan manajemen siswa. Platform ini menghasilkan data real-time untuk menyampaikan tanggapan yang relevan dan tepat waktu kepada siswa dan guru yang membantu memungkinkan terjadinya proses transformatif dalam sektor pendidikan dan menjadi poin penting dari keberhasilan Platform Alef.

Sistem terpusat yang dimiliki juga memanfaatkan Machine Learning dan Big Data untuk menyediakan data yang dapat ditindaklanjuti dan rekomendasi intelijen nan akurat kepada Kementerian Agama RI demi meningkatkan prestasi siswa. Sejak awal didirikan, Alef Education telah mengubah kehidupan lebih dari 670.000 siswa di lebih dari 4.000 sekolah di UEA, AS, dan kini bertambah 1.500.000 siswa di Indonesia.

FajarPaper Renovasi Lima Sekolah di Kabupaten Bekasi

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Marketing |  PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan dari SCGP di Indonesia, melakukan serah terima Program CSR Renovasi Sekolah kepada lima sekolah di wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi, hari ini (24/08), di SMPN 4 Cikarang Barat.

Program ini bertujuan mengakselerasi kualitas pendidikan melalui sarana dan prasarana penunjang belajar yang memadai bagi generasi muda, sekaligus merupakan komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, dan Governance).

Program renovasi sekolah FajarPaper ini telah dilakukan sejak 2013, setelah melihat masih banyaknya kondisi sekolah di sekitar area operasi perusahaan yang kurang ideal akibat masa pakai yang sudah terlalu lama atau kondisi cuaca, seperti atap kelas yang bocor, dinding retak, dan saluran air yang tersumbat.

Baca juga: Semangat Berliterasi Buku Tulis AA di Masa Pandemi

“Kami percaya, anak-anak berhak memperoleh pengalaman belajar yang berkualitas sebagai pondasi dalam membentuk kecerdasan dasar, karakter, dan keterampilan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” tutur Presiden Direktur FajarPaper, Peerapol Mongkolsilp.

Lebih lanjut, General Manager HR Strategic and Business FajarPaper, Jefri D. Tambunan, menjelaskan bahwa sejak tahun 2013, program ini telah menjangkau 30 sekolah di Kabupaten Bekasi. Dalam enam tahun terakhir sejak tahun 2016, perusahaan telah mengalokasikan biaya lebih dari Rp16 miliar.

CSR Pendidikan
Content Creator Pendidikan Falya Aqiela menjadi guru matematika sehari di SMPN 4 Cikarang, dengan suasana kelas baru hasil Program CSR Renovasi Sekolah dari FajarPaper pada Rabu (24/08)

“Tahun ini, proyek renovasi dimulai sejak Mei dan rampung dalam kurun waktu yang relatif cepat di bulan Juli. Khusus tahun ini juga, kami memperluas target renovasi sekolah ke tingkat TK dan SMP, serta menjangkau wilayah terluar Cikarang, seperti Kecamatan Muara Gembong yang lokasinya cukup jauh di Pantai Utara (Pantura) Jawa. Kami fokus menyasar sekolah-sekolah yang memang memiliki urgensi serta keterbatasan lainnya. Tentunya kami berharap jangkauan program ini terus bertambah ke depannya,” jelas Jefri.

Baca juga: Ramadan BISA, Program CSR Suntory Garuda untuk Pendidikan Anak Disabilitas

Masing-masing sekolah memiliki cakupan renovasi yang berbeda, meliputi berbagai fasilitas seperti ruang kelas, aula, lapangan, perpustakaan, dan laboratorium. Adapun lima sekolah penerima bantuan tahun ini adalah TK Bhayangkari 57 Cikarang Utara, SDN Kalijaya 10 Cikarang Barat, SDN Sukadanau 02 Kecamatan Cikarang Barat, SMPN 4 Cikarang Barat, Kecamatan Cikarang Barat, dan SDN Pantai Bhakti 02, Kecamatan Muara Gembong

“Pemerintah secara bertahap terus melakukan pemetaan kondisi di lapangan serta menyalurkan bantuan kepada berbagai instansi pendidikan, dan dengan adanya inisiatif dari pelaku industri seperti FajarPaper, kami sangat terbantu dalam mencapai target tersebut,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda.

Tiket Pesawat dengan Harga Kompetitif di Singapore Airlines–BCA Travel Fair 2022

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Lifestyle | Singapore Airlines dan BCA kembali berkolaborasi menggelar “Singapore Airlines–BCA Travel Fair 2022”. Travel Fair ini akan dilaksanakan secara offline di atrium utama Gandaria City, Jakarta, mulai tanggal 26 hingga 28 Agustus 2022. Sementara untuk pelanggan di kota-kota lain, seluruh permintaan dan pemesanan dapat dilakukan di cabang-cabang agen perjalanan yang berpartisipasi di Bandung, Surabaya, Medan, dan Denpasar.

Para pelanggan bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang menarik untuk Business, Premium Economy dan Economy Class. Travel Fair ini menawarkan harga tiket pesawat yang menarik ke berbagai destinasi populer seperti Amsterdam, Bangkok, London, Los Angeles, Melbourne, New York, Paris, Seoul, dan Sydney. Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan informasi berguna lainnya tentang produk dan layanan lain dari para pakar dan agen perjalanan yang berpartisipasi di acara Travel Fair ini.

Baca juga: Customer Loyalty Program Tokoplas Periode 2022 – 2023 Berhadiah Paket Liburan hingga Mobil Tesla

“Selain menawarkan harga tiket pesawat yang menarik ke berbagai destinasi global, kami juga bekerja sama dengan para mitra untuk memberikan keuntungan tambahan kepada pelanggan setia kami. Beberapa keuntungan ini mencakup asuransi gratis yang memberikan ketenangan pikiran ketika pelanggan merencanakan dan memesan perjalanan mereka. Berbagai pilihan destinasi juga telah menanti pelanggan kami, inilah saatnya untuk menjelajah dunia lagi!”, ujar Alvin Seah Leng Tat, General Manager Singapore Airlines Indonesia.

Baca juga: Garuda Indonesia dan SIA Perluas Kerja Sama Komersial

 Singapore Airlines
Pesawat Singapore Airlines

Santoso, Direktur PT Bank Central Asia menambahkan, kemitraan antara BCA dan Singapore Airlines dalam Travel Fair ini akan memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada pelanggan. “Melalui kerja sama ini, kami akan melayani pelanggan yang telah rindu untuk berpergian ke berbagai destinasi. BCA menawarkan pilihan pembayaran yang mudah dan nyaman bagi semua pengunjung,” tuturnya.

 

Asnan Furinto: Integrasi Tetap Jadi Solusi Pascapandemi

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Marketing Award | Penjurian Marketing Award 2022 dilaksanakan di tengah periode pemulihan ekonomi pascapandemi. Setelah hampir tiga tahun diterpa krisis akibat pandemi, perusahaan di tahun ini sepertinya sudah semakin piawai dalam mengintegrasikan berbagai pendekatan berbasis platform digital, metode pemasaran konvensional, dan pengamatan adaptasi perubahan perilaku pembelian dari target pasarnya masing-masing. Selama tiga tahun terakhir, dengan diakselerasi pandemi, teknologi digital berkembang dengan sangat cepat. Selama pandemi masyarakat membatasi berkegiatan di luar rumah. Alhasil, hampir semua aktivitas dilakukan secara online sehingga membuat mereka semakin terekspos intensif dengan konten digital yang tayang di internet.

Dr. Asnan Furinto, MBA (Ketua Bidang Keahlian Pemasaran Strategis, Binus Business School). Foto: Dokumentasi Pribadi.

Selama pandemi banyak konten bertipe talkshow dan podcast bermunculan, dan sangat diminati konsumen Indonesia. Mendadak bertambah banyak figur publik yang menjadi KOL (key opinion leader), selebgram, dan influencer. Masyarakat menjadikan mereka sebagai patokan tentang produk apa yang harus dibeli, merek apa yang sedang tren, baju dan gaya busana seperti apa yang harus dikenakan, destinasi wisata mana yang keren, dan sebagainya. Perusahaan semakin marak menggunakan KOL dan influencer di jalur digital untuk menaikkan awareness dan penjualan.

Namun demikian, digitalisasi akibat pandemi tidak lantas menghilangkan cara pemasaran konvensional. Kondisi serba digital saat ini justru membuat konvensional serta digital marketing saling melengkapi. Ke depan, batas antara tradisional dan digital media akan menghilang. Jadi, saat ini bukan lagi soal mana yang lebih besar dari yang lainnya, tapi digital semakin melengkapi tradisional. Sebagai contoh, tayangan TV sekarang juga bisa ditonton dari banyak platform online.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan perusahaan adalah pemanfaatan media sosial, social commerce, dan ecommerce secara efektif. Penting untuk menyusun konten spesifik yang sesuai dengan audiens utama perusahaan. Teknologi digital seharusnya mampu meningkatkan kemampuan perusahaan memperbaiki kualitas customer experience dan pendalaman preferensi pembeli secara spesifik atau personalization. Digital membuka banyak peluang, tetapi memang perlu effort lebih untuk memanfaatkannya secara tepat. Di sinilah pentingnya perusahaan memiliki ahli dalam membuat personalized content, memilih platform media sosial yang sesuai, dan menyasar audiens yang tepat.

Sejalan dengan mulai normalnya kegiatan bisnis, tentunya terbuka lagi akses bagi konsumen untuk melakukan pembelian secara offline. Konsumen ingin kembali dapat mencoba atau menyentuh produk sebelum pembelian, ingin merasakan sensasi mencoba baju dan sepatu, mendapatkan perawatan wajah dan tubuh, hingga ingin mencium aroma parfum. Untuk konsumen gadget atau barang otomotif, banyak yang merasa lebih aman membeli setelah melihat langsung.

Melihat kembali apa yang terjadi di awal pandemi ketika berbagai pembatasan sosial diberlakukan, solusi untuk berbelanja dan beriklan dengan masif di jalur digital seakan adalah jawabannya dalam jangka panjang. Namun saat ini, ketika memasuki masa pascapandemi, kita kembali mempertanyakan apakah memang semua hal akan bergeser ke digital. Tampaknya ke depan solusinya adalah menemukan keseimbangan antara wadah tradisional dan platform digital. Mengintegrasikan strategi offline dan online menjadi kunci keberhasilan perusahaan di era pascapandemi.

Krisis akibat pandemi telah memberi banyak pelajaran berharga kepada perusahaan. Semoga saja upaya integrasi antara domain digital dan konvensional yang dilakukan perusahaan, pada akhirnya dapat memberi kemudahan dan kepuasan bagi para pelanggannya, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan industri dan pemulihan ekonomi Indonesia.

Dr. Asnan Furinto, MBA
Ketua Bidang Keahlian Pemasaran Strategis
Binus Business School

Danone-AQUA Pertahankan Kualitas dengan 400 Parameter Pemeriksaan

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Danone-AQUA kembali menegaskan komitmen untuk mempertahankan kualitas terbaik air minum dan kemasan seluruh produknya. Komitmen ini ditunjukkan melalui seluruh proses yang berlangsung di Pabrik Danone-AQUA yang berlokasi di Ciherang, Jawa Barat. Pabrik Danone-AQUA Ciherang dibangun di atas lahan seluas 8,93 hektar.

Danone-Aqua

Komitmen Danone-AQUA diimplementasikan melalui tiga perlindungan utama yaitu melakukan serangkaian upaya untuk melindungi kealamian ekosistem di sekitar sumber airnya, memastikan proses produksi secara higienis dan terjaga, dan memroses produk dengan seksama melalui sistem terintegrasi menyeluruh tanpa tersentuh tangan dengan 400 parameter pemeriksaan kualitas untuk menjamin pemenuhan standar keamanan pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, mengatakan, “Sebagai salah satu perusahaan bersertifikasi BCorp, penting bagi kami untuk senantiasa menjadikan perusahaan sebagai force for good, dengan melindungi kealamian ekosistem di sekitar sumber air serta memastikan kualitas air dan kemasan tetap terjaga sejak dari sumber air di seluruh pabrik Danone-AQUA hingga ke tangan konsumen.”

Beragam mekanisme memanfaatkan teknologi mutakhir untuk menjaga kualitas air mineral dan kemasan telah diterapkan di seluruh pabrik Danone-AQUA. Pabrik Ciherang memiliki 2 jalur pengisian air mineral untuk kemasan botol (330ml satu jalur dan 600ml satu jalur), serta memiliki 3 jalur pengisian air mineral untuk kemasan galon guna ulang. Seluruh produk Danone-AQUA juga telah tersertifikasi sesuai standar global dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Pabrik Ciherang juga selalu menjamin standar pengisian ulang kemasan galon dengan proses seleksi ketat terhadap galon yang kembali ke pabrik. Adapun rangkaian seleksi ketat untuk galon guna ulang di antaranya adalah pengecekan fisik, galon tidak pecah atau bocor, galon tidak berbau, dan tidak terkontaminasi endapan atau warna. Galon yang telah lolos seleksi akan menjalani proses pencucian dengan menggunakan air bertekanan dan pembersih dengan standar food grade, kemudian galon akan dibilas menggunakan air bertekanan tinggi.

Sebelum diisi ulang galon akan menjalani proses filtrasi dan penyinaran ultraviolet di dalam High Care Room – ruangan khusus dengan akses terbatas dan minim sentuhan tangan dan dimonitor secara real time. Jika telah usai menjalani serangkaian proses galon diisi dengan air mineral tanpa sentuhan tangan. Untuk mengunci kemurnian air mineral dalam kemasan, Danone-AQUA galon menggunakan teknologi double injection yaitu tutup galon khusus yang dipatenkan pertama di Indonesia.

Kepala Site-Plan Danone–AQUA Ciherang, Joko Prasojo mengatakan, “Tentunya tidak semua galon yang kembali ke pabrik dapat digunakan ulang. Galon yang tidak memenuhi standar akan menjalani proses daur ulang. Hal ini kami lakukan sebagai salah satu wujud komitmen dari Danone-AQUA dalam menerapkan ekonomi sirkular guna mengurangi dampak pada lingkungan. Komitmen Danone-AQUA dalam menjaga keberlangsungan lingkungan melalui penerapan Green Factory yang diwujudkan melalui implementasi solar panel di atas bangunan pabrik, program rainwater harvesting serta Zero Waste to Landfill.”

Joko menambahkan, bahwa Danone-AQUA selalu berusaha untuk terus berinovasi dalam menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan hidrasi yang sehat. “Dengan menerapkan teknologi produksi yang terkini, pemeriksaan kualitas produk yang menyeluruh, serta komitmen untuk hanya menghadirkan produk dengan kualitas terbaik,” ujar Joko.

Untuk memastikan kualitas produk terjaga hingga distribusi, Danone-AQUA juga bekerja sama dengan mitra distribusi resmi, AQUA Home Service (AHS). AHS merupakan perpanjangan tangan dari Danone-AQUA untuk memastikan kualitas produk terjaga sampai ke tangan konsumen, sekaligus bagian dari komitmen perusahaan untuk memberdayakan perempuan dan mendorong pertumbuhan usaha skala kecil.

Yetti, salah satu agen AHS yang berada di wilayah perumahan Sentul, menyampaikan, bahwa menjadi bagian dari program AHS memberikan nilai tambah baginya dan lingkungan sekitar. Selain mendapat penghasilan tambahan untuk keluarga, namun juga memberikan manfaat kepada para tetangga sekitar. Keluarga di sekitar sini jadi semakin terbantu aksesnya untuk mendapatkan produk AQUA yang terjamin kualitasnya.

Sebagai garda terdepan dalam mengantarkan kemurnian air mineral dalam kemasan kepada konsumen, Danone-AQUA melakukan edukasi rutin bagi para mitra distribusi resmi termasuk kepada para agen AHS. Salah satu poin penting yang disampaikan adalah untuk mengedukasi konsumen dalam mengidentifikasi galon asli Danone-AQUA.

“Penting bagi konsumen untuk memperhatikan berbagai ciri fisik dari galon AQUA. Pastikan air tampak bening, tidak berbusa, tidak berbau, terasa segar dan tidak memberikan rasa kesat. Terdapat tulisan AQUA timbul pada badan galon, terdapat model droplet (tetes air) pada bagian samping tutup galon yang harus selalu dalam kondisi tertutup,” tambah Yetti.

Agar Tetap Relevan dengan Era Kekinian, Pos Indonesia Siapkan Program Transformasi dan Inovasi

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno | Tahun 2022 ini, PT Pos Indonesia (Persero) genap berusia 276 tahun. Menyongsong tahun-tahun berikutnya, Pos Indonesia mengembangkan sejumlah program strategis transformasi dan inovasi.

Direktur SDM dan Umum merangkap Plt Direktur Bisnis, Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Tonggo Marbun, menjelaskan Pos Indonesia harus selalu berinovasi agar tetap mampu beradaptasi dengan teknologi.

“Pos Indonesia sempat terdisrupsi perkembangan teknologi. Layanan jasa pengiriman surat dan kartu pos sudah tidak ada. Konteksnya di jasa keuangan tidak cukup hanya mendigitalkan layanan keuangan di loket, tapi kita harus punya nilai tambah dengan premis dan kekuatan yang kita punya, dan membangun inovasi,” kata Tonggo.

Saat ini, Pos Indonesia tengah menggencarkan layanan jasa keuangan, salah satunya ialah Pospay. Pengembangan Pospay ke depan, akan dilakukan penambahan fitur, penambahan mitra, dan memperkuat infrastruktur.

Baca juga: Pos Indonesia, Meraih Kembali Pangsa Pasar yang Hilang

“Kita akan menempatkan layanan jasa keuangan Pos Indonesia menjadi layanan yang utama bagi pemerintah dan masyarakat. Kita berinovasi, meningkatkan layanan produk, dan kapabilitas SDM sebagai pemberi layanan jasa keuangan terbaik,” ujarnya.

Faktor sumber daya manusia (SDM) tak kalah penting dalam mendukung kelancaran transformasi dan inovasi digital. Hal ini disadari oleh Pos Indonesia dengan memperkuat SDM mereka.

“Ketertinggalan Pos yang kemarin itu karena kurangnya kemampuan belajar. Dua tahun lalu, teknologi kami jauh di bawah perusahaan lainnya. Kami mulai membangun digital mindset kepada karyawan secara masif sejak 2021. Juga mendorong karyawan melakukan inovasi, menyelenggarakan Postal Innovation Award, yaitu inovasi berbasis digital,” kata Tonggo.

Pos Indonesia
Pos Indonesia

Mengenai tranformasi digital di layanan keuangan, Pos Indonesia saat ini memiliki segmen payment berupa Pospay, lending, saving. Inovasi digital akan dilakukan pada semua segmen tersebut.Terlebih, sekarang ini literasi keuangan Indonesia masih kurang. Dijelaskan Tonggo, literasi keuangan Indonesia sebesar 38,1 persen Llterasi syariah 20 persen.

“Masyarakat Indonesia yang bankable 80 juta. Artinya, masih banyak sekali peluang masyarakat Indonesia yang belum bankable. Di situ kehadiran Pospay untuk melayani ceruk ini,” kata Tonggo.

Berdasarkan survei, Pospay dan layanan kurir Pos Indonesia kuat sekali di kota kedua dan ketiga karena di sana masih minim layanan perbankan, sehingga Pos Indonesia menjadi layanan utama di sana.

Baca juga: Pos Indonesia Beri Kemudahan Transaksi Non Tunai Melalui Pospay

Perkuat Penyaluran Bansos

Pos Indonesia telah bermitra dengan Kementerian Sosial dan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam hal penyaluran bantuan sosial (bansos). Pos Indonesia memiliki lebih dari 4.800 kantor di seluruh kecamatan/kota di Indonesia. Keunggulan tersebut menjadikan Pos Indonesia mampu menjangkau hingga pelosok daerah.

Selain kekuatan jaringan, Pos Indonesia juga melengkapi penyaluran bansos dengan fitur geotagging dan face recognition untuk memastikan penerima bansos tepat sasaran.  Keandalan Pos Indonesia tersebut bahkan menuai apresiasi dari Presiden Joko Widodo. Pos Indonesia dinilai mampu menyalurkan bansos tepat sasaran dan tepat waktu.

YYADU Memeriahkan Deklarasi Jaringan Jurnalis Peduli Sampah

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id Berita Lifestyle | Program advokasi dan edukasi daur ulang sampah plastik yang diinisiasi oleh PT Trinseo Materials Indonesia, Yok Yok Ayok Daur Ulang (YYADU) turut memeriahkan acara deklarasi Jaringan Jurnalis Peduli Sampah (J2PS). Acara deklarasi Jaringan Jurnalis Peduli Sampah Provinsi Bali ini juga menjadi kesempatan bagi YYADU dalam mengambil peran dan fungsinya sebagai program advokasi daur ulang sampah plastik untuk meningkatkan literasi jurnalis serta masyarakat secara luas.

YYADU

“Deklarasi Jaringan Jurnalis Peduli Sampah (J2PS) Provinsi Bali sebagai wujud komitmen penanggulangan kompleksitas masalah sampah di Provinsi Bali secara khusus dan di tanah air pada umumnya,” ucap Agustinus Apollonaris Klas Daton, Ketua J2PS Bali.

Komitmen dan konsistensi produsen terhadap sampah plastik ini dianggap sudah sejalan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. Pergub ini dianggap sebagai kebijakan daerah yang memiliki tujuan merubah paradigma “Kumpul, Angkut, Buang” dengan mewajibkan sumber penghasil sampah melakukan pemilahan dan pengelolaan dari sumber dengan prinsip 3R, reduce, reuse, recycle.

Hanggara Sukandar selaku Sustainability Director dari Responsible Care® Indonesia menjelaskan, dalam menyikapi permasalahan sampah yang kompleks, kolaborasi dari berbagai pihak termasuk produsen, pelaku daur ulang, hingga pemerintah menjadi sangat penting. Hal ini sejalan dengan fungsi dan tujuan Yok Yok Ayok Daur Ulang sebagai sebuah program advokasi daur ulang yang selalu berusaha mempertemukan berbagai institusi dengan fokus yang berbeda-beda untuk saling bersinergi.

“YYADU ingin terus mengajak masyarakat, produsen, konsumen, asosiasi, dan pemerintah juga untuk mengkampanyekan kegiatan daur ulang, khususnya sampah plastik yang tidak dapat dihindari. Sosialisasi dan edukasi perlu terus dijalankan untuk memudahkan setiap pihak dalam menjalankan fungsinya sesuai porsi masing-masing,” Hanggara.

Proses pengelolaan sampah dari hulu ke hilir selalu dihadapkan dengan tantangan-tantangan yang timbul dalam pelaksanaannya. Dimulai dari kendala teknis saat pengumpulan sampah itu sendiri, hingga ketidaktahuan pelaku kelola sampah terhadap off taker atau pihak pengambil sampah yang sudah dikelola untuk didaur ulang.

Namun demikian, teknologi yang terus berkembang sudah memungkinkan proses daur ulang terhadap jenis-jenis plastik yang hingga saat ini dianggap sulit untuk diproses, seperti salah satunya plastik jenis PS atau polistirena. Melalui proses yang disebut depolymerization (depolimerisasi), setiap produk dengan bahan utama polistirena akan mampu didaur ulang menjadi bahan bakunya kembali.

“Teknologinya sudah tersedia meskipun saat ini masih di Amerika Serikat dan dalam proses pembangunan di Belgia. Kami berharap dalam waktu dekat dapat hadir di Asia, terutama Indonesia. Sekarang hanya bagaimana semua bersinergi menyambut teknologi tersebut ketika hadir nantinya,” tambah Hanggara.

J&T Express Modernisasi Gudang Sortir

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Marketing | J&T Express terus meningkatkan sistem operasional pengiriman dengan berfokus pada fungsi gudang sortir. Gudang penyortiran barang merupakan salah satu proses terpenting dan berperan sangat vital untuk kelancaran alur distribusi paket. Sebagai perusahaan jasa pengiriman berskala global dengan perluasan jaringan di 13 negara, J&T Express mengoptimalkan dua titik area gudang yang dapat menampung sekaligus menyortir paket agar lebih efisien dan efektif dalam proses pengiriman ke pelanggan.

CEO J&T Express, Robin Lo menyampaikan, gudang sortir tersebut terletak di wilayah Jawa Timur dan Kalimantan, karena termasuk kawasan pengiriman yang cukup tinggi. “Semua gudang dilakukan maintenance secara bertahap, saat ini kami perluas area cakupan Madiun dan Banjarmasin untuk penyegaran operasional gudang sortir disana serta memenuhi permintaan bisnis lokal yang terus meningkat”, ungkapnya.

Kedua titik gudang sortir merupakan penggantian ruang operasional dan penyortiran ke area lahan dengan kapasitas yang lebih luas. Kedepannya kedua gudang sortir tersebut akan menggunakan mesin sortir otomatis dengan peralatan canggih serta fasilitas lainnya seperti ruang kantor, area bongkar muat barang, bengkel, parkir kendaraan, kantin, ruang ibadah, dan toilet. Area seluas ± 19,848 m² dengan luas bangunan 12.186,5 m² untuk Madiun dan ± 20,400 m² dengan luas bangunan 12.186,5 m²untuk Banjarmasin.

Baca juga: J&T Express Rambah Bisnis Cargo

gudang sortir J&T Express
gudang sortir J&T Express

Gudang sortir yang yang diperbaharui tersebut akan mulai beroperasi pada November dan Desember 2022 mendatang. Dengan rencana penggunaan mesin sortir otomatis ke depannya volume proses diprediksi dapat meningkat 2 kali lipat. Selain itu, tersedia ruang terbuka hijau di sekitar area untuk memberikan kenyamanan karyawan serta konsisten menerapkan protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi yang belum stabil.

Baca juga: Diminati Pedagang, GudangAda Logistik Luncurkan Sistem Pembayaran COD

Keterbatasan interaksi selama pandemi yang mengubah minat masyarakat bertransaksi online berdampak pada kebutuhan pengiriman barang yang ikut meningkat signifikan, sehingga diperlukan kesiapan fungsi gudang sortir untuk menjaga alur pengiriman agar terpenuhi dengan baik.

Pengadaan fasilitas kedua gudang sortir ini diharapkan mampu maksimalkan pengiriman jalur darat di wilayah Jawa Timur dan Kalimantan Selatan. Terlepas dari infrastruktur serta geografis di Indonesia yang menjadi tantangan jasa pengirimannya, J&T Express terus berupaya memberikan pelayanan terbaik agar tetap menjaga efisieBansi waktu pengiriman.

Strategi Jitu RM Karya Minang Hadapi Lonjakan Harga Bahan Baku

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Kakak beradik pemilik usaha RM Karya Minang beberkan strategi jitu menghadapi lonjakan harga bahan baku 

Marketing.co.id – Berita UMKM | Usaha tidak akan mengkhianati hasil tampaknya adalah sebuah istilah yang tepat untuk menggambarkan perjuangan kakak beradik asal Kebumen ini, yaitu Aminoto dan Budi Handoko.

Kakak beradik ini merantau ke ibu kota dan memberanikan diri mengadu nasib dengan membuka bisnis kuliner. Kisah sukses mereka berdua berawal pada tahun 2014, saat Amin membuka Rumah Makan (RM) Karya Minang cabang pertama di daerah Serpong Garden, Tangerang.

Keberhasilan Amin membuka cabang pertama ini kemudian membuka jalan baginya untuk mendirikan cabang selanjutnya di Bale Tirtawana dan juga Karawaci. Sang adik, Handoko, yang memiliki pengalaman bekerja di rumah makan Padang sebelumnya akhirnya ikut turut membantu mengelola bisnis RM Karya Minang tersebut.

Meski tidak ada satupun pengelolanya yang berdarah asli Minang, RM Karya Minang ini tetap mampu melebarkan sayapnya dalam bisnis rumah makan Padang. Hingga kini, RM Karya Minang telah mempekerjakan lebih dari 70 karyawan di enam cabang RM Karya Minang yang ada di wilayah Tangerang dan sekitarnya. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari usaha, kerja keras, dan kegigihan Amin dan Handoko dalam menciptakan cita rasa masakan Padang yang dapat diterima masyarakat Jabodetabek.

Selain memastikan kualitas rasa, kakak beradik ini juga berupaya beradaptasi dengan tren terkini dan turut masuk ke dalam ekosistem digital, seperti mendaftarkan rumah makan mereka ke dalam layanan ShopeeFood. “Awalnya kami mendengar ShopeeFood mulai ramai di Jakarta di awal tahun 2021, dan kami pun langsung tertarik buat gabung. Setelah menunggu beberapa saat, ShopeeFood akhirnya hadir di Tangerang, jadi kami langsung daftar deh! Kehadiran ShopeeFood ini sangat membantu transaksi bisnis kami, terutama di masa-masa sulit saat pandemi. Alhamdulillah, bisnis kami masih bisa terus bertahan di saat banyak bisnis-bisnis lain yang harus terpaksa gulung tikar,” tutur Amin.

Setelah berhasil melalui gempuran pandemi, RM Karya Minang kembali dihadapkan dengan tantangan bisnis lainnya, yaitu kenaikan harga bahan baku di masa transisi pandemi. Tren kenaikan harga tersebut tentunya membawa dampak yang sangat signifikan bagi para pelaku UMKM, khususnya mereka yang bergerak di industri kuliner, tak terkecuali RM Karya Minang. Dalam situasi ini, para pelaku usaha kuliner seolah dituntut untuk lebih jeli dalam mencari peluang agar dapat bertahan dan menjaga perputaran roda bisnisnya.

“Selama beberapa bulan terakhir, harga bahan baku di pasar terus melonjak. Meskipun harga bahan baku naik, kami tidak bisa serta merta menaikkan harga jual karena daya beli masyarakat juga masih lemah akibat pandemi. Akhirnya, kami harus mencoba memutar otak agar kami dapat tetap menjaga kualitas rasa dan pelayanan kami, walaupun tanpa adanya kenaikan harga jual,” Amin menjelaskan.

Setelah melakukan berbagai percobaan, RM Karya Minang akhirnya berhasil menemukan strategi yang tepat dalam menyiasati naiknya harga bahan baku. Berikut 3 strategi RM Karya Minang yang dapat diterapkan oleh para pelaku usaha kuliner lainnya di tengah tingginya kenaikan harga bahan baku:

Konsisten menjaga kualitas untuk tingkatkan loyalitas

RM Karya Minang selalu memprioritaskan kualitas dan cita rasa makanan yang disajikan. Menurut mereka, menjaga kualitas rasa adalah hal yang paling penting dilakukan para pelaku usaha kuliner. Daripada meraup keuntungan yang terlalu besar, RM Karya Minang lebih memilih memastikan menjaga kualitas rasa makanan. RM Karya Minang percaya bahwa kualitas rasa itulah yang dapat membantu menjaga loyalitas konsumen. Strategi ini dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga pelanggan setia, agar terus kembali membeli produk.

Memanfaatkan kampanye promo untuk mendorong transaksi

Tak bisa dipungkiri, promosi adalah salah satu kunci utama yang harus selalu dilakukan para pelaku usaha. Meskipun harga bahan baku sedang naik, RM Karya Minang selalu berusaha memaksimalkan strategi penjualan mereka secara online di ShopeeFood untuk menarik perhatian konsumen. RM Karya Minang secara aktif dan konsisten mengikuti berbagai program kampanye yang ada di ShopeeFood dari waktu ke waktu, seperti Promo Tanggal Kembar, Pay Day, Menu Harga Coret, dan masih banyak lagi. Keseriusan RM Karya Minang dalam memanfaatkan kampanye promo tersebut berhasil membantu mereka mendorong transaksi penjualan. Dalam sehari, RM Karya Minang bisa mendapat ratusan order dari ShopeeFood.

Jeli dalam melakukan perhitungan menjadi kunci pertahanan

Dalam menjalankan usaha, perhitungan yang akurat menjadi kunci keberhasilan. Di tengah kenaikan harga bahan baku, RM Karya Minang berusaha untuk lebih jeli dalam melakukan perhitungan saat proses produksi. Selain menu utama, RM Karya Minang berusaha untuk hanya menyiapkan stok yang secukupnya berdasarkan hasil perhitungan yang mereka lakukan. Menekan jumlah produksi dari menu-menu pelengkap tersebut dapat menjadi salah satu strategi jitu yang bisa diterapkan pelaku usaha kuliner dalam melakukan efisiensi biaya produksi.

Dengan performa bisnis yang dimiliki RM Karya Minang sekarang ini, Amin dan Handoko mengaku bahwa mereka ingin lebih fokus meningkatkan strategi operasional dan menjaga kualitas rasa masakan. Hal tersebut adalah salah satu upaya yang mereka lakukan untuk menjaga eksistensi bisnis RM Karya Minang secara jangka panjang.

Pinjaman UMKM Kurang Terlayani, Modalku Salurkan Fasilitas Kredit Rp 737 Miliar

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

 (Kiri ke kanan): Regina Lee, Head of Commercial Banking, HSBC Singapore & Reynold Wijaya, Co-Founder & CEO Modalku Grup Modalku berkolaborasi dengan HSBC menyalurkan fasilitas kredit USD 50 juta untuk mendukung pertumbuhan UMKM Asia Tenggara 

Marketing.co.id – Berita UMKM | Grup Modalku resmi mengumumkan penandatanganan fasilitas kredit senilai USD 50 juta atau sekitar Rp 737 miliar (kurs 1 USD = Rp 14.754) dengan HSBC Singapura. Hal ini merupakan bagian dari strategi untuk terus memperluas jangkauan perusahaan dalam mendukung UMKM berpotensi yang belum terlayani secara optimal.

Pinjaman komersial di Asia Pasifik sendiri diproyeksikan memiliki potensi pertumbuhan sebesar 16,5%, dengan menghasilkan pendapatan lebih dari USD 7 triliun pada tahun 2028, yakni sekitar 25% dari jumlah pasar global sebesar USD 27,4 triliun.

Secara umum, pinjaman UMKM masih kurang terlayani dan tidak memiliki kecepatan transformasi digital yang sama dengan pinjaman ritel. Grup Modalku telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 37,9 triliun kepada lebih dari 5,1 juta transaksi pendanaan UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Melalui fasilitas kredit ini, pendana institusi terkait dapat menyalurkan dana melalui berbagai solusi pembiayaan yang disesuaikan di seluruh segmen UMKM di lima negara Grup Modalku beroperasi.

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan, “Kolaborasi ini merupakan tonggak penting bagi kami dan merupakan pembuktian riwayat kredit kami selama pandemi covid-19. Harapannya dengan adanya wawasan baru dari HSBC, kapabilitas global, serta pendekatan yang terukur, semakin melengkapi kami untuk memajukan perkembangan bisnis UMKM yang memiliki keterbatasan dalam mendapatkan akses pendanaan. Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan HSBC dan kami sangat antusias atas kolaborasi yang dijalankan saat ini.”

Bisnis di Asia Tenggara didominasi oleh UMKM, dengan persentase sebesar 97% dengan nilai PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 40% di seluruh wilayah. Menurut pandangan dari YCP Solidiance, Indonesia memiliki pertumbuhan dan nilai ekonomi internet tertinggi dengan kontribusi PDB terbesar yang dihasilkan oleh UMKM sebesar 61%.

Dengan adanya kerja sama ini, HSBC dapat memperluas pasar global melalui segmen UMKM berpotensi yang belum terlayani secara optimal di seluruh kawasan. Kemudian, melalui kerja sama ini, HSBC akan berperan sebagai structuring bank, pendana, fasilitas dan agen keamanan dalam memberikan solusi pembiayaan yang fleksibel, terukur, dan semi-regional untuk mendukung ekspansi bisnis Grup Modalku di wilayah tersebut.

Regina Lee, Head of Commercial Banking, HSBC Singapore, mengatakan, “Sebagai platform pendanaan digital UMKM terkemuka, Grup Modalku memainkan peran penting dalam berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi baru di Asia Tenggara dengan mendorong inklusi keuangan yang lebih luas dan mendukung perusahaan lokal yang merupakan bagian dari fondasi ekonomi. Kami sangat senang dapat mendukung Grup Modalku dalam memperluas jangkauan bisnisnya untuk mendukung UMKM berpotensi di wilayah mereka.”

Sebelum adanya kolaborasi dengan Bank HSBC, baru-baru ini Grup Modalku melakukan akuisisi platform pembayaran digital regional CardUp (menunggu persetujuan regulator), sebagai bagian dari serangkaian upaya untuk diversifikasi layanan di luar pinjaman. Pada Februari 2022, Grup Modalku juga memperoleh pendanaan ekuitas Seri C+ senilai USD 144 Juta. Tidak hanya itu, Grup Modalku juga berinvestasi terhadap Bank Index di Indonesia, dan melakukan ekspansi pasar yang kelima di Vietnam.