Sunday, October 5, 2025
Home Blog Page 411

Semakin Lengkap, Kini SASA Hadirkan Produk Saus Sambal

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

SASA Saus Sambal Looney TunesMarketing.co.id- Berita Marketing | Memberikan sensasi yang berbeda pada lidah menjadi salah satu alasan orang Indonesia sangat menyukai makanan pedas.

Menurut survei Licorice dikutip dari MediaIndonesia.com, 93,6% masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas. Kita juga sering kali mendengar ungkapan makan tanpa sambal terasa ada yang kurang. Hal ini menandakan rasa pedas sudah cukup akrab di lidah masyarakat.

Tak mengherankan jika Indonesia terkenal dengan surganya kuliner pedas. Mulai dari yang tradisional seperti oseng mercon hingga seblak banyak diburu masyarakat, terutama Gen Z. Cita rasa dari kedua makanan tersebut tentunya memberikan sensasi pedas yang diidamkan orang Indonesia.

Melihat peluang besar ini, PT SASA INTI (SASA) berkolaborasi dengan Looney Tunes mengenalkan SASA Saus Sambal yang membawa keceriaan lewat sensasi pedas dan aroma bawang putih.

Albert Dinata, Marketing Director PT Sasa Inti mengatakan, sebagai perusahaan makanan Indonesia yang terus berinovasi selama lebih dari 50 tahun kini menghadirkan produk yang bukan hanya menyehatkan tetapi juga memberikan warna dalam keseharian pecinta makanan. Setelah produk SASA Tepung Bumbu Bervitamin dan Santan Omega 3, SASA semakin melengkapi kebutuhan masyarakat dengan adanya SASA Saus Sambal.

“Sebagai brand yang sudah lama hadir di Indonesia, SASA berkomitmen bukan hanya memberikan produk yang menyehatkan tetapi juga produk yang membawa keceriaan dalam keseharian konsumen, salah satunya lewat hadirnya SASA Sambal Looney Tunes. Ini adalah wujud kontribusi kami sebagai produk Indonesia yang terus berinovasi dan berkreasi,” ucap Albert Dinata.

SASA Saus Sambal Looney TunesDi tengah hiruk pikuk kehidupan dan padatnya aktivitas, SASA Sambal Looney Tunes kini telah menjadi solusi yang membawa keceriaan bagi siapapun yang ingin merasakan sensasi pedas tiada dua.

Untuk makanan pedas nan lezat yang lebih ceria, SASA Saus Sambal Looney Tunes jadi pilihan terbaik. Kreasi produk dari Sasa ini bisa didapatkan di toko kelontong, minimarket, supermarket, dan e-commerce favorit.

Kemenparekraf dan Prime Video Berkolaborasi Promosikan Konten Indonesia pada Dunia

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan layanan video streaming global Prime Video hari ini, Senin (11/12) mengumumkan kerja sama dalam mempromosikan pariwisata, ekonomi kreatif, cerita, dan talenta Indonesia melalui layanan streaming Prime Video pada audiens global.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Kesepahaman Bersama oleh Ni Wayan Giri Adnyani, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan David Simonsen, director Prime Video, Southeast Asia, disaksikan oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemitraan ini memperkuat komitmen Prime Video untuk menghadirkan cerita dan talenta Indonesia melalui konten eksklusif dan Original asal Indonesia pada audiens global. Selain itu, Prime Video juga berkomitmen untuk memberikan serangkaian pelatihan pengembangan kapasitas untuk memberdayakan sineas Indonesia.

Baca juga: Kisah Cinta dalam Balutan Cita Rasa Otentik Cengkeh

“Saya senang dapat menjalin kemitraan dengan Prime Video guna mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air pada audiens global,” ujar Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Indonesia adalah negara dengan kekayaan budaya dan destinasi pariwisata yang indah. Kolaborasi dengan Prime Video bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia kepada 200 juta pelanggan Prime Video yang tersebar di seluruh dunia, yang menunjukkan Indonesia sebagai pusat kreatif yang dinamis dan negara yang menarik di kancah internasional,” lanjut Sandiaga.

Kemenparekraf dan Prime Video
(ki-ka) Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, bersama Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan David Simonsen, director Prime Video Southeast Asia serta Tina Arwin, senior development executive Prime Video, saat penyerahan cenderamata kerja sama di acara “The Weekly Brief with Sandi Uno” di Kemenparekraf.

Sementara itu, David Simonsen, Director Prime Video, Southeast Asia, mengatakan kerja sama dengan Kemenparekraf memperkuat komitmen Prime Video untuk menampilkan talenta kreatif dan cerita Indonesia ke panggung global.

“Di Prime Video, kami  selalu berupaya untuk menjadi pendukung dan penggerak industri kreatif. Sebagai pusat hiburan, ada ruang untuk setiap cerita, yang hanya akan dapat diperkaya jika lebih banyak pembuat cerita yang bersemangat menemukan pelatihan, platform, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membantu mereka menelurkan karya-karya terbaik di masa mendatang. Kami sangat bersemangat untuk menjalin lebih banyak kerja sama dengan talenta-talenta Indonesia dan membagikan kisah mereka ke seluruh dunia,” beber David.

Pada September lalu, Prime Video mengumumkan daftar konten lokal yang ditayangkan hingga penghujung tahun 2023, yang terdiri dari 13 judul baru konten Indonesia eksklusif dan Original yang diluncurkan setiap minggu antara 5 Oktober dan 28 Desember. Termasuk di antaranya serial Original Indonesia pertama dari Prime Video, Comedy Island Indonesia, yang digarap melalui kolaborasi dengan Base Entertainment.

Baca juga: Libatkan Artis Top, Kemendikbudristek Kembali Rilis 10 Episode Drama Audio

Serial yang merupakan perpaduan antara format scripted dan unscripted ini dikemas dalam enam episode, yang menawarkan tantangan komedi situasional yang unik dan kreatif. Serial ini dibintangi sejumlah aktor dan komedian Indonesia ternama seperti Tora Sudiro, Asri Welas, Cinta Laura Kiehl, Nirina Zubir, Aming, Tretan Muslim, Dustin Tiffani, Mamang Osa, Uus, Onadio Leonardo, dan Muzakki Ramdhan.

Selain Comedy Island Indonesia, Prime Video menghadirkan reboot acara game show Jepang ikonik Takeshi’s Castle yang dimeriahkan oleh para aktor pengisi suara lokal. Proses pengisian suara dipimpin oleh Fluxcup, pengisi suara internet sensasional dengan humor yang berakar kuat pada unsur komedi lokal. Serangkaian komedian ternama seperti Wendy Cagur, Kiky Saputri, Imam Darto, Dimas Danang, Soleh Solihun, dan Abdel Achrian, turut serta sebagai pengisi suara.

Prime Video juga telah berkolaborasi dengan beberapa pemangku kepentingan di industri perfilman Indonesia melalui serangkaian program pelatihan, seperti lokakarya produser di Jakarta Film Week, pelatihan penulisan naskah film di Scene Indonesia, dan pelatihan Intimacy Coordinator (Koordinator Keintiman) yang dipandu oleh Prime Video.

 

Aksi Bersih-Bersih di Pantai Boom Tuban, Yayasan WINGS Peduli Kumpulkan 7 Ton Sampah

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Yayasan WINGS Peduli berkolaborasi dengan Pemerintah Jawa Timur dan Tuban menyelenggarakan Aksi Bersih Pantai Boom di Tuban, guna mengurangi potensi penumpukan sampah menjelang musim hujan yang kerap terjadi di akhir tahun.

Selain aksi bersih, Yayasan WINGS Peduli juga mengedukasi masyarakat mengenai pemilahan sampah serta memberikan fasilitas pengambilan sampah, agar masyarakat mau terlibat dalam pelestarian lingkungan, termasuk pantai, dan mengelola sampah secara bertanggungjawab.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menuturkan, pantai Boom merupakan salah satu asset wisata Tuban, karena pemandangan alamnya serta lokasinya yang strategis, dekat Alun Alun Tuban dan Wisata Ziarah Sunan Bonang.

“Selain destinasi wisata, Pantai Boom juga menjadi sumber mata pencaharian masyarakat lokal yang bekerja sebagai nelayan. Dan aset ini tentunya harus kita jaga dan lestarikan agar senantiasa bersih dan indah. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Tuban sangat mengapresiasi inisiatif dari Yayasan WINGS Peduli yang ikut mendukung upaya pelestarian Pantai Boom dalam Aksi Bersih Pantai kali ini,” ungkap Aditya.

Baca juga: Kurangi Sampah Laut CCEP Tingkatkan Daya Tampung TPS 3R Seminyak

Dalam program Aksi Bersih Pantai Boom di Tuban, metode pengambilan sampah dilakukan dengan dua cara. Pertama, pemungutan sampah di bibir pantai dengan susur pantai. Kedua, pengerukan sampah di tengah pantai menggunakan mesin pengeruk.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Yayasan WINGS Peduli bersama pemerintah provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Tuban menggandeng 400 partisipan yang terdiri dari pelajar sekolah, aparat kepolisian, kader lingkungan, serta karyawan WINGS Group Indonesia untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan.

Setelah Aksi Bersih dilakukan, Yayasan WINGS Peduli menyerahkan sejumlah fasilitas pengangkutan sampah untuk membantu petugas kebersihan pantai mengumpulkan sampah, sebagai langkah awal waste management.

Yayasan WINGS Peduli
Aksi Bersih-Bersih di Pantai Boom Tuban oleh Yayasan WINGS Peduli

Sampah yang terkumpul di Pantai Boom didominasi oleh sampah residu, sampah limbah, dan sampah plastik, dengan total 7 ton sampah. Tumpukan sampah ini kemudian disetorkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tuban untuk didaur ulang.  Secara total, aksi ini membersihkan kurang lebih 800 meter wilayah pantai.

Selain aksi bersih, Yayasan WINGS Peduli juga mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk sadar akan pemilahan sampah berdasarkan kategori dan melakukan penyetoran sampah ke Bank Sampah.

Baca juga: Ngumpulin Sampah Plastik dan Keluar dari Kemiskinan

Edukasi ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya membuang sampah sembarangan serta mengajak mereka terlibat dalam upaya menjaga lingkungan. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20 ribu masyarakat yang teredukasi.

“Pantai yang bersih berpotensi meningkatkan traffic pariwisata Tuban dengan menarik wisatawan untuk datang berkunjung sambil melakukan aktivitas wisata bahari dengan nyaman. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas nelayan yang menggantungkan rezekinya di pantai ini dan mengurangi risiko kontaminasi plastik di hasil laut tangkapan mereka,” papar Oucky Hertanto, Perwakilan dari Yayasan WINGS Peduli.

 

 

(Foto) GUESS Store Plaza Senayan Buka Kembali Dengan Konsep Kekinian

0
[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Gallery, Lifestyle | GUESS Indonesia baru saja membuka kembali gerainya di Plaza Senayan pada Kamis (7/12/23). Pembukaan ini menandai resmi beroperasinya toko konsep pertama untuk koleksi Marciano di Asia.

Gerai baru ini menggunakan konsep yang lebih kekinian, lebih luas, lebih menyenangkan dan nyaman bagi konsumen yang berbelanja. Interior di bagian dalam dibagi beberapa bagian sehingga lebih memudahkan konsumen mencari pakaian atau asesoris.

Pembukaan gerai diisi dengan pertunjukan busana dipimpin oleh Ajeng Avastiari dan didukung oleh MAC kosmetik yang diiringi oleh musik dari Skeletale. Berikut liputannya:

Model pria berpose dengan koleksi GUESS for men. Toko berkonsep GUESS yang pertama ini, memiliki ruang yang lebih luas, lebih nyaman dan hangat bagi konsumen yang berbelanja serta terbagi dalam beberapa bagian sehingga memudahkan konsumen mencari kebutuhannya. Foto: marketing.co.id/lialily.
Sebagian koleksi ekslusif Marciano untuk GUESS yang ada di GUESS Store Plaza Senayan. Foto: marketing.co.id/lialily.

20 Tahun Ada di Indonesia, Epson Tak Henti Berikan Solusi Terbaru

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Tak terasa, sudah lebih dari dua puluh tahun Epson berkarya di Indonesia. Selama itu, perusahaan telah memberikan banyak sumbangsih terhadap perkembangan perangkat percetakan di Indonesia utamanya dalam memproduksi produk printer, scanner, peoyektor dan tinta.

Di saat yang bersamaan, perusahaan juga melakukan penyerapan tenaga kerja dan penggunaan komponen dalam negeri dari pemasok lokal. Hingga kini PT Epson Indonesia, PT Indonesia Epson Industry dan PT Epson Batam telah memiliki lebih dari 10.000 karyawan, dimana kesemuanya mendedikasikan diri pada kemajuan industri teknologi di Indonesia melalui manufaktur produk dengan komponen-komponen lokal.

Untuk mendapatkan komponen-komponen lokal ini, Epson bekerja sama dengan berbagai supplier lokal. Dengan demikian misi Epson Indonesia untuk memberdayakan manusia Indonesia, sejalan dengan misinya untuk memperkuat ekosistem industri teknologi lokal.

Epson secara konsisten mengadakan riset langsung ke konsumen untuk mendengarkan dan mempelajari tren-tren baru dalam memenuhi kebutuhan konsumen agar tercipta produk unggulan yang dapat menjadi solusi atas kebutuhan konsumen.

Tak hanya melakukan riset saja namun juga kerjasama dengan berbagai pemangku kebijakan dan industri yang relevan demi memenuhi misi perusahaan untuk menghadirkan solusi teknologi tepat guna.

Kini Epson Indonesia telah memiliki 28 lokasi pasca-penjualan yaitu 16 Epson Sales and Service dan 12 Epson Service Center, serta lebih dari 200 Epson Authorized Service Partner di Indonesia.

Kesuksesan Epson di Indonesia tidak lain karena inovasi solusi tepat, juga dedikasi untuk selalu berpegang pada asas-asas berkelanjutan lingkungan dan produk bermutu tinggi.

Epson akan terus berkomitmen mendukung inisiatif pemerintah terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik. Hal ini akan menjadikan Indonesia sebagai bagian tak terpisahkan dalam perjalanan korporasi yang berkelanjutan. (MM/Lya)

Lazada Bagikan Proteksi Gratis untuk Produk Gadget & Elektronik di Harbolnas 12.12

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Lazada Indonesia kembali menyiapkan kejutan pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 dengan menggandeng perusahaan pialang asuransi PT Bahtera Wahana Tritata (BWT) dan bermitra dengan perusahaan asuransi MSIG. Pada momen spesial ini, 2.500 pelanggan pertama yang berbelanja produk gadget atau elektronik di platform Lazada akan mendapatkan voucher proteksi gratis selama periode Lazada 12.12 di  tanggal 12 – 16 Des 2023.

Lazada mencatat peningkatan dua kali lipat pada pembelian proteksi gadget dan barang elektronik dalam dua festival belanja terakhir. Hal ini menandakan betapa pentingnya keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja produk gadget dan barang elektronik bagi pelanggan. Dengan fokus yang kuat pada aspek ini, Lazada berkomitmen untuk mengurangi potensi kerugian konsumen jika suatu kejadian yang tidak diinginkan terjadi pada barang yang dibeli.

“Dengan adanya asuransi mikro, kami berupaya memberikan nilai tambah kepada pelanggan kami dan memberikan solusi terbaik dalam menjaga keamanan produk gadget dan elektronik favorit mereka. Kehadiran asuransi mikro ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia merasa lebih tenang dan 100% Hepi saat berbelanja online di Lazada,” beber Canggih Satriatama, VP of Category Management, Lazada Indonesia.

Baca juga: Risiko-Risiko Terkini dalam Dunia Asuransi di Asia Tenggara

Proteksi gadget dan elektronik memberikan manfaat perlindungan yang komprehensif terhadap risiko kerusakan atau kehilangan pada produk gadget dan elektronik yang dibeli. Pada platform Lazada, produk gadget mencakup smartphone dan tablet, sedangkan produk elektronik meliputi peralatan rumah tangga seperti kulkas, televisi dan sebagainya.

Rezha Syaifullah, Direktur Utama BWT menyatakan, proteksi gadget dan elektronik tidak hanya menyediakan perlindungan terhadap risiko perbaikan yang mahal, tetapi juga membebaskan konsumen dari kekhawatiran mengeluarkan uang ekstra untuk memperbaiki produk gadget dan elektronik mereka.

Ilustrasi Asuransi Layar Ponsel
Ilustrasi Asuransi Layar Ponsel

“Dengan demikian, konsumen dapat berbelanja dengan cerdas, menikmati pengalaman tanpa beban, dan tetap tenang ketika menggunakan gadget favorit mereka. Kami yakin bahwa langkah ini membawa kami lebih dekat dengan visi kami untuk memberikan perlindungan asuransi yang terjangkau dan mudah diakses kepada seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Manfaat pertanggungan dapat dinikmati dengan pembelian hingga Rp 40 juta. Pelanggan yang melengkapi pembelian produk dengan proteksi gadget dan elektronik di Lazada dapat meraih ganti rugi maksimum sebesar harga pertanggungan atas risiko kerusakan atau kehilangan dari barang yang dibeli.

Baca juga: Asuransi Mikro Kian Diminati, DANA Hadirkan Asuransi Gadget Elektronik

Manfaat ini mencakup berbagai situasi, seperti kejadian akibat insiden yang tidak disengaja dan menyebabkan kerusakan pada elektronik, seperti jatuh atau terlempar. Selain itu, perlindungan juga berlaku ketika cairan secara tidak sengaja atau tidak terduga masuk ke dalam elektronik, menyebabkan kerusakan. Tidak hanya itu, tindakan kriminal seperti pencurian dan perampokan yang menyebabkan kerusakan atau kehilangan pada elektronik juga termasuk dalam cakupan perlindungan ini.

Selain itu, klaim juga dapat dilakukan secara digital. dana akan ditransfer ke rekening dalam waktu tiga hari setelah klaim disetujui, tidak seperti klaim konvensional yang membutuhkan waktu 14 hari.

 

HUT Paramount Enterprise ke-17 Diramaikan dengan Paramount Color Walk 2023 dan Aksi CSR

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Properti | Merayakan hari jadi yang ke-17, PT Paramount Enterprise International (Paramount Enterprise) bersama unit bisnisnya, Paramount Land, Parador Hotels & Resorts, dan Bethsaida Hospital menghadirkan beragam program promo dan rangkaian acara meriah.

Sebagai puncak acara, Paramount Color Walk 2023 hadir mewarnai Kota Gading Serpong pada hari Sabtu, 9 Desember 2023. Acara jalan sehat ini berhasil mengumpulkan peserta tidak lebih dari 8.000 orang yang terdiri dari warga Gading Serpong dan sekitarnya, masyarakat umum, hingga keluarga besar Paramount Enterprise.

Paramount Color Walk (PCW) 2023 merupakan kegiatan olahraga jalan sehat sebagai ajang silaturahmi dan kebersamaan bagi Paramount Enterprise bersama warga dan masyarakat. Peserta PCW 2023 berkumpul di Lapangan Pasar Modern Paramount (PMP) dan menyusuri rute 7 kilometer mengelilingi sebagian besar Kota Gading Serpong (Lapangan PMP – Bethsaida Hospital – Fame Hotel – ILLago – Menteng Village – Menaggio Village – Omaha Village – bundaran Matera Ballerina – Matera Residences – bundaran Alicante – Hampton Avenue – Bez Plaza – SOHO – Lapangan PMP).

Selanjutnya, peserta dapat menikmati rangkaian acara yang dimeriahkan oleh band GIGI, DJ Yasmin, marching band, beragam bazaar makanan, serta berkesempatan membawa pulang doorprize dengan total ratusan juta rupiah.

Baca juga: Knight Frank Indonesia dan J Trust Bank Tandatangani MoU untuk Tingkatkan Transparansi Data Properti

“Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, mitra, keluarga besar Paramount Enterprise dan warga Gading Serpong dan sekitarnya yang sangat antusias berpartisipasi meramaikan acara tahunan ‘Paramount Color Walk‘ 2023. Kegiatan jalan sehat (PCW) 2023 ini diadakan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat memulai kebiasaan hidup sehat,” kata M. Nawawi, Presiden Direktur Paramount Enterprise.

“Sesuai dengan motto Paramount Enterprise yaitu ‘Enriching Lives’, kami akan terus bertumbuh menjadi perusahaan yang unggul tidak hanya berorientasi kepada keuntungan semata, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup konsumen dan masyarakat, serta memberi nilai tambah bagi pemangku kepentingan,” lanjut Nawawi.

Paramount Enterprise
Paramount Color Walk 2023

Sebagai bagian dari rangkaian acara ulang tahun, Paramount Enterprise juga mengadakan perayaan ulang tahun internal pada hari Kamis, 7 Desember 2023 di Paramount Petals, dengan rangkaian acara berupa upacara pemotongan 17 buah tumpeng oleh jajaran direksi Paramount Enterprise.

Selain itu, Paramount Enterprise juga melakukan program CSR khusus berupa pembagian lebih dari 3.000 paket sembako kepada pekerja lapangan dan sekuriti di lokasi proyek Paramount Land, serta warga yang berada di sekitar Paramount Gading Serpong, Paramount Petals, dan Paramount Village Semarang. Prosesi simbolis pemberian sembako menjadi bagian dalam rangkaian acara PCW 2023.

Baca juga: AWDA dan FIFGROUP Berkolaborasi Salurkan CSR untuk Enam Rumah Ibadah di Batam

“Paramount Enterprise mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra sponsor Paramount Color Walk 2023 yang telah mendukung dan meramaikan acara ini. Kepada seluruh peserta Paramount Color Walk 2023, kami mengucapkan selamat berolahraga dan menikmati hiburan serta suasana Kota Gading Serpong yang vibrant dan penuh warna,” ujar Norman Daulay, Direktur Paramount Land.

Hadirkan XFORCE, Mitsubishi Agresif Bidik Market Compact SUV

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id — Berita Marketing |  Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah mengambil langkah ambisius dengan merilis XFORCE, sebuah compact SUV yang diharapkan menjadi pionir di industri otomotif Indonesia.

Irwan Kuncoro, Director of Marketing and Sales Division PT MMKSI, menyatakan, bahwa XFORCE diproduksi di Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, Bekasi, Jawa Barat, dan akan dipasarkan secara luas di negara-negara ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

“XFORCE membidik segmen yang kompetitif dengan menargetkan konsumen yang mencari performa tangguh dan desain elegan dalam kategori compact SUV. Selain itu, XFORCE memiliki karakter stylish dan robust, desain SUV autentik, yang berdasarkan pada konsep ‘Best-suited buddy for an exciting life’,” ujar dia.

Tommy Adianto, Manager of Sales Group, menyoroti kontribusi pasar di Jawa Tengah yang signifikan, mencapai 7% dari total pasar nasional, dan Kota Semarang menyumbang 50% dari kontribusi tersebut. Sementara XFORCE mengalami pertumbuhan positif di Jawa Tengah, mencapai 28% rata-rata dari Januari hingga September, menjadikan Jawa Tengah sebagai pasar potensial.

Intan Vidiasari, General Manager Marketing Communication and PR Division PT MMKSI, menambahkan, mengenai profil pembeli XFORCE mayoritas berasal dari segmen A dan B dengan usia 35-45 tahun, banyak di antaranya pebisnis atau entrepreneur. Desain tangguh namun elegan XFORCE juga berhasil menarik minat perempuan, dengan 40% pembeli dari segmen ini.

“Target penjualan XFORCE hingga akhir tahun sebanyak 4.000 unit, dengan produksi dimulai pada November. Kami berharap dapat mengirimkan 1.000 unit pada akhir tahun ini dan meningkatkan jumlah pengiriman sesuai dengan kapasitas produksi pabrik,” papar Irwan.

Dia pun berharap, bahwa XFORCE akan menjadi game-changer untuk Mitsubishi di Indonesia. Meskipun menghadapi tantangan, Mitsubishi berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkembang melalui inovasi, peningkatan kapasitas produksi, dan fokus pada keberlanjutan di pasar otomotif Indonesia.

Paket Kompensasi Karyawan PHK di Nestlé Indonesia Jauh Lebih Tinggi di atas Rata-Rata Industri

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Melanjutkan proses transformasi di salah satu pabrik Nestlé Indonesia, Kejayan, pada hari Senin, 11 Desember 2023, manajemen melakukan sesi persiapan kepada para karyawan yang terdampak. Berbagai topik disampaikan dalam sesi pembekalan, termasuk ilmu pengelolaan keuangan, kewirausahaan, hingga sesi motivasi, khususnya bagaimana mengelola transisi dalam karir.  

PT Nestlé Indonesia buka suara ihwal pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sebagian karyawannya akibat program efisiensi di Pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur.

“Sebelum dilakukannya program ini, kami telah mengkomunikasikan secara transparan kepada seluruh karyawan, baik yang terdampak maupun tidak, termasuk di dalamnya komunikasi dengan serikat buruh/pekerja. Perusahaan akan terus melakukan yang terbaik kepada karyawan terdampak serta memastikan tidak ada gangguan dalam pelayanannya terhadap konsumen dan mitra bisnisnya di Indonesia.” tutur Manajemen PT Nestlé Indonesia.

Baca juga: Nestlé Berikan Edukasi Cegah Stunting Melalui Peran Kader

Manajemen PT Nestlé Indonesia menyatakan, saat ini semua karyawan telah memahami pentingnya program ini, sementara proses PHK hampir selesai di mana hampir semua dari karyawan yang terdampak menerima penawaran pemutusan hubungan kerja yang ditawarkan dengan baik.

“Sejalan dengan nilai-nilai Nestlé Indonesia yang berakar pada rasa hormat, kami berkomitmen untuk memperlakukan setiap karyawan yang terdampak dengan adil dan penuh rasa hormat.  Untuk itu, Manajemen telah menawarkan paket kompensasi yang jauh lebih tinggi di atas rata-rata industri maupun yang diwajibkan peraturan perundang-undangan kepada para karyawan yang terdampak transformasi bisnis ini. Adapun aksi-aksi solidaritas yang mungkin terjadi akibat hal ini merupakan hal yang wajar dalam dinamika hubungan industrial. Kami mengajak semua pihak untuk senantiasa menghormati proses yang berjalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” demikian siaran pers yang dikirim ke Redaksi MARKETING.co.id.

Pabrik Nestleě Kejayan
Pabrik Nestleě Kejayan

Seperti yang sudah diketahui, PT Nestlé Indonesia telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 52 tahun, dan bertekad untuk terus menciptakan manfaat bersama, baik untuk konsumen, karyawan, mitra bisnis, dan bumi. Layaknya bisnis pada umumnya, Nestlé Indonesia senantiasa melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kebutuhan dan tuntutan pasar, serta menjalankan strategi bisnis yang salah satunya berbentuk transformasi perusahaan.

Baca juga: Nestlé Indonesia Dukung Ibu Bekerja di Bidang STEM

“Nestlé Indonesia akan senantiasa berkomitmen terhadap pembangunan Indonesia. Kami percaya transformasi ini dapat memperkuat bisnis kami di Indonesia dan memungkinkan kami untuk terus menciptakan manfaat bersama di Indonesia,” tutup Manajemen PT Nestlé Indonesia.

Estafet Peduli Bumi di Pulau Samalona, Tak Hanya Peduli Daratan Tapi Juga Perairan

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut (PKRL), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat luas terumbu karang di perairan Indonesia saat ini mencapai 2,5 juta hektare dengan jumlah spesies mencapai 569 spesies. Namun sayangnya, sekitar 33,82 persen diantaranya mengalami kerusakan atau dalam kondisi kurang baik.

Kegiatan Estafet Peduli Bumi Asuransi Astra selain melakukan pembersihan kawasan pantai dari sampah plastik yang mencemari kawasan pesisir laut juga melakukan transplantasi 5.000 bibit terumbu karang di Pulau Samalona, Makassar (8/12). Foto: Ist.

Melanjutkan program transplantasi 2.000 terumbu karang di Pulau Kodingareng Keke pada tahun 2022, kali ini Asuransi Astra dengan program Estafet Peduli Bumi (EPB) kembali ke Makassar dan melakukan transplantasi 5.000 terumbu karang di Pulau Samalona (8/12). Tak hanya berhenti disitu saja, Asuransi Astra juga melakukan pembersihan pantai terhadap sampah plastik yang mencemari kawasan pesisir laut.

Kembali menyebarkan peace of mind serta kebaikan yang berdampak positif, aspirasi EPB merupakan rangkaian kegiatan berkelanjutan yang diinisiasi oleh Asuransi Astra pada tahun 2022 dan telah berhasil menyebarkan kemanfaatannya bagi masyarakat di 11 kota yakni Medan, Semarang, DKI Jakarta, Balikpapan, Makassar, Denpasar, Sumba, Cianjur, Surabaya, Malang, serta Palangka Raya dan akan terus berlanjut.

Kembali ke Makassar dan melanjutkan kontribusi nyata di tahun 2022 di Pulau Kodingareng Keke dengan transplantasi 2.000 bibit terumbu karang, di tahun 2023, lokasinya bergeser sedikit di Pulau Samalona dengan transplantasi 5.000 terumbu karang berkolaborasi dengan Dolphin Diving Club, komunitas penyelam yang turut aktif melestarikan lingkungan.

Transplantasi terumbu karang penting dilakukan sebagai solusi untuk pemulihan kembali terumbu karang yang telah rusak dan menciptakan habitat baru. Hal ini akan membawa dampak positif bagi perekonomian warga baik yang berprofesi sebagai nelayan maupun yang tinggal di pulau melalui daya tarik pariwisata.

Selain transplantasi terumbu karang, Asuransi Astra juga melakukan beach clean up. Berkolaborasi dengan MallSampah yaitu layanan jual beli hingga daur ulang sekaligus edukasi sampah dan lingkungan yang berbasis aplikasi dan melakukan pembersihan sampah plastik sekitar pesisir pantai.

“Bumi ini sudah semakin tua. Terkadang masyarakat melewatkan fakta bahwa Bumi ini terdiri dari daratan dan perairan. Kita hanya fokus menjaga dan merawat lingkungan sekitar padahal harusnya sekaligus menjaga kawasan perairan. Kegiatan EPB di Makassar yang kedua kalinya ini diharapkan dapat memantapkan kesadaran untuk merawat kawasan laut dan pesisirnya agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain,” ujar Christopher Pangestu, President Director Asuransi Astra usai penyerahan simbolis bibit terumbu karang kepada pemerintah setempat.

Ke depan, Asuransi Astra akan terus berkontribusi di kota-kota lain guna memberikan dampak berkelanjutan untuk memberikan peace of mind bagi jutaan masyarakat Indonesia. (MM/Lya).

Dorong Kemajuan UMKM Indonesia, GoTo dan TikTok Akhirnya Sepakati Kemitraan Strategis E-Commerce

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital & Tech| Grup GoTo, yang terdiri dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO), ekosistem digital terbesar Indonesia, dan TikTok, platform entertainment global terdepan, hari ini mengumumkan kemitraan strategis yang bertujuan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Fokus utama kemitraan ini adalah pada pemberdayaan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta perluasan pasar bagi mereka.

GOTO
Ekosistim GOTO. (sumber: www.gotocompany.com)

Sebagai bagian dari kemitraan ini, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah naungan PT Tokopedia, dengan TikTok mengambil kendali atas PT Tokopedia. Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

TikTok akan melakukan investasi sebesar lebih dari US$1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia. Penting dicatat bahwa investasi ini tidak akan mengakibatkan dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. Melalui langkah ini, TikTok dan GoTo berharap dapat memperluas manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia.

Pertumbuhan bisnis Tokopedia yang digabung dengan TikTok Shop Indonesia diharapkan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap sebagai mitra ekosistem bagi Tokopedia. Ini juga mencakup menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital dari GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia seiring dengan skala dan pertumbuhan perusahaan.

Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan periode uji coba yang akan mendapat konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Salah satu inisiatif pertama yang akan diluncurkan selama masa uji coba adalah kampanye Beli Lokal, yang dimulai pada 12 Desember 2023, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Inisiatif ini adalah bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal. Kampanye ini akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, mempromosikan berbagai jenis merchant dengan fokus pada produk asli Indonesia.

Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih luas bagi pelaku UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce dan untuk mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Lebih dari 90% dari merchant yang akan terlibat dalam kemitraan ini adalah pelaku UMKM. Mereka akan mendapatkan dukungan melalui program-program komprehensif seperti promosi produk, pelatihan, dukungan pemasaran, branding, praktik bisnis berkelanjutan, dukungan ekspor, serta pembukaan pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia. Upaya ini akan memastikan persaingan yang adil dan mendukung ekosistem UMKM yang kuat.

Transaksi ini diperkirakan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi untuk memperluas cakupan pasar mereka. Untuk memastikan kelancaran transisi dan integrasi, akan dibentuk komite yang akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo. Kemitraan ini tidak hanya menciptakan sinergi antara dua raksasa digital, tetapi juga menandai langkah besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif di Indonesia.




Kuasai Pangsa Pasar 15,6%, Infinix Capai Posisi 3 Besar Pasar Smartphone Indonesia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Digital | Infinix, brand teknologi dengan produk berkualitas dan harga kompetitif, berhasil memimpin Grup Transsion untuk menduduki posisi ketiga dalam pasar smartphone Indonesia pada kuartal ketiga (Q3) 2023.

Menurut data terbaru IDC, pangsa pasar Infinix pada Q3 2023 mencapai 15.6% dengan pengapalan produk sebanyak 1.4 juta unit. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 600 ribu unit dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan Year on Year (YoY) sebesar 79.7% menunjukkan kesuksesan strategi Infinix dalam menawarkan nilai luar biasa kepada di pangsa pasar smartphone tanah air.

Marketing Manager Infinix Indonesia Sergio Ticoalu menyatakan, sebagai bagian dari Transsion, Infinix turut bangga atas milestone ini. Pencapaian sebagai Top 3 smartphone brand di Indonesia ini tentunya tak lepas dari dukungan penuh konsumen setia Infinix dan XFans, serta kepercayaan mitra akan Infinix untuk terus berkembang di Indonesia.

“Kami harap, pencapaian ini menjadi proyeksi positif akan perkembangan Infinix di Indonesia kedepan, dan memotivasi Infinix untuk terus menghadirkan lebih banyak kejutan inovasi serta kolaborasi bagi konsumen di Indonesia,” katanya.

Selain menunjukkan penerimaan positif terhadap rangkaian produk Infinix, pencapaian ini juga menjadi manifestasi dari komitmen Infinix dalam memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Dengan fokus pada inovasi dan pengalaman pengguna, Infinix telah berhasil mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin di pasar smartphone Indonesia, memberikan konsumen opsi yang menarik dengan spesifikasi unggul dengan harga yang bersaing di tengah kompetisi yang semakin saturatif.

Pertumbuhan masif Infinix juga terlihat dari data yang dikeluarkan Counterpoint di kuartal yang sama pada 2023. Dikutip dari Monthly Indonesia Smartphone Tracker, Infinix mengalami peningkatan shipment YoY sebesar 17%. Dari data yang sama, Infinix menjadi satu-satunya brand smartphone di pasar Indonesia yang mengalami peningkatan signifikan sepanjang kuartal tiga.

Berdasarkan pernyataan Counterpoint, lonjakan pengiriman atau shipment Infinix didukung oleh spesifikasi smartphone yang lebih baik dibandingkan kompetitor, terutama dari seri Hot 30, Note 30, dan Smart 7. Selain itu, aktivitas marketing yang agresif membuat tingkat visibility dan awareness Infinix semakin meningkat di kalangan masyarakat.

Rangkaian Produk dan Kolaborasi Sepanjang Q3 2023

Pencapaian Infinix pada kuartal tiga 2023, dapat tercapai melalui strategi pemasaran yang agresif dan strategis. Rangkaian produk terbaru diluncurkan, antara lain Infinix Note 30 Series yang terdiri dari Note 30 dan Note 30 Pro yang berkolaborasi dengan MLBB dan ONIC Esports dalam kampanye bertajuk “Anti Gabut Serba Ngebut”. Note 30 Series pun mendapatkan apresiasi yang luar biasa, bahkan sold out atau terjual habis dalam satu menit saat penjualan online perdana.

Selain Note 30 Series, Infinix juga melengkapi varian Hot 30 dengan Hot 30 Play, sekaligus mengenalkan seri terbarunya yaitu GT Series dengan produk perdana GT 10 Pro. Seri dengan spesialisasi affordable gaming smartphone yang peluncurannya berkolaborasi dengan ONIC Esports dan Kick Avenue ini mendapatkan animo luar biasa, dengan fitur unggulan seperti chipset gaming, Ultra Graphic & Framerate Engine, dan layar AMOLED dengan pemindai sidik jari In-Display di harga 3 jutaan.

Selain peluncuran produk, Infinix juga kontinu menghadirkan berbagai aktivasi berbasis komunitas dan turnamen sepanjang Juni hingga Agustus 2023. Semakin memperkuat partisipasi di ekosistem esports Indonesia, Infinix mengadakan Infinix Gaming Master pada serta Gaming Beast di beberapa kota se-Indonesia. Selain itu, Infinix turut menjadi Official Smartphone Sponsor MDL 2023.

 

 

 

 

 

 

Hadir di Indonesia, 1datapipe Tawarkan Solusi dan Skor Analitik Pelanggan Bertenaga AI

[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Carey Anderson, CEO of 1datapipe.

Sukses di Amerika Latin, 1datapipe kini membawa keahliannya dalam AI-based Customer Analytic ke Indonesia, negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Marketing.co.id – Berita Digital | 1datapipe, pemimpin global dalam bidang AI Customer Analytics berbasis di Amerika Serikat, resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. 1datapipe mengenalkan rangkaian solusi AI Customer Analytics 360 derajat, yakni mencakup Identity Verification, Fraud Mitigation, Income Stability, Credit Risk Assessments, Payment Behavior, Tren Gaya Hidup, dan Inklusi Keuangan.

Sejalan dengan komitmen Indonesia untuk mencapai inklusi keuangan sebesar 90% pada 2024, peluncuran 1datapipe merupakan langkah signifikan menuju lanskap keuangan yang lebih berteknologi dan inklusif di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Terkait misi memajukan inklusi keuangan, CEO 1datapipe Carey Anderson menjelaskan bahwa, “Melalui kekuatan AI dan pemodelan sains data yang canggih, solusi analitik kami melampaui penilaian risiko konvensional; solusi ini layaknya sebuah jembatan yang memberikan customer insights mendalam yang dapat membantu bisnis memperluas layanan keuangan ke basis nasabah yang lebih luas. Pendekatan kami secara aktif berkontribusi dalam mendorong inklusi keuangan di seluruh Indonesia, dengan memanfaatkan potensi transformatif dari data alternatif yang kaya dan AI yang canggih”.

Dengan eksistensi di lokasi-lokasi penting dunia, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Brasil, dan Singapura, 1datapipe telah menjalin kemitraan  dengan merek-merek global. 1datapipe  baru-baru ini juga bekerja sama dengan 8 dari 10 bank terbesar dan  fintech  terkemuka  di Brasil. Berangkat dari kesuksesan di Amerika Latin, 1datapipe kini membawa keahliannya dalam AI-based Customer Analytic ke Indonesia, negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

“Memulai perjalanan kami di Indonesia merupakan langkah penting dalam strategi global kami yang secara strategis menavigasi beragam medan keuangan di berbagai kondisi pasar,” tegas Carey Anderson.

“Solusi dan skor Customer Analytic berbasis AI kami lebih dari sekadar analisis data; solusi-solusi tersebut berfungsi sebagai katalisator perubahan yang kuat. Dengan menawarkan customer insights yang penting bagi bisnis, solusi-solusi ini menjadi pendorong inklusi keuangan, membuka akses ke pasar-pasar yang belum tergarap dan menghubungkan populasi yang kurang terlayani dengan produk dan layanan keuangan yang mereka butuhkan untuk berkembang. Tidak diragukan lagi, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi paling menarik di dunia saat ini,” lanjutnya.

AI Customer Analytics 1datapipe menonjol sebagai solusi paling komprehensif di industri yang mengintegrasikan lebih dari 500 atribut data yang dipersonalisasi, menawarkan solusi analitik menyeluruh yang memberikan insight mendalam tentang setiap pelanggan. Solusi canggih dengan empat lapisan yang saling terhubung ini mampu mengidentifikasi individu dengan visibilitas biro kredit terbatas, yang pada kenyataannya aman secara finansial dan memenuhi syarat untuk mendapatkan akses produk keuangan yang lebih luas.

API terpadu, yang dirancang untuk upaya teknis yang rendah dan integrasi yang mulus (seamless integration), menawarkan empat skor AI Customer Analytics khususyang tidak terpisahkan dari solusi inklusi keuangan inti 1datapipe. Klien 1datapipe dapat berintegrasi ke dalam platform keputusan atau alur kerja apa pun dalam waktu kurang dari dua jam.

Carey Anderson menggarisbawahi bahwa API terpadu sengaja dirancang untuk seamless integration, menyediakan spektrum skor yang cocok untuk berbagai alur kerja bisnis. 1datapipe adalah satu-satunya solusi one-stop-shop yang menawarkan perjalanan pelanggan yang lengkap. Baik digunakan untuk proses penerimaan, pencegahan penipuan, analisis kredit, atau mempromosikan inklusi keuangan yang aman, API ini mencakup empat skor AI Customer Analytics yang berbeda yang penting untuk solusi perjalanan pelanggan yang lengkap dari 1datapipe.

Sebagai pelopor dalam intelijen pelanggan, rangkaian lengkap skor risiko AI Customer Analytic 1datapipe dirancang dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan bisnis Indonesia yang terus berkembang dalam lingkungan yang berfokus pada pelanggan yang dinamis. Dengan cakupan profil lebih dari 98% dari populasi orang dewasa di Indonesia, lapisan progresif dari solusi ini meliputi mengamankan ID dan Fraud Risk Score, Income Stability Score, Credit Trust Score, dan Financial Inclusion Score.

Dalam lanskap solusi intelijen pelanggan yang kompetitif, memilih mitra yang tepat sangat penting untuk pengambilan keputusan yang sukses. 1datapipe menawarkan skor kaya fitur yang berasal dari perilaku pelanggan paling komprehensif di industri dan data keuangan alternatif. Hal ini memberdayakan organisasi untuk mendorong hasil bisnis dan memperjuangkan inklusi keuangan.

“Dalam lanskap dinamis AI dan analitik pelanggan, tujuan kami sangat jelas – untuk merevolusi cara bisnis memahami dan memanfaatkan kecerdasan pelanggan,” kata Carey. Ia mengartikulasikan visi ini dengan menyatakan, “Dengan diperkenalkannya solusi dan skor AI Customer Analytic pionir kami, 1datapipe memiliki misi untuk meningkatkan pengambilan keputusan, memitigasi risiko, dan mendorong inklusi keuangan di berbagai pasar di Indonesia.”

Prediksi Ancaman Tahun 2024: Peretas Semakin Mudah Melakukan Serangan

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Prediksi Ancaman Tahun 2024: Operasi AI dan CaaS Berantai Memberi Penyerang Tombol yang Lebih “Mudah” dari Sebelumnya

Marketing.co.id – Berita Digital | Seiring pertumbuhan operasi Cybercrime-as-a-Service (CaaS) dan kelahiran AI generatif, para pelaku ancaman mendapatkan semakin banyak tombol “mudah” untuk membantu melakukan serangan.

Dengan mengandalkan keahlian masing-masing yang terus berkembang, musuh akan meningkatkan kecanggihan aktivitasnya. Mereka akan meluncurkan peretasan yang lebih tertarget dan tersembunyi yang dirancang untuk menghindari kontrol keamanan yang kuat, serta menjadi lebih gesit dengan meningkatkan efisiensi tiap taktik siklus serangan.

Dalam laporan prediksi ancaman 2024, tim FortiGuard Labs mencermati era baru kejahatan siber tingkat lanjut, memeriksa cara AI mengubah permainan (serangan), berbagi tren ancaman baru yang perlu diperhatikan untuk tahun ini dan seterusnya, serta menawarkan saran bagi perusahaan di mana pun agar dapat meningkatkan ketahanan kolektif terhadap lanskap ancaman yang terus berkembang.

Evolusi Taktik Favorit

Selama bertahun-tahun, kami telah mengamati dan mendiskusikan banyak taktik serangan favorit serta membahas topik-topik ini dalam laporan sebelumnya. Taktik-taktik “klasik” tidak akan punah—sebaliknya, taktik-taktik tersebut berkembang dan maju seiring akses ke sumber daya baru yang didapatkan penyerang.

Misalnya, dalam hal kejahatan siber (cybercrime) persisten tingkat lanjut, kami mengantisipasi lebih banyak aktivitas dari kelompok Ancaman Persisten Tingkat Lanjut (Advanced Persistent Threat/APT) yang kian bertambah. Selain evolusi operasi APT, kami memprediksi bahwa secara umum kelompok kejahatan siber akan mendiversifikasi target dan pedoman mereka, dengan fokus pada serangan yang lebih canggih dan disruptif, sekaligus mengarahkannya ke penolakan layanan dan pemerasan.

“Perang wilayah” kejahatan siber terus berlanjut, yang ditandai dengan beberapa kelompok penyerang mengincar target yang sama dan menggunakan varian ransomware, sering kali dalam waktu 24 jam atau kurang. Faktanya, kami telah mengamati peningkatan aktivitas jenis ini sehingga FBI mengeluarkan peringatan kepada perusahaan mengenainya di awal tahun.

Selain itu, jangan lupakan evolusi AI generatif. Persenjataan AI ini ibarat menambahkan bahan bakar ke api yang sudah berkobar, memberi penyerang cara yang mudah untuk meningkatkan berbagai tahapan serangan mereka. Seperti prediksi kami sebelumnya, kami melihat para penjahat siber semakin banyak menggunakan AI untuk mendukung aktivitas jahat dengan cara-cara baru, mulai dari menggagalkan deteksi rekayasa sosial hingga meniru perilaku manusia.

Tren Ancaman Baru untuk Diperhatikan pada 2024 dan Selanjutnya

Meskipun penjahat siber akan selalu mengandalkan taktik dan teknik yang sudah teruji untuk mencapai hasil dengan cepat, penyerang masa kini punya pilihan alat yang semakin banyak untuk membantu eksekusi serangan.

Seiring berkembangnya kejahatan siber, kami mengantisipasi munculnya beberapa tren baru pada tahun 2024 dan seterusnya. Berikut ini sekilas perkiraan kami.

  • Buku pedoman tingkat lanjut: Selama beberapa tahun terakhir, serangan ransomware di seluruh dunia melonjak, membuat tiap perusahaan—terlepas dari ukuran atau industrinya—menjadi target. Namun, akibat semakin banyaknya penjahat siber yang meluncurkan serangan ransomware untuk mendapatkan hasil yang menggiurkan, kelompok-kelompok kejahatan siber dengan cepat menguras habis target-target yang lebih kecil dan lebih mudah diretas. Di masa depan, kami memprediksi penyerang akan mengambil pendekatan “go big or go home“, dengan beralihnya fokus musuh ke industri penting—seperti perawatan kesehatan, keuangan, transportasi, dan utilitas—yang, jika diretas, akan berdampak negatif cukup besar terhadap masyarakat dan mengganjar penyerang dengan hasil yang lebih besar. Mereka juga akan memperluas buku pedoman mereka, membuat aktivitas mereka bersifat lebih pribadi, agresif, dan merusak.
  • Hari baru untuk celah baru: Seiring bertambahnya jumlah platform, aplikasi, dan teknologi yang diandalkan perusahaan untuk kegiatan operasional bisnis sehari-hari, penjahat siber (cybercriminal) memiliki peluang unik untuk mengungkap dan mengeksploitasi kerentanan perangkat lunak. Kami telah mengamati rekor jumlah celah keamanan (zero-day) serta Kerentanan dan Eksposur Umum (Common Vulnerabilities and Exposures/CVE) baru yang muncul pada 2023, dan jumlah itu masih terus meningkat. Mengingat betapa berharganya celah keamanan bagi penyerang, kami memperkirakan kemunculan makelar celah keamanan—kelompok kejahatan siber yang menjual celah keamanan di dark web kepada banyak pembeli—di komunitas CaaS. Kelemahan yang diketahui publik (N-day) juga akan terus menimbulkan risiko yang signifikan bagi perusahaan.
  • Bermain sebagai orang dalam: Banyak perusahaan yang meningkatkan kontrol keamanan sekaligus mengadopsi teknologi dan proses baru untuk memperkuat pertahanan. Kontrol yang ditingkatkan ini mempersulit penyerang untuk menyusup ke dalam jaringan dari luar, sehingga penjahat siber harus menemukan cara baru untuk mencapai target. Dengan adanya pergeseran ini, kami memperkirakan penyerang akan terus menguji taktik, pengintaian, dan persenjataan mereka, serta mulai merekrut dari dalam perusahaan target demi akses awal.
  • Mengantar serangan atas nama rakyat: Ke depannya, kami memperkirakan penyerang akan memanfaatkan lebih banyak peristiwa geopolitik dan peluang yang didorong oleh peristiwa, seperti pemilihan umum AS tahun 2024 dan Olimpiade Paris 2024. Meskipun musuh selalu menargetkan acara-acara besar, penjahat siber kini memiliki alat baru—khususnya AI generatif—untuk mendukung aktivitas mereka.
  • Mempersempit ruang gerak TTP: Penyerang pasti akan terus memperluas koleksi Taktik, Teknik, dan Prosedur (TTP) yang mereka gunakan untuk membahayakan target. Namun, pihak bertahan bisa lebih unggul dengan menemukan cara untuk mengganggu aktivitas tersebut. Meskipun sebagian besar pekerjaan sehari-hari yang dilakukan oleh para pembela keamanan siber (cybersecurity defender) berkaitan dengan memblokir indikator-indikator perusakan, ada nilai besar dalam melihat lebih dekat TTP yang biasa digunakan para penyerang, yang akan membantu mempersempit lapangan permainan dan menemukan potensi titik sempit (choke point) pada bidang permainan.
  • Membuka ruang bagi lebih banyak serangan 5G: Dengan akses ke berbagai teknologi terkoneksi yang terus meningkat, penjahat siber pasti akan menemukan peluang baru untuk merusak. Seiring semakin banyaknya perangkat yang onlinetiap hari, kami mengantisipasi bahwa penjahat siber akan semakin memanfaatkan serangan terkoneksi di masa depan. Serangan yang berhasil terhadap infrastruktur 5G dapat dengan mudah mendisrupsi industri penting seperti minyak dan gas, transportasi, keselamatan publik, keuangan, dan perawatan kesehatan.

Menavigasi Era Baru Kejahatan Siber

Kejahatan siber berdampak terhadap semua orang, dan konsekuensi dari pelanggaran sering kali sangat luas. Namun, pelaku ancaman tidak selalu berada di atas angin. Komunitas keamanan kami dapat mengambil banyak tindakan untuk mengantisipasi langkah penjahat siber selanjutnya dan mengganggu aktivitas mereka dengan lebih baik: berkolaborasi di seluruh sektor publik dan swasta untuk berbagi inteligensi ancaman, mengadopsi langkah-langkah standar untuk pelaporan insiden, dan banyak lagi.

Perusahaan juga memiliki peran penting dalam menangkal kejahatan siber. Hal ini dimulai dengan menciptakan budaya ketahanan siber (cyber resilience)—menjadikan keamanan siber tugas tiap orang—dengan menerapkan inisiatif yang terus berlangsung seperti program pendidikan keamanan siber di seluruh perusahaan dan aktivitas yang lebih terfokus seperti tabletop exercise untuk para eksekutif.

Menemukan cara untuk memperkecil kesenjangan tenaga ahli keamanan siber, seperti memanfaatkan kumpulan talenta baru untuk mengisi lowongan yang tersedia, dapat membantu perusahaan menavigasi kombinasi antara staf TI dan keamanan yang terlalu banyak bekerja serta lanskap ancaman yang terus berkembang. Berbagi ancaman akan menjadi lebih penting di masa depan karena akan membantu mobilisasi perlindungan yang cepat.

Artikel ini dikirim dan ditulis oleh Derek Manky, Global VP Threat Intelligence, Fortinet