Kemenparekraf dan Prime Video Berkolaborasi Promosikan Konten Indonesia pada Dunia

Marketing.co.id – Berita Marketing | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan layanan video streaming global Prime Video hari ini, Senin (11/12) mengumumkan kerja sama dalam mempromosikan pariwisata, ekonomi kreatif, cerita, dan talenta Indonesia melalui layanan streaming Prime Video pada audiens global.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Kesepahaman Bersama oleh Ni Wayan Giri Adnyani, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan David Simonsen, director Prime Video, Southeast Asia, disaksikan oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemitraan ini memperkuat komitmen Prime Video untuk menghadirkan cerita dan talenta Indonesia melalui konten eksklusif dan Original asal Indonesia pada audiens global. Selain itu, Prime Video juga berkomitmen untuk memberikan serangkaian pelatihan pengembangan kapasitas untuk memberdayakan sineas Indonesia.

Baca juga: Kisah Cinta dalam Balutan Cita Rasa Otentik Cengkeh

“Saya senang dapat menjalin kemitraan dengan Prime Video guna mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air pada audiens global,” ujar Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Indonesia adalah negara dengan kekayaan budaya dan destinasi pariwisata yang indah. Kolaborasi dengan Prime Video bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia kepada 200 juta pelanggan Prime Video yang tersebar di seluruh dunia, yang menunjukkan Indonesia sebagai pusat kreatif yang dinamis dan negara yang menarik di kancah internasional,” lanjut Sandiaga.

Kemenparekraf dan Prime Video
(ki-ka) Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, bersama Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan David Simonsen, director Prime Video Southeast Asia serta Tina Arwin, senior development executive Prime Video, saat penyerahan cenderamata kerja sama di acara “The Weekly Brief with Sandi Uno” di Kemenparekraf.

Sementara itu, David Simonsen, Director Prime Video, Southeast Asia, mengatakan kerja sama dengan Kemenparekraf memperkuat komitmen Prime Video untuk menampilkan talenta kreatif dan cerita Indonesia ke panggung global.

“Di Prime Video, kami  selalu berupaya untuk menjadi pendukung dan penggerak industri kreatif. Sebagai pusat hiburan, ada ruang untuk setiap cerita, yang hanya akan dapat diperkaya jika lebih banyak pembuat cerita yang bersemangat menemukan pelatihan, platform, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membantu mereka menelurkan karya-karya terbaik di masa mendatang. Kami sangat bersemangat untuk menjalin lebih banyak kerja sama dengan talenta-talenta Indonesia dan membagikan kisah mereka ke seluruh dunia,” beber David.

Pada September lalu, Prime Video mengumumkan daftar konten lokal yang ditayangkan hingga penghujung tahun 2023, yang terdiri dari 13 judul baru konten Indonesia eksklusif dan Original yang diluncurkan setiap minggu antara 5 Oktober dan 28 Desember. Termasuk di antaranya serial Original Indonesia pertama dari Prime Video, Comedy Island Indonesia, yang digarap melalui kolaborasi dengan Base Entertainment.

Baca juga: Libatkan Artis Top, Kemendikbudristek Kembali Rilis 10 Episode Drama Audio

Serial yang merupakan perpaduan antara format scripted dan unscripted ini dikemas dalam enam episode, yang menawarkan tantangan komedi situasional yang unik dan kreatif. Serial ini dibintangi sejumlah aktor dan komedian Indonesia ternama seperti Tora Sudiro, Asri Welas, Cinta Laura Kiehl, Nirina Zubir, Aming, Tretan Muslim, Dustin Tiffani, Mamang Osa, Uus, Onadio Leonardo, dan Muzakki Ramdhan.

Selain Comedy Island Indonesia, Prime Video menghadirkan reboot acara game show Jepang ikonik Takeshi’s Castle yang dimeriahkan oleh para aktor pengisi suara lokal. Proses pengisian suara dipimpin oleh Fluxcup, pengisi suara internet sensasional dengan humor yang berakar kuat pada unsur komedi lokal. Serangkaian komedian ternama seperti Wendy Cagur, Kiky Saputri, Imam Darto, Dimas Danang, Soleh Solihun, dan Abdel Achrian, turut serta sebagai pengisi suara.

Prime Video juga telah berkolaborasi dengan beberapa pemangku kepentingan di industri perfilman Indonesia melalui serangkaian program pelatihan, seperti lokakarya produser di Jakarta Film Week, pelatihan penulisan naskah film di Scene Indonesia, dan pelatihan Intimacy Coordinator (Koordinator Keintiman) yang dipandu oleh Prime Video.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.