Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

P. Diddy dan Fiat 500L: Fatamorgana di Padang Pasir

FiatFiat dikenal sebagai salah satu produsen mobil terbesar asal Italia yang memproduksi mobil berukuran kecil. Kali ini Fiat menggandeng P. Diddy sebagai bintang iklan seri 500L untuk kampanye di Amerika Serikat.

Iklan yang berjudul Mirageini ditayangkan pada TV Amerika Serikat sejak 13 Februari yang lalu. Iklan ini bercerita tentang dua pejalan kaki di tengah padang pasir tanpa akhir. Di tengah rasa lelah, muncul mobil Fiat 500L yang dipenuhi oleh gadis-gadis cantik. Keduanya mengabaikan karena menganggap hal itu sebagai fatamorgana.

Begitu juga ketika P. Diddy lewat dengan mobil yang sama namun berbeda warna. Tawaran minum dari pemenang Grammy Award tersebut diabaikan begitu saja. Mereka mengira itu hanya sekadar tipuan mata.

Sampai keduanya tiba pada Revolt Party di tengah padang pasir dan kembali disambut oleh P. Diddy. Salah satu dari pejalan kaki tersebut menghampirinya dengan wajah senang, hingga temannya berkata “There’s a Fiat over there, has four doors. Fiat only makes small cars. It’s not real!”

Ya, di situlah pesan dari iklan ini diutarakan. “Terlalu banyak orang yang keliru antara model 500L dengan model 500. Itu yang ingin kami luruskan di sini,” ujar Jason Stoicevich, Kepala brand Fiat untuk Amerika Utara kepada Automotive.

Memang, seri 500 Fiat yang lain adalah city car dua pintu. Timnya ingin mengubah persepsi dua pintu Fiat dengan menciptakan awareness melalui cara yang kreatif.

Ada sesuatu yang menarik di iklan ini. Sepertinya bukan hanya mengiklankan Fiat 500L, merek P. Diddy, Aquahydrate yang dia miliki bersama Mark Wahlberg, tidak lupa Cable TV barunya, Revolt juga turut hadir.

Kehadiran ini disebut sebagai ‘triangulation of brands’ oleh Chief Marketing Officer dari Chrysler, Oliver Francois. “Fiat tidak akan pernah bisa menulis check untuk penampilan P. Diddy,” katanyapada sebuah presentasi di Midem.

“Tapi kami menawarkan sesuatu yang lain baginya. Itu adalah koneksi, exposure, dan tentunya triangulasi merek (triangulation of brands). Apakah ini product placement? Tentu saja iya. Produk Diddy di iklan kami. Namun, air minum di padang pasir itu sesuatu yang masuk akal. Sebagai balasannya, kami mendapat sesuatu yang unik, yaitu dirinya (P. Diddy),” lanjutnya.

Fiat sepertinya melanjutkan strategi menggunakan artis ternama untuk iklan globalnya. Setelah J.Lo dengan single Papi-nya, Ariana dan Pitbull yang berduet lagu Sexy People, kini P. Diddy diiringi lagu Pharrel William berjudul Happy.

Untungnya kali ini P. Diddy setuju dengan tawaran triangulasi merek itu, karena seperti kata CMO Chrysler di atas, biaya yang dikeluarkan pasti tidak bisa tertutupi oleh bujet yang disediakan.

Tapi secara keseluruhan, iklan ini terlihat menyenangkan dengan pesta di tengah padang pasir, kehadiran gadis cantik, dan penampilan P. Diddy? Semoga saja bisa menambah penjualan dari merek mobil ternama ini.

(video: http://www.youtube.com/watch?v=exZ4PfTFK2Q)

Sumber: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top