Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Lebih Mudah Meraih Sukses dengan Target

targetwww.marketing.co.id – Dari masa kita sekolah, kuliah, sampai bekerja, kita selalu dituntut untuk memenuhi target. Target memperoleh nilai bagus ketika bersekolah, target menjadi yang terbaik di kampus, juga target penjualan bagi perusahaan. Semua itu berfungsi untuk mengarahkan kita untuk menjadi lebih baik lagi, karena pada dasarnya semua orang memang memerlukan target.

Kita semua mencari kesuksesan dalam hidup, dan kita tahu tidak mudah untuk mendapatkannya. Sebelum mencari sesuatu, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang kita cari. Itu sebabnya kita perlu menentukan target. Setelah itu, mulailah menentukan cara-cara atau langkah-langkah untuk meraihnya.

Seorang life coach dan business coach terkemuka, Tony Robbins, mengatakan, “Setting goals is the first step turning the invisible into the visible.” Membuat sesuatu yang tidak terlihat menjadi terlihat ini tidak hanya targetnya, melainkan juga langkah-langkahnya. Langkah-langkah meraih sesuatu akan menjadi lebih jelas ketika kita mempunyai target.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan target.

Buatlah target SMART

SMART adalah kependekan dari specific, measureable, achievable, realistic, dan timely. Kita harus membuat target yang spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, realistis, dan mempunyai batas waktu.

Jangan membuat target seperti, “menjadi penyanyi terkenal,” namun seperti “tahu cara bernyanyi dengan baik dan benar dalam waktu tiga bulan,” atau “bisa menghafal dan menyanyikan satu lagu jazz akhir minggu ini.”

Setelah mencapai satu target, buatlah target yang lebih tinggi

Buatlah target yang lebih tinggi setelah menyelesaikan suatu target. Meningkatkan target membuat kita selangkah lebih dekat dengan sesuatu yang ingin kita capai. Meraih suatu target juga bisa menjadikan kita lebih termotivasi dan fokus, karena merasa hampir mencapai tujuan akhir.

Perhatikan terus progresnya

Kita harus terus mengevaluasi progres dalam mengejar target. Terkadang kita selangkah mendekati target, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kita menjauh dari target tersebut. Mengevaluasi progres bisa membuat kita tetap berada di jalur yang tepat dan mengantisipasi ketika mengalami kemunduran.

Beberapa alasan diatas menjawab mengapa lebih mudah sukses dengan target . Memang banyak halangan yang menyebabkan kita susah memenuhi target. Namun kita tetap harus berpikir positif, optimis, dan bertanggung jawab atas target yang sudah kita buat.

 

(dari berbagai sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top