Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Menjawab Tantangan Transformasi Digital Perusahaan Besar dan UMKM

Marketing.co.id – Berita UMKM| Studi Lazada tentang “Percepatan Ekonomi Digital Indonesia Melalui eCommerce”menunjukkan bahwa meski banyak perusahaan besar sudah menjalani transformasi digital, kebanyakan masih menghadapi tantangan di beberapa hal, dengan utilisasi teknologi, pemberdayaan talenta digital dan logistik menjadi isu utama.

Perusahaan besar membutuhkan teknologi yang lebih mumpuni untuk bisa memberikan layanan kepada konsumen secara lebih efektif dan mampu melakukan pemetaan konsumen secara lebih mendalam. Perusahaan besar juga masih membutuhkan sistem logistik yang andal untuk mencapai waktu dan biaya pengiriman produk secara lebih efisien.

Untuk mendukung transformasi digital ini, eCommerce dapat membantu perusahaan besar menghadapi berbagai tantangan tersebut. setidaknya ada 3 hal yang membuat eCommerce mampu membantu perusahaan besar untuk transformasi digital:

Penggunaan teknologi

eCommerce menyediakan chatbot yang terintegrasi dengan sistem layanan konsumen penjual, pemahaman mengenai  pasar yang luas untuk positioning serta pemetaan pelanggan yang mendalam.

Pemberdayaan perusahaan

Adanya Seller Onboarding Program dan perencanaan bisnis bersama dapat memberikan sarana bagi perusahaan besar untuk mengembangkan skala bisnis mereka.

Kerja sama logistik

Dengan jaringan serta fasilitas logistik yang dimiliki eCommerce, perusahaan besar  juga dapat mengintegrasikan sistem logistik secara in-house dan mendapatkan penanganan produk dengan layanan terbaik.

Sementara itu, UMKM di Indonesia saat ini masih didorong untuk terus bergerak ke arah transformasi digital. Selain membutuhkan akses pada infrastruktur digital yang stabil dan menyeluruh, UMKM di Indonesia perlu terus diberdayakan melalui program-program edukasi/ pelatihan, pemberdayaan serta bimbingan untuk menggunakan teknologi secara optimal agar dapat terus bertumbuh secara berkelanjutan.

Sebanyak 92% dari UMKM yang telah melakukan transformasi digital menyetujui bahwa eCommerce membantu mengatasi tantangan yang dihadapi dari segi operasional logistik dan 94% dari UMKM pun melihat adanya peningkatan penjualan dari berpartisipasi dalam promo-promo yang diadakan eCommerce.

Platform eCommerce berperan penting dalam digitalisasi dan kemajuan UMKM melalui perubahan Online-to-Offline yang efektif: Langkah pertama adalah memudahkan transisi UMKM ke eCommerce yang juga berperan sebagai insentif bagi UMKM.

Pelatihan Pemberdayaan Data dan Masyarakat: Secara paralel, penting untuk dicatat bahwa  pemberdayaan data dan komunitas akan menjadi kunci yang dapat mendorong UMKM maju ke tahap digitalisasi selanjutnya.

“Kami siap memberikan dukungan bagi bisnis, baik perusahaan besar maupun UMKM, agar dapat mengembangkan usahanya secara berkelanjutan dan mencapai tahap transformasi digital selanjutnya. Kami berharap melalui sinergi dalam percepatan transformasi digital ini, sistem ekonomi digital Indonesia akan terus berkembang pesat dan menjadi penopang roda perekonomian Indonesia”, ujar Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Monika Rudijono.

Studi ini dilakukan selama kurang lebih 2 bulan melalui pendekatan wawancara mendalam (in-depth interview) dan survei kuantitatif. Responden dalam studi ini meliputi perusahaan dan UMKM, asosiasi terkait, pejabat pemerintahan terkait serta pelaku industri  eCommerce lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top