Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Membidik Peluang Bisnis di Balik Skateboard

Berawal dari aktivitas underground, nyatanya skateboard menjadi kegiatan yang kian populer. Ini yang membuat potensi bisnis skateboard di Indonesia kian menjanjikan.

Skateboard seolah menjelma menjadi salah satu jenis olahraga atau hobi yang berkembang saat ini. Bahkan, keberadaannya menyebar ke berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan beberapa kota lain.

Hobbies Skateboarding Company

Alhasil, olahraga yang mampu menarik minat generasi muda ini pun menjadi celah bisnis bagi sebagian orang maupun komunitas untuk memasarkan hingga membuat brand skateboard, termasuk aksesori pendukungnya.

Jika ditelusuri, banyak pemain yang menggeluti bisnis skateboard. Umumnya, mereka menekuni bisnis ini karena kecintaannya bermain skateboard. Hal itu juga yang mendorong Charlie Hobbies untuk membuka outlet penyedia peralatan skateboard di Bandung.

“Hobbies Skates berdiri tahun 1989. Bermula dari garasi rumah di tahun 1980-an. Sementara untuk pemilihan nama, Hobbies sendiri merupakan suatu hal kecintaan saya sebagai Founder Hobbies Skateboarding Company. Saya ikut bermain skateboard, membuat kompetisi, hingga menyediakan lahan bermain untuk para penggemar skateboard,” terang Charlie.

Kecintaan itulah yang kemudian menggerakkan Charlie untuk menggeluti bisnis skateboard hingga kini. Tak hanya menyediakan skateboard, outlet yang berlokasi di Jalan Pasirkoja 59 Bandung ini pun menjual peralatan dan apparel pendukung skateboard. Tak heran jika Hobbies Skates mampu mendulang pundi-pundi, mengingat banyaknya permintaan dari pembeli—termasuk dari luar Bandung.

Charlie menambahkan, Hobbies menjual produk-produk skateboard merek orisinil dari USA. Ini karena produk-produk keluaran negara tersebut terkenal berkat kualitasnya. Meski sebagian besar produk yang dijual merupakan merek impor dari USA, harga yang ditawarkan terbilang kompetitif dan terjangkau bagi pencinta skateboard.

Dia juga memaparkan bahwa potensi pasar skateboard di Indonesia terbilang bergairah. Apalagi, saat ini banyak pemain pemula yang mulai menekuni skateboard, baik sekadar hobi maupun sebagai ajang olahraga profesional. Hanya saja, skateboard terbagi menjadi kategori beberapa, biasanya berdasarkan dari penjualan produk skateboard mainan, skateboard tiruan, dan produk skateboard orisinil.

Hobbies Skates terbilang konsisten dalam menjaga mutu setiap produk yang disediakan. Komitmen tersebutlah yang menjadi keunggulan Hobbies Skates dalam menghadapi persaingan di bisnis skateboard. Terlebih, segmen market yang dibidik Hobbies Skates tak hanya kalangan pemula, tapi juga merambah ke pemain lama hingga kolektor skateboard.

“Jika ditanya mengenai strategi pemasaran yang dilakukan Hobbies Skates, sebenarnya biasa saja. Kami hanya menerapkan directly to user. Kami melakukan strategi marketing dari mulut ke mulut saja,” ungkap Charlie. Namun, siapa sangka jika strategi word of mouth yang diterapkan Charlie mampu membesarkan nama Hobbies Skates, khususnya bagi pencinta skateboard Tanah Air.

Kini, guna membesarkan awareness masyarakat terhadap Hobbies Skates maupun skateboard itu sendiri, Charlie kerap menggelar kejuaraan skateboard dan sponsorship to rider. Terlibat aktif dalam menggelar event maupun berpartisipasi sebagai sponsor menjadi strategi utama Hobbies Skates saat ini. Ajang tersebut menjadi salah satu channel utama dalam memperkenalkan sekaligus memasarkan produk yang dijual Hobbies Skates.

hobbies skateboard

Sayangnya, dia mengakui bahwa era digital yang tengah marak saat ini tak mendongkrak nilai penjualan Hobbies Skates. Salah satu pemicunya yaitu pergeseran perilaku konsumen dalam membeli. Ya, semakin hebat jangkauan media digital membuat pemain baru kian bermunculan dan datang dari mana saja—lintas batas dan negara. Pembeli pun jadi punya banyak pilihan.

Meski demikian, Charlie tetap optimistis terhadap perkembangan bisnis yang digelutinya. Apalagi Hobbies Skates unggul berkat standarisasi yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan pembeli. Artinya, setiap produk mampu memenuhi kebutuhan dari user.

“Kami juga akan terus berinovasi, menyediakan produk-produk yang sejalan dengan world skateboarding yang tengah tren saat ini. Kebutuhan pencinta skateboard pun masih tinggi karena ini merupakan aktivitas underground dan lambat laun kian populer di masyarakat. Akhirnya, kami meyakini bahwa untuk sukses di bisnis ini adalah to be trusted and go skateboarding,” tegas Charlie.

Fisamawati

MM.11.2017

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top