Marlinda Craft: Meningkatkan Profit Bisnis Melalui Ekspor

Go global, ekspor, kerajinan tangan, marlinda craft, profit bisnis, ukm, miniature gitar,
Elang Handayana, pendiri Marlinda Craft

Marketing.co.id – Berita UMKM | Meskipun pandemi memengaruhi jumlah penjualan berbagai skala bisnis, terutama mereka yang mengandalkan pengalaman berbelanja langsung, namun nyatanya pandemi juga memberikan peluang baru bagi para pengusaha kecil dan menengah (UKM) dan menjadi faktor pendorong pertumbuhan perdagangan eCommerce. Pergeseran bisnis ke ranah digital ini  telah membuka batas dan memperluas jangkauan pasar UKM.
Marlinda Craft, produsen kerajinan asal Indonesia, memanfaatkan tren ini dan mengarahkan bisnisnya ke pasar di luar Indonesia. Elang Handayana, pendiri Marlinda Craft, pun melihat peluang dari terjadinya lonjakan permintaan pada perdagangan lintas batas, walaupun ketika sedang terjadi penurunan permintaan di dalam negeri, sehingga dia memutuskan mengikuti tren yang ada.
Pada tahun 2010, Elang memulai bisnisnya dengan menjual berbagai kerajinan batik dan kayu di Yogyakarta seperti selendang, gantungan kunci, dan miniatur berbagai alat musik.
Menyadari bahwa permintaan terhadap miniatur gitar lebih tinggi dan hanya beberapa pengrajin yang bermain di industri ini, Elang dan timnya memutuskan fokus menguasai pasar kerajinan tersebut.
Dalam proses membangun kembali brandnya, Elang meluncurkan website di tahun 2012. Melalui situs eCommerce, pelayanan untuk pelanggan internasional dapat menjadi lebih mudah dan nyaman. Karena, peningkatan pesanan dan keterbatasan pengalaman dalam mengekspor barang, Elang mulai mencari cara yang efisien mengirimkan produknya ke luar negeri.
“Saya beruntung bertemu dengan perwakilan dari FedEx Express di saat yang tepat. FedEx memberikan edukasi lebih lanjut mengenai seluruh cakupan pengelolaan pengiriman produk ke luar negeri, mulai dari hulu sampai ke hilir. Mereka sangat membantu dan responsif, terutama ketika saya memiliki banyak pertanyaan. Secara keseluruhan, saya merasa sangat terbimbing dan nyaman bekerja dengan FedEx,” katanya.
Kolaborasi dengan FedEx telah menjadi tonggak pencapaian besar dalam perjalanan Marlinda Craft. Rangkaian layanan digital FedEx telah membantu membangun dan melindungi reputasi bisnis digital Marlinda Craft.
Upaya dan komitmen Elang untuk selalu memberikan produk dan layanan dengan kualitas terbaik akhirnya membuahkan hasil. Setelah 11 tahun berdiri, Marlinda Craft telah berkembang dan kini memiliki dua pabrik yang berlokasi di Yogyakarta dan Jawa Barat, dan mengirimkan produknya ke beberapa negara di Eropa, Amerika Serikat, Jepang, China, Dubai, Qatar, dan Asia Pasifik.
Elang mengajak para pelaku UKM lainnya untuk go global. Elang berpendapat, pandemi ini telah memberikan dampak yang signifikan kepada bisnis. Namun, mungkin ini merupakan waktu terbaik mengalihkan bisnis ke digital, menjelajahi kegiatan ekspor, dan mengenalkan produk kepada dunia.
“Pada awalnya, saya tidak memiliki pengalaman yang cukup, tapi nyatanya saya berhasil memperluas jangkauan dan saya percaya bahwa UKM lokal lainnya dapat melakukan hal serupa. Saat ini, banyak platform eCommerce yang memungkinkan kita menjangkau pasar yang lebih luas. Raihlah kesempatan itu, dan yang terpenting, temukan mitra logistik yang tepat untuk membantu Anda mencapai tujuan go global.  Jika berhasil memperluas pasar, tentu akan ada lebih banyak peluang yang dapat Anda manfaatkan,” pungkasnya.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.