Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Mahkota di Kepulauan Belitung

www.marketing.co.id – Adalah sebuah mercusuar, tegak menjulang di pulau Lengkuas. Tepatnya terletak disebelah utara pantai Tanjung Kelayang Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung.

Mercusuar tersebut dibangun pada masa kolonial Belanda yakni Th. 1882 atau telah berumur sekitar 130 tahun, dan masih berfungsi dengan baik dalam membantu navigasi kapal-kapal disekitar perairan kepulauan Belitung.

Berdiri di atas hamparan pasir putih yang membatasi laut yang tenang, bangunan serupa dengan menara dengan tinggi sekitar 50 meter tersebut gagah menjulang diantara tarian pelepah pohon kelapa.

Apalagi mengingat kawasan kepulauan Belitung merupakan daerah laut dangkal dengan banyaknya batu-batu karang yang bisa membahayakan kapal.

Semua pengunjung diperbolehkan naik ke mercusuar, hanya diharapkan berhati-hati karena konstruksi tangga yang ada sudah keropos. Namun semua kelelahan Anda akan terbayar saat sampai di puncak menara oleh indahnya panorama langit dan laut yang seolah menyatu tanpa pembatas.

Pulau Lengkuas sendiri adalah pulau kecil berpasir putih yang dihiasi oleh batuan intrusif (granit) yang unik di sekeliling pulaunya. Anda bisa berjalan kaki menyusuri tepian lautnya yang dangkal sambil bermain dengan airnya yang jernih.

Bagi yang hoby berenang ataupun kegiatan air seperti snorkeling (skin diving), perairan disekitaran pulau Lengkuas akan memuaskan Anda dengan kekayaan biota lautnya yang masih terjaga.

Sedangkan satwa liar yang menghuni pulau, selain burung-burung pantai juga terdapat biawak yakni hewan reptil sebangsa kadal besar.

Untuk mencapai pulau Lengkuas, bisa menyewa perahu nelayan dari pantai Tanjung Binga, pantai Tanjung Tinggi dan pantai Tanjung Kelayang dengan waktu tempuh antara 30 hingga 45 menit, tergantung titik keberangkatan.

Sedang bulan yang tepat untuk mengunjungi pulau Lengkuas ini sekitar bulan Maret hingga November. Sebab hanya sedikit ombak bahkan boleh dikatakan air laut cenderung tenang.

Sebagai catatan akhir, pulau Lengkuas yang elok ini adalah salah satu tempat syuting film yang bertajuk ‘The Philosophers’ yang dibintangi oleh Bonnie Wright, James D’Arcy dan Daryl Sabara. Pastinya hal ini semakin membuat Mahkota Belitung ini pantas untuk dikunjungi atau sebagai salah satu tujuan dalam agenda perjalanan Anda (Wedhya Wardani).

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top