Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Kurangi Karbon Emisi, Lazada Logistics Gunakan Sepeda Motor Listrik di Jabodetabek

Lazada Logistics menyewa sepeda motor listrik dari Grab untuk mengurangi karbon emisi pengiriman barangnya ke konsumen Lazada. Penambahan armada ini akan membantu memperluas jangkauan logistik Lazada di Jabodetabek

Marketing.co.id – Berita UMKM | Grab mengumumkan kolaborasinya bersama Lazada untuk inisiatif pertama yang akan mempromosikan pengiriman paket dengan lebih ramah lingkungan. Kolaborasi ini merupakan bagian dari Kampanye #LangkahHijau Grab dan Lazada.

Grab akan menyewakan motor dari armada GrabWheels untuk mengirimkan paket kepada konsumen Lazada di area Jabodetabek.  Dengan armada ini, Lazada akan dapat memperluas jangkauan logistiknya secara ramah. Hal ini mencerminkan komitmen bersama Grab dan Lazada untuk menjangkau dan menyediakan solusi yang lebih “hijau” bagi konsumen di Indonesia.

Sebelumnya, Grab juga telah menjalin kerjasama dengan kendaraan motor berbasis listrik seperti Viar dan Selis serta brand internasional seperti Kymco dengan menghadirkan perkembangan teknologi kendaraan berbasis listrik untuk mendukung komitmen ini.

Direktur Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan RI, Ahmad Yani menyampaikan, kolaborasi yang dilakukan Grab dan Lazada merupakan sebuah solusi bersama dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang patut diapresiasi. Hal ini dapat mempercepat usaha pemerintah dalam memiliki ekosistem kendaraan listrik, sejalan dengan Roadmap Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. “Kami berharap dengan adanya kolaborasi ini, pemain e-commerce lainnya dapat terinspirasi untuk meningkatkan layanannya dengan kendaraan yang lebih ramah lingkungan,”

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengatakan, “E-commerce telah berkembang pesat selama setahun terakhir dan logistik adalah tulang punggung yang mendukungnya. Kami sangat bersemangat untuk mengumumkan kemitraan kami dengan Lazada untuk mengurangi jejak emisi karbon dalam pengiriman paket, serta memperluas jangkauan logistik mereka.”

Philippe Auberger, Chief Logistics Officer of Lazada Indonesia,  mengatakan, “Pembangunan ekosistem e-commerce yang berkelanjutan serta ramah lingkungan memang merupakan komitmen kami, sehingga mengurangi jejak karbon kami dalam mengirimkan paket kepada pelanggan yang tinggal di Jabodetabek ini menjadi bentuk peran nyata kami. Kemitraan ini sekaligus menegaskan komitmen kami dalam memberikan solusi logistik yang berkualitas bagi bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.”

Dalam sebuah riset berjudul Studi Lazada tentang Percepatan Transformasi Digital Melalui e-Commerce, salah satu temuan utama adalah peran penting logistik dalam membangun ekosistem digital. Kolaborasi penggunaan motor listrik GrabRental ini adalah bagian dari  komitmen last mile Lazada.

Kendaraan listrik ini dapat menjangkau jarak hingga 130 km dengan kecepatan hingga 100km/jam dan membawa beban hingga 130kg. Sebagai bagian dari kerjasama ini, armada pengiriman di Lazada Logistics akan mendapatkan rangkaian training menggunakan motor listrik sehingga mereka dapat melakukan pengiriman dengan aman dan tepat waktu.

Sejak tahun 2019, Grab secara aktif berkolaborasi dengan pemerintah lokal untuk mengakselerasi transportasi ramah lingkungan dengan kampanye #LangkahHijau. Kolaborasi terbaru ini adalah wujud nyata komitmen berkepanjangan Grab untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik yang sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top