Konsultan retail adalah perusahaan atau individu yang bekerja dengan retailer atau perusahaan yang memasarkan produk melalui retailer.
Konsultan retail menggunakan wawasannya untuk merekomendasikan aspek performance seperti struktur organisasi, kebijakan toko, kebutuhan akan training dan penggunaan teknologi informasi. Juga memberikan kajian yang mendalam sehingga mampu mengembangkan strategi untuk meraih peningkatan kemampuan menghasilkan profit dan meningkatkan layanan pelanggan.
Lokasi menjadi faktor kritikal dalam menentukan keberhasilan retail. Tugas konsultan adalah melakukan identifikasi lokasi mana yang cocok untuk outlet-outlet retail yang baru. Setidaknya studinya meliputi jumlah populasi, profil konsumen, jaringan retail yang sudah ada, aktifitas kompetitif dan tingkat permintaan produk.
Selanjutnya konsultan retail dapat menyarankan suatu opsi apakah hendak membuka toko semata ataukah strategi multikanal yang mengkombinasikan internet atau mail order untuk meraih sasaran pemasaran yang lebih luas. Dapat juga dengan merekomendasikan strategi segmentasi pasar dengan membuat versi berbeda dari toko yang sama.
Tak kalah pentingnya adalah proses penempatan produk yang tepat pada lokasi yang sesuai dalam toko, dengan harga yang tepat dan kuantitas yang tepat pula. Dalam hal ini dapat digunakan planogram sebagai alat bantu, yang dapat menganalisa ruang retail yang tersedia dan catatan tingkat penjualan lokal dari waktu ke waktu, kemudian hasilnya dikombinasikan dengan data yang dimiliki klien tersebut. Hasilnya adalah alokasi optimal untuk penyediaan ruangan bagi berbagai produk dan merk untuk setiap unit toko yang hendak didirikan.
(Wachid Fz/sumber : ehow )