Jakarta Fashion Week 2023: Puluhan Desainer Indonesia Hadir di Metaverse

Jakarta Fashion Week  2023 Hadirkan di MetaverseJakarta Fashion Week  2023 menghadirkan puluhan desainer terkemuka Indonesia di Metaverse

Marketing.co.id – Berita Digital | Sekitar 21 desainer terkemuka Indonesia untuk pertama kalinya akan menampilkan kreasinya secara virtual dalam ajang Jakarta Fashion Week 2023 di Nusameta.

Penampilan 21 desainer di Nusameta ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian gelaran peragaan busana yang akan diselenggarakan JFW 2023, termasuk secara offline di City Hall, Level 5, Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan, mulai 24 hingga 30 Oktober 2022.

Tercatat nama-nama seperti,  Aidan & Ice, IKYK, Jeffry Tan, Peggy Hartanto, Rani Hatta, Wilsen Willim, Danjyo Hiyoji, Yogie Pratama, Stella Risa, Sean Sheila, Purana, MKS, Jan Sober, Rinda Salmun, MORAL, ANW, Tanah Le Sae, Aesthetic Pleasure, Nagita Slavina, Rama Dauhan, Pijakbumi akan menampilkan karyanya di Nusameta. Sejauh ini, komite JFW 2023 telah mencatat sejumlah 34 show dari setidaknya 116 label dan perancang mode, baik nasional maupun internasional juga ikut meramaikan perhelatan ini.

Chief Marketing and Sales Officer WIR Group Gupta Sitorus mengatakan, hadirnya Nusameta pada ajang JFW 2023, memungkinkan para pegiat mode untuk mewujudkan pengalaman unik berinteraksi antara dunia Nyata dengan dunia digital.  Hal ini merupakan bentuk afirmasi positif dalam menghadirkan solusi fashion experience masa depan.

Penampilan 21 desainer ternama Indonesia ini akan menjadi momentum penting untuk melihat bagaimana fashion show yang glamor dapat dihadirkan dan dinikmati secara virtual dengan lebih immersif melalui platform metaverse.

“Kami menyambut baik kerja sama ini terutama agar masyarakat dapat melihat secara langsung manfaat lebih lanjut dari metaverse terhadap industri kreatif seperti fashion,” jelas Gupta.

Lebih lanjut Gupta menjelaskan, untuk dapat menikmati fashion show di metaverse masyarakat dapat terlebih dahulu mengunduh aplikasi Nusameta, lalu mendaftar dan membuat avatar sebelum dapat masuk ke portal JFW. Hal ini memberikan kesempatan kepada para audien yang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk datang langsung ke JFW 2023 secara offline. Pada event ini dalam setiap sesinya akan akan menampung sebanyak 1,000 users.

Sementara itu, Chairwoman Jakarta Fashion Week dan CEO GCM Group Svida Alisjahbana mengatakan bahwa Jakarta Fashion Week sudah lama dikenal sebagai ruang lebur untuk kreasi mode dari berbagai negara.

“Panggung kami terbuka bagi para perancang mode, tidak hanya dari Indonesia, namun juga dari berbagai negara, termasuk Australia dan Korea Selatan. Tentunya hal ini diharapkan dapat memperkuat kedudukan Jakarta Fashion Week sebagai ajang mode paling berpengaruh di Asia Tenggara yang patut diperhitungkan di mata dunia,” ujarnya.

Tahun ini, Jakarta Fashion Week menjanjikan lebih dari 1600 tampilan koleksi terbaru karya pegiat mode. Beberapa nama yang patut dinanti adalah Obin, Harry Halim, Jeffry Tan, Yosafat Dwi Kurniawan, Wilsen Willim, Benang Jarum, Nada Puspita, Sejauh Mata Memandang, perancang mode-perancang mode Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), yakni Sebastian Gunawan, Didi Budiardjo, Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Chossy Latu, Ghea Panggabean, Andreas Odang, Denny Wirawan, Priyo Oktaviano, Eridani, Liliana Lim dan masih banyak lagi. Ada juga 3 perancang mode internasional yang akan meramaikan runway tahun ini. Di antaranya adalah Ngali by Denni Francisco dari Australia, serta St. Ego dan Doucan dari Korea Selatan.

Setelah dua tahun diselenggarakan dengan berbagai restriksi pandemi, penyelenggaraan JFW 2023 akan dilakukan secara offline selama sepekan penuh. Namun demikian, JFW 2023 juga disiarkan secara online. “Artinya, komunikasi kita tanpa batas, di media platform apa pun. Live stream bisa didapatkan di mana saja. Bagi media yang memerlukan foto dan video, kami juga menyediakan akses di Getty ImageS,” pungkas Svida.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here